Rekrutmen siswa kelas Akselerasi

Dalam temuan lapangan banyak sekolah/madrasah yang membuka layanan akselerasi, tetapi tidak mau mengikuti prosedur seleksi yang benar. terutama dalam penggunaan alat seleksi psikologis. hal ini mengakibatkan anak-anak yang tidak mememuhi kualifikasi CI+BI dipaksa masuk ke kelas aksel, demi memenuhi kuota jumlah siswa yang diinginkan.

salah satu contohnya ada salah satu madrasah tsanawiyah di salah satu kota kecamatan di jawa timur yang membuka layanan aksel, dimana hanya ada 1 siswa yang memiliki IQ very superior, tapi bisa membuka layanan dengan jumlah siswa yang bahkan lebih dari 20 orang.

hal semacam itu jelas sangat keliru, karena akselerasi bukan program “jualan” tetapi layanan yg diberikan kepada anak CI+BI. oleh karena itu, lewat tulisan ini kami ingatkan kembali kepada para kepala sekolah/madrasah dan pengelola layanan akselerasi untuk kembali ke jalan yang benar dalam pengelolaan akselerasi. salah satunya dalam penggunaan alat tes psikologis untuk rekrutmen.

Untuk rekrut siswa aksel tingkat SD/MI, alat tes yang digunakan adalah :
1. Weschler Intelegence Scale for Children (WICS), dengan skor min. 130
2. Stanford Binnet Test, dengan skor min. 140
3. Culture Fair Intellegence Tes (CFIT) skala 2A/2B, dengan skor min. 130

Untuk rekrut siswa aksel tingkat SMP/MTs., alat tes yang digunakan adalah:
1. Weschler Intelegence Scale for Children (WICS), dengan skor min. 130
2. Culture Fair Intellegence Tes (CFIT) skala 2A/2B, dengan skor min. 130

Untuk rekrut siswa aksel tingkat SMA/MA, alat tes yang digunakan adalah:
1. Weschler Adult Intelegence Scale (WAIS), dengan skor min. 130
2. Intelligence Structure Tes (IST), dengan skor min. 130

Untuk tes kreatif dapat menggunakan Tes Kreatif Figural yang dikembangkan oleh Prof. Utami Munandar atau tes kreatif lainnya..

Untuk tes Task Commitment, alat tes yang digunakan hendaknya mencakup aspek2:
1. tangguh dan mandiri
2. mandiri dan bertanggung jawab
3. menetapkan tujuan yang realistis dengan tingkat risiko sedang
4. suka belajar dan memiliki orientasi tugas yang baik
5. konsentrasi baik
6. mempunyai hasrat untuk meningkatkan diri
7. mempunyai hasrat untuk bekerja sebaik-baiknya
8. mempunyai hasrat untuk berhasil bidang akademis….

Iklan

11 thoughts on “Rekrutmen siswa kelas Akselerasi

  1. bung Andri…..berdasarkan peraturan pemerintah..hal itu dimungkinkan, jika memang hasil psikotes pada waktu SMP berada di kategori very superior…

  2. Asosiasi CI+CB harus lebih ketat memantau sekolah yg membuka kelas akselerasi, jangan sampai kelas ini hanya dijadikan “jualan” sekolah yg mengorbankan anak dan masyarkat awam, bila perlu dievaluasi dan direkomendasikan kepada dinas pendidikan atau kementerian agama setempat utuk ditutup bagi yg tidak memenuhi syarat.

  3. mb Sekar….
    yang kita harapkan memang seperti itu. kita juga sampaikan kepada sekolah/madrasah untuk melakukan akselerasi dengan benar. tapi kami belum punya kekuatan untuk memberikan tekanan lebih dari itu..
    yang kami himbau adalah para orang tua untuk lebih kritis dalam mendapatkan informasi tentang layanan akserl yang diberikan, karena masih banyak yang akselnya tidak sesuai dengan ketentuan..
    saat ini kami juga tidak mengakui keberadaan 1 sekolah islam di jabar dan 1 madrasah di jatim yang seluruh siswanya diakselnya…ini jelas tidak benar..
    ke depan kami akan usahakan menjadi lebih baik lagi..

  4. Menurut Saya banyak sekali sekolah yang membuka layanan akselerasi, tetapi tidak mau mengikuti prosedur seleksi yang benar. Seharusnya sekolah mengikuti prosedur yang bener dan tidak mementingkan jumlah kouta siswa untuk meraih “keuntungan” semata.
    Peran Masyarakat dan Pendidik seharusnya juga ikut memantau sekolah yang tidak mau mengikuti prosedur yang benar da bila perlu melaporkan kepada dinas pendidikan jika ter dapat sekolah/madrasah yang melanggar. Pengawasan dari dinas pendidikan juga perlu di tingkatkan kepada sekolah-sekolah yang membuka layanan akselerasi, tetapi tidak mau mengikuti prosedur seleksi yang benar dan sangsi yang keras jika sekolah itu melanggar.
    Jangan sampai Akselerasi hanya sebagai produk sekolahan, yg di gunakan sekolahan untuk membuat sekolahan tersebut terpandang di masyarakat padahal sekolahan tersebut tidak mengikuti prosedur yang benar. . Seharus nya sekolahan lebih sadar akan pentingnya prosedur untuk Rekrutmen siswa kelas Akselerasi.

  5. setiap jenis tes memang punya norma tersendiri..dan itulah norma yang mereka tetapkan untuk kategori very superior. tks

  6. maaf pak klo blh tau sumber dari tulisan ini darimana ya? saya sedang mengerjakan skripsi yg berkaitan dengan kelas akselerasi. kebetulan saya membutuhkan data dari tulisan bapak ini. jd klo boleh saya diberitahu sumber dari tulisan ini untuk didaftar pustaka saya. terimakasih

  7. mbak Clara..
    sebutkan saja penulisnya adalah saya dan sumbernya silahkan kutip alamat blog ini. tks

  8. Apakah sama Kelas Unggulan atau Binaan dengan Kelas Akselerasi, mohon penjelasannya, terima kasih.

  9. Yth. M. Faisal
    kelas unggulan atau kelas binaan tidak punya standar yang sama, sedangkan kelas akselerasi ada standar IQ yaitu min. 130

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s