Sejuta Anak Cerdas Belum dapat Pendidikan Layak

Kamis, 29 Januari 2009 | 08:11 WIB JAKARTA, KAMIS –

Sekitar satu juta anak usia sekolah yang memiliki kecerdasan dan bakat istimewa dengan IQ di atas 125 belum terlayani pendidikan yang sesuai kebutuhan mereka. Padahal, anak-anak unggul ini berhak untuk mendapatkan pendidikan yang mampu mengembangkan potensi dan keistimewaan mereka.

Amril Muhammad, Sekretaris Jenderal Asosiasi Penyelenggara, Pengembang, dan Pendukung Pendidikan Khusus untuk Siswa Cerdas/Berbakat Istimewa (Asosiasi CB/BI), di Jakarta, Rabu (28/1), mengatakan, dari penelitian yang dilakukan, terdapat sekitar 2,2 persen anak usia sekolah yang memiliki kualifikasi cerdas istimewa. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2006, ada 52,9 juta anak usia sekolah. Artinya, terdapat sekitar 1,05 juta anak cerdas/berbakat istimewa di Indonesia. Akan tetapi, jumlah siswa cerdas/berbakat istimewa yang sudah terlayani di sekolah akselerasi masih sangat kecil, yaitu 4.510 orang. Artinya, baru sekitar 0,43 persen siswa cerdas/berbakat istimewa yang terlayani. Namun, layanan pendidikan yang didapatkan anak-anak cerdas istimewa ini belum mampu memunculkan keunggulan mereka.

“Kompetensi anak-anak ini tidak menonjol, baru sekadar mengembangkan kepintaran. Karena itu, harus ada perbaikan dalam layanan pendidikan pada anak-anak ini,” kata Amril. Belum optimalkan potensi Kebijakan pemerintah mengakomodasi anak-anak cerdas istimewa di kelas-kelas akselerasi, menurut Amril, bukanlah satu- satunya metode yang tepat. Sebab, kebutuhan yang dipenuhi baru pada cepatnya selesai masa studi, belum pada pengembangan potensi serta keunggulan kompetensi anak-anak tersebut.

Amril menambahkan, banyak anak cerdas istimewa di daerah justru merasa enggan memilih kelas akselerasi. Ada ketakutan jika mengikuti metode yang ditawarkan pemerintah saat ini, mereka akan tertekan dan kehilangan masa remaja mereka.

Ekodjatmiko Sukarso, Direktur Pembinaan Sekolah Luar Biasa Depdiknas, mengakui jika penanganan terhadap anak-anak cerdas/berbakat istimewa yang sebenarnya diamanatkan dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional dan Undang-Undang Perlindungan Anak belum optimal. Citra kelas akselerasi yang selama ini diandalkan untuk melayani anak-anak ini justru belum dirasakan manfaatnya karena keistimewaan mereka tidak terlihat.

Menurut Ekodjatmiko, pembenahan sudah mulai dilakukan dalam layanan pendidikan di kelas-kelas akselerasi. Anak-anak cerdas istimewa dengan IQ di atas 125 itu belajar bersama untuk bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Di luar mata pelajaran tersebut, anak-anak cerdas istimewa bergabung dengan siswa reguler lainnya.(ELN)

Sumber : Kompas Cetak

84 thoughts on “Sejuta Anak Cerdas Belum dapat Pendidikan Layak

  1. Assalamualaikum Wr.Wb
    Dilihat dari sudut perkembangan psikologis normal manusia setiap anak cerdas istimewa memiliki proses tumbuh kembang yang sama dengan anak-anak lainnya, kendati ada beberapa anak yang memang memiliki keistimewaan dalam proses tumbuh kembangnya jadi wajar saja jika banyak anak-anak cerdas istimewa yang memperoleh pendidikan tidak sesuai dengan proses tumbuh kembang psikologisnya merasakan kekurangan kebahagiaan dalam proses tumbuh kembangnya akibat tingkat tekanan stress yang cukup tinggi. Pemerintah dan kita seharusnya sebagai calon-calon pendidik wajib berpartisipasi dalam meningkatkan perhatian lebih terhadap hal ini terutama dalam pelayanan agar anak-anak cerdas istimewa dapat berkembang dengan lebih baik lagi dan dapat memberikan kontribusi yang sesuai dengan kemampuan mereka bagi kemajuan dan kejayaan bangsa ini. BANGKIT INDONESIA!!

  2. umi karolina
    pend.tata niaga reg 07
    8135072773

    menurut saya seharusnya anak yang memiliki kecerdasan istimewa tersebut perlu diberikan pelayanan pendidikan yang maksimal serta diasah lagi supaya kemampuan potensinya bisa terlihat dan bermanfaat baik bagi dirinya sendiri maupun bagi orang lain

  3. umi karolina
    pend.tata niaga reg 07
    8135072773

    menurut saya seharusnya anak yang memiliki kecerdasan istimewa tersebut perlu diberikan pelayanan pendidikan yang maksimal serta diasah lagi supaya kemampuan potensinya bisa terlihat dan bermanfaat baik bagi dirinya sendiri maupun bagi orang lain

  4. Menurt saya pelayanan untuk siswa yang berbakat istimewa memang belum optimal. Kelas akselerasi yang ada untuk anak berbakat istimewa saat ini hanya sebagai lompatan siswa berbakat untuk cepat menyelesaikan studi mereka. Seharusnya pemerintah juga lebih memperhatikan anak berbakat tersebut supaya dapat menonjolkan kemampuan mereka sesungguhnya, tidak hanya anak berbakat dikota tetapi juga di daerah-daerah lainnya.

    Dwi Yuniarti
    Pend. Tata Niaga Reg 07
    UNJ
    8135072800

  5. Menurut saya pelayanan pendidikan untuk anak yang memiliki kemampuan istimewa tidak dapat di tentukan kepada masuk atau tidaknya anak didik tersebut ke dalam kelas akselarasi. karena anak didik yang masuk dalam kelas akselarasi belajar tidak sesuai dengan apa yang seharusnya dia dapat, namun dia lebih dari itu. Anak berbakat yang ada di daerah terpencil harus mendapat perhatian khusus dari para pemerhati pendidikan dan bukan hanya pemerintah saja.
    Pemerintah seharusnya lebih memperhatikan anak – anak berbakat yang ada di daerah.

    Tri Novianti
    Pend.Tata Niaga Reg 2007
    8135072766
    UNJ

  6. didaerah, banyak nya anak cerdas memiliki tingkat intelligensi tinggi namun adanya keterbatasan untuk mengembangkan potesi yang ada tidak didukung oleh sarana dan prasarana pendidikan. kebanyakan dari anak2 daearah yang cerdas enggan minder dengan adanya kelas2 akselerasi.
    pemerintah harusnya lebih memperhatikan pendidikan sekarang ini khusunya didaerah-daerah 🙂

  7. keprihatinan yang cukup ironi ditengah adanya siswa-siswa kita yang bisa merebut medali olimpiade sains atau matematika ada pula siswa-siswa yang cerdas tidak mendapat dukungan belajar yang baik. menurut saya, sekolah yang mempunyai manajemen yang baik untuk siswa yang IQ nya di atas 125 hanya terpusat di Jakarta, ini yang saya tahu. soalnya saya pernah melihat berita di TV dan Membaca koran tentang sekolah yang mendidik anak jenius (IQ di atas 125) dan kebetulan sekolah yang diliput itu sama (tp saya lupa nama sekolahnya soalnya sudah sekitar 2 tahun yang lalu). cara memberi pelajaran juga harusnya bisa membuat siswa lebih enjoy mengeluarkan kecerdasannya karena memang sekolah seperti ini identik dengan akan terenggutnya waktu bermain yang siswa perlukan untuk refreshing,itu menurut saya. terus sekolah semacam ini keberadaanya haruslah menyebar dengan merata,agar potensi kejeniusan siswa tidak mubazir karena tidak adanya akomodasi. untuk biaya sendiri harusnya disesuaikan dengan kondisi ekonomi keluarga, jangan dipukul rata antara yang mampu dan tidak mampu.
    saya bangga setiap kali mendengar siswa indonesia meraih medali di olimpiade sains, tp ada juga rasa kurang puas karena siswa yang mendominasi peraihan medali berasal dari sekolah swasta. harusnya pemerintah bisa lebih baik lagi mengelola sekolah negeri.

  8. Pendidikan merupakan hal yang penting dalam kehidupan.Hidup tanpa ilmu bagai tong kosong nyaring bunyinya.
    Sekarang kita tidak bisa saling menyalahkan antara pihak yang satu dengan yang lain.Namun sekarang ini kita harus saling bekerja sama mencari solusi terbaik untuk bangsa Indonesia agar lebih maju lagi.
    Ambil sisi positifnya dengan mengetahui terdapat data anak yang cerdas, maka bangsa ini harus bangga. sebab Indonesia masih punya harapan.
    Jadi mulai dari hal yang terkecil,mulai dari diri sendiri dan mulai dari sekarang mari kita buka cakrawala pikiran kita untuk saling peduli dengan sesama. jika sejuta orang berpikir hal yang sama tentang kepedulian maka sejuta anak cerdas Indonesia tidak akan terlantar.

  9. umi karolina
    pend.tn reg 07
    8135072773

    menurut saya perlu adanya peningkatan mutu pendidikan terutama bagi anak-anak yang memiliki keserdasan dan bakat istimewa yang yang belum mendapatkan pendidikan karena dengan adanya pengembangan potensi dan pemberrian layanan pendidikan bagi anak-anak yang memang mempunyai bakat dan kecerdasan istimewa merupakan salah satu dari asset negara yang berupa SDM.karena mereka bisa memajukan negara.

  10. Saya sependapat dengan Bapak Amril Muhammad, belum maksimalnya metode pembelajaran yang diberlakukan di kelas akselerasi membuat kelas tersebut terlihat sama saja dengan kelas reguler. Bedanya hanya terletak pada waktu penyelesaian masa studi, harusnya pemerintah bisa lebih menggali potensi anak-anak istimewa tersebut dengan berbagai cara karena mereka memiiki nilai lebih dari anak-anak lainnya. Pemerintah bisa membuat metode pembelajaran di kelas akselerasi berbeda dengan kelas reguler, karena selama ini materi-materi yang diajarkan dikelas aksel toh sama saja dengan yang diajarkan di kelas reguler. Banyak hal yang bisa dilakukan asal pemerintah benar-benar mau lebih memperhatikan nilai mutu pendidikan di Indonesia yang masih rendah. Pertukaran pelajar dalam kelas akselerasi juga bisa jadi salah satu ide untuk mengembangkan potensi siswa istimewa atau sebaliknya, mendatangkan guru dari luar untuk mengajar siswa tersebut, dengan begitu siswa akan mendapat pelajaran bukan semata-mata teori melainkan pengalaman yang juga mengembangkan emosional mereka yang dipacu lebih cepat disbanding umurnya..

  11. menurut saya anak cerdas merupakan sebuah aset berharga masa depan suatu negara, bisa anda bayangkan jika anak- anak Indonesia yang cerdas tetapi tidak mendapat kesempatan untuk mengenyam bangku sekolah. selamatkan jutaan anak indonesia yang cerdas dengan memberikan pendidikan yang tinggi, maka Indonesia akan menjadi Negara yang kuat seperti jaman dulu. Indonesia Macan Asia
    setujukah anda dengan saya????

    Triwibisono. I
    TN reg 07
    8135072779

  12. belum maksimalnya metode akselerasi yang sekarang diperuntukkan bagi anak-anak cerdas istimewa, memang sekarang terlihat tidaklah optimal. Kelas-kelas akselerasi yang sekarang ada tidaklah jauh beda dengan kelas-kelas reguler. Yang sangat kontras perbedaanya hanya terlihat pada waktu penyelesaiannya saja. Pada kenyataanya saat ini banyak anak cerdas istimewa yang memang tidak menempati kelas akselerasi. Mereka tetap belajar pada kelas reguler namun memang kemampuan dan kecerdasannya lebih menonjol dibandingkan dengan anak yang kecerdasannya biasa. Seharusnya tidak hanya dengan memasukkan anak cerdas istimewa ke dalam kelas akselerasi saja namun pengembangan potensi anak cerdas istimewa bisa dapat melalui pemberian beasiswa pendidikan, bisa seperti beasiswa pendidikan luar negeri yang memang sudah terlihat dari segi intelegensi mereka mampu.

  13. memang anak-anak cerdas istimewa tersebut membutuhkan pendidikan khusus. bukan hanya pendidikan akademik saja, tapi dari segi keterampilan dan bakat juga diperlukan. ini yang tidak ada di kelas akselerasi Indonesia. banyak anak-anak cerdas yang tidak ingin mengikuti kelas akselerasi karena masa remaja yang terenggut. terkadanglulusan akselerasi pun masih bersifat chidish meskipun ia sudah lulus. disini dapat dilihat, seharusnya metode pengajaran di kelas akselerasi harus disesuaikan dengan psikologis anak. jangan terlalu menekankan belaja,belajar, dan belajar saja.
    pendidikan khusus bagi anak cerdas istimewa ini juga harus merata, tidak hanya ada di daerah pusat kota. memang, anak Indonesia sering memenagkan olimpiade akademik. namun, tidak semua anak dapat merasakan hal tersebut. padahal mereka mungkin memilki kemampuan yang jauh lebih tinggi. diharapkan pemerintah lebih memperhatikan anak-anak cedas istimewa tersebut, karena semua juga demi mengharumkan nama bangsa Indonesia.

  14. Belum optimalnya Kebijakan pemerintah mengakomodasi anak-anak cerdas istimewa di indonesia menyebabkan banyaknya anak yang memiliki bakat istimewa menjadi kurang optimal dalam mengembangkan bakat mereka. pemerintah lebih fokus kepada masa penyelesaian studi daripada mutu ataupun pengembangan potensi yang mereka miliki. selain itu kurang optimalnya perhatian pemerintah kepada anak-anak daerah yang memiliki bakat istimewa juga menjadi salah satu hal yang sangat disayangkan karena anak-anak berbakat istimewa ini memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan yang dapat mengembangkan potensi dan keistimewaan yang mereka miliki sebagai calon pemimpin masa depan indonesia.

    ayo kita sebagai generasi yang peduli kepada pendidikan kepada anak dengan bakat istimewa mendukung layanan pendidikan yang dapat mengembangkan bakat ataupun potensi anak berbakat istimewa di indonesia.

  15. liza sabriani
    pend.Tata Niaga Reg 07
    8135072797

    sebenarnya banyak sekali anak indonesia yang pandai dan punya keistimewaan lebih.Apalagi anak-anak dari daerah ataupun perdesaan.Seharusnya pemerintah memberikan fasilitas yang lebih pada anak-anak yang punya kepandaian khusus dan tidak membedakan-bedakan perekonomian hidup mereka terhadap perekonomian anak yang mampu.Pemerintah seharusnya menfokuskan pendidikan.bagaimana bisa maju anak indonesia,pemerintah kurang memberikan fasilitas sarana dan prasana penunjang untuk lebih mencerdaskan anak-anak indonesia.

  16. Nancy Wijaya S
    8135072769
    Pend. Tata Niaga 07 (Reguler)

    Perhatian yang diberikan Pemerintah kita kepada para anak-anak bangsa yang LUAR BIASA tersebut memang kurang mendapatkan perhatian lebih. Seharusnya pemerintah lebih menyadari potensi yang dimiliki mereka, karena bila di beri perhatian dan pengembangan lebih, anak-anak tersebut dapat menjadi calon pemimpin bangsa yang dapat mengembangkan potensi yang sangat besar di negara Indonesia ini. Secara tidak langsung struktural perekonomian Indonesia juga akan semakin membaik.

    Pada dasarnya Potensi dan kemampuan anak-anak tersebut dapat dilatih sejak dini. Melalui pelatihan dan bimbingan pengembangan secara intensif mereka dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat umumnya pemerintah pada bidang keilmuan yang mereka dapatkan di bangku sekolah. Dan itu sudah di atur pada UU no. 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

    Seiring dengan akan diadakannya pemilu, kepemimpinan mendatang akan lebih melihat pada dunia pendidikan khususnya pada anak-anak yang memiliki bakat istimewa tersebut.

    Amin

  17. Bakat harus didampingi dengan keterampilan. Keterampilan di dapatkan melalui latihan yang intensif. terkadang bukan dalam waktu yang singkat.
    Di sekolahlah anak dapat belajar banyak hal untuk mempertajam sense of talent yang dimiliki.
    Sekolah merupakan tempat dicetaknya anak bangsa agar cerdas dan memiliki sumber daya yang baik demi kelangsungan bangsa dan negara. Namun menjadi hal yang ironi ketika sistem yang diciptakan menjadi penghalang bekembangnya kecerdasan seseorang.
    Kelas akselerasi memang dapat membantu anak untuk lebih cepat menyelesaikan jenjang pendidikan. Namun, menjadi masalah apabila sistem yang dibuat tersebut hanya mementingkan aspek waktu saja. akibatnya kecerdasan mereka menjadi tidak terasah optimal.
    Perlu adanya pembenahan terhadap sistem akselerasi saat ini. sehingga kecerdasan anak-anak tersebut tidak menjadi sia-sia.
    selayaknya anak-anak cerdas tsb mendapatkan pendidikan yang layak, sehingga kecerdasan yang dimiliki dapt terus dikembangkan. secara optimal.

  18. Ichwan IskandarMemang hingga saat ini belum adanya penanganan yang optimal dari semua pihak.Sebetulnya yang jadi masalah saat in di dalam dunia pendidikan kita adalah kesenjangan pendidikan. Saya banyak melihat anak bangsa ini sangat pandai,tapi karena adanya faktor X maka pemerintah nampaknya hanya memandang sebelah mata..

    Adalah tugas pemerintah agar bagaimana anak-anak pintar ini bisa benar-benar mampu bekerja dan mendorong perbaikan bangsa…..atau kalaupun bekerja di luar negeri, suatu ketika mereka akan kembali untuk mengembangkan bangsa ini,memang hal ini sangatlah ironi,sebagai bangsa yang besar tidak semestinya anak-anak yang memiliki potensi besar untuk memajukan bangsa ini menjadi tersisih….

  19. Ichwan Iskandar 8135072792 Pendidikan Tata Niaga Reg 2007 Memang hingga saat ini belum adanya penanganan yang optimal dari semua pihak.Sebetulnya yang jadi masalah saat in di dalam dunia pendidikan kita adalah kesenjangan pendidikan. Saya banyak melihat anak bangsa ini sangat pandai,tapi karena adanya faktor X maka pemerintah nampaknya hanya memandang sebelah mata..

    Adalah tugas pemerintah agar bagaimana anak-anak pintar ini bisa benar-benar mampu bekerja dan mendorong perbaikan bangsa…..atau kalaupun bekerja di luar negeri, suatu ketika mereka akan kembali untuk mengembangkan bangsa ini,memang hal ini sangatlah ironi,sebagai bangsa yang besar tidak semestinya anak-anak yang memiliki potensi besar untuk memajukan bangsa ini menjadi tersisih….

  20. Ichwan Iskandar 8135072792 Pendidikan Tata Niaga Reg 2007 Memang hingga saat ini belum adanya penanganan yang optimal dari semua pihak.Sebetulnya yang jadi masalah saat ini di dalam dunia pendidikan kita adalah kesenjangan pendidikan. Saya banyak melihat anak bangsa ini sangat pandai,tapi karena adanya faktor X maka pemerintah nampaknya hanya memandang sebelah mata..

    Adalah tugas pemerintah agar bagaimana anak-anak pintar ini bisa benar-benar mampu bekerja dan mendorong perbaikan bangsa…..atau kalaupun bekerja di luar negeri, suatu ketika mereka akan kembali untuk mengembangkan bangsa ini,memang hal ini sangatlah ironi,sebagai bangsa yang besar tidak semestinya anak-anak yang memiliki potensi besar untuk memajukan bangsa ini menjadi tersisih….

  21. sri rahayu
    8135072789
    Pend.tata niaga
    aslm…
    menurut pendapat saya, pendidikan sangatlah penting bagi semua akan tetapi pendidikan di Indonesia yang masih belum semaksimal mungkin diterapkan untuk semua.
    a[a;agi dalam kasus ini banyak anak-anak yang mempunyai bakat yang menonjol dan kecerdasan yang tinggi tetapi belum mendapatkan pendidikan yang sesuai dengan kemampuannya.
    Alangkah baiknya pemerintah bertindak agar dapat merubah sistem pendidikan yang ada di Indonesia ini menuju ke arah yang lebih baik lagi.
    agar dapat terciptanya SDM yang berkualitas demi memajukan bangsa Indonesia.

  22. Muhammad Rizki Hakiki
    8135072794
    Pend. Tata Niaga Reg 07

    Menurut saya, seharusnya anak yang memiliki kecerdasan dan bakat istimewa harus diberikan pelayanan pendidikan yang maksimal agar potensinya bisa terlihat dan bermanfaat baik bagi dirinya sendiri maupun bagi orang lain. Namun, layanan pendidikan yang didapatkan anak-anak cerdas istimewa ini belum mampu memunculkan keunggulan mereka. Karena itu, harus ada perbaikan dalam layanan pendidikan pada anak-anak ini. Disinilah seharusnya pemerintah turut ambil bagian dalam menyelesaikan masalah ini, namun kebijakan pemerintah mengakomodasi anak-anak cerdas istimewa di kelas-kelas akselerasi belum optimal. Karena dalam kelas akselerasi, kebutuhan yang dipenuhi baru pada cepatnya selesai masa studi, belum pada pengembangan potensi serta keunggulan kompetensi anak-anak tersebut.

  23. Aji Saputra
    8135072796
    TN Reg’07
    menurut saya,usaha pemerintah untuk meningkatkan pendidikan memang belum maksimal,seperti artikel diatas masih banyak anak-anak cerdas yang diabaikan oleh negara.Padahal bila mereka diberikan pendidikan yang layak mereka mungkin akan bisa membuat perubahan dinegara ini.

  24. febriany TN;Non reg 07
    8135077977

    menurut saya setiap anak mempunyai kecerdasan yang berbeda beda…
    banyak anak yang pandai namun belum mampu untuk bersekolah,,, karena tidak ada biaya….
    sayang sekali jika hal itu terjadi,,,,
    seharusnya pemerintah harus lebih memperhatikan…

  25. febriany TN;Non reg 07
    8135077977

    menurut saya setiap anak mempunyai kecerdasan yang berbeda beda…
    memang banyak anak anak yang pandai yang belum sepenuhnya terasah kemampuannya,,,
    sangat disayangkan….
    program akselerasi…sangat penting untuk mendorong motivasi bagi siswa….

  26. menurut saya,pendidikan di Indonesia perlu dikembangkan agar anak didik dapat bebas menonjolkan bakat yang mereka punya. Selain itu, pemerintah dapat membuat sekolah untuk menampung anak-anak yang mempunyai bakat dan kecerdasan yang tinggi. Ada pun yang perlu di tambah yaitu kualitas SDM yang lebih baik untuk memajukan pendidikan di Indonesia.

    Novira Tri Risanti
    8135077962
    Pend. Tata Niaga Non Reg ’07

  27. Heru Yunianto
    8135072793
    Pend. Tata Niaga Reg.2007

    Banyaknya anak-anak Indonesia yang kurang mendapat perhatian baik dari pemerintah atau dari lembaga pendidikan. Mereka hanya menunggu nasib mujur yang kasihan melihat keadaan mereka.

  28. m.fallah (8135079635)
    Tn Nonreg 2007

    Menurut Pendapat Saya :
    Sumberdaya Manusia yang ada di Indonesia sudahlah cukup untuk qita bangkit kembali. ini ditunjukan oleh Amril Muhammad, Sekretaris Jenderal Asosiasi Penyelenggara, Pengembang, dan Pendukung Pendidikan Khusus untuk Siswa Cerdas/Berbakat Istimewa (Asosiasi CB/BI), di Jakarta, Rabu (28/1), mengatakan, dari penelitian yang dilakukan, terdapat sekitar 2,2 persen anak usia sekolah yang memiliki kualifikasi cerdas istimewa. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2006, ada 52,9 juta anak usia sekolah. Artinya, terdapat sekitar 1,05 juta anak cerdas/berbakat istimewa di Indonesia.

    tetapi sangat disayangkan potensi yang melekat pada anak berbakat ini tidak diikuti dengan semangat untuk bersekolah.

  29. 1 juta bukanlah angka yg sedikit bagi pemerintah untuk merespon anak pintar di negara ini. Pd hal mereka adalah aset yg begitu berharga untuk regenerasi bangsa ini. iQ di atas rata rata menunjukan mereka begitu istimewa, karena itu mereka butuh pendidikan dan layanan yg memadai secara optimal. Pr yg berat untuk pemerintah.

  30. Dwi Yunita
    8135077965
    Pend.Tata Niaga Non Reg’07

    sayang sekali jika anak yang memiliki IQ di atas 125 belum terlayani pendidikan yang sesuai kebutuhan mereka, padahal mereka berhak untuk mendapat pendidikan yang sesua dengan potensi mereka. Tapi bukan dengan cara pemaksaan.
    Anak-anak cerdas tersebut enggan untuk mengikuti kelas akselerasi karena mereka takut akan kehilangan masa bermain anak-anak mereka. Mereka takut jika setiap hari mereka harus belajar, dan tidak bisa lagi bermain dengan teman-temannya.
    Alangkah lebih baik, jika sebelumnya kita beri pengertian terlebih dahulu kepada anak-anak cerdas tersebut akan dampak positif dari mengikuti kelas akselerasi ini, tanpa kahilangan masa bermain mereka. Sehingga mereka dapat mengikuti kelas akselerasi ini dengan baik, dan anak-anak cerdas ini juga dapat mengembangan potensi dan kecerdasan mereka dengan baik.

  31. menurut saya
    seharusnya pemerintah lebih memperhatikan sektor pendidikan, karena banyak anak indonesia yang memiliki intelegensi yang tinggi tetapi mereka tidak memiliki biaya untuk bersekolah,kelas akselerasi sangat baik tetapi mereka akan kehilangan masa – masa remajanya tau mereka akan dewasa sebelum waktunya

  32. Pelayanan dari Pemerintah untuk siswa yang berbakat istimewa seperti saya, memang belum terealisasikan dengan nyata. :p
    Maka dari itu, pemerintah harusnya lebih memperhatikan para siswa tersebut.

  33. Anak yang memiliki kecerdasan istimewa perlu diberikan pelayanan pendidikan yang maksimal.
    Apabila program akselerasi kurang terealisasikan, banyak siswa yg memiliki kecerdasan istimewa, akan terlantar begitu saja… mari dukung mereka..

    TALK LESS,,DO MORE !!

  34. menurut saya peran pemerintah dalam pendidikan ini belum begitu optimal sebab masih banyak anak yang berbakat tidak bisa menyalurkan bakatnya.misalnya saja di daerah pedesaan,banyak sekali anak yang pintar tidak dapat melanjutkan sekolahnya akibat biaya mahal.seperti kita lihat siswa-siswa yang memenangi olimpiade matematika dan fisika itu anak yang sangat sederhana.Dan kita semua anak membutuhkan pendidikan sebab dengan pendidikan kita bisa membangun negara ini.

  35. menurut saya pendidikan itu sangat penting bagi kita,disini seharusnya peran pemerintah dalam pendidikan perlu di tingkatkan.pemerintah harus memberi anggaran pendidikan lebih banyak,agar sekolah memilki fasilitas yang lumayan buat anak yang pintar untuk mengembangkan kemampuannya,sebab masih banyak sekolah yang fasilitasnya seadanya.

  36. rizky dwi perwitasari
    8135077963
    pend.TN(nonreg07)

    sebenarnya banyak sekali anak-anak yang berbakat dan mempunyai kecerdasan yang tinggi..
    tetapi banyak juga di antara mereka yang kurang mendapatkan pendidikan yang layak..

    untuk itu peranan pemerintah sangat untuk meningkatkan kualitas pendidikan..
    dengan jalan memberi kesempatan bersekolah untuk anak-anak yang masih dalam katagori wajib belajar 9tahun..
    memberikan keringanan biaya atau beasiswa untuk anak yang kurang mampu tetapi memiliki kemampuan di atas rata-rata

  37. menurut saya peran pemerintah dalam menggali dan mengembangkan potensi dari anak2 cerdas istimewa belum maksimal….
    dengan kelas akselerasi, anak cerdas istimewa akan kehilangan masa kanak-kanaknya…
    di sekolah-sekolah, kebanyakan anak dinilai cerdas berdasarkan IQ saja.. padahal banyak yang memiliki kemampuan di bidang musik, olahraga, dll yang terlantar…

  38. sangat disayangkan anak-anak yang mempunyai IQ di atas 125 dibiarkan begitu saja. Anak-anak tersebut merupakan generasi penerus untuk bangsa sebagai aset negara. Yang harus dipikirkan sekarang bagaimana cara nya untuk menyalurkan bakat dan kemampuan mereka yang sangat luar biasa, pemerintah seharusnya lebih memperhatikan keberadaan mereka dengan memberikan pelayanan dan fasilitas pendidikan yang mencakup sarana dan prasarana.
    Kelas akselerasi yang diadakan hanya terpaku pada waktu dan kecepatan untuk menyelesaikan jenjang pendidikan, sehingga terasa sangat sia-sia jika kelas akselerasi yang diadakan tidak memperhatikan kecerdasan yang dimiliki seseorang.
    Perlu adanya perbaikan dan pembenahan terhadap sistem akselerasi saat ini, sehingga kecerdasan dan kemampuan intelektual yang dimiliki anak-anak Indonesia tidak dibiarkan begitu saja.

    Dwi Restuwanty
    8135077989
    Pend. Tata Niaga (Non Reg)

  39. pendidikan merupakan sebuah investasi jangka panjang bagi sebuah negara. ini akan menjadi masalah seluruh bangsa ini apabila masih banyak anak yang memiliki kecerdasan yang lebih tidak bisa mengenyam bangku sekolah.

  40. Sangat disayangkan memang jika anak-anak yang memiliki kecerdasan seperti itu tapi belum mendapat pendidikan yang layak. Padahal negeri ini sangat membutuhkan generasi seperti mereka yang dapat mengembangkan potensi-potensi yang ada di Indonesia. Kebijakan pemerintah mengakomodasi anak-anak cerdas ini di kelas akselerasi juga dirasa kurang tepat karena cendrung untuk mempercepat penyelesaian masa studi belum kepada pengembangan potensi anak-ank cerdas tsb.

  41. Nama : Adinda Chaniago
    NIM : 8135077981
    Konsentrasi : Pend. Tata Niaga Non Reg’07

    Saya setuju dengan pernyataan dari Yohanes selaku Ketua Yayasan Olimpiade Fisika dan Kak Seto Mulyadi selaku ketua KOMNAS Perlindungan Anak,yang menyarankan agar anak yang mempunyai IQ diatas 125 mendapat perhatian khusus karena anak – anak tersebutlah yang mungkin bisa membawa Indonesia ke arah yang lebih baik lagi…
    Namun seperti apa yang dikatakan oleh Direktur Pend.Luar Biasa DEPDIKNAS, Eko Djatmiko, seharusnya anak- anak yang mempunyai IQ di atas 125 tersebut mendapatkan pelayanan pendidikan bagi anak cerdas dan berbakat istimewa harus mempunyai semacam pusat evaluasi dan pendampingan dari pakar agar tidak terjadi salah diagnosa terhadap anak yang di perkirakan mempunyai potensi cerdas dan berbakat istimewa. Dalam artiannya disini adalah anak anak cerdas dan berbakat istimewa membutuhkan bimbingan terhadap kecerdasan dan bakat istimewa yang di miliki mereka agar kecerdasan mereka bisa lebih terasah dan tereksplore dengan baik dan bisa bermanfaat.

  42. Maaf Pak,komentar yang sebelumnya saya salah mengomentari artikel,ini perbaikannya.

    Nama : Adinda Chaniago
    NIM : 8135077981
    Konsentrasi : Pend. Tata Niaga Non Reg’07

    Menurut saya seharusnya dibuka lebih banyak lagi kelas khusus untuk anak-anak yang cerdas dan berbakat tersebut, agar mereka bisa menyalurkan kemampuan yang mereka miliki sesuai dengan apa yang mereka inginkan.

  43. Sangat memprihatinkan sekali keadaan tersebut, karena masih banyak anak-anak yang cerdas tidak mendapatkan pendidikan yang semestinya.
    Padahal bila anak-anak tersebut mandapatkan pendidikan yang layak anak tersebut bisa menjadi penerus bangsa yang dapat diandalkan di masa depan.

  44. Noritha Kristianty
    8135072787
    Pend. Tata Niaga Reg’07

    Belum maksimalnya tingkat pelayanan untuk anak-anak istimewa saat ini menandakan masih kurangnya perhatian pemerintah akan mutu pendidikan bangsa. Seharusnya pemerintah bisa lebih mengeksplor apa yang dimiliki anak-anak istimewa di Indonesia agar bisa mengangkat nama bangsa nantinya. Bukan hanya dengan kelas akselerasi, tetapi juga metode yang digunakan agar anak tersebut bisa belajar secara optimal bukan hanya sekedar percepatan waktu sekolah..

  45. sangat disesalkan sekali kurangnya perhatian tentang permasalahan IQ anak yang di atas 125. bagi sebagian anak berbakat tersebut,,memilih kelas aqselerasi sangat membosankan karena mereka hanya sekolah selama 2 tahun tapi ada pula anak yang menganggap dengan adanya sekolah tersebut mempercepat waktu sekolah mereka dan dapat meneruskan ke jenjang berikutnya.
    semuanya tergantung dari anak tersebut menilai sejauh mana akan pentingnya mengembangkan kemampuan potensi mereka. akan tetapi duikunagn dari pemerintah dan orang tua juga sangat diperlukan..

  46. Belum terpenuhinya pendidikan atas anak-anak berbakat yang memiliki IQ diatas 125 adalah keadaan yang sangat memprihatinkan…
    sebab seharusnya pemerintah dapat memberikan layanan khusus bagi anak-anak tersebut,
    kelas akselerasi dirasa kurang tepat untuk anak-anak tersebut sebab mereka cenderung merasa jenuh karena mereka hanya merasakan bangku sekolah selama 2 tahun dan mereka merasa masa remaja nya terbuang dan sia-sia…
    oleh karena itu pemerintah harus lebih memperhatikan pengembangan pada potensi anak tersebut,
    serta dukungan dari orang tua dan keluarganya dirasa perlu….

  47. memang inilah sebuah realita yang terjadi, bahwa kurangnya peran pemerintah dalam menanggapi dunia pendidikan. banyak sekali anak cerdas indonesia yang tidak sempat mengenyam dunia pendidikan. maka diperlukan penanganan dan perbaikan dalam sistem pendidikan ini, sehingga kecerdasan intelektual yang dimiliki dapat digunakan.

  48. seharusnya pemerintah turut ambil bagian dalam menyelesaikan masalah ini, namun kebijakan pemerintah mengakomodasi anak-anak cerdas istimewa di kelas-kelas akselerasi belum optimal. Karena dalam kelas akselerasi, kebutuhan yang dipenuhi baru pada cepatnya selesai masa studi, belum pada pengembangan potensi serta keunggulan kompetensi anak-anak tersebut.

  49. Irma manalu
    pend.Tata Niaga reg 07
    8135072764

    sangat disayangkan jika penanganan terhadap anak-anak cerdas/berbakat istimewa yang sebenarnya diamanatkan dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional dan Undang-Undang Perlindungan Anak belum optimal. Citra kelas akselerasi yang selama ini diandalkan untuk melayani anak-anak ini justru belum dirasakan manfaatnya karena keistimewaan mereka tidak terlihat.

  50. inne zulfanisa
    tata niaga reg 07
    8135072806
    menurut saya…
    kurang optimalnya Kebijakan pemerintah mengakomodasi anak-anak cerdas istimewa di indonesia menyebabkan banyaknya anak yang memiliki bakat istimewa menjadi kurang optimal dalam mengembangkan bakat mereka.seharusnya pemerintah turut ambil bagian dalam menyelesaikan masalah ini, namun kebijakan pemerintah mengakomodasi anak-anak cerdas istimewa di kelas-kelas akselerasi belum optimal. Karena dalam kelas akselerasi, kebutuhan yang dipenuhi baru pada cepatnya selesai masa studi, belum pada pengembangan potensi serta keunggulan kompetensi anak-anak tersebut.

  51. sebetulnya sangat disayangkan anak-anak yang memiliki kecerdasan yang istimewa tidak dapat menikmati pendidikan, perlu adanya penanganan yang serius yang harus dilakukan oleh pemerintah agar potensi-potensi anak yang cerdas itu dapat dikembangkan.

  52. menurut saya tingkat kecerdasan tiap anak pastilah berbeda, tiap anak memilki bakat dan keistimewaan masing-masing. disini pemerintah lah yang harus berperan aktif guna menbangun pendidikan yang berkualitas. karena bagaimanapun anak adalah generasi penerus bangsa, usul pemerintah dengan membangun sekolah akselerasi dirasa kurang optimal, belum tentu anak yang cepat mengemban masa studinya dapat memilki potensi yang baik. jadi pemerintah harus bekerja keras agar sistem pendidikan di indonesia menjadi lebih baik.

  53. imam irawan
    8135072811
    pend tata niaga reg 07

    menurut saya Kebijakan pemerintah mengakomodasi anak-anak cerdas istimewa di kelas-kelas akselerasi,bukanlah satu- satunya metode yang tepat. Sebab, kebutuhan yang dipenuhi baru pada cepatnya selesai masa studi, belum pada pengembangan potensi serta keunggulan kompetensi anak-anak tersebut.
    banyak anak cerdas istimewa di daerah justru merasa enggan memilih kelas akselerasi. Ada ketakutan jika mengikuti metode yang ditawarkan pemerintah saat ini, mereka akan tertekan dan kehilangan masa remaja mereka.

  54. diaz priasmoro
    pend.Tata Niaga Non reg 07
    8135077958

    sangat sangat sangat disayangkan sekali kalau di negara kita ini bnyak sekali terdapat anak yang berpotensi lebih dibandingkan dengan yang lain nya tp tidak bs dikembangkan ataupun difokuskan.
    peran pemerintah sangat dibutuhkan sekali.
    seperti yang kita lihat pd saat ini, bnyak anak yang berpotensi lebih namun tidak mampu sekolah dikarenakan biaya.
    mereka berpikir, kalau ikut kelas akselerasi itu psti membutuhkan biaya yg mahal karena trmasuk kelas khusus yg berbeda dgn anak-anak lain.
    mereka psti tkut akan biaya yg mahal.
    sosialisasi sangat dibutuhkan dalam hal ini.

  55. pada saat ini pendidikan adalah sesuatu yang mahal karna hanya orang menengah yang dapat menyekolahkan anaknya, sedangkan masayarakat menegah kebawah hanya bisa menyekolahkan anak kebanyakan tidak sampai wajib belajar bahkan tidak sekolah.
    bukan hanya masayarakat bawah menengah bahkan masayarakat yang di daerah terpencil tidak ada sekolah sampi jenjang tinggi.
    padahal pemerintah sanggup memberikan sekolah gratis kepada siswa – siswi kurang mampu dan prestasi. juga dapat membangun sekolah – sekolah di daerah terpencil, sehingga tidak ada lagi para anak tidak sekolah lg

  56. jenny christine (8135077998)
    TN NR 07

    Sejuta Anak Cerdas Belum dapat Pendidikan Layak dikarenakan ada perbaikan dalam layanan pendidikan pada anak-anak ini. Banyaknya anak-anak Indonesia yang kurang mendapat perhatian baik dari pemerintah atau dari lembaga pendidikan .
    sebab terdapat sekitar 2,2 persen anak usia sekolah yang memiliki kualifikasi cerdas istimewa belum ada lahan untuk sekolah.
    sebenarnya Anak-anak cerdas tidak juga menggunakan kelas akselerasi karena mereka juga ingin merasakan masa-masa sekolahnya.

  57. Fitri Hadianti
    8135077973
    Pend. Tata Niaga (Nonreg 07)

    Banyak sekali anak-anak Indonesia yang memiliki kemampuan lebih atau memiliki IQ diatas rata-rata namun anak tersebut masih belum mendapatkan pedidikan yang maksimal untuk pertumbahan bakat anak tersebut….

    Harapan saya agar pemerintah dapat ikut serta dalam memajukan pendidikan bagi anak yang kurang mampu tetapi memiliki bakat atau kemampuan yang lebih ….

    Seperti memberikan bantuan dalam meringankan biaya sekolah agar kemampuan anak tersebut dapat disalurkan kependidikan dan pengajaran yang lebih baik…..

  58. yuni SW (8135077970)
    Pend.TN NR 07

    pemerintah mengakomodasi anak-anak cerdas istimewa di kelas-kelas akselerasi belum optimal.
    kelas akselerasi dirasa kurang tepat untuk anak-anak tersebut sebab mereka cenderung merasa jenuh karena mereka hanya merasakan bangku sekolah selama 2 tahun dan mereka merasa masa remaja nya terbuang dan sia-sia.

  59. Tidak sedikit anak cerdas dan memiliki bakat istimewa di negara kita, karena itu pemerintah harus berusaha agar pengembangan terhadap anak cerdas dan memiliki bakat istimewa bisa seoptimal mungkin, dengan memberikan pendidikan yang layak terhadap anak-anak tersebut.

  60. Tidak sedikit anak cerdas dan berbakat istimewa di negara kita, karena itu pemerintah harus berusaha agar pengembangan terhadap anak cerdas dan memiliki bakat istimewa bisa seoptimal mungkin, dengan memberikan pendidikan yang layak terhadap anak-anak tersebut.

  61. Tidak sedikit anak cerdas dan berbakat istimewa di negara kita, mereka seharusnya dapat perhatian lebih mengenai pendidikannya. karena itu pemerintah harus berusaha agar pengembangan terhadap anak cerdas dan memiliki bakat istimewa bisa seoptimal mungkin, dengan memberikan pendidikan yang layak terhadap anak-anak tersebut.

  62. cukup banyak anak cerdas dan berbakat istimewa di negara kita, mereka seharusnya dapat perhatian lebih mengenai pendidikannya. karena itu pemerintah harus berusaha agar pengembangan terhadap anak cerdas dan memiliki bakat istimewa bisa seoptimal mungkin, dengan memberikan pendidikan yang layak terhadap anak-anak tersebut.

  63. Sutriyani
    8135077961
    Pend.TN non reg’07

    Ternyata anak-anak Indonesia masih banyak yang memiliki kemampuan yang luar biasa. tetapi amat disayangkan apabila anak-anak tersebut tidak mendapatkan perhatian yang lebih dari pemerintah khususnya. Keistimewaan kelas akselerasi sampai sekarang masih belum terlihat. dapat dilihat dari undang-undang mengenai perlindungan anak di Indonesia. dan masih perlu diperbikilagi mengenai sistem kelas akselerasi agar anak yang memiliki kemampuan IQ di atas 125 dapat menikmati kelas ini.

  64. Christina Panjaitan
    Tn Reg 07

    Menurut saya,
    Berdasarkan statistik, 20% siswa gagal yang diuji dalam sebuah tes ternyata masuk dalam kategori gifted alias anak-anak cerdas. Tes ini dilakukan oleh Davidson Institute for Talent Development yang perduli pada nasib anak-anak cerdas berbakat yang tidak mendapatkan perhatian dan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
    Anak-anak cerdas tersebut dinilai buruk oleh sekolah mereka justru karena mereka tidak lagi merasa tertantang dan merasa frustrasi dengan kurikulum rata-rata yang diberikan kepada mereka.Jadi anak cerdas dan berbakat sangat membutuhkan perhatian yang sangat maksimal..

  65. Christina Panjaitan
    Tn Reg 07
    Menurut saya, sebenarnya banyak sekali anak-anak Indonesia yang memiliki bakat yang tinggi,namun hal itu sangat sia-sia karena banyak diantara mereka yang tidak mendapat perhatian khusus,salah satunya tidak mendapatkan pendidikan yang layak,terutama sekolah-sekolah yang berada diluar jawa.sungguh sangat disayangkan.sebaiknya pemerintah lebih memperhatikannya…

  66. Menurut saya pembenahan untuk fasilitas di sekolah daerah juga harus lebih ditingkatkan lagi karena fasilitas di daerah saat ini masih terlihat kurang memadai. Di samping itu, pemerintah juga masih kurang memperhatikan kepedulian anak-anak cerdas yang berada di sekolahnya. Mereka merasa disampingkan dengan anak-anak cerdas di kota khususnya yang di Jakarta. Pemerintah saat ini juga harus dapat meratakan fasilitas antara sekolah yang berada di kota dengan di desa. Pemerintah pun diharapkan dapat memberikan bantuan dana untuk dapat membantu fasilitas sekolah dan kepada anak-anak cerdas yang mendapatkan IQ di atas 125.
    Selain itu pemerintah juga harus dapat memberikan ruang-ruang khusus demi tercapainya anak yang berbakat di Indonesia untuk dapat merasakan kelas akselarasi secara merata.

  67. 100 juta anak cerdas belum mendapatkan pendidikan..??
    kemana angaran pendidikan…???
    padahal kalu angaran ini benar – benar di realisasikan pada program pendidikan, maka tidak ada lagi anak yang putus sekolah dan mereka dapat mengembangkan prestasinya.
    para masyarakat juga arus membantu pengawasan anggaran pendidikan tersebut sehingga tidak ada penyimpangan dan para anak dapat melanjutkan cita – citanya

  68. Kristiana Ermawati
    8135072771
    Pend.TN reg07

    Banyak anak Indonesia yang belum mendapat perndidikan yang layak padahal mereka memiliki kemampuan yang harus dikembangkan. Namun sejauh ini belum ada tindakan pemerintah yang nyata. Padahal anak Indonesia merupakan penerus bangsa ini. Seharusnya pemerintah lebih memperhatikan pendidikan anak Indonesia.

  69. banyaknya anak cerdas yang belum mendapatkan pendidikan yang layak mungkin karena sistem pendidikan di negara kita lebih mementingkan nilai akademik dan penyajian materi pelajaran yang lebih banyak teorinya ketimbang praktek.
    tentu saja hal ini membuat anak-anak cerdas tersebut menjadi malas dalam mengembangkan bakat mereka. misalnya saja ada anak yang berbakat dalam bidang olahraga, dia tidak dapat dikatakan cerdas karena nilai akademiknya biasa-biasa saja atau malah kurang. padahal ia memiliki kecerdasan lain yaitu di bidang olahraga.
    kesalahan dalam anggapan makna kata ‘kecerdasan’ inilah yang membelenggu bakat anak-anak tersebut.
    kelas akselerasi juga dinilai tidak efektif dalam penyelesaian problem anak berbakat ini. karena kelas ini lebih cenderung memangkas waktu pendidikan dan bukan pengembangan bakat yang sesungguhnya.
    lalu apakah peran pemerintah selama ini menanggapi hal tersebut?

  70. Akselerasi memang memiliki dampak negatif salah satunya menghilangkan masa remaja anak tsb,
    meskipun anak itu sangat pintar tetapi tetap kita harus melihat kebutuhan anak.
    Jangan sampai ekselerasi mempengaruhi psikologi anak.
    Artikel ini lebih sempurna lagi jika dibahas juga bagaimana solusi yang menyeluruh anak cerdas itu mendapatkan
    pendidikan yng layak.Karena sedikit sekali solusi yang disampaikan.

  71. Memang sangat disayangkan banyak anak-anak cerdas berkamampuan istimewa yang tidak terlayani, seharusnya pemerintah mengoptimalkan segala upaya untuk menampung anak-anak tersebut dalam sekolah atau kelas akselerasi, agar bakat itu tidak menjadi sia-sia.
    Pada sekolah atau kelas-kelas akselerasi harus dikembangkan pula sistem-sistem pengajaran serta pengembangan pada kelas tersebut, supaya dapat memeaksimalkan segala potensi yang mereka punya.

    David Ramot (8135072801)
    TN reg07

  72. belum maksimalnya metode akselerasi yang sekarang diperuntukkan bagi anak-anak cerdas istimewa, memang sekarang terlihat tidaklah optimal. Kelas-kelas akselerasi yang sekarang ada tidaklah jauh beda dengan kelas-kelas reguler. Yang sangat kontras perbedaanya hanya terlihat pada waktu penyelesaiannya saja. Pada kenyataanya saat ini banyak anak cerdas istimewa yang memang tidak menempati kelas akselerasi. Mereka tetap belajar pada kelas reguler namun memang kemampuan dan kecerdasannya lebih menonjol dibandingkan dengan anak yang kecerdasannya biasa. Seharusnya tidak hanya dengan memasukkan anak cerdas istimewa ke dalam kelas akselerasi saja namun pengembangan potensi anak cerdas istimewa bisa dapat melalui pemberian beasiswa pendidikan, bisa seperti beasiswa pendidikan luar negeri yang memang sudah terlihat dari segi intelegensi mereka mampu.

  73. Imam Punarko
    Pend.Tata Niaga 07
    8135072812

    Saya teringat dengan cerita fenomenal LASKAR PELANGI yang di tulis oleh pelaku cerita langsung andrea hirata, dalam cerita ini kita dapat mengetahui sosok lintang yang begitu cerdas alias kecerdasan dengan bakat istimewa telah lahir ditanah belitong. Sekilas dalam cerita ini kita dapat mengetahui bahwa seorang lintang akhirnya harus merelakan pendidikannya sekaligus menjadi duka bagi bangsa ini ketika seorang anak yang begitu cerdasnya harus rela menelan pil pahit menjadi pekerja tambak Karena ayahnya yang selama ini mengurusinya telah meninggal dunia.

    Memang potensi anak-anak Indonesia sudah tidak diragukan lagi, bahkan di pentas dunia kita menjadi juara dunia bidang KIMIA, FISIKA, Matematika, dll. Sehingga bukan sebuah mitos lagi kita dapat menciptakan duplikat Einstein baru yang akan membangun bangsa ini. Berbeda lain cerita lain naskah, pemerintah kita seakan mengimbangi keunggulan potensi anak Indonesia dengan budaya Nepotisme, Korupsi, Kolusi. Dan pemahaman Kapitalisme, Sekulerisme, serta Hedonisme. Sehingga setiap potensi seakan ditekan dan di timbun dalam dasar kemiskinan. Harusnya Negara ini saling menopang, saling memberikan perhatiaannya kepada putra bangsa ini.

    Memakai jawaban seorang ulama ketika ditanya muridnya lebih berharga mana harta dengan ilmu.

    Sang guru menjawab, ilmu akan menjaga kita sedangkan harta kita yang menjaga
    Ilmu akan bertambah jika di nikmati sedangkan harta berkurang.

  74. Menurut saya,Pendidikan merupakan hal yang penting dalam kehidupan.Hidup tanpa ilmu bagai tong kosong nyaring bunyinya.
    Sekarang kita tidak bisa saling menyalahkan antara pihak yang satu dengan yang lain.Namun sekarang ini kita harus saling bekerja sama mencari solusi terbaik untuk bangsa Indonesia agar lebih maju lagi.
    Ambil sisi positifnya dengan mengetahui terdapat data anak yang cerdas, maka bangsa ini harus bangga. sebab Indonesia masih punya harapan.
    Jadi mulai dari hal yang terkecil,mulai dari diri sendiri dan mulai dari sekarang mari kita buka cakrawala pikiran kita untuk saling peduli dengan sesama. jika sejuta orang berpikir hal yang sama tentang kepedulian maka sejuta anak cerdas Indonesia tidak akan terlantar
    namun kenyataan di indonesia belum maksimalnya metode pembelajaran yang diberlakukan di kelas akselerasi membuat kelas tersebut terlihat sama saja dengan kelas reguler. Bedanya hanya terletak pada waktu penyelesaian masa studi, harusnya pemerintah bisa lebih menggali potensi anak-anak istimewa tersebut dengan berbagai cara karena mereka memiiki nilai lebih dari anak-anak lainnya. Pemerintah bisa membuat metode pembelajaran di kelas akselerasi berbeda dengan kelas reguler, karena selama ini materi-materi yang diajarkan dikelas aksel toh sama saja dengan yang diajarkan di kelas reguler. Banyak hal yang bisa dilakukan asal pemerintah benar-benar mau lebih memperhatikan nilai mutu pendidikan di Indonesia yang masih rendah. Pertukaran pelajar dalam kelas akselerasi juga bisa jadi salah satu ide untuk mengembangkan potensi siswa istimewa atau sebaliknya, mendatangkan guru dari luar untuk mengajar siswa tersebut, dengan begitu siswa akan mendapat pelajaran bukan semata-mata teori melainkan pengalaman yang juga mengembangkan emosional mereka yang dipacu lebih cepat disbanding umurnya..

  75. mMMmmm…sistem pendidikan CI/BI menurut saya hanya memfasilitasi para siswa yang memiliki IQ diatas rata-rata,sementara untuk siswa yang lain belum tentu mendapatkan kesempatan itu.kalau kriteria pemilihan siswa cerdas berprestasi menitik beratkan pada 6 poin penilaian yang antara lain, (1) kemampuan inteligensi umum; (2) kemampuan akademik khusus (specific academic aptitude); (3) berpikir produktif atau kreatif; (4) kemampuan kepemimpinan; (5) kemampuan di bidang seni; (6) kemampuan psikomotorik. Jadi inget metode CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif). kalau didalam CBSA lebih menekankan Implikasi mental-intelektual-emosional yang semaksimal mungkin dalam kegiatan belajar mengajar akan mampu menimbulkan nilai yang berharga dan gairah belajar menjadi makin meningkat. Komunikasi dua arah (seperti halnya pada teori pusara atau kumparan elektronik) menantang pembelajar berkomunikasi searah yang kurang bisa membantu meningkatkan konsentrasi. Sifat melit yang disebut juga ingin tahu (curionsity) pembelajar dimotivasi oleh aktivitas yang telah dilakukan. Pengalaman belajar akan member!
    kesempatan untuk rnelakukan proses belajar berikutnya dan akan menimbulkan kreativitas sesuai dengan isi materi pelajaran.kemudian apa bedanya dengan sistem CI/BI??kalau ditimbang – timbang hanya memfasilitasi sebagian saja. malahan akan lebih terlihat menonjol prestasi seorang siswa CI/BI diantara siswa yang biasa – biasa saja,sistem CBSA memungkinkan pengembangan poin – poin yang ada diatas secara merata apa bila pengarahan tentang metode – metode belajar dengan dua arah, dengan memfasilitasi kelompok -kelompok belajar dimana siswa Cerdas Berprestasi sebagai panutan didalam penjelasan pelajaran dengan suasana dan waktu yang berbeda.bukan dengan mengklasifikasikan mereka seperti halnya kontestan AFI (Akademi Fantasi Indosiar) atau kontes semacamnya.jadi saya lebih cendenderung kepada pengembangan konsep CBSA yang sudah berjalan dengan asumsi bahwa harus ada tingkatan – tingkatan didalam penyelenggaraan pendidikan,mungkin dengan adanya CI/BI sebagai puncak dari prestasi yang siswa miliki, atau apapun bentuknya sebagai wadah untuk memotifasi perkembangan pendidikan di Indonesia.bravo…………

  76. Gelda Meris Nike Safitra
    8135072807
    Pend.Tata Niaga Reg07

    Menurut saya…
    Belum terpenuhinya pendidikan atas anak-anak berbakat yang memiliki IQ diatas 125 adalah keadaan yang sangat memprihatinkan…
    Pemerintah dan kita seharusnya sebagai calon-calon pendidik wajib berpartisipasi dalam meningkatkan perhatian lebih terhadap hal ini terutama dalam pelayanan agar anak-anak cerdas istimewa dapat berkembang dengan lebih baik lagi dan dapat memberikan kontribusi yang sesuai dengan kemampuan mereka bagi kemajuan dan kejayaan bangsa ini.

  77. Sangat disayangkan bila bibit generasi muda kita tidak dapat pendidikan yang layak. Yang ada hanya membuat pendidikan di Indonesia menjadi terbelakang. Seharusnya pemerintah turun tangan dalam menghadapi pendidikan di Indonesia.

  78. pembenahan memang harus terus dilakukan untuk mencapai tujuan yang lebih baik lagi, sayang sekali kalau usaha pembuatan program akselerasi yang telah susah payah dibuat justru mendapat tanggapan yang kurang positif dari siswa-siswa itu sendiri. kalau permasalahannya hanya pada percepatan namun bukan pada potensi uynag ditonjolkan. kalau boleh saran seharusnya selain percepatan belajar, para pengajar juga harus lebih serius lagi dalam menyaring potensi-potensi yang dimiliki siswa selain itu juga penyedian sarana-sarana yang dapat menunjang bakat dan minatnya.

  79. Dari semua tindakan yang akan dilakukan tentunya diperlukan jiwa-jiwa pendidik didalamnya. Kiranya semua dilandasi jiwa yang ikhlas agar mulus pula jalannya. Bagi saya dan teman-teman calon pendidik kiranya menjadi lebih memahami tentang bagaimana memperbaiki, mengembangkan dan memajukan pendidikan sehingga menghasilkan sumber daya manusia yang lebih baik lagi dimasa depan.
    Salah satu cara yang baik seperti ini seharusnya menjadi sesuatu yang dapat dioptimalkan pelaksanaannya.
    SEMANGAT!!! PARA PEJUANG PENDIDIKAN…

  80. RENDI MAISYAH LINO
    8135077994
    PEND.TATA NIAGA NON REG 2007

    memang anak-anak cerdas istimewa tersebut membutuhkan pendidikan khusus. bukan hanya pendidikan akademik saja, tapi dari segi keterampilan dan bakat juga diperlukan. ini yang tidak ada di kelas akselerasi Indonesia. banyak anak-anak cerdas yang tidak ingin mengikuti kelas akselerasi karena masa remaja yang terenggut. terkadanglulusan akselerasi pun masih bersifat chidish meskipun ia sudah lulus. disini dapat dilihat, seharusnya metode pengajaran di kelas akselerasi harus disesuaikan dengan psikologis anak. jangan terlalu menekankan belaja,belajar, dan belajar saja.
    pendidikan khusus bagi anak cerdas istimewa ini juga harus merata, tidak hanya ada di daerah pusat kota. memang, anak Indonesia sering memenagkan olimpiade akademik. namun, tidak semua anak dapat merasakan hal tersebut. padahal mereka mungkin memilki kemampuan yang jauh lebih tinggi. diharapkan pemerintah lebih memperhatikan anak-anak cedas istimewa tersebut, karena semua juga demi mengharumkan nama bangsa Indonesia.

  81. Assalamu’alaikum..

    Sangat disayangkan jika memang keadaannya demikian,bahwa sejuta anak cerdas belum memiliki pendidikan yang layak. mungkin dalam hal in pemerintah harus lebih memperhatikan lagi keadaan masyarakatnya.

    Bahkan kebanyakan anak-anak yang bertempat tinggal di desa itu kurang dapat perhatian lebih, padahal banyak diantaranya anak cerdas yang berasal dari suatu daerah.

    Dalam hal ini pemerintah memang harus meninjau ulang tentang keadaan tersebut, guna memberikan pelayanan terbaik terhadap anak-anak cerdas yang belum memiliki pendidikan yang layak. Dan saya ikut prihatin dengan keadaan tersebut…

    Wassalam.

  82. Ass.,

    wah., setelah melihat artikel diatas sangat disayangakan apabila anak – anak pintar tersebut harus terbengkalai pendidikannya.,
    banyak yang harus evaluasi dalam dunia pendidikan di Indonesia termasuk kelas – kelas akselerasi yang saat ini telah diberlakukan. Termasuk sistem yang baru diberlakukan oleh Ekodjatmiko Sukarso, Direktur Pembinaan Sekolah Luar Biasa Depdiknas.
    Karena tetap saja bagaimanapun sistem tersebut pasti memiliki kekurangan yang harus di evaluasi dengan segera.

  83. Julyanto
    8135072791
    Pend.TN Reg.07

    Ass..
    Menurut saya sangat disayangkan sekali jika sejumlah anak cerdas yang begitu banyak hingga mencapai 1 juta orang disia-siakan. Ingat, tumpuan untuk kemajuan pendidikan Indonesia ada di pundak mereka. Jadi pemerintah diharapkan memaksimalkan betul potensi mereka dengan memberikan sarana dan prasarana yang menunjang proses belajar mereka.

  84. Assalamualaikum Wr.Wb
    Menurut saya hal ini perlu dilihat dari berbagai sudut diantaranya sudut perkembangan psikologis normal manusia setiap anak cerdas istimewa memiliki proses tumbuh kembang yang sama dengan anak-anak lainnya, kendati ada beberapa anak yang memang memiliki keistimewaan dalam proses tumbuh kembangnya jadi wajar saja jika banyak anak-anak cerdas istimewa yang memperoleh pendidikan tidak sesuai dengan proses tumbuh kembang psikologisnya merasakan kekurangan kebahagiaan dalam proses tumbuh kembangnya akibat tingkat tekanan stress yang cukup tinggi. Dari sudut pemerintah diharapkan tidak hanya dapat berucap dan membuat kebijakan yang merugikan rakyat tapi perlu ada implementasi lebih tentang hal ini, dan kita seharusnya sebagai calon-calon pendidik wajib berpartisipasi dalam meningkatkan perhatian lebih terhadap hal ini terutama dalam pelayanan agar anak-anak cerdas istimewa dapat berkembang dengan lebih baik lagi dan dapat memberikan kontribusi yang sesuai dengan kemampuan mereka bagi kemajuan dan kejayaan bangsa ini. CAIYO INDONESIA!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s