Siswa Peraih Medali Olimpide Belum Tentu Lulus SNMPTN

Minggu, 28 Juni 2009 | 19:47 WIB

TEMPO Interaktif, Yogyakarta – Rektor Universitas Negeri Yogyakarta yang juga bendahara panitia Wilayah II Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Rohmat Wahab, menilai siswa yang mendapat medali emas atau berprestasi di dalam maupun luar negeri belum tentu lulus SNMPTN.

Pasalnya, meski berprestasi di satu bidang mata pelajaran, belum tentu nilai di mata pelajaran lain bagus. “Mereka yang dapat medali emas mengambil 1 bidang studi, ada menang Olimpiade Matematika, sementara SNMPTN banyak pelajaran yang diujikan, bisa saja mereka tidak lulus,” kata Rohmat, Minggu (28/6).

Formulir pendaftaran yang diterima oleh panitia lokal Wilayah II SNMPTN 2009 sebanyak 15 381 buah. Formulir tersebut untuk tiga universitas yaitu, Universitas Gadjah Mada sebanyak 6.036, Universitas Negeri Yogyakarta 8745, dan Universitas Islam Negeri 600 formulir.

“Kalau tahun kemarin (2008) sekitar 14 ribu. Jadi ada kenaikan seribuan pada SNMPTN kali ini,” kata Rohmat.

Menurut dia, Universitas Gadjah Mada hanya menerima mahasiswa baru dari jalur SNMPTN sebanyak 10 persen dari total mahasiswa yang akan diterima.

Lokasi ujian SMNPTN yang akan diselenggarakan secara serentak digelar pada 1-2 Juli 2009 mendatang yaitu di Universitas Gadjah Mada 14 lokasi yang berpusat di kampus, Universitas Islam Negeri 4 Lokasi dan sebagian di Universitas Negeri Yogyakarta.

MUH SYAIFULLAH

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s