Sekolah Harus Bisa Maksimalkan Potensi Anak CI + BI

Setiap anak dilahirkan dengan potensi masing-masing. Dan, diantara mereka pasti ada anak yang mempunyai kecerdasan dan bakat diatas rata-rata. Kemampuan itulah yang disebut dengan kemampuan Givted talented atau Cerdas berbakat istimewa yang disingkat CI plus BI. Untuk membina anak dengan kecerdasan khusus ini, pembelajaran formal seperti yang diterapkan pada kebanyakan anak tidak bisa diterapkan. Karena anak dengan kecerdasan istimewa akan cenderung bosan karena kurangnya tantangan yang diberikan oleh pembelajaran umum di sekolah-sekolah formal.

Untuk itu, kebutuhan akan kelas akselerasi di Indonesia semakin tinggi adanya dan harus menjadi kesadaran pihak sekolah. Keterangan tersebut diungkapkan Amril Muhammad, Sekjen Asosiasi CI + BI Nasional dalam seminar Pengembangan Pembelajaran untuk anak CI + BI yang digelar oleh MAN I Bojonegoro.

Dalam seminar yang diikuti perwakilan guru dan kepala sekolah Madrasah Aliyah se-kab Bojonegoro itu, dijelaskan juga berbagai criteria dan perbedaan antara anak yang pintar dan anak yang cerdas. Sehingga, kebutuhan akan kelas akselerasi sangat penting adanya. Sebagaimana yang telah dikenal public, ciri-ciri anak pintar diantaranya adalah anak yang rajin, mau belajar dengan keras, mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi, anak yang berperilaku baik dan selalu meraih nilai yang baik disekolah.

Sedangkan anak cerdas istimewa biasanya malah didominasi dengan ciri-ciri anak yang suka mempertanyakan banyak hal, kritis, suka melakukan eksperimen dan sebagainya, hanya saja anak cerdas memiliki kemampuan yang jauh diatas rata-rata anak pada umumnya. Untuk itu, sekolah dan pemerintah harus bisa mengakomodir kebutuhan anak-anak istimewa tersebut. Karena apabila tidak dibina dengan baik, anak-anak cerdas itu akan dibawa keluar negeri atau terjebak pada pergaulan yang salah. (fan

2 thoughts on “Sekolah Harus Bisa Maksimalkan Potensi Anak CI + BI

  1. Urun rembuk Boss…..Anak pintar menyelesaikan pelajarannya dan pekerjaannya dengan dengan nilai baik sedang anak CI+BI akan tahu lebih dua langkah pelajaran level berikutnya, karena itu anak CI+BI banyak bertanya karena level yang lebih tinggi lebih menarik karena merupakan tantangan bagi dirinya juga bisa memberi kepuasan karena lebih banyak mengetahui apa yang menjadi minatnya.

  2. itu cara berpikri yg kurang tepat..karena dilakukan dalam pembelajaran aksel adalah pelibatan aktif secara emosional dan fisik oleh guru. penilaian dilakukan dengan sistem penilaian berbasis kelas yang memperhatikan produk yang mereka hasilkan, performance, tugas juga paper n pencil tes..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s