Ciri Umum anak CI+BI.

Hasil penelitian dari Balitbang Depdikbud (1986) dan Council of Curriculum Examinations and Assessment (2006) menyebutkan bahwa seorang anak cerdas istimewa dapat mempunyai beberapa dari ciri-ciri berikut ini:

  1. Sangat peka dan waspada
  2. Belajar dengan mudah dan cepat
  3. Mampu berkonsentrasi
  4. Sangat logis
  5. Cepat berespon secara verbal dengan tepat
  6. Lancar berbahasa
  7. Mempunyai daya ingat yang baik
  8. Mempunyai pengetahuan umum yang luas
  9. Mempunyai minat yang luas dan mendalam
  10. Memiliki rasa ingin tahu yang besar terhadap ilmu pengetahuan
  11. Cermat atau teliti dalam mengamati
  12. Kemampuan membaca yang baik
  13. Lebih menyukai kegiatan verbal daripada kegiatan tertulis
  14. Mempunyai kemampuan untuk mengatasi masalah dengan sangat cepat
  15. Memiliki kemampuan memikirkan beberapa macam pemecahan masalah
  16. Menunjukkan cara pemecahan masalah yang tidak lazim
  17. Mempunyai pendapat dan pandangan yang sangat kuat terhadap suatu hal
  18. Mempunyai rasa humor
  19. Mempunyai daya imajinasi yang hidup dan orisinil
  20. Ulet menghadapi kesulitan (tidak lekas putus asa)
  21. Mempunyai tujuan yang jelas dalam tiap kegiatan atau perbuatannya
  22. Tidak memerlukan dorongan (motivasi) dari luar
  23. Tertarik pada topik-topik yang berkaitan dengan anak-anak yang berusia lebih tua darinya
  24. Dapat berkomunikasi dengan baik dengan orang dewasa, bahkan lebih baik daripada jika berkomunikasi dengan anak sebayanya
  25. Bisa belajar sendiri dalam bidang-bidang yang diminati
  26. Berfokus pada minatnya sendiri, bukan pada apa yang diajarkan
  27. Mempunyai keterampilan sosial
  28. Mudah bosan pada hal-hal yang dianggapnya rutin
  29. Menunjukkan kepemimpinan yang tinggi
  30. Kadang-kadang tingkah lakunya tidak disukai orang lain.

 

Iklan

47 thoughts on “Ciri Umum anak CI+BI.

  1. Subhanallah anugerah yang luar biasa dari Allah S.W.T. smoga yang telah memiliki potensi ini dapat mengemban amanah denga baik dan sukses meraih masa depan dengan kemulyaan dunia akherat, amin. Tentunya dengan karya nyata lho, ayo siswa CI-BI trus semangat dan istiqomah dalam belajar. Do’a kami untukmu

  2. Apakah ada sekolah khusus untuk anak cerdas berbakat (Gifted) dibatam?
    Tolong bagi yang mengetahui agar di posting.
    dan mulai anak usia berapa bisa kita nilai / kategorikan sebagai anak Gifted?

  3. sepengetahuan kami di batam belum ada. seorang anak dapat dikategorikan gifted setelah dilakukan tes oleh psikolog. meskipun bisa dideteksi dari mulai lahirnya. ketika anak dites oleh psikolog itu artinya anak tersebut sudah bisa baca tulis. yang paling banyak kami temui adalah anak-anak mulai usia 4 tahun..

  4. Dimana tes bisa dilakukan dan apa syaratnya untuk mengikuti tes tersebut selain sudah bisa baca tulis? Anak saya baru 3 tahun, sudah masuk play group. Pengenalan bahasa & nama barang / benda / bentuk sudah banyak dikuasai namun tidak mau mengikuti perintah, jadi tergantung mood / kemauan dia sendiri untuk menyebut nama2 benda tsb.
    huruf a – z sudah bisa dalam b. Inggris & Indonesia bahkan membaca kata terkadang bisa saat dia mau baca. Pengenalan angka 1 -10 juga sudah bisa dalam 3 penyebutan bahasa (Inggris, Indonesia, Mandarin). Namun dia tidak mau menulis. Kalau di sekolah gak bisa duduk diam, selalu jalan / keliling lihat kesana kemari atau ambil mainan untuk dimainkan tapi tidak mengganggu teman. Dari Kategori / ciri ciri yang saya pelajari sepertinya Gifted namun bagaimana memastikan dan membimbingnya?
    Kalau dilihat kemampuan akademik nya sekarang sudah melebihi teman sekolahnya (kecuali menulis & bicara). Dia malas bicara walaupun dia mengerti & tau, kebanyakan dia tarik tangan kalau mau sesuatu, terkadang kalau mood lagi bagus aja mau ngucap. Tapi selalu mengikuti kalimat/ lagu dari VCD yang ditonton (banyak belajar dari TV karena kalau kami ajarin dia tidak mau mengikuti / merespon, belakangan terkadang sudah ada sedikit respon).

  5. lokasi tempat tinggal nya dimana?…jika ada dekat dengan perguruan tinggi yang memiliki fak. psikologi. coba untuk mencari informasi dari mereka.

  6. saya mahasiswa S1 psikologi sedang merancang penelitian untuk anak gifted, bisa minta rekomendasi sekolah atau komunitas yang ada anak gifted’nya yang akan dijadikan subjek penelitian di Bandung?
    Terima kasih, dimohon sekali informasinya

  7. untuk SMA ada SMAN 3 Bandung dan SMAK Penabur..
    untuk SMP ada SMP bale endah
    untuk SD ada SD al ghifari atau SD negeri yg di jalan merdeka..
    tks

  8. Ada rekomendasi tmpt dan atau dgn siapa sy ingin brkonsultasi ttg anak sy, .. ciri-ciri dr 1-30 yg tertera, hanya nomer 3 sj yg tdk sesuai, tdk konsentrasi dlm belajar sih lebih tepatny.. sy di jakarta. Mohon info. Trmksh. Mngkn bukan gifted, tp ciri2ny mostly persis sekali dgn yg tertera tsb.

  9. Yth. Ibu Anik..
    ibu bisa menghubungi psikolog. bisa di LPT UI atau salah satu lembaga psikologi yang berada di kawasan jalan pela di daerah kebayoran baru jakarta selatan, atau bisa bisa menghubungi psikolog lain yang sudah dikenal. tks

  10. saya mahasiswa plb, akan mengangkat pelaksanaan pendidikan bagi anak cibi untuk tugas akhir. sampai saat sekarang iniapakah ada program lain selain akselerasi yang sudah dijalankan di indonesia untuk pendidikan anak cibi?

  11. mbak Suci….
    sebenarnya akselerasi menurut para ahli itu ada dua macam, yaitu: content-based acceleration dan grade-base accelaration. content-based dilakukan untuk anak berkualifikasi CI+BI tetapi tidak hebat di semua pelajaran. maka layanannya adalah penambahan materi untuk bidang tertentu yang dikuasai, misalnya matematika. maka layanan yang diberikan pada siswa seperti ini bisa lewat program eskul atau kelas olimpiade. sedangkan mereka yangmemiliki kemampuan baik hampir di semua mapel, dilayani dalam model grade-based acceleration, yakni menyelesaikan pendidikan waktu lebih cepat dari teman sebayannya. yang smp atau sma bisa menyelesaikan waktu 3 tahun sedangkan yang SD bisa 5 tahun.
    tks

  12. Anak pertama saya laki2 usia 11 th, tahun ini masuk SMPN 1 Kediri program akselerasi /Cerdas Istimewa. Tetapi tnyt kami selaku orang tua mendapatkan tugas pindah dinas ke Surabaya. Kami skrg bingung dengan kondisi ini, anak kami bersikukuh utk meneruskan program Cerdas Istimewa sd selesai, ttp di lain sisi kami tdk mungkin meninggalkan putra kami di kota yg kami tdk mempunyai sanak keluarga. Apakah mungkin anak kami bisa melanjutkan program Cerdas Istimewa tersebut di Surabaya? Apakah ada saran maupun rekomendasi terhadap permasalahan yg kami hadapi tsb? Terima kasih.

  13. Anak pertama kami laki2 usia 11 th, tahun ini masuk SMPN 1 Kediri program akselerasi /Cerdas Istimewa. Tetapi tnyt kami selaku orang tua mendapatkan tugas pindah dinas ke Surabaya. Kami skrg bingung dengan kondisi ini, anak kami bersikukuh utk meneruskan program Cerdas Istimewa sd selesai, ttp di lain sisi kami tdk mungkin meninggalkan putra kami di kota yg kami tdk mempunyai sanak keluarga. Apakah mungkin anak kami bisa melanjutkan program Cerdas Istimewa tersebut di Surabaya? Apakah ada saran maupun rekomendasi terhadap permasalahan yg kami hadapi tsb? Terima kasih.

  14. yth mb Debbie…
    di surabaya ada penyelenggara akselerasi yaitu SMP 1 surabaya. tapi kami tidak tahu apakah tahun ini masih mengadakan layanan itu. yang dekat dengan surabaya juga ada di sidoarjo. untuk lebih lanjut coba lihat daftar sekolah penyelenggara aksel di blog ini. tks.

  15. Assalamu’alaikum..
    maaf sebelumnya saya ingin bertanya,
    dari hasil psikotes terakhir saya (bulan Juli 2013), saya memiliki IQ 145 di umur 15 tahun..
    dan dari ciri2 umum tersebut, menurut saya poin 21-30 itu benar2 sesuai dengan saya..
    tapi saya tidak terlalu pintar dalam mata pelajaran..
    apakah saya termasuk anak CI+BI?
    makasih..

  16. Yth. mas mughni…
    ya dengan IQ 145 termasuk kategori CI+BI. nanti dicek lagi alat tes apa yan digunakan dan bagaimana deskripsi dari laporan psikotes itu. kalo soal pintar atau tidak dalam mata pelajaran, kadang tergantung apakah gurunya mampu atau tidak membantu siswa untk menemukan mana kemampuan terbaik. jadi yang sekarang terjadi pada mas mughni adalah guru yang belum membantu dalam pelajaran dan cara belajar yang sama dengan anak reguler.
    tks

  17. Ass, ..
    Anak saya umur 5thn 10bulan.. mash di tk b..
    dia lbh tertarik bljr matematika, saya masukin sempoa. skrg da level F2. da 2 kali juara 1 tuk level F1 dan F2.. ga nyangka sih, karena saya pikir anak saya biasa2 aja. Tp keunikan anak saya, kl pas lomba, semngat nya dan kemampuanny keluar smua. tenang, teliti dan konsentrasi pada saat mengerjakan lomba. skrg udah bisa menhitung puluhan bahkan ratusan dalam jumlah byk dengan cepat, bahkan mengalahkan saya. juga da bisa menghitung perkalian. menghitung tanpa menggunakan alat sempoa(metode bayang) juga sangat cepat.
    Bulan januari semalam, saya mulai ajarin iqra, ga nyangka dalam 2bln lbh da masuk iqra 5. anakny byk tany, mengapa ini, itu.. apa arti nya ini itu ..
    tp anak saya malas membaca, walau sudah lancar membaca..
    yg mau saya tanyakan, apakah anak saya termasuk cibi??
    apakah tepat, kalo thn ini saya masukin sd ??

  18. yth. bu Siti…
    ada baiknya putra ibu diikut psikotes, nanti mereka bisa merekomendasikan apakah putra ibu bisa masuk SD lebih cepat atau tidak. tks..

  19. salam kenal ,sy punya anak laki2 umur 29 th.tanda 2 persis yg diatas bu,sdh bekerja jadi game programer, sekarang dia minta kuliah lagi ini yg ke 3 kalinya, dan tdk pernah diselesaikan,demikian juga utk pekerjaan tdk pernah lama dg alasan sdh tdk ada tantangan lagi, sy mohon saran ths. utk nilai akademik tdk mengecewakan,demikian juga salary sdh diatas 10jt,sekarang dirumah mo kuliah lagi dg syarat tdk jamin akan selesai.

  20. bu Kiki…
    coba diajak dialo, apa sebenarnya yg melandasi keinginan untuk kuliah..supaya bisa dibantu agar tidak terjadi lagi kegagalan dalam perkuliahannya.

  21. mau bertanya, kalo CIBI untuk wilayah Bandung dan berupa sistem Asrama alamatnya dimana? soalnya saya mendapat informasi dari Cugenang Gifted School kalai di Bandung ada, tapi saya telusuri tidak ketemu ketemu
    mohon infonya

  22. Yth. pak Alex..
    kalau di wilayah bandung tidak ada aksel yang menggunakan sistem asrama. mhn maaf kami tidak lagi memiliki keterkaitan dengan cugenang. tks

  23. Assalamualaikum w.w
    pak saya mau Tanya anak saya umur 5.5 tahun,sejak umur 3 tahun saya masukan Paud selama 1 tahun, sekarang dia sudah pandai membaca dan menulis bahkan berhitung ,dari kecil dia sangat aktif seperti ciri2 1 – 30 , setahun yang lalu saya masukan mengaji di masjid dekat rumah saya mulai dari iqra 1 tapi dia sudah bisa baca iqra 3 bahkan sekarang dia sudah bisa baca al quran dan telah menghafal juz 30 tp belum semua,guru2 nya bilang umur 5.5 ini sudah bisa langsung masuk SD tapi istri saya ngak mau dimasukan SD sekarang ini karna takut umurnya masih kecil dan nanti di bully teman2 nya,terpaksa saya masukin TK lagi,tapi saya rasa bersalah seharus nya dia sudah bisa mendapatkan pelajaran yang lebih tinggi dari pelajaran TK,apa yang harus saya lakukan sebagai orang tua ,saya tinggal di batam

  24. pak Muski Yth..
    di beberapa sekolah, mereka menerima siswa di usia yang lebih rendah dari putra bapak, yaitu usia 4 tahun. jadi putra memungkinkan untuk dimasukan ke SD. yang penting adalah kemampuan yang sekarang sudah ada tetap dikembangkan. jika di sekolah tidak ada, maka bapak dapat membantu dengna guru les atau diajarkan sendiri di rumah. mungkin ada baiknya juga bapak konsultasikan ke pskolog terdekat yang memahami psikologi pendidikan unutk solusi terhadap kondisi putra bapak. tks

  25. Salam Hormat,
    jika berkenan mohon masukan untuk saya, putri saya sekarang berusia 6th 3bln, saat berusia 5 tahun saya membawanya ke klinik tumbuh kembang ABCDe di RS Siloam Surabaya, dg maksud untuk mengoptimalkan proses tumbuh kembangnya. sebenarnya saya cukup berkecil hati karena saya lihat dia tidak tampak secerdas teman-temannya, kemudian dokter menyarankan utk pemeriksaan psikologi. pemeriksaan psikologi dilakukan saat usia 5 th 3 bln, hasilnya : IQ Verbal 124 scala Wescler, IQ Performance 141 scala Wescler, IQ total 135 scala wescler (penguji Dra.Psi Merrina,M.Si proses pengujian personal).
    pertanyaan saya, apakah putri saya termasuk CI? bagaimana dg kemampuannya yang tampak sangat standar? apakah hal tersebut karena saya salah memberikan penyikapan/bimbingan?tentang beda 17 digit antara IQ verbal dan performance, bagaimana pengaruhnya dan apa yang harus saya lakukan untuk menyeimbangkannya?(atau perlukah diseimbangkan?) bagaimana cara membimbingnya agar bisa berkembang optimal dan dapat membuat potensinya terlejitkan serta menjadikannya manusia yg lebih bermanfaat?
    saya sangat berterimakasih atas jawaban dan respon yg diberikan, hormat saya
    Bunda Ari

  26. Yth. Budan Ari…
    dilihat dari hasil psikotes, putri ibu masuk kategori anak CI+BI. bahwa belum berkembang optimal kemampuannya, coba ibu baca deskripsi psikologis dari hasi psikotes putri ibu. lihat hal-hal apa yang perlu dikembangkan dari kemampuan terbaiknya. lalu berikan bantuan secara mandiri maupun dimasukan ke lembaga kursus atau les yang bisa membantu pengembangan kemampuan tersebut. tks

  27. Assalaamu’alaykum…
    Mohon informasi, psikolog atau lembaga yang recommended untuk mengetahui anak masuk kategori CIBI atau tidak.
    Kami tinggal di Bintaro Jaya, Tangerang Selatan.
    Terima kasih.

  28. Walaikum salam..
    kami rekoemndasikan biro psikologi Pela 9 di kebayoran baru atau fak psikologi UI.
    tks

  29. Salam hormat,
    Mohon diberikan tempat psikotes yang direkomendasikan untuk identifikasi anak CiBi di Surabaya? Terima kasih

  30. Saya remaja 16 tahun, Syukurlah saya bisa masuk kelas akselerasi melalui seleksi IQ, berdasarkan ciri2 di atas, saya pribadi memang merasakan beberapa hal pada diri saya sesuai dengan ciri2 di atas. Lalu apakah ada kebutuhan khusus bagi anak/remaja CI+BI. Lalu apakah dengan hanya melihat IQ dan beberapa kriteria yang sesuai dengan rincian diatas bisa disebut anak/Remaja CI+BI?

  31. yth. krisna..
    kebutuhan khusus itu harus tergambar dalam deskripsi psikologis yang dibuat oleh psikolog berdasarkan hasil psikotes. jd bukan sekedar angka.
    coba baca laporan psikotesnya ya.
    tks

  32. Mohon info sekolah SMA di DKI yg memilikibprogram untuk anak berbakat selain Husni Thamrin dimana ya… anak sy kelas akselerasi SMP kelas 3 usia 13 th , IQ 154 dan mental age sewaktu di tes 6 bulan yang lalu dia usia 22 th 1 bln. Kami sedang mencari sekolah mana yang sesuai untuk dia.. mohon saran…terima kasih

  33. Yth. bu eka..
    kami sementara belum punya data. karena mulai tahun 2015 menggunakan sistem sks. banyak sekolah belm siap untuk itu. untuk sementara bantu dengan tambah kegiatan yang sesuai dengan bidang yang diminati anak, seperti kegiatan kursus atau les. tks

  34. assalamualaikum..
    anak sy 4tahun 7bulan blm bs komunikasi 2 arah tp sangat mengerti perintah dari katagori di atas hanya no 6 saja yg tdk termasuk di anak sy, yg saya tanyakan apa anak saya termasuk dalam anak gifted dan mohon bantuannya untuk tes IQ di surabaya dmn ya
    trima kasih banyak sebelumnya
    wassala,

  35. adik saya memiliki hampir keseluruhan ciri diatas kecuali poin 2, 3, 5, 6, 7, dan 29. Skrg usianya 21 thn dan sudah kuliah. Dia merasa sangat bosan di awal2 kuliah/kuliah2 dasar dan kalau dosennya tdk dia sukai, tapi sangat bersemangat jika dosennya dan pembahasannya menarik. Sebelumnya dia pernah kuliah di jurusan yg berbeda namun baginya kurang menguras otak. Dari awal sekolah sampai kuliah dia lambat dalam membaca dan menulis. Tapi saya tahu bahwa dia cerdas dan kreatif. Sewaktu sekolah jika dia suka dgn guru dan pelajarannya, dia bisa juara tapi kalau dia tidak suka dia menjadi malas. Temannya bilang dia kadang tidak memperhatikan temannya yg presentasi. Pernah jg tertidur pd semester awal. Saya tanya knp begitu, dia bilang bosan sm presentasi temannya yg ga jelas dan ga ada gambar2nya. Dia bilang lebih suka dengar dosen menjelaskan. Saya bingung dgn dia. IPKnya paspasan, namun lebih buruk dari kuliahnya yg pertama. Dia gak pernah les musik, tapi bisa memainkan piano lagu2 sederhana, bisa nyanyi klasik dan ngajarin org, gak pernah les gambar tapi bisa gambar, dia bisa berenang dgn liat org renang. Satu lagi yg buat saya heran, jurusan SMK, kuliah yg pertama dan kuliah yg kedua, tiga-tiganya beda jurusan. Dia sering ditunjuk utk jd pemimpin dan lomba. Satu kelemahannya yg buat semua org gemas, suka ga pd, merasa ga master di semua jurusan/bidang yg dilaluinya. Di smp-nya saat kelas 3 ada tes psikologis, disitu hasilnya dia dpt skor kemampuan penalaran 127 dan pemahaman ruang 120 yg lebih tinggi dr aspek lainnya. Sepertinya tes itu adalah tes bakat. Apakah dia termasuk CB/CI?
    Terimakasih sebelumnya, pak/ibu..

  36. assalamualaikum, anak saya perempuan, skrg berusia 10th8bl, kelas 5 sd. waktu kelas 4 sd, saya ikutkan psikotes di UNMER malang, dan hasilnya Alhamdulillah mengejutkan buat saya pribadi, IQ nya 130. tapi masalahnya, iq yg tinggi tidak lantas membuat dia menonjol dikelas dan sekolah, bahkan waktu kelas 2 dianggap punya kelainan. krn ketika interaksi dg guru kelas, dia sering tdk respon, dan hasil belajar pun sangat tidak memuaskan. waktu itu saya pikir memang anak saya biasa2 saja, dang sedang tidak bersemangat sekolah. kelas 3 juga masih sama, tdk menunjukkan hasil yang maksimal, walaupun akhirnya dia berada di posisi tengah. kelas 4 malah dibilang guru kelasnya, sangat tidak menonjol, kalah dengan teman yang lain. dan ak hirnya hasil tes IQ nya tinggi itu. bagaimana mengatasi anak seperti ini bapak/ibu.apakah sdh terlambat mengetahui keistimewaan anak saya ini.

  37. walaikum salam..
    silahkan langsung konsultasi dengan psikolog dengan unmer bu, untuk bisa mendapatkan cara pengembangan potensi putri ibu. tks

  38. ibu utary yth..
    salah satu hal yg penting untuk pengembangan anak cibi adalah mereka harus dibantu untuk memahami dirinya. ini yang sering tidak mereka dapatkan, sehingga pengembangan potensi mereka menjadi terhambat atau bahkan menyimpang. tks

  39. mb indri..
    asosiasi ini ada cabang di jabar.ketuanya pak eri, guru sman 3 bandung.. tapi aktivitas kami sejak ditutupnya program akselerasi menjadi terbatas. jika ada yang bisa kami bantu, silahkan disampaikan kepada kami. tks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s