SALAM CI+BI

Indonesia memiliki sekitar 1,3 juta anak yang memiliki potensi cerdas dan berbakat istimewa. Sebagian kecil dari mereka sudah mendapatkan pendidikan di program akselerasi, tetapi sebagian lagi belum mendapatkan layanan pendidikan yang sesuai dengan karakteristik mereka. Akibatnya potensi prestasi mereka tidak berkembang dan akhirnya menjadi underachiever. Di samping, kami juga menemukan banyak anak CI+BI yang tidak mampu bersekolah atau melanjutkan sekolah karena ketidakmampuan pembiayaan. Anak-anak ini berasal dari keluarga dengan ekonomi lemah, seperti kuli cangkul, buruh pabrik

Penyelenggaraan program akselerasi yang berjalan sekarang pun belum optimal. Masih ditemukan orang tua yang memaksakan anaknya masuk kelas akselerasi demi gengsi. Ditemukan juga ada kepala sekolah yang memasukkan anak ke kelas aksel demi memenuhi jumlah minimal agar tidak terlalu mahal biaya yang harus dibayar siswa. Cara baru yang ditemukan adalah kepala sekolah secara mandiri atau bekerjasama dengan pihak lain, memberi bimbingan kepada calon siswa aksel sehingga ketika mengikuti psikotes dapat mengerjakan dengan baik dan bisa lolos dari kriteria minimal angka IQ.

Disisi lain, kurikulum, pembelajaran dan penilaian yang dilakukan di kelas aksel belum efektif. Pemahaman dan penguasaan guru tentang aksel, kurikulum, pembelajaran, penilaian dan penanganan anak CI+BI.

Hal-hal semacam itu masih menjadi perhatian kami untuk berkontribusi membenahinya. Antara lain berbagi info di blog ini.

blog Asosiasi CI+BI Nasional dikelola oleh Pengurus Asosiasi CI+BI Nasional. Blog ini adalah media komunikasi dan informasi yang terkait dengan Asosiasi Penyelenggara, Pengembang, dan Pendukung Pendidikan Khusus untuk Siswa Cerdas dan berbakat Istimewa yang disingkat ASOSIASI CI+BI.

Blog ini mulai dibuat awal bulan September 2008 dan dipublikasikan mulai pertengahan September 2008.

 
Dewan Redaksi : Drs. Suhaili Ali Nukman, M.Pd ( SMAN 8 Jakarta), Drs. Salamun, M.Kes (FMIPA Unair Surabaya), Prof. Dr. Suharno (Univ. Lampung), Dra. Evita Adnan, M.Psi (UNJ), Dr. Ardinis Arbain (Univ. Andalas Padang).
 
 
Redaktur Pelaksana : Amril Muhammad (Sekjend Asosiasi CI+BI) Staf Redaksi : Abdul Gofir, S.Pd.I

Redaksi menerima tulisan, berita, maupun gambar yang memiliki keterkaitan dengan pendidikan khusus bagi anak cerdas/berbakat istimewa. tulisan, gambar dapat dikirimkan ke e-mail: asosiasi.cibinasional@gmail.comatau mas.amril@gmail.com.
 
Asosiasi CI+BI Nasional menerima permintaan sosialisasi, pelatihan, pendampingan dan sebagainya, bagi sekolah atau kelompok masyarakat yang ingin membuka program layanan kepada anak CI+BI.
Kontak telepon dapat menghubungi: Amril Muhammad, Hp. 0812 8262 594, 0878 7754 2494
Iklan