HATI-HATI MASUK KELAS AKSELERASI

Sejak RSBI/RMBI dinyatakan terlarang atau bubar oleh Mahkamah Konstitusi pada awal tahun 2013, banyak sekolah/madrasah pelaksana RSBI/RMBI kebingungan untuk mengembangkan layanan unggulan di sekolah. Pada tahun 2010, Direktorat PSMP pernah mengeluarkan surat larangan kepada SMP yang menjadi rintisan RSBI untuk menutup semua program-program unggulan yang ada termasuk AKSELERASI. Asosiasi CI+BI Nasional kemudian merespon surat larangan tersebut dengan menulis kepada Direktur PSMP Kemendiknas dan Dirjen Dikdasmen (waktu itu), yang mempertanyakan keluarnya larangan tersebut dan meminta berdialog.

Dalam dialog tersebut diperoleh temuan bahwa Direktur PSMP tidak memahami dengan benar apa yang dimaksud dengan AKSELERASI dan beliau menerima informasi yang salah dari seorang oknum konsultan yang bernama KH. KH ini juga merupakan adik dari ESY konsultan pada direktorat yang lain, yang juga menginginkan supaya AKSELERASI dibubarkan dengan mengganti menjadi istilah kelas CI atau kelas CI Inklusi. Alhamdulillah sebagian sekolah masih menyadari surat yang keliru itu, dan tetap membuka layanan akselerasi.

Dalam perjalanannya kemudian, ternyata justru RSBI/RMBI yang dibubarkan dan dinyatakan terlarang berdasarkan keputusan Mahkamah KOnstitusi. Munculnya larangan ini membuat sekolah yang punya RSBI melirik AKSELERASI sebagai produk unggulan mereka. Sehingga berlomba-lombalah mereka membuka kelas AKSELERASI, meskipun mereka tidak paham konsep dan bagaimana layanan AKSELERASI dilakukan. Di sebuah kota di Pulau Jawa, sempat walikotanya mengeluarkan larangan membuka kelas aksel di sekolah-sekolah. Tapi kemudian pada awal bulan Juni 2013, justru di kota tersebut didorong untuk membuka kelas AKSELERASI.

Maraknya keinginan sekolah/madrasah untuk membuka layanan AKSELERASI di satu sisi perlu disambut dengan baik, karena memang jumlah sekolah/madrasah yang memberikan layanan ini masih sangat mini, baru mampu menampung sekitar 1% (sekitar 10.00an) anak usia sekolah yang berpotensi CI+BI. TETAPI jika pemberian layanan dilakukan oleh orang-orang yang tidak paham tentang konsep, kurikulum, pembelajaran, penilaian dan cara pengelolaan program, maka program ini akan sekedar mempercepat penyelesaian studi, tanpa masuk pada hal yang substantive.

Pada sekolah/madrasah yang sekarang ini berjalan saja, masih sedikit yang guru pernah diberikan pelatihan dan bekerja untuk menyusun kurikulum diferensiasi dan pengelolaan AKSELERASI. Di Sumatera Barat, yang pernah berworkshop layanan AKSELERASI adalah SMA Don Bosco Padang, di Jakarta adalah SMAN 81,di Jawa Barat, antara lain: SMPN 1 Tasikmalaya, SMPN 1 Pangandaran dan SDN 07 Ciamis. Di Jawa Tengah antara lain: SMA YSKI Semarang, MTs Assalam Solo, SMAN 1 Purwokerto, SMPN 3 Cilacap. di Jawa Timur : MTs Sumber Bungur di Pamekasan Madura, MTs Denanyar di Jombang, dan MTs Pajarakan di Probolinggo. Di banten: SDI Al Azhar Serpong dan SMP al Azhar Serpong.

Guru yang tidak pernah mendapatkan pelatihan dalam memberikan layanan akselerasi akan berimplikasi mereka memberikan layanan yang keliru dan justru menjadikan anak memiliki beban belajar yang sangat berat.

Oleh karena itu, masyarakat yang ingin memasukan anaknya ke layanan AKSELERASI harus mengecek betul kesiapan sekolah/madrasah tersebut. Beberapa hal yang perlu menjadi perhatian orang tua yang akan memasukan anaknya ke kelas aksel adalah:

1. Apakah sekolah/madrasah yg bersangkutan telah memiliki ijin membuka kelas aksel. Jika sekolah tidak memiliki ijin, maka keberadaan layanan akselerasi tidak akan diakui dan berakibat siswa tidak bisa ikut ujian nasional maupun ujian masuk perguruan tinggi.

2. Apakah sekolah/madrasah sudah menyusun kurikulum diferensiasi dan melatih guru untuk melakukan pembelajaran dan penilaian yang sesuai karakteristik layanan akselerasi

3. Apakah putra bapak/ibu memiliki IQ min. 130 dengan skala weschler, yang diuji oleh psikolog dari perguruan tinggi dan biro psikologi yang terakreditasi oleh BNSP?…jika ternyata putra bapak/ibu memiliki IQ di bawah 130, jangan menerima tawaran itu, karena berisiko putra bapak/ibu tidak bisa mengikuti ujian nasional.

4. Para orang tua jangan mau anaknya dilatih terlebih dahulu sebelum mengikuti psikotes. Karena psikotes bukan seperti ujian yang mencari nilai setinggi-tingginya, tetapi psikotes merupakan cara untuk mengetahui seorang anak, apakah mereka tepat untuk mengikuti program AKSELERASI, atau lebih tepat di program regular.

5. Jangan ragu bertanya kepada Asosiasi CI+BI Nasional terkait dengan layanan akselerasi.

Apabila orang tua/masyarakat bersikap kritis dan mau melakukan pengecekan dengan benar, Insya Allah mereka akan terhindar dari layanan AKSELERASI yang tidak sesuai. Dengan ini pula, eksistensi layanan AKSELERASI akan dapat dijaga dari gangguan dan rongrongan segelintir orang yang ingin mengambil keuntungan materi dari layanan AKSELERASI, tetapi melanggar hal-hal yang mendasar. Sehingga dapat berimplikasi menguatnya sebagian kecil orang yang menghendaki layanan AKSELERASI dibubarkan.

Salam.

Amril Muhammad

Iklan

188 thoughts on “HATI-HATI MASUK KELAS AKSELERASI

  1. Saya ingin bertanya saya msh bingung dan bimbang mengenai anak saya yg skg beradadikelas akselerasi.krn metode pembelajaran di sekolahnya menggunakan kurikulum 2013.kelas akselerasi adalah kelas percepatan tp sampai saat ini kelas reguler(non aksel) sdh belajar lbh cepat dibandingkan kelas aksel. Dan dikelas aksel tsb seringkali dk ada guru yg akhirnya anak2 nya belajar sendiri,sedangkan mrk baru kelas 3aksel(SD).kira2 apakah saya hrs tetap meneruskan anak saya di akselatau saya pindahkan kembali ke kelas reguler krn yg saya lihat tidak maksimal dan guru2nya pun tdk pernah mengikuti pelatihan u mengajar anak2 yg memang cerdas istimewa.makasih mohon sarannya pak……

  2. yth. bu Risna
    untuk tahun ini kelas aksel belum menggunakan kurikulum 2013, karena mreka akan selesai 2 tahun lagi, sedangkan ujian nasional kurikulum 2013 akan dilaksanakan pada tahun 2016. kami di asosiasi tidak menyarankan sekolah dasar untuk melakukan aksel di kelas tiga, tetapi sebaiknya di kelas empat, karena kelas tiga itu masih kelompok kelas awal.
    pembelajaran aksel yang sering ditinggal guru lalu diganti tugas jelas sangat keliru. anak CI+BI justru membutuhkan bimbingan yang lebih intens. itu sebabnya kelas aksel itu jumlah siswa maksimal hanya 20. kalau kondisi seperti sekolah di putra ibu seperti itu, akan lebih baik dia di kelas reguler saja atau di sekolah yang memberi perhatian optimal pada siswanya, lalu kembangkan minat melalui aktiivtas lain. ibu harus memahami laporan psikologis dari psikolog, agar bisa membantu pengembangan diri putra ibu secara efektif.
    kalo ibu ingin lebih intens berkomunikasi dengan saya (amril muhammad) bisa kontak saya di 0812 8262 594, atau di fb amril muhammad.
    tks

  3. Anak saya perempuan kelas 4 SD Algifahri Cisaranten Kulon,Bandung mendapat panggilan masuk kelas Akselarasi,hasil test psikologi dar UPI Bandung IQ 131, kreativitas 65, komitmen 56, saya masih bingung apakah mengizinkan anak saya masuk kelas Akselarasi atau tidak, saya khawatir anak saya tidak mampu, saya juga khawatir sekarang karena masih kecil dia semangat tapi semakin bertambah usia semakin malas, kemudian saya juga khawatir dia tidak bisa bermain dengan teman sebayanya karena sibuk belajar, mohon pencerahan nya,terimakasih….

  4. Yth. pak Bandi..
    dilihat dari kriteria atau kualifikasi putri bapak, memang memenuhi kriteria sebagai anak gifted atau anak CI+BI, yang salah satunya disarankan untuk mendapatkan layanan pendidikan di kelas akselerasi. tetapi untuk memutuskan apakah anak bapak dimasukan atau tidak, ada beberapa hal yang bisa dijadikan pertimbangan, yaitu:
    1. harus jelas bagaimana pelayanan diberikan sekolah, apakah memang dalam upaya mengembangkan potensi anak ataukah sekedar mempercepat penyelesaian studi. dalam pengalaman kami di lapangan, banyak sekolah/madrasah yang hanya fokus pada percepatan, tapi tahu bagaimana cara yang benar dalam melakukan program percepatan itu.
    2. lhat kemampuan putri bapak, apakah menguasai hampir seluruh mata pelajaran ataukah hanya satu atau dua saja. jika mampu hampir semua mata pelajaran, maka bisa dimasukkan, tetapi jika tidak, sebaiknya jangan dimasukkan. bapak bisa membantu pengembangan bidang yang menjadi keunggulan putri bapak lewat kegiatan tambahan di luar sekolah.
    3. cek apakah guru di sekolah itu sdah pernah mendapatkan pelatihan khusus untuk memberikan layanan akselerasi. banyak guru yang tidak pernah dilatih bagaimana melayani kelas aksel, justru menimbulkan masalah bagi anak, karena cara mereka mengajar tidak jauh beda dengan kelas reguler, sehingga anak menjadi tertekan/stres karena banyaknya tugas dll.
    4. kemalasan itu muncul bukan karena putri bapak pemalas, tetapi lebih disebabkan stimulus pembelajaran yang diberikan oleh guru tidak memotivasi atau meransang dia untuk mnunjukkan kinerja yang terbaik, oleh karena penting guru memahami karakteristik kognitif dan psikologis anak yang terkait dengan pembalajran sehingga mereka bisa merancang pembelajaran dengan baik. orang tua juga perlu paham, sehingga bisa memberikan pendampingan belajar secara optimal.

    jika bapak ingin info lebih lanjut silahkan menghubungi kami di hp. 0812 8262 594

    tks.
    Amril Muhammad

  5. Darimana orang tua bisa mengecek sekolah mana yang sudah memiliki ijin membuka kelas aksel serta apakah guru anak kita sudah pernah mendapat pelatihan untuk layanan aksel atau belum. Kalaupun gurunya sudah pernah mendapatkan pelatihan, darimana orang tua bisa tahu kemampuan gurunya memberikan layanan aksel dgn baik atau tidak? Apakah ada semacam sertifikasi berikut scoringnya? Terimakasih

  6. Yth. pak Anto..ks
    silahkan menghubungi kami di hp. 0812 8262 594..sebutkan sekolah yang bapak ingin ketahui..Insya Allah kami bisa membantu informasinya. tks.

  7. assalamu’alaikum…pak amril, kira2 saya bisa mendapat data tentang pedoman pelaksanaan akselerasi dimana ya??
    mohon bantuannya..terimakasih

  8. walaikum salam mb nikmah…
    pedoman pelaksanaan aksel bisa dilihat di blog ini, lihat pada halaman atau ketegori pedoman.
    tks

  9. Anak saya (laki) kelas 10 dan SMA negri tempatnya bersekolah menempatkan dia ke kelas akselerasi berdasarkan hasil tes IQ. Bagaimana cara saya memotivasi dia supaya nyaman dengan program akselerasi tersebut tanpa bermaksud memaksakan. Karena sempat beberapa kali dia ingin turun ke kelas reguler. Sepertinya dia terkejut dengan banyaknya tugas2 yang harus dia selesaikan sedangkan masa SD dan SMP nya dijalaninya dengan santay (SD ,SMP negri).

  10. bu Dewi….
    mengikuti program akselerasi adalah pilihan, bukan keharusan bagi anak CI+BI. kondisi yang terbaik adalah ada kesepakatan bersama antara siswa dan orang tua unutk mengikuti program akselerasi. kalau putra ibu tidak nyaman, jangan dipaksakan nanti berisiko. jadi saran kami, kalau putra ibu ingin di kelas reguler, maka akan lebih baik dia ada disana.
    tks

  11. ass. bapak, saya Nofrini Susanti, mahasiswa Manajemen Pendidikan Universitas Riau..sekarang saya sedang menulis tugas akhir tentang Implementasi program Akselarasi di SMPN 2 Dumai, tapi saya kebingungan mencari buku pedoman penyelenggaraan program aksel trsebut karena di sekolah yg bersangkutan buku itu tdk dijumpai, dimana bs saya cari buku tersebut pak? trs, berapa data pasti sekolah penyelnggara aksel ini di Indonesia? khususnya di Riau. terima kasih info dari bapak. wassalam

  12. walaikum salam…
    coba tanya salah satu guru disana yang bernama pak Rudi..mungkin beliau punya..
    kami akan cek dulu, apakah kami masih punya, nanti kalo ada, akan kami kirimkan via email
    tks.

  13. Kalo demikian lantas bagaimana dengan sekolah/msdrasah yg baru buka kls aksel tahun ini agar bisa mendapatkan kepercayaan dari masyarakat sprt mtsn lumajang jawa timur? Ijin dalam proses dan pelatihan guru akan dilaksakan pd tggl 8,9,10 nop bsk dengan mengundang njenengan itu.

  14. yth. pak hartono…
    kepercayaan masyarakat itu yg pertama pada akreditasi sekolah/madrasahyang harus nilainya “A”. oleh karena itu tidak boleh sekolah dari awal berdiri membuka kelas aksel. kedua, madrasah itu selama ini sudah memiliki prestasi siswanya yang cukup tinggi baik di bidang pelajaran kurikuler maupun ekstra kurikuler. karena dari prestasi itulah, sekolaah membuat studi kelayakan untuk membuka layanan akselerasi.
    guru harus diberi pelatihan agar memahami bagaimana karakteristik anak ci+bi, kurikulum diferensiasi, pembelajaran dan penilaianannya. jika, tidak maka layanan aksel cuma menggambarkan reguler yang dipercepat waktunya….inilah yang keliru.
    tks

  15. Pak Amril, hasil tes IQ Wisc anak lelaki saya 135. Saya ingin tahu sekolah aksel SMP swasta di wilayah Jakarta Barat yang cocok buatnya. Terima kasih.

  16. pak Simon Yth…
    mhn maaf data yang ada pada kami, di jakarta barat tidak ada sekolah yang menyelenggarakan layanan akselerasi. tks

  17. sepengetahuan saya, aksel smpn 1 denpasar bagus. kalo tidak salah beberapa tahun yg lalu, siswa akselnya nilai NEM tertinggi se Indonesia. tks

  18. Pak Amril sangat informatif tulisan bapak yg kebetulan sedang saya cari. Saat ini saya sdg mpersiapkan dua anak saya utk masuk sekolah aksel di tkt SMP. Yg ingin saya tanyakan bgmana mpersiapkan mental, kesiapan anak dlm mengikuti program nantinya. Apakah ada info/seminar yg munkin bs saya dapatkan misal lewat fb/email/media lain. Apakah ada referensi sekolah prog aksel yg baik sec program dan agama di daerah cibubur. Sbg info anak saya skrg kelas 4 & 2SD

  19. Yth. bu Silvy…
    yang paling utama ibu lakukan adalah mengikutkan putra/i ibu untuk mengikuti psikotes lengkap untuk mengetahui IQ dan kemampuan2 serta keterbatasan2 yang dimiliki putra ibu secara psikologis. apabila putra/i ibu memiliki IQ min 130 dengan skala weshcler atau kategori veri superior untuk alat tes lainnya, maka barulah ibu mempertimbangkan untuk menyiapkan mereka masuk program akselerasi.
    tks

  20. Selamat malam Pak, kalau di bandung SMP mana saja ya. Mohon informasinya, insyaAllah putri saya ingin ikut akselerasi. Terimaksaih.

  21. Yth pak Bambang…
    kami tidak memiliki info tentang sekolah yang bapak maksud, karena kami belum pernah mampir ke sana, dan sekolah itu pun belum pernah ikut dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Asosiasi CI+BI. tks

  22. bgmana dngan MTsN Ponorogo kebetulan anak saya baru masuk tahun 2013 kemaren? apa memang di klas aksel dituntut dngan tugas yg banyak. nilai KKM standard aksel brapa ya pak?

  23. bu amelia…
    saya mhn maaf belum pernah mampir ke MTsN Ponorogo. jadi saya tidak tahu apa yang terjadi disana. tetapi secara umum penyelenggara layanan aksel harus memenuhi beberapa hal:
    1. menyusun kurikulum diferensiasi sebagai syarat utama layanan aksel
    2. guru-gurunya pernah mendapatkan pelatihan dalam melakukan pelayanan aksel, baik keterampilan terkait dengan pembelajaran, penilaian dan pemahaman terhadap karakteristik anak CI+BI yang memiliki perbdaan-perbedaan dengan anak normal seusianya.
    3. sekolah mengetahui bagaimana mengemas pembelajaran termasuk pemberian tugas yang disesuaikan dengan tingkat kemampuan dan anak beban belajar yang tidak boleh menimbulkan ketidaknyamanan anak dalam belajar
    4. untuk penilaian KKM, harus ditentukan berdasarkan kemampuan awal anak dan proses pembelajaran yang bisa dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran.
    tks

  24. bu maria..
    mhn maaf yang berasrama untuk smp di jawa tengah tidak ada.. kalo MTs ada yang berasrama di MTs Assalam sukoharjo.
    tks

  25. Sore pak
    Saya mau tanya smp dan sma akselerasi di jawa tengah?
    Apakah siswa aksel harus tidak mengikuti event-event sekolah ?
    Karena di sekolah saya kami siswa aksel tidak diikutkan event-event sekolah
    Terimakasih

  26. Yth. pak Wibisono
    untuk daftar sekolah aksel smp dan sma silahkan lihat dib log ini..
    adalah keliru sekolah tidak mengikutkan siswa aksel dalam event sekolah. karena mereka punya potensi untuk berkembang dan itu harus diberi kesempatan. saya kira pengelola aksel di sekolah yang melarang siswa aksel ikut event tidak paham tentang pengelolaan aksel, dan mungkin juga tidak pernah mengikuti pelatihan tidak pernah ikut pelatihan tentang aksel yang dilakukan oleh Asosiasi CI+BI Nasional.
    tks

  27. Seperti yang bapak bilang,jika anak CI+BI harus memiliki IQ diatas 130,sedangkan IQ saya 125,tapi saya ingin sekali masuk kelas akselerasi karna menurut saya kelas reguler kurang dalam hal memberikan materi,bahkan seringkali guru yang saya tanyakan juga tidak memahami soal yang saya tujukan.. apa saya bisa masuk kelas akselerasi??

  28. Yth. Aprini..
    kalau memaksakan masuk kelas aksel dengan nilai IQ di bawah 130, akan berisiko tidak bisa ikut ujian nasional. karena aturan untuk ikut ujian nasional sebagaimana diatur oleh BSNP adalah mereka yang memiliki skor IQ min 130.
    tks

  29. Pak ,saya adalah murid akselerasi sejak 2013 untuk domisili bandung- Jawa barat . sebelum masuk saya juga dites psikotes dan IQ saya 131 dengan hasil kreatifitas dan potensi belajar tinggi , dan saya ditulis disitu masuk kategori A . tapi masalahnya dulu sebenarnya saya masuk aksel cuma coba-coba , sebenarnya saya lebih tertarik dengan program enrichment yang ada di sekolah saya . Menurut saya menjadi siswa akselerasi sangat berat . Saya seperti terseret – seret , harus memahami materi dengan cepat tapi tidak ada waktu untuk belajar intensif karena tugas menumpuk . Bulan – bulan pertama saya sempat stress dan jujur saya lelah , tapi bagaimanapun saya tidak bisa mundur . Meskipun saya sudah bisa mengikuti pelajaran lebih baik sekarang . Tapi saya masih meragukan hasil psikotes saya dulu jangan jangan tidak sesuai dengan kemampuan saya . Apa ada yang bisa dilakukan untuk mengecek kembali psikotes saya ? Mohon sarannya pak . Terimakasih .

  30. tambahan …
    em.. pak sebenarnya saya tidak suka dipaksa paksa , saya berfikir mungkin kalo saya sekolah 3 tahun ,saya akan belajar lebih banyak dan saya lebih bisa melakukan yang saya mau , juga memenuhi target target saya sewaktu smp . sekarang saya merasa tidak leluasa . prestasi saya tidak terganggu , hanya saja saya merasa tidak puas dengan waktu yang terlalu singkat untuk mengejar target target saya tadi pak … Terimaksih sekali lagi …

  31. mb kintan..
    sebenarnya masuk aksel itu adalah pilihan, bukan paksaan meskipun memenuhi kriteria..
    kalau kintan gak mungkin untuk mundur dari kelas aksel, ya dilanjut aja tapi jangan dengan perasaan tertekan.
    yang penting bukan meragukan hasil tes, tapi bagaimana mengoptimalkan potensi yang ada..
    oh ya sekarang di smp atau di sma? kalo di smp, nanti sma gak usah masuk aksel. gak udah di sma, nanti kuliah juga punya kesempatan kok untuk menikmati atau menjalani apa yang kintan inginkan.
    kalo merasa berat beban di kelas aksel, itu lbih disebabkan gurunya tidak paham bagaimana mengelola program aksel, termasuk pembelajarannya.
    kalo ada laporan lengkap hasil psikotesnya coba kirim ke email, mungkin nanti kami bisa bantu untuk sharing.
    tks.
    Amril Muhammad.

  32. Sy pengelola kelas Akselerasi di SMAN 1 Sengkang kabupaten Wajo. Kami pengelola dan guru pingin sekali mendapat pelatihan tentang pengelolaan dan bagaimana mengajar di kelas akselerasi. Pelatihan ini sangat urgen mengingat kami baru 2 tahun mengelola kelas aksel ini. Kontak saya 082345424446

  33. Data pada kami ada tiga SMA:
    1. SMAN 3 bogor
    2. SMAN 6 Bogor
    3. SMA Dwi Wwrna Parung
    kami tidak bisa memberikan rekomendasi mana yang bisa, karena kami belum pernah datang ke sekolah itu. jadi silahkan komunikasi langsung dengan pengelola di sana.
    tks

  34. Mohon info, kalo di Sidoarjo yang menyelenggarakan Ci-Bi SMP mana saja?
    Kalo untuk TA 2013/2014, kelas CIBInya msh memakai kurikulum lama ya?
    Makasih

  35. Mbak Asrie..
    data yang kami miliki hanya SMPN 1 Sidoarjo. untuk sekolah yang menjadi piloting penerapan K-13 pada mulai tahun 2013, maka pada tahun pelajaran 2014/2015 kelas sudah menerapkan K-13. Sedangkan yang baru tahun 2014 ini menerapkan K-13, maka kelas aksel baru menggunakan K-13 pada tahun 2015. tks.

  36. Anak saya th ajaran 2013/2014 masuk kelas aksel, pembelajarannya di awal memakai K-13, skrg sudah memakai buku KTSP untuk kelas VII, berarti nanti ketika UN tahun 2015 materinya mengikuti KTSP ya?

  37. Maaf, untuk pertanyaan saya di tanggal 2 Mei 2014, ada kesalahan penulisan. Skrg sdh memakai buku KTSP kelas VIII(delapan) bukan kelas VII

  38. bu Asrie yth.
    kelas aksel yang menggunakan K-13, adalah mereka yang masuk pada tahun ini, tahun pelajaran 2014/2015. Untuk yang masuk sebelumnya tetap menggunakan K-2006/KTSP, karena ujian nasional dengan K-13 baru akan dilaksanakan pada tahun 2016, itupun hanya untuk sekolah-sekolah yang menjadi piloting K-13. tks

  39. Pak…saya ingin tahu langkah apa yg harus saya lakukan sblm mendaftarkan anak saya ke kelas akselerasi SMPN..saat ini anak saya kelas 6 SD…apakah saya harus bw tes IQ dulu ataukah bisa lgs daftar ke SMP yg dituju.?..mohon tambahan informasi u SMPN di tangsel dan jaksel yg ada kelas akselerasi nya…terimakasih banyak untk bantuannya pak…

  40. ga sengaja bc tulisan ini. sy ada adik kelas di skolah kami, pinter banget. Bayangin aja SD aksel, SMP Aksel, SMA Aksel. Masih muda banget. Masuk SMA th 2013 lalu, tp kelahirannya Oktober 2000. Cakep, culun, masih kecil

  41. bung/mbak someone..
    di India ada anak usia 14 tahun jadi dokter ahli bedah..
    di UGM, 17 tahun lebih 11 bulan, jadi lulusan kedokteran terbaik
    jadi apa masalahnya ya?

  42. bu shirley..
    ada baiknya juga dites lebih dahulu secara mendiri di psikolog. saya menyarankan ke lembaga psikologi UI atau biro psikologi pela 9 di kebayoran baru..
    untuk aksel di jakarta selatan: SMP Al Azhar Kby baru, SMPN 68, SMP Bhakti mulya 400, SMPN 115.
    tks

  43. bu Asrie..
    ujian nasional tahun 2015 masihmenggunakan KTSP. tahun 2016 dilakukan dengan Kur-2013 khusus sekolah yang menjadi piloting kor 2013. tks

  44. Pak, apa benar kalo anak CiBi itu memiliki kecenderungan kurang bersosialisai dengan orang lain? Apakah kurikulum untuk anak CiBi membuat anak CiBi sibuk dengan tugas-tugasnya sehingga tidak ada waktu untuk bergaul dengan temennya yang lain? Bagaimana dengan anak CiBi yang suka musik? apakah CiBi itu hanya menonjol di sisi akademik saja? Makasih

  45. mb Dwi yth..
    kalo akselerasi MTsN madiun kami sudah pernah memberikan pelatihan kepada para gurunya..jadi Insya Allah mereka bisa mengelola aksel lebih baik. kalo MAN Madiun kami belum pernah memberikan pelatihan kesana. tks

  46. mb Asrie Yth.
    kadang anak ci+bi sulit bergauldengan sebayanya karena kemampuan berpikir dan wawasan mereka lebih tinggi dari teman sebayanya. sehingga mereka banyak bisa ngobrol dengan teman yang secara usia lebih dewasa. kesibukan anak pada tugas lebih disebabkan pengelola aksel yg tidak memahami bagaimana sharusnya aksel itu dikelola, jadi kesannyanharus belajar dan belajar terus, akibanya kemampuan lain dari anak CI+BI tak sempat dikembangkan, karena habis waktu untuk menyelesaikan materi pelajaran. tks

  47. mohon maaf…dari semua komentar kebanyakan hampir semua menanyakan tentang kelas akselerasi.
    sy baru dengar itu istilah…dengarpun juga karena ank sy mau mask smp dan sma.mhn penjelasannya secara detail , yang dimaksd kelas akselerasi itu apa ya?
    satau lagi …maksd anak CI + BI itu juga apa ya?mhn penjelasannya juga
    terimakasih

  48. Pak.. Allhamdulillah anak saya pertama berdasarkan tes IQ mendapatkan scor IQ 143 dan lolos masuk kelas akselerasi di SMA N 1 Sumedang..skarang sdh menginjak smstr 3, dan sampai skrng masih enjoy menjalaninya ..nah adekny minggu yg lalu juga ikutan test masuk akselerasi di SMP N 1 Sumedang..dan sedang menunggu hasil testnya,, hasil test IQ setahun yg lalu 135.. yg ingin saya tanyakan…bagaimana standart mutu kelas akselerasi SMA N 1 Sumedang dan SMP N 1 Sumedang di tingkat Nasional? terimakasih

  49. bu Aliyaa…
    mhn maaf kami tidak punya info yang memadai tentang mutu aksel di SMPN 1 sumedang ataupun SMAN 1 sumedang, karena kami belum pernah hadir di sekolah tersebut. tks

  50. bu eni…
    kelas akselerasi adalah layanan pendidikan yang ditujukan kepada anak CI+BI yang karena kecepatan belajarnya dimungkinkan untuk menyelesaikan sekolah lebih cepat dari teman sebanyanya. anak CI+BI adalah anak yang memiliki skor IQ dalam kategori very superior, kreativitas baik dan komitmen pada tugas juga baik. untuk bisa diterima di kelas akselerasi selain syrat di atas, juga ditunjang dengan prestasi akademik di sekolah sebelumnya. tks

  51. mb Umi..
    sampai saat ini, data yang kami miliki, di wilayah probolinggo, kelas aksel hanya ada di MTs pajarakan. untuk MA/SMA belum ada. tks

  52. Mohon nanya,sya baru saja diterima di kelas akselerasi SMA NEGERI 1 BALIKPAPAN. Saya sudah mengikuti semua test yang diberikan,hasilnya saya bisa masuk ke kelas tersebut. Tapi hasil test IQ saya hanya 128 , sedangkan yg lainnya termasuk kategori tinggi. Siswa lain yg masuk kelas tersebut memiliki IQ paling rendah 136 ,bahkan ada yg mencapai 151. Saya merasa sedikit down setelah mengetahui hal tersebut. Apa menurut anda saya bisa melanjutkan dan bersaing dengan yg lainnya? Terimakasih

  53. Ada tambahan lagi, kira kira apa yang menjadi pertimbangan penyelenggara di sekolah tersebut sehingga mereka menerima saya di kelas aksel? Terimakasih

  54. bung renaldy….a
    mhn maaf sebelumnya, yang bisa masuk di kelas akselerasi itu, IQ minimalnya adalah 130. karena skor IQ nya dibawah itu, berisiko tidak bisa ikut ujian nasional nanti. jadi renaldy sampaikan kepada pengelola aksel disana, agar tidak menyesal nantinya.
    kelas aksel bukanlah kelas yang lebih hebat dari kelas reguler, tetapi soal kecocokan.
    saran kami, renaldy menolak penempatan di kelas aksel, karena renaldy berisika tidak bisa ikut ujian nasional karena IQ nya dibawah 130.
    tks

  55. Selamat Siang Pak…Anak saya sekarang baru masuk di SMPN 1 Sidoarjo..dan ingin mengikuti test kelas Aksel dengan scor IQ 132.yang ingin saya tanyakan bagaimana standart mutu dari kelas Aksel SMPN 1 Sidoarjo….
    Terima Kasih

  56. Ass. Wr. Wb.
    Pak apakah SMPN 1 Sidoarjo sudah terdaftar sebagai pnyelenggara aksel? Anak sy proses seleksi aksel SMPN 1 Sidoarjo hsil tes IQ 145+, apakah sdh mmnuhi syarat? Apakah program aksel sdh diakui pemerintah mengingat kebijakan Kemdiknas selalu berubah-ubah.
    Terima kasih.

  57. bu Umi yth.
    kami belum pernah berkunjung ke smpn 1 sidoarjo, jadi tak punya info yag memadai tentang standar mutu aksel disana. tapi ibu bisa bertanya kepada mereka, paling tidak dua hal:
    1. apakah guru2 mereka sudah pernah dilatih untuk menyusun kurikulum diferensiasi dan pembelajaran yang cocok untuk siswa aksel
    2. kegiatan pengembangan diri apa yang disediakan sekolah untuk siswa aksel, jangan sampai mereka hanya belajar terkait materi pelajaran saja.
    tks

  58. pak Sigit Yth.
    data yang ada pada kami smpn 1 siodarjo menyelenggarakan kelas aksel. tapi bagaimana cara mereka mengelola dan mutunya kami tidak tahu karena berlum pernah mampir atau diundang kesana.
    keberadaan aksel diakui oleh UU dan peraturan lainnya mulai dari pasal 5 ayat 4 UU no. 20/2003 tentang sisdiknas dan lainnya.
    untuk masuk kelas aksel ada bebraa syarat yg harus dipenuhi: skor IQ min. 130, kreativitas dan task commitment minimal cukup dan nilai rata2 jenjang sekolah sebelumnya adalah 8.
    tks

  59. Aslkm,
    Pak amril, kl program aksel mtsn denanyar jombang sdh memenuhi syarat penyelenggara kls aksel blm? ada yg berminat krn msh di bwh naungan ponpes denanyar. Kl di jawa barat (wil. Cirebon) rekomendasi aksel sklh mana utk tingkat sltp/ mts?
    Terima kasih.

  60. pak Adi yth..
    Mts denanyar sudah pernah kami latih gurunya untuk mengelola kelas akselerasi. di cirebon tidak ada, yang ada di kuningan. tks

  61. Salam kenal Pak Amril…
    maaf ikut bertanya, sehubungan anak saya hari ini terpilih masuk program aksel di SMA 8 Malang
    1. bagaimana dengan SMA 8 Malang , apakah pengajarnya berkompeten ?
    2. bagaimana saya bisa melihat dari program aksel ini menghasilkan sesuatu yang baik ( bukti ) dari angkatan terdahulu yang ikut aksel ini ?

    salam,

  62. Pak Bondan Yth..
    saya pernah mampir ke sman 8 malang pada tahun 2010 untuk berdialog mengenai persiapan pembukaan kelas akselerasi disana. tapi saya belum pernah melatih guru dan belum pernah tahu bagaimana kiprah layanan akselnya. saran saya, coba bapak tanya ke pihak sekolah.tks

  63. Assalamualaikum Pak Amril.
    Saya anak kelas X akselerasi di SMAN 6 Cirebon, pak.
    Pak, saya ingin bertanya.. Saya pernah mendengar, kalau kurikulum 2013, UN dimajukan di kelas XI, itu benar atau tidak ya, pak? Dan kalau benar, bagaimana dengan kami yang 1 tahun pelajaran 8bulan? Terimakasih pak:)

  64. Walaikum salam mbak syifa..
    terkait pelaksanaan UN dengan Kur 2013 dilakukan pada kelas XI itu baru wacana kok. Ujian nasional dengan kurikulum 2013 baru akan dilaksanakan pada tahun 2016. Jadi kalo syifa tamat tahun 2015, belum menggunakan kurikulum 2013.
    Semoga penjelasan ini bisa menghilangkan kegalauannya ya..

  65. assalamu alaikum wr.wb.

    Nama saya Rudi alamat saya di Bogor, saya memiliki anak usia 9,5 thn sekarang kelas 5 SD satu minggu lalu anak saya ikut psykotes (IQ minat dan bakat) di UPI Bandung hasilnya score anak saya 136 (skala weschler) saya cukup kaget karena saya pikir tidak setinggi itu Dr. Tina pun menyarankan harus berhati-hati menanganinya agar bisa maksimal. Kemudian saya mencari informasi mengenai penanganan anak yang very superior dan menemukan portal CI+BI.

    untuk kelanjutan sekolah menengah (di Bogor) apa yang bisa saya lakukan
    saya mohon saran-saran Bapak terutama sekolah yang punya pengalaman menangani anak very seuperior

    wassalamu alaikum wr.wb

    Rudi

  66. Yth. pak Rudi..
    yang penting sekarang ini pelajari hasil psikotes itu, lalu lihat apa yang bisa dibantu untuk dikembangkan dan hal-hal apa yang kurang baik untuk bisa dinimimaliasi.
    kalau ada laporannya, mungkin saya bisa memberikan rekomendasi.
    tks.
    Amril Muhammad

  67. Assalamu’alaikum Pak Amril…
    Anak saya diterima di kelas aksel SMAN 1 Yogyakarta. Bagaimana mutu kelas aksel disana? Trims

  68. bu Nirmala Yth.
    SMAn 1 Jogja salah satu sekolah yg sudah cukup lama menyelenggarakan aksel. namun kami belum pernah datang kesana. jadi tidak tahu bagaimana kualitas layanan akselerasinya. tapi paling ada hal yang bisa ibu tanyakan pada pengelola:
    1. apakah skor IQ putra ibu min. 130 ?
    2. apakah sekolah memiliki kurikulum diferensiasi?
    3. apakah ada program pengembangan diri yang disiapkan untuk anak kelas aksel ? jangan sampai mereka hanya belajar mapel yang ada saja.
    tks

  69. syarat anak diterima di kelas aksel adalah:
    1. skor IQ min. 130
    2. kreativitas dan task commitmen min. cukup
    3. nilai rapor rata2 8
    silahkan dicek bagaimana hasil putra bapak.
    tks

  70. Assalamualaikum…pak Amril
    Anak saya baru masuk kelas X SMA 3 Bandung, dari hasil tes IQ anak saya >145 , dipertimbangkan unt masuk kls akselerasi, yg ingin saya tanyakan apa beda kriteria disarankan dan dipertimbangkan, krn disekolah anak saya dr 320 siswa 63 anak dpt undangan unt masuk kls aksel: 14 disarankan , 59 dipertimbangkan (masih hrs seleksi lg). Apakah klo dipertimbangkan artinya sebetulnya agak berat unt masuk kls aksel atau bagaimana pak. Apakah lbh baik anak saya ikut kelas reguler saja. Tks

  71. Kalau anak dengan IQ 123 dan EQ 124. Lebih diprioritaskan / cocok di bagian mana pa? Mohon maaf kalau sedikit keluar jalur. Karena melihat perkembangan terkini, anak saya lebih banyak menirukan gaya mengajar ibu guru di kelasnya dan diterapkan di rumah. Malas untuk belajar, dan lebih condong untuk kreatif. Kira2 kemana harus di arahkan. Mohon infonya. Thx

  72. Mohon maaf ada kesaahan, menyambung pertanyaan saya di atas , ada yg salah, maksudnya 63 anak dpt undangan aksel, 14 anak disarankan, 49 anak dipertimbangkan…..

  73. pak Feri Yth.
    untuk anak IQ 123 termasuk kelompok kategori superior yang bisa mengikuti pembelajaran di kelas reguler. apakah putra bapak memiliki laporan psikologi yang lengkap (lebih dari sekedar angka Iq). jika ada coba pelajari, apa kelebihan yang dia punya dan kekurangannya. coba tanya kepada psikolog yang melakukan tes untuk mendapatkan saran pengembangan kemampuannya di bidng kreativitas. jika di sekolah kurang memadai, mungkin bisa diikutkan kegiatan les atau kursus yang memberi peluang berkembang kreativitas seperti robotic dll. tks
    Salam

  74. bu pratiwi yth.
    kalo rekomendasi disarankan artinya, anak tersebut memenuhi seluruh persyaratan untuk masuk kelas aksel, mulai dari IQ, kreativita, task commitment dan juga nilai akademik. kalo rekomendasi dipertimbangkan, mungkin ada salah satu syarat yang kurang terpenuhi, di luar skor IQ. saran saya coba tanyakan kepada pihak sekolah, apa penyebabnya, dan jika nanti masuk apa yang perlu orang tua terlibat membantu.
    Yang tidak kalah penting dapatkan laporan lengkap hasil psikotes agar ibu tahu kelebihan dan keterbatasan dari putra bapak/ibu. tks

  75. kepada bapak yg terhormat, saya kurang setuju dgan ketentuan iq d atas 130, dengan bukti, iq saya hanya 117, tidak mengahalangi saya untuk bisa menempuh SMA selama 2 thn, saya sudah lulus, dengan kesimpulan semua bukan d tentukan dr iq kita, tpi dr seberapa kita menekuni sistem belajar kita

  76. Assalamualaikum Pak, anak saya ikut program kelas Ci di SMPN 2 Depok, baru tahun ini dibuka di kota Depok. Saya mau menanyakan sejauhmana keterlibatan orang tua dalam mensuport suksesnya program Ci ini? selain mendukung anak di rumah. Trimakasih

  77. mbak Zulfa yth…
    ketentuan mengenai IQ 130 itu berdasarkan kajian dari para ahli psikologi pendidikan yang menemukan karakteristik anak CI+BI. apabila mereka masuk di kelas reguler dengan pelayanan yang tidak sesuai, maka justru mereka mengalami yang namanya underchiever. anak yang IQnya seperti zulfa, masuk kategori superior, maka tempat terbaiknya adalah kelas reguler. sekarang ini apabila IQ dibawah 130, masuk kelas aksel, maka siswa yang bersangkutan tidak bisa mengikuti ujian nasional. saya khawatir jangan2 skor IQ zulfa sebenarnya lebih dari 117, cuma mungkin waktu tes IQ dalam kondisi yang tidak optimal, sehingga skornya di bawah 130. Saya beberapa kali juga menemumkan kondisi seperti yang dialami zulfa, bahkan IQnya di bawah 100. tetapi setelah saya ngobrol sama siswa yang bersangkutan dan dilakukan tes ulang, ternyata IQnya di atas 130.
    tks. amril Muhammad

  78. bu hani yth..
    kami tidak mengetahui info bahwa smpn 2 depok mmbuka kelas akselerasi dan apa yang mereka siapkan untuk membuka layanan itu. untuk itu ibu perlu bertanya kepada pihak sekolah, apakah mereka sudah pernah memberikan pelatihan kepada gurunya untuk menyusun kurikulum diferensiasi, mengelola pembelajaran dan penilaian kelas akselerasi yang memiliki perbedaan dengan kelas reguler. perlu jugaditanya soal legalitas dan siapa yang melakukan tes IQ, juga perlu ibu ketahui apakah skor IQ putra ibu mini. 130. jika tidak, maka layanan akselerasi akan cenderung keliru dan putra ibu tidak bisa ikut UN jika IQ dibawah 130. tanyakan jugaprogram pengembangan diri apa yang disediakan oleh sekolah untuk putra ibu. kalo tidak ada, maka potensi yang dimiliki putra ibu tidak akan berkembang optimal. yang juga tidak kalah penting, sekolah harus membuat program yang mlibatkan orang tua, agar layanan akselerasi menjadi optimal. jadi ibu akan sulit memberikan dukungna di rumah, jika info2 itu ibu tidak miliki. jadi saran kami, tanyakan hal itu pada pengelola layanan akselerasi. tks. amril muhammad

  79. Assalamu’alaikum
    pak mohon infonya untuk sekolah akselerasi amanatul umma di pacet mojokerto, dan apakah mts denanyar di jombang itu jg ada asramanya? Terus , apakah sekolah trsebut melakukan tes IQ pada anak sebelum memasukkan anak itu di kelas akselerasi, atau kita harus melakukan sendiri, jadi hanya melampirkan saat mendaftar. Maaf kalau banyak pertanyaan pak, terima kasih. Wassalam…

  80. yth. pak/bu henasha..
    1. kelas akselerasi amanatul ummat kami tidak tahu karena bukan anggota kami.
    2. untuk Mts denanyar jombang, asramanya menyatu dengan program pesantren..
    3. biasanya sekolah/mts mengadakan tes secara kolektif, jadi coba tanya kepada sekolah/madrasah yang bersangkutan, apakah bisa psikotes mandiri. kalo bapak/ibu ingin tes sendiri, lakukan tes di lembaga psikologi yang ada di universitas. untuk wilayah jawa timur yang kami rekomendasikan adalah perguruan tinggi di surabaya (Unair, Untag, Ubaya) dan malang (Unmer, UMM)
    tks

  81. Yth. ibu/bpk Yoni..
    penyaluran potensi anak CI+BI melalui akselerasi, pilihannya adalah content-based acceleration atau grade-based acceleration. tks

  82. ibu Nina Yth..
    yang smpn 9 solo, kami sudah pernah melihat ke sana. sejauh yang kami tahu, sudah berjalan baik, meski perlu dioptimalkan. untuk smpn 2 kami belum pernah datang ke sana.
    untuk tes IQ terkait kelas akselerasi, kami sarankan dengan perguruan tinggi. di Solo ada UNS dan UMS. tks

  83. Assalamu’alaikum pak.
    Mau tanya bagaimana kualitas dari Sman 6
    Cirebon yg telah mengadakan kelas akselerasi. Yg saya tau selama ini berjalan dgn baik dan alhamdulillah lulusannya masuk PTN favorit semua.. bagaimana menurut bapak? Terimakasih..

  84. mb Tiara Yth.
    mhn maaf kami tidak punya info tentang akselerasi sman 6 cirebon, karena kami belum pernah berinteraksi dengan mereka, kami juga blm pernah memberikan sosialisasi dan pelatihan kepada mereka. jadi mohn maaf kami tak bisa memberikan penilaian. tks

  85. Malam Pak.
    Saya mau tanya. anak perempuan saya kelas X Aksel. Tetapi IQ ny hanya 125. sedangkan teman temanny juga ada yang 123-127 tetapi juga ada yang >130 pak. bagaimana menurut bapak? sampai saat ini semua ulangan harian anak saya remed. bahkan ia memerlukan les agar tidak ketinggalan pelajaran. Bahkan di hasil psikotes dari sekolah, tertuliskan bahwa anak saya di anjurkan ke enrichment, bukan akselerasi, begitu juga sama dengan sebagian temannya yg ber IQ 123-127 .

  86. Yth. pak Cristhoper…
    jika dilihat dari skor IQ, putri bapak seharusnya tidak di kelas aksel, karena syarat untuk kelas aksel adalah IQ 130. putri bapak berisiko tidak bisa ikut ujian nasional karena BSNP sudah mengeluarkan aturan bahwa kelas aksel yang bisa ikut UN hanya bila IQ min 130 yang ditunjukkan dengan melampirkan hasil psikotes. saran kami, lebih baik putri bapak dan siswa lain yang IQ nya dibawah 130 dipindahkan ke kelas reguler..
    tks

  87. Selamat malam pak,
    Maaf mau berbagi pengalaman sebagai orangtua yang kebetulan anak dan keponakan-2 saya baru lulus tahun ini dari kelas akselerasi di kota Brebes, Kota dan Kab. Cirebon. Alhamdulilah skarang anak dan keponakan-2 diterima di PTN pilihannya setelah “bertarung” di jalur SBMPTN. Pada dasarnya informasi yang bapak sampaikan perihal IQ dan persyaratan kemampuan serta kemauan anak yang akan masuk akselerasi benar adanya. Juga fasilitas serta kualitas pengajar di sekolah aksel “harus benar-benar mumpuni”. Tidak kalah pentingnya “pendampingan” (peran serta) orangtua yang benar-2 sangat berpengaruh thd si anak aksel, karena (maaf) anak serta keponakan waktu di akselnya dulu pernah mengeluhkan al, cara mengajar/pengajaran di sekolah tidak membuat mereka nyaman (sulit dimengerti) sehingga mereka (hampir semua siswa dalam satu kelas aksel) memerlukan tambahan pelajaran lewat kursus/bimbel di luar jam pelajaran di sekolah (tambahan pelajaran di luar sekolah atas kemauan anak/keponakan). Sehingga terkadang kasihan melihat anak/keponakan yang masuk kls aksel sepertinya capek sekali (pelajaran di kls aksel mulai dr jam 07.00 – 15.30 Wib, tambahan pelajaran di luar sekolah mulai jam 16.00 – 18.00 Wib). Dan saya serta oranngtua keponakan saya terkadang masih penasaran sd sekarang, apakah sudah benar-benar siapkah pihak sekolah yang membuka kelas aksel tersebut dalam sistem program belajar mengajar anak2 kelas akselerasi ? mestinya kalau sudah benar-2 siap tidak diperlukan lagi tambahan pelajaran di luar jam pelajaran di sekolah (les/bimbel) yang akhirnya memberatkan siswa aksel sendiri (baik dr sisi tambahan biaya, waktu bersosialisasi dan kondisi fisik). Sekali lagi minta maaf apabila ada yang kurang berkenan atas berbagi pengalaman saya sebagai orangtua anak yang pernah di kelas aksel. Semoga ke depan kelas Aksel menjadi lebih baik lagi dalam persiapan sistem program belajar dan mengajarnya. Tetap Semangat Kelas Aksel.

  88. Yth. pak handoko..
    terima kasih atas kesediaannya berbagi. Kami sepakat memang ada beberapa kekurangan dalam layanan aksel, yang memang salah satunyan karena guru2 tidak memiliki pengtahuan dan keterampikan dalam mengelola dan membelajarkan siswa. kalau bapak cerita lokasi dimana putra bapaksekolah, kami memang belum pernah diminta oleh sekolah di daerah itu untuk melatih mereka.
    seringkali memang ketidaktahuan itu, layanan jadi keliru sehingga memunculkan salah paham dari berbagai pihak, dan kemudian mereka berkeinginan membubarkan kelas akselerasi.
    sekali lagi terima kasih sudah berbagi pengalaman dengan kami.
    salam.
    Amril Muhammad

  89. Mau nanya pak, kemarin ada info penutupan kelas aksel. Kebetulan di kota kami kelas seperti itu baru dibuka degn siswa sebanyak 22 orang. Apa kelas aksel msh diperbolehkan atau g mana pak, soalnya ada ponakan sy rencana mau masuk ke st?

  90. maaf pak sebelumnya.apakah kelas aksel ada di provinsi bengkulu?beberapa tahun lalu saya menemukan bahwa di sekolah-sekolah yang katanya RSBI di provinsi bengkulu melakukan tes.tetapi hanya mengacu pada nilai raport dan tanpa melalui psikotes diawalnya.dan juga saya mendapati disetiap daerah banyak penyimpangan dimana kelas aksel tidak sepenuhnya diisi oleh anak dengan iq 130 keatas.saat tes pihak sekolah menanyakan tingkat ekonomi orang tua.bila kurang mampu mereka takkan lulus.saya dulu sempat ikut tesnya.saya belum sama sekali sempat ikut psikotes sebab pelaksanaan tesnya semrawut dan tidak jelas orientasinya.saya kurang setuju dengan adanya kelas aksel yang sekarang.saya berpikir bagaimana bila dibentuk suatu sistem baru yang lebih kompleks.kurang lebih hampir serupa dengan kelas aksel tetapi dengan sedikit pengubahan.misalnya seorang anak sangat berpotensi pada suatu bidang.maka dia akan diberi pelajaran tentang bidang tersebut lebih mendalam dan pelajaran lain yang berkaitan bidang tersebut.kurang lebih seperti sekolah tinggi.jujur saya belum menemukan sekolah yang menerapkan sistem yang tepat untuk anak berbakat karena kurangnya tenaga pengajar yang mampu mengembangkan kemampuan anak berbakat.

  91. bung Randi Yth…
    data di kami memang ada beberapa sekolah di bengkulu yg membuka kelas aksel, tapi kami tak punya data bagaimana kinerja layanan mereka. kalo yang diinfokan itu benar, disanalah terjadi penyimpangan itu. Itulah yg memprihatinkan kami, kelas aksel dijadikan sebagai barang dagangan, bukan lagi layanan yang harus mengacu pada ketentuan yang ada..

  92. Yth. Pak Sidik
    dulu kami memang membantu proses pendiriannya, tapi karena beda visi dan misi, kami mencabut dukungan itu.
    tks.

  93. Ass.wr.wb…Salam sejahtera Pak Sidik..mohon informasi, untuk anak yang masuk di kelas akselerasi, untuk sekolah dasar yang normalnya ditempuh 6 tahun bisa ditempuh maksimal berapa tahun dengan melalui program akselerasi ? Di Bogor apakah cuma di SDIT. Bina Insani ? Terimakasih informasinya…Wass.wr.wb

  94. Ass.wr.wb…Salam sejahtera Pak Amril Muhammad…mohon informasi, untuk anak yang masuk di kelas akselerasi, untuk sekolah dasar yang normalnya ditempuh 6 tahun bisa ditempuh maksimal berapa tahun dengan melalui program akselerasi ? Di Bogor apakah cuma di SDIT. Bina Insani ? Apakah Sekolah Negeri di bogor belum ada yang menjalankan ? Terimakasih informasinya…Wass.wr.wb.

  95. Selamat mlm pak…
    Saya mau menanyakan sekolah sd ,smp dan sma yg punya program aksel di Batam?
    Sebelumnya sy mau cerita ,anak sy umur 6 sekolah sd di home schooling pelita hati ,awalnya mereka menjanjikan ada program aksel setelah saya downpay dan anak sy mulai belajar disana hingga semester 1 sd .
    Sy menanyakan kembali apa ada program aksel di hs ini,mereka dgn enteng bilang program aksel tdk ada,sungguh kecewa sy dgn hs pelita hati,
    Padahal sy sdh mempersiapkan anak sy supaya sekolah di sekolah yg benar 2 mendukung program aksel dan kenyataanya nol yg sy dpt.
    Akhirnya sy pindahkan anak sy ke sekolah formal…sebenarnya sy masih mencari sekolah yg mendukung aksel tapi sy tdk tau dari mn saya akan mendapakan info yg akurat,mohon pak info nya
    Sekolah di Batam yg mengadakan program aksel dgn memiliki izin yg sah serta memiliki standart yg diakui dinas dan pemerintah

  96. Yth. Pak Radityo..
    untuk kelas akselerasi, siswa menyelesaikan pendidikan waktu 1 tahun lebihcepat dari teman sebayanya di suatu satuan pendidikan. Jika di SD menjadi 5 tahun, sedangkan di SMP dan SMA menjadi masing-masing 2 tahun.
    tks

  97. Kami masih rancu, kenapa Psikotes diciptakan bukan untuk apakah orang itu bisa akselerasi atau tidak, tidak ada niatan pencipta Psikotes bertujuan itu, apalagi Weschler lebih condong untuk mendeteksi Klinis seseorang, sedang IST untuk mengetahui Bakat seseorang, jadi kalau Hasil Psikotes digunakan seleksi kelihatan hanya nuansa bisnis saja yang tidak pada tempatnya, terima kasih

  98. Yatna…
    hasil psikotes merupakan hasil tes yang didasarkan atas kajian ilmiah. sementara ini, instrumen itulah yang bisa digunakan untuk mengetahui potensi anak dan klasifikasinya. kalau soal nuansa bisnis, kami tak terkait dengan itu. tks

  99. Assalaamualaikum
    Pak Amril bagaimana dengan program aksel di SD Al mabrur dan Ar rafi di bandung selatan? yang saya tahu akreditasinya itu sudah A.apakah akreditasi menunjukkan sekolah itu sudah mampu dengan kls aksel nya?

  100. yth Bu Tia..walaikum salam
    untuk menyelenggarakan kelas aksel, sekolah memang harus memenuhi persyaratan akreditasi A. tetapi harus dilengkapi dengan surat ijin penyelenggaraan kelas akselerasi. hal ini mohon dicek ke sekolah yang bersangkutan. tks

  101. Assalamualaikum Pak Amril. Putri saya sbntar lg akan masuk SMA. Dia berencana utk masuk kelas akselerasi lg. Sebelumnya di SMP juga dia di kelas akselerasi (IQ 131). Prestasi belajarnya selama d kls aksel terhitung biasa2 sj, tdk terlalu menonjol (ranking 5 dr 9 siswa). Sbg orangtua, sy cenderung menginginkan dia belajar di kelas reguler sj. Sy berpikir mungkin kalau di kelas reguler bs mencapai hasil yg lebih maksimal. Mengingat materi pelajaran SMA yg lbh banyak & berat. Juga perhitungan ‘bekal’ nilai rapot dan penguasaan materi pelajaran utk bs memasuki perguruan tinggi negeri yg diimpikannya. Saya mohon saran Bapak, apakah pertimbangan saya ini benar dan bijaksana? Benarkah dg belajar di kelas reguler hasilnya akan lbh baik dibanding di kelas akselerasi?. Saya tunggu saran Bapak. Terima kasih sebelumnya.

  102. bu indra yth..
    kelas aksel dan kelas reguler sama baiknya.. yang penting situasi pembelajarannya cocok untuk anak dan bisa mengembangkan kemampuannya, meskipun secara IQ anak itu masuk dalam kategori gifted. jadi silahkan dialogkan dengan anak dan juga cari info tentang pembelajaran aksel di sekolah yg dituju. sekedar informasi, mulai tahun siswa baru kelas aksel menggunakan sistem sks, yang memungkinkan anak pulang sekolah lebih sore untuk kelas aksel. tks, semoga bisa membantu.

  103. Anak sy bersekolah di sd arraffi bandung. Apakah sd arrafi ini memang memiliki kemampuan dan terdaftar sebagai penyelenggara kelas akselerasi? Anak sy berdasarkan beragam tes disarankan untuk masuk kelas aksel. Salah satunya adalah karena iq nya 145. Anak sy sangat brsemangat krn masuk kelas aksel tp sy masih ragu2. Dukungan trutama dukungan dlm pembelajaran seperti apa yg harus sy lakukan untuknya jika sy memutuskan untuk mengizinkannya untuk masuk kelas aksel? Terima kasih.

  104. bu dewi yth..
    informasi yang kami miliki sd arrafi memang salah satu penyelenggara kelas akselerasi, tapi bagaimana pola pembelajaran dan kualitasnya, kami tak memiliki info karena kami tak pernah kesana atau memberikan pelatihan kepada para gurunya.
    secara kriteria IQ, putra ibu memenuhi syarat. tapi yg lebih penting cari info program apa yang disediakan oleh sekolah untk layanan akselerasi dan juga pengembangan potensi yang dimiliki putra ibu. penting orang tua untuk mngetahui itu dan memperoleh penjelasan yang lengkap. termsuk deskripsi psikologisnya. tks

  105. mb Dafina..
    layanan ci+bi tetap ada, tapi mulai tahun 2015 untuk siswa baru di smp atau sma menggunakan sistem sks. sedangkan yang sd tetap.
    tks

  106. Ass, Pak..
    Saya mau tanya, kalau kualitas akselerasi SMP Negeri 1 Banjar , Jawa Barat itu bagaimana ya Pak?

  107. yth. bu meigita..
    kami belum pernah berkunjung ke sekolah itu. untuk referensi bisa ibu tanyakan beberapa hal kpada pengelola:
    1. apakah mereka sdh menyiapkan aksel dengan program sks?, karena mulai tahun ini siswa baru aksel hanya bisa dengan sks
    2. apakah guru2 mereka pernha dilatih menyusun kurikulum diferensiasi dan pembelajaran untuk anak CI+Bi?
    3. apakah sekolah menyediakan program untuk membantu pengembangan potensi anak cibi diluar pemebelajran di kelas.
    tks

  108. pak, anak saya sekolah di SDIT Gema Nurani bekasi utara.. apakah SD tersebut sudah terdaftar sebagai penyelenggara akselerasi ? .. terima kasih pak

  109. ibu wulan Yth.
    sejauh informasi yang kmi miliki, sekolah itu tidak terdaftar sebagai penyelenggara layanan ci+bi.
    tks

  110. Salam Pak….
    Anak sy saat ini berada di kelas akselerasi smp..akan lulus tahun depan..Ada keinginan anak saya untuk masuk akselerasi SMAN 2 Tangsel…Bagaimana menurut bapak predikat sekolah tersebut? Dan jika anak saya lulus SMA nantinya di usia 16 thn…apakah benar ada informasi bahwa adanya larangan kuliah sebelum usia 17 tahun? Kemudian apakah benar jika anak akselerasi tidak berkesempatan mendapatkan jalur undangan universitas favorit?trimakasih pak.

  111. Assalamualaikum WrWb,
    pak, anak saya mendaftar di kelas Cerdas Istimewa SMPN 2 Depok, yang saya tanyakan apakah ada kewajiban untuk membayar biaya uang gedung dll atau gratis seperti layaknya SMPN Depok lainnya, mohon penjelasan bapak.
    Demikian pertanyaan kami, dan terima kasih.
    Wass…WrWb

  112. Test skala apakah yang diatur oleh BSNP dalam menentukan skor IQ siswa CIBI? Anak saya kemarin di test IQ di SMPN 2 Depok dengan menggunakan skala CFIT. Apakah bisa hasil test IQ ini nantinya dipakai untuk mengikuti ujian Nasional? Karena anak saya pernah mengikuti test IQ skala Weschler namun hasilnya cukup berbeda dibanding test dg skala CFIT.

  113. bu anita yth..
    yang dibutuhkan oleh bsnp hanya angka min. 130. alat tesnya boleh weschler atau cfit. kalo hasilnya memang berbeda. tks

  114. yth. pak Edo..
    unntuk pendidikan khusus kelas aksel, dibutuhkan biaya lebih banyak dari reguler dan tidak terakomodasi dalam dana BOS. sehingga sekolah memungut biaya tmabahan. tapi berapa besar biaya kami tidak memiliki kwwenangan untuk memnetapkan. tergantu kebutuhan sekolah. tks

  115. yth. bapak/ibu lamvena..
    kami tak pernah tahu kondisi askel di sma 6 cirebon karena kami tak pernh berinteraksi dengan mereka
    tks

  116. ibu shirley yth.
    apakah sman 2 tangsel yg ada di cisauk? sejauh yng kami tahu mereka punya ijin melaksanakan aksel dan bebrapa gurunya pernah ikut workshop atau seminr tentang aksel.
    tidak ada kaitan antara usia dengan kuliah bu.
    tks

  117. bu wulan yth.
    kami tak punya info tentang sekolah itu. coba cek apaka mereka punya ijin atau tidak sebagai penyelenggra. tks

  118. Assalamualaikum Wr Wb,
    Saya mau bertanya apakah informasi yang disajikan di http://www.snmptn.ac.id tentang kebijakan Majelis Rektor PTN yang pada tahun 2012 yang meniadakan kesempatan 100% siswa kelas akselerasi untuk mengikuti SNMPTN Jalur Undangan itu benar pak? Dan apakah masih berlaku sampai saat ini? Mohon informasinya karena hal ini tentu sangat memprihatinkan bagi kami dan anak-anak CI+BI Indonesia. Karena pada tahun 2011,  Majelis Rektor PTN telah memberi kesempatan 100% siswa kelas akselerasi mengikuti jalur undangan. Demikian dan terima kasih. Wass….

  119. Yth. Pak Edo..
    mulai tahun 2012 siswa kelas akselerasi masuk jalur undangan bersama dengan siswa reguler. dilihat dari nilai terbaik, untuk yg akreditasi A 50% dari total siswa bisa ikut. dari data yang kami miliki sejak tahun 2012, 100% aksel bisa ikut seleksi karena nilaiya bagus. tapi untuk lulus atau dapat PTN sangat tergantung persaingan yang ada.
    tks

  120. Yth. Asosiasi CI+BI nasional.
    Permisi, saya mau tanya. Saya mau ke MtsN Lawang Malang, saya masuk Unggulan. Tgl 27 Juli 2015 itu mau di tes lagi. PDCI, Olimpiade, Bilingual, Unggulan, reguler. Yang saya mau tanyakan, Saya sebenarnya ingin masuk Kelas PDCI(akselerasi). Saya sepertinya sudah memenuhi syarat. Tapi saya takut Gak kuat nanti. Karena katanya akselerasi itu berat.

    Mohon sarannya. Terima kasih
    Mohon maaf atas segala kekurangannya…

  121. Yth. Aldino..
    untuk masuk kelas akselerasi selain memenuhi syarat, juga apakah siswa mau masuk atau tidak. jadi ada pilihan.
    kalau aksel dikatakan berat mungkin disebabkan gurunya kurnag paham dalam mengajar.
    tks

  122. Assalamualaikum Wr Wb, saya mau bertanya, apakah smpn1 kabupaten karanganyar kualitas layanan ci+bi nya bagaimana? wass….

  123. yth. bpk/ibu husni..
    secara spesifik informasi yang kami miliki terbatas.
    tapidari segi prestasi cukup baik.
    salah satu alumnni lulusan stan sekaligus penulis novel..

  124. Kpd. Bapak
    Pak saya baru terketrima di kelas CI dengan iq 133 dan hasil potensi akademik dr 4 pelajaran 83,sekian.dan hasil motivasi dan kreatifitas masuk kategori A. Saya ingin bertanya, sebagai siswa CI jika ingin masuk perguruan tinggi tidak ada masalah umur yg terlalu muda kan? Dan apakah ada bayaran karena saya lihat lihat kelas siswa CI lebih baik fasilitasnya dr pada reguler . CI itu mencangkup seluruh pelajaran atau seperti sistem reguler MIPA dan IIS?

    Thksbfr

  125. Oh ya Pak, ada tambahan pertanyaan.
    Kalau superior itu renggangan iqnya dr berapa sampai berapa. Kalau IQ 133 itu termasuk kategori apa?

    Terimakasih

  126. mb valentina
    1. tak ada masalah anak CI+BI masuk perguruan tiggi lebih muda. riana helmi lulusan aksel dari sukabumi menyelesaikan pendidikan dokternya di UGM pada usaia 17 tahun 11 bulan.
    2. IQ 133 masuk kategori very superior yang menjadi syarat utama masuk kelas aksel atau cibi
    tks

  127. mb. syifa
    sejak keluar kebijakan aksel menggunakan sks, kami belum punya data lagi, sekolah mana yang tetap memberikan layanan pendidikan untuk anak cibi.
    tks

  128. mb helent..
    yang kami punya data hanya smp al azhar bsd dan islamic village.
    kualitasnya bagus
    tks.

  129. Saya mendapat informasi bahwa kelas akselerasi sudah tidak ada dan diganti dengan kelas bilingual, mohon info apa perbedaan keduanya?

  130. Yth Cibinasional
    1.Saya mau nanya sejauh mana penerapan program akselerasi SD labschool UPI.
    2. Apakah pernah mendengar adanya pendampingan guru native untuk satu spesialisasi mata pelajaran ( misal matematik logik ada guru dari jepang ). Guru tadi juga dapat memberi gambaran karier path bagi anak berprestasi, misal jika bagus ada tawaran kesempatan beasiswa belajr di jepang + ortu.

  131. Terimakasih informasinya. Saya ingin menanyakan, apakah ada sekolah akselerasi di daerah gunung putri kab.bogor, bekasi, cibubur dan sekitarnya? Baik utk SD, smp maupun sma. Terimakasih
    Sekalian mau menambahkan, oleh penulis blm disebutkan utk wilayah DIY, disana bbrp sekolah jg sudah ada akselerasi.

  132. Maaf mas, saya masih bimbang.adik saya sedang mencari sekolah aksel. Apakah di pulau batam provinsi kepulauan riau untuk tingkat SD,SMP,dan SMA/SMK ada ? Jika ada dimana ya mas? Sekolah mana saja.

  133. Yth. bu Nikmah…
    mohon maaf kami tidak memiliki informasi tentang itu, termasuk bebeapa sekolah di DIY yang katanya membuka program akselerasi. tks

  134. Yth. Dep..
    mohon maaf kami tak punya informasi tentang itu, karena kami blum pernah mampir ke sana dan mereka juga belum pernah ikut kegiatan yang kami seleneggarakan. tks

  135. Assalamu alaikum, wr. wb.
    Mohon infox Pak, utk kota Makassar, SD dan SMP mana saja yg mngadakan kelas akselerasi ? mkasih sblumnya…

  136. Mohon infonya Pak. Apakah sekolah SMP yang menggunakan kurikulum 2006 masih boleh menyelenggarakan kelas akselerasi khususnya kelas 7 pada tahun ajaran 2015/2016? Sistem apa yang digunakan sekolah dgn KTSP 2006? ( kalau K 13 kan sistem SKS ). Terima kasih.

  137. anak saya kelas 4 SD dan sudah masuk kelas akselerasi di SDN rosela indah Subang,berdasarkan hasil psikotes dengan 1q 135,tapi saat ini saya terkendala biaya,karena ternyata banyak biaya yang harus dibayar sebagai iuran tetap senilai Rp.360ribu/.saya merasa keberatan dengan nilai itu.menurut bapak bagaimana?

  138. Mengapa tes Aksel di SMAN 2 Tangsel sendiri (terpisah) dari jalur psb online ( nem).
    Sedangkan di Jakarta spt SMAN 8 Bukit Duri … harus diterima dulu berdasar psb online (nem) … baru stelah itu siswa2 yg keterima baru di tes Aksel.
    Padahal kan sama2 sekolah negeri.

    Atau spt Swasta SMA Labschool Kebayoran… itukan tes penerimaan siswa baru (akademis & Psikotes) dulu…. baru setelah itu siswa yg keterima di saring lagi tesnya utk menentukan pantas aksel atw tidaknya.

  139. Yth. pak Marcelino..
    setiap daerah dan setiap sekolah memiliki kebijakan masing-masing untuk ppdb nya.
    tks

  140. Yth. bapak cepherlambang..
    layanan untuk kelas CI+BI secara biaya relatif memang lebih tinggi dari reguler, karena ada program yang berbeda atau melebihi reguler.
    kelas aksel atau cibi bukan satu-satunya layanan untuk anak cibi. bisa tetap di reeguler tinggal orang tua membantu untuk optimalisasi kemmpuan anak. oleh karena itu dapati info lengkap dari hasil psikotes, bukan sekedar angkanya saja.
    tks.

  141. Assalamualaikum. Permisi, maaf sebelumnya saya adalah siswi kelas 3 MTs Negeri 4 Jaksel. Saya berniat masuk ke SMAN 1 Depok dan kebetulan saya tau di sana ada kelas akselerasi. Saya sangat ingin masuk ke dlm kelas itu nantinya jika saya masuk di SMAN 1 Depok. Saya juga sudah pernah ikut tes IQ 3 kali :
    1. Kelas 5 SD IQ saya mencapai 140
    2. Kelas 1 MTs IQ saya menurun menjadi 126
    3. Dan hasil tes IQ saya bulan kemarin 123
    Yang mau saya tanyakan adalah, apakah saya berpotensi masuk ke dalam kelas akselerasi? Mengingat saya di sekolah alhamdulillah selalu mendapat peringkat 3 besar dan kelas saya adalah kelas khusus yang terdiri dari anak2 yang berpotensi di atas rata2. Terima kasih sebelumnya. Wassalamualaikum.

  142. mb shabrina..
    dilihat dari hasil tes sebenarnya memiliki potensi untuk masuk kelas akselerasi. tetapi ketentuan sekarang untuk IQ minimal 130. saran kami mungkin mbak bisa ikut tes lagi tapi yang dilakukan oleh sekolah tempat mendaftar. sebelum ikut tes mungkin perlu mempersiapkan fisik dan mental agar angka minimal bisa diraih.
    tks. #amrilmuhammad

  143. Assalamu’alaikum pak Amril, untuk di daerah bekasi kabupaten, SMA yg menyelenggarakan kelas aksel yang tercatat baik SMA mana ya pak? Jika ada SMA yg menyelenggarakan kelas CI dg masa belajarnya 3 tahun,apakah tetap menggunakan syarat minimal IQ 130 pak?

  144. Dear Pak Amril,
    Anak saya usia 5 tahun, sekarang sekolah di Nasional plus. dari sisi akademik dia tidak ada kesulitan sama sekali dalam mengikuti pelajaran di sekolah bahkan termasuk unggul. Bulan lalu saya coba tes ke psikolog khusus anak dan hasil tes IQ nya 131 dgn tes WISC (verbal 136,perfomance 126). Tahun dpn saya coba masukkan dia ke sekolah dgn metode IB agar dapat memfasilitasi sikap kritis dan kematangan kognitifnya. Bahkan sekolah tersebut (menjanjikan) anak akan diobservasi dia awal tahun dan diberi materi berbeda meski dalam 1 kelas yg sama. 1 kelas terdiri dari 2 guru utk menangani 18 murid. Menurut Bpk, apakah hal ini sudah tepat untuk anak saya? Karena secara umum sekolah Nasional/nasional plus kurang memfasilitasi hal spt itu, bahkan kdng sikap kritis yg mempertanyakan aturan/konsep spt itu dianggap “mengganggu”. Mohon masukannya. Terima kasih . Salam : Amel-Jkt

  145. bu amalia..
    saya kira itu salah salah solusi yang tepat untuk mewadahi pengembangan putra ibu… semoga kemampuannya terus berkembang. tks

  146. Ass wr.wb..pak amril
    Saya mau tanya, sekarang saya masuk ke kelas akselerasiakselerasi tapi saat mengikuti tes sampai saat saya masih belum mantap. Terlebih lagi banyak yang bilang kalo lulusan dari kelas akselerasi punya kesrmpatan lebih kecil untuk diterima snmptn, padahal saya ikut akselerasi untuk mempermudah saya lolos snmptn. Menurut bapak lebih baik saya bertahan atau tidak? Terimakasih

  147. mb Evah…
    kelas akselerasi yang diikuti di sekolah mana?, apakah sekolah itu akselerasinya sudah menggunakan sks, karena sejak tahun 2015, akselerasi itu harus dengan sks. baik kelas akselerasi maupun kelas reguler punya kesempatan yang sama untuk masuk PTN, baik jalur undangan maupun tertulis. yang lebih penting adalah nilai yang diperoleh selama sekolah unutk jalur undangan dan bagaimana mempersiapkan diri untuk ikut ujian tulis. jadi tidak ada masalah untuk hal itu. yang perlu menjadi pertimbangan mb evah, waktu belajar yang hanya dua tahun di kelas akselerasi perlu betul-betul dipahami membutuhkan waktu yang lebih cepat dibanding kelas reguler. jadi kalau mampu cepat, bisa dilanjut.
    semoga bisa membantu penjelasan ya. tks

  148. Saya kelas 4 semester di sman 1 Wonosobo. Sudah menggunakan sistem sks. Kalo yang bapak ketahui kelas akselerasinya sudah terbukti baik belum? Terimakasih

    Pada tanggal 08/09/16, Asosiasi CI+BI Nasional

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s