KOnaspi CI+BI 2012

Kebutuhan pendidikan anak cerdas masih belum diperhatikan serius.

 

JAKARTA – Masih banyak anak-anak usia sekolah yang memiliki potensi Cerdas Istimewa dan Berbakat Istimewa (CI+BI) belum mendapat layanan pendidikan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Di Indonesia, ada sekitar 1.305.000 anak usia sekolah yang memiliki potensi CI+BI. Namun, setiap tahun hanya 6.500-7.000 anak yang mendapat pendidikan khusus dalam bentuk program akselerasi.

Sayangnya, layanan pendidikan yang diberikan juga belum optimal. Kurikulum dan pembelajaran yang diberikan relatif sama dengan siswa reguler. Ketidakoptimalan pendidikan tersebut dapat menyebabkan potensi kecerdasan dan bakat istimewa tidak berkembang dengan baik.

“Hal ini membutuhkan perhatian pemerintah, pendidik, orang tua, dan masyarakat untuk memahami kondisi tersebut serta mencari jalan keluar agar pelayanan pendidikan untuk siswa CI+BI menjadi lebih optimal dan efektif dari waktu ke waktu,” kata Salamun, Presidium Asosiasi CI+BI Nasional di Jakarta, Selasa (11/12).

Dia menyampaikan hal itu saat Konferensi Nasional Pendidikan CI+BI 2012 bertema “Menjadikan Anak Cerdas+Berbakat Istimewa Menjadi Generasi Emas Indonesia”, Selasa. Tema tersebut dipilih untuk menyiapkan generasi emas dalam menyongsong kemerdekaan Indonesia yang ke-100 tahun.

Asosiasi CI+BI Nasional memiliki tujuan meningkatkan kapasitas kelembagaan penyelenggara pendidikan khusus bagi siswa CI+BI. Selain itu, Asosiasi CI+BI berharap bisa meningkatkan peluang bagi siswa CI+BI untuk memperoleh akses terhadap layanan pendidikan yang bermutu.

Dengan demikian, diharapkan pula masyarakat dapat memahami dan menyadari pentingnya pendidikan khusus bagi siswa CI+BI. “Terutama pola pemikiran sebagian masyarakat akan anak-anak dianggap ‘terlalu muda’ untuk menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi dari anak-anak sebayanya,” katanya.

Sumber : Sinar Harapan
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s