Peran orang tua anak CI+BI

Anak CI+BI mengalami disinkronitas. artinya perkembangan kognitifnya lebih cepat daripada perkembangan fisik dan emosionalnya. Kondisi ini memungkin adalah masalah-masalah yang dihadapi anak CI+BI dalam proses interaksinya dengan orang lain. Situasi ini tidak bisa hilang, karena melekat menjadi bagian dari hidup anak CI+BI. Yang perlu dilakukan bukan menghilangkan kondisi disinkronitas itu, tetapi membantu agar potensi positif yang dimiliki anak CI+BI bisa berkembang, dan pada saat yang sama, kondisi negatifnya bisa diminimalisir.

Dalam proses ini, orang tua punya peran besar. Oleh karena itu orang tua dan keluarga perlu membantu agar anak-anak ci+bi tidak mengalami masalah dalam pengembangan diri dan penyesuaian diri. Yang perlu dilakukan oleh orang tua/keluarga adalah:

  1. hargai keunikan anak gifted
  2. hargai pendapat dan ide mereka
  3. hargai impian mereka
  4. bersikaplah responsif dan fleksibel
  5. jangan paksa mereka menjadi orang lain
  6. orang tua dapat membantu anak-anak menemukan minat pribadi mereka,
  7. mengekspos anak-anak mereka untuk kepentingan anak-anak itu sendiri,
  8. mendorong anak-anak mereka untuk belajar tentang berbagai macam mata pelajaran seperti seni, museum, dan olahraga

Sumber: Linda Silverman, How Parents Can Support Gifted Children

2 thoughts on “Peran orang tua anak CI+BI

  1. Sebenarnya saya sbg orang tua saat ini sedang bingung,anak saya termasuk anak Ci Bi dan dia telah masuk kelas akselerasi.yang ingin saya tanyakan apakah metode pelajaran yg diajarkan sama dgn kelas reguler(non aksel) atau berbeda.krn saat ini anak saya mengikuti kurikulum 2013 yg metodenya tematik.dan yg saya tambah bingung knp disekolahnya anak saya justru pelajarannya tertinggal dr anak reguler.dan seringkali dikelasnya anak2 aksel ini dibiarkan tidak belajar.apakah dgn metode spt ini saya hrs tetap mempertahankan anak saya di kelas aksel atau saya pindahkanke kelas reguler.terima kasih……mohon jawabannya pak……

  2. Yth. Ibu Risna…
    salah satu persoalan penyelenggaraan akselerasi, ada belum semua sekolah/guru yang memahami substansi/kurikulum, metode pembelajaran dan sistem penilaiannya. karena cara pembelajaran kelas aksel dan reguler berbeda karena karena karakteristik anak CI+BI dengan reguler berbeda. jadi kalau anak CI+BI prestasinya lebih rendah, ya karena metode dalam pembelajaran yang tidak sesuai dengan karakteristik anak.
    demikian yang sementara bisa saya jawab. tks
    silahkan kontak saya juga di no hp. 0812 8262 594

Tinggalkan Balasan

