Sayang, Banyak Anak Cerdas Indonesia Diabaikan

KOMPAS.COM Senin, 2 Februari 2009 | 17:17 WIB

ANAK-anak cerdas istimewa ber-IQ di atas 125, yang jumlahnya di Indonesia sekitar satu juta anak, hingga saat ini terkesan masih diabaikan. Seharusnya, pengembangan keunggulan anak-anak cerdas dan berbakat istimewa ini mendapat perhatian serius pemerintah.

”Negara mestinya ’bernafsu’ melihat anak-anak berbakat ini. Maksudnya, ada keinginan kuat dan serius untuk bisa membantu pengembangan mereka demi kepentingan bangsa juga pada masa depan,” kata Yohanes Surya, Ketua Yayasan Tim Olimpiade Fisika Indonesia, pekan lalu.

Menurut Yohanes, Indonesia memiliki anak-anak cerdas dengan IQ 125 ke atas dalam jumlah yang signifikan. Potensi ini seharusnya tidak disia-siakan. ”Jika perlu, anak-anak berbakat ini dijadikan sebagai anak negara. Persiapkan mereka dengan baik sehingga pergi ke mana pun ke perguruan tinggi ternama di luar negeri, misalnya, keunggulan mereka muncul. Nama Indonesia juga kan yang harum,” ujar Rektor Universitas Multimedia Nusantara ini.

Seto Mulyadi, Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak, di Jakarta, secara terpisah, mengatakan, harus ada kelenturan dalam kurikulum pendidikan di negara ini. Sekolah jangan hanya mengejar kemampuan akademik dengan mengorbankan pengembangan karakter dan kreativitas setiap anak.

”Meskipun tanpa lembaga khusus, sebenarnya anak istimewa ini bisa ditemukan dan dikembangkan potensinya. Ujung tombaknya ada di guru, apakah mereka mampu melihat potensi setiap anak. Lalu, memberikan treatment yang tepat untuk bisa memunculkan keistimewaan anak tersebut,” ujar Seto.

Menurut Seto, dukungan untuk anak berbakat ini jangan sebatas kepada mereka yang cerdas secara akademik dalam bidang sains semata. Anak-anak yang punya bakat menonjol dalam bidang seni dan olahraga juga harus diberi kesempatan yang sama untuk mendapatkan layanan pendidikan terbaik.

Seto mengatakan, anak-anak cerdas itu bukan hanya sekadar IQ yang tinggi, tetapi juga punya tingkat kreativitas yang baik, serta memiliki komitmen tugas seperti disiplin dan tidak mudah menyerah.

Secara terpisah, Direktur Pendidikan Luar Biasa Departemen Pendidikan Nasional Eko Djatmiko mengatakan, pelayanan pendidikan bagi anak cerdas dan berbakat istimewa harus mempunyai semacam pusat evaluasi dan pendampingan dari pakar. ”Itu agar tidak terjadi salah diagnosa terhadap anak yang diperkirakan mempunyai potensi cerdas dan berbakat istimewa,” katanya dalam seminar yang diselenggarakan Asosiasi Penyelenggara, Pengembang, dan Pendukung Pendidikan Khusus untuk Siswa Cerdas/Berbakat Istimewa, Sabtu (31/1) di Jakarta. (ELN/INE)

80 thoughts on “Sayang, Banyak Anak Cerdas Indonesia Diabaikan

  1. Diperlukan dedikasi, kebersamaan dan kesadaran secara terus menerus menuju pelayanan terhadap anak2 sesuai yang seharusnya mereka dapatkan. Kita menjadi memahami dan merasakan, di sinilah seni mengisi hidup, berdinamika dengan perubahan untuk menuju ke arah kebaikan, kecemerlangan dan kesuksesan serta kemuliaan dalam arti yang sesungguhnya.

    Ajakan kepada master of economic dynamic agent, the conglomerat, actors and so on tuk sharing participation rasanya penting. Indah untuk bersama-sama berperan serta, berpartisipasi hingga bisa kita merayakan indahnya kelebihan kecerdasan anak2 karunia Tuhan ini menjadi pribadi2 yang luar biasa bermanfaat seperti apa adanya mereka diciptakan.

    Salam bahagia dan selamat menikmati aktivitas mulia ini.

  2. Anak yang dikaruniai bakat yang istimewa patut kita hargai dan kita syukuri. Karena sesungguhnya bakat mereka juga berdampak positif bagi negara. Bakat mereka dapat membuat harum nama bangsa, sudah selayaknya mereka juga mendapatkan penghargaan seperti dengan memberikan pelayanan yang lebih untuk mereka. Bakat-bakat anak seperti mereka patut kita pelihara.

    Dwi Yuniarti
    Pend. Tata Niaga Reg 07
    UNJ
    8135072800

  3. Dalam dunia pendidikan seharusnya dibutuhkan kerjasama semua pihak mulai dari orang tua sampai pemerintah. Karena dunia pendidikan saat ini sangat membutuhkan perhatian khusus. Agar anak – anak yang memiliki bakat tertentun dapat dimanfaatkan untukl dunia pendidikan. dan anak berbakat jangan hanya di lihat dari hasil akademik namun di lihat juga dari keterampilan yang dia miliki.

    Tri Novianti
    Pend. Tata Niaga reg 2007
    8135072766
    unj

  4. diperlukannya motivasi untuk para anak cerdas di indonesia, tidak hanya mengabaikan nya saja tetapi anak indonesia seharusnya wajib mendapat pendidikan selayaknya.oleh karena itu dukungan dari setiap lembaga formal maupun non formal mengenai dunia pendidikan harus ditingkatkan. 🙂

  5. Menurut saya,
    dalam kasus ini dibutuhkan perhatian khusus dari pemerintah. Dalam hal ini, perhatian kepada anak-anak yang mempunyai kreativitas dan kemampuan diatas rata-rata. Oleh sebab itu, anak-anak tersebut seharusnya mendapatkan berbagai bantuan dari pemerintah baik bantuan secara moril maupun materiil.

  6. ini adalah fakta yang telah mengemuka,dimana orang-orang yang berpengaruh dalam pendidikan anak turut memberikan pendapat dan dorongannya kepada pemerintah. ini indikasi yang harusnya tidak diingakari oleh pemerintah, dimana masih banyak anak pintar yang perlu fasilitas yang memadai untuk perkembangan kecerdasan mereka agar kelak bisa mengharumkan nama bangsa.

  7. Muhammad Rizki Hakiki
    8135072794
    Pend. Tata Niaga Reguler 2007

    seharusnya pemerintah memberikan pendidikan layanan khusus kepada para anak-anak tersebut agar kecerdasan mereka tidak di sia-siakan. dalam hal ini harus ada kerjasama antara pemerintah dengan lembaga-lembaga pendidikan / sekolah agar para anak-anak tersebut, kelak akan mengharumkan nama bangsa Indonesia.

  8. Berita istimewa yang luar biasa.Ternyata Indonesia memiliki Tambang Emas dan berlian yang dapat dikembangkan secara kontinyu dan akan mengharumkan Bangsa Indonesia.
    Apalagi jika ditambah oleh pengajar yang terlatih dan profesional.Dan ditunjang dengan fasilitas yang cukup memadai maka anak-anak cerdas ini akan semakin kompeten.
    Jangan selalu mengeluhkan akan tidak dana untuk pendidikan, namun yakinlah setelah ikhtiar pasti akan diberi jalan keluar yang terbaik.Asalkan jangan berhenti berharap

  9. umi karolina
    pend.tn reg 07
    8135072773
    sayan sangat setuju dengan pendapat yohanes,ya memang benar banyak sekali anak-anak cerdas dengan jq 125 keatas disiasiakan. untuk itu diperlukan suatu layanan pendidikan yang baik yang bisa mengen\mbangkan potensi anak tersebut.

  10. untuk anak-anak yang memang mempunyai kecerdasan diatas standar memang sudah semestinya lebih diperhatikan.
    saran saya anak2 seperti itu seharusnya diikutsertakan dalam kejuaraan2 nasional maupun internasional supaya mereka lebih termotivasi.
    dan sebaiknya mereka dimasukkan kesekolah khusus anak2 yang IQnya diatas standar
    supaya mereka terus berpestasi.
    dan untuk gurunya agar lebih mengasah kemampuan dan bakat seorang anak.

  11. Benar, anak istimewa memang memiliki potensi untuk mengharumkan nama Indonesia dan membantu Indonesia bangkit dari keterpurukan nantinya. Sayangnya pemerintah masih belum terlalu focus pada masalah ini, pemerintah belum mengambil langkah yang tepat untuk membimbing anak-anak istimewa itu. Disamping itu mutu guru di Indonesia juga belum baik, hasilnya tingkat mutu anak istimewa tersebut pun tidak bisa dibilang istimewa disbanding anak reguler. Harusnya pemerintah bisa mendatangkan guru-guru dari luar atau memberikan pendidikan yang lebih mendalam bagi guru Indonesia untuk meningkatkan ilmu mereka, jangan hanya selalu memberi materi dan cara yang sama setiap tahunnya. Kurikulum atau cara ajar di Indonesia juga harus dirubah, jangan hanya sekedar memperhatikan pendidikan akademik. Teknisnya memang ada bagian untuk ekstra kurikuler tapi prakteknya hal itu tidak terlalu dianggap, bahkan ada sekolah yang melarang sebagian siswanya untuk aktif dalam ekstak kurikuler. Peran pemerintah dalam mutu pendidikan anak-anak istimewa maupun reguler disini sangat diperlukan..

  12. sangat bagus jika anak cerdas berbakat istimewa mendapat perhatian pendidikan yang serius dari pemerintah. karena bisa di bilang ini merupakan aset negara. namun mengutip kata-kata dari artikel di atas : “….sebenarnya anak istimewa ini bisa ditemukan dan dikembangkan potensinya. Ujung tombaknya ada di guru, apakah mereka mampu melihat potensi setiap anak…” apakah kinerja guru di indonesia juga mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah??? jika tidak mengapa potensi anak cerdas berbakat ada di ujung tombak guru??? jadi ada baiknya kita lihat dahulu kefokusan pemerintah terhadap potensi guru yang katanya masih belum optimel. dengan begitu anak cerdas berbakat tersebut juga dapat di opimalkan.

  13. menurut saya anak cerdas merupakan sebuah aset berharga masa depan suatu negara, bisa anda bayangkan jika anak- anak Indonesia yang cerdas tetapi tidak mendapat kesempatan untuk mengenyam bangku sekolah. selamatkan jutaan anak indonesia yang cerdas dengan memberikan pendidikan yang tinggi, maka Indonesia akan menjadi Negara yang kuat seperti jaman dulu. Indonesia Macan Asia

    Triwibisono. I
    TN reg 07
    8135072779

  14. Kristiana ermawati
    8135072771
    Pend.Tata niaga (Reg’07)

    Menurut saya, masih banyak anak-anak yang memiliki kecerdasan namun belum adanya tanggapan serta dukungan dari pemerintah yang positif dalam menyediakan sarana dan prasarana untuk menyalurkan kecerdasan serta bakat mereka yang masih terpendam.

  15. Revita Renda I
    Pend. Tata niaga reg 07

    benar sekali, seharusnya anak yang mempunyai kecerdasan yang luar biasa, tidak diabaikan begitu saja. karena dari potensi yang mereka miliki baik secara akademik maupun non akademik, tentunya scara tidak langsung akan mengharumkan nama bangsa Indonesia juga. Banyak sekali anak yang mempunyai kecerdasan atau kemampuan yang luar biasatinggi, terkadang tidak mampu mambiayai sekolahnya, sehingga apa yang seharusnya mereka dapat lakukan tidak dapat disalurkan. sekalipun ada anak yang mempunyai kecerdasan tinggi, lebih memilih sekolah di luar negeri karena mereka merasa kualitas pendidikan di Indonesia masih terasa kurang. untuk itu, pemerintah diharapkan memeberi perhatian lebih kepada anak-anak tersebut. diberikan pendidikan yang extra untuk dapat lebih mengembangkan kemampuan dan bakat yang mereka miliki.

  16. anak dengan bakat istimewa belum tentu dapat mengharumkan nama bangsa,jika tidak dikoordinir dengan baik.. .

    disinilah seharusnya pemerintah menyadari jika ingin masa depan indonesia yang lebih baik persiapkanlah mulai dari se-dini mungkin. banyak anak indonesia dengan bakat istimewa yang belum optimal mengembangkan kemampuan yang mereka miliki karena belum optimalnya perhatian dari pemerintah.

  17. liza sabriani
    Pend.Tata Niaga Reg 07
    8135072797

    benar apa yang dikatakan seto mulyadi.seorang anak yang berbakat dan juga cerdas,jangan di lihat dari hasil akademiknya tapi juga bisa di lihat dari kemampuan dan keahlian anak itu sendiri.seharusnya semua pihak harus mendukung bukan guru dan orangtua saja tetapi juga peran pemerintah dan juga masyarakat sekitar serta perbaikan sarana dan prasarana fasilitas mutu pendidikan.sayang sekali,pemerintah jarang sekali mengutamakan pendidikan.seharusnya pendidikan di utamakan agar kita mendapatkan generasi-generasi terbaik dan terunggul untuk menjalankan negara tercinta ini.

  18. Telah menjadi amanah nasional yang tercantum dalam UUD 1945 untuk mencerdaskan kehidupan Bangsa. Ironi, anak-anak cerdas generasi penerus bangsa diabaikan. Perkembangan bangsa ini ada pada perkembangan kecerdasan yang mereka miliki.

  19. Irma Manalu
    Pend.Tata Niaga(Reg’07)
    8135072764

    memeng benar, anak yang memiliki talenta atau kecerdasan tidak dapat dilihat dari hasil belajar yang ia peroleh. banyak anak yang memiliki kecerdasan namun belum tersalurkan dan belum dapat diasah lagi. Seharusnya pemerintah memperhatikan hal itu.
    seharusnya pemerintah juga menyediakan sarana dan prasarana yang dapat mendukung anak-anak bangsa.

  20. Irma Manalu
    Pend.Tata Niaga reg’07
    8135072764

    memang benar kecerdasan tidak dapat ditentukan oleh hasil belajar yang diperolehnya. Seharusnya pemerintah memperhatikan hal ini untuk anak-anak Indonesia. seharusnya pemerintah menyediakan sarana dan prasarana yang dapat menunjang pendidikan.

  21. Ichwan Iskandar 8135072792 Pendidikan Tata Niaga Anak-anak cerdas yang menjadi aset bangsa ke depannya ini tidak semestinya terabaikan.Pihak pemerintah pun sudah selayaknya menjadikan mereka ini sebagai peluang dan potensi.Memang bagi siswa dalam kategori ini,perlu ada pelayanan pendidikan khusus yang berbeda dari anak-anak lainnya. Salah satu alternatif yang bisa dilakukan oleh pemerintah kita adalah dengan menyelenggarakan akselerasi, program percepatan belajar.Mudah-mudahan dengan adanya hal ini kedepannya akan banyak pihak yang membantu.

  22. banyaknya anak cerdas dan memiliki bakat istimewa di Indonesia memang cukup banyak. hal ini dapat dibuktikan oleh para peraih medali emas di olimpiade-olimpiade sains internasional.
    namun yang menjadi masalah di sini adalah sikap dari pemerintah yang terkesan masih mengabaikan dan kurang tanggap. padahal jika hal ini dikelola dengan baik akan dapat memberikan manfaat serta kontribusi yang besar bagi bangsa ini.
    penanganan anak cerdas dan berbakat ini juga masih didominasi oleh pihak swasta yang rata-rata lebih mampu memberikan fasilitas lengkap untuk menunjang pendidikan mereka. tentu saja mereka harus membayar mahal untuk ‘fasilitas’ tersebut. hal ini tentu saja memberatkan bagi anak cerdas dan berbakat yang berasal dari keluarga tidak mampu. walaupun terdapat beasiswa namun permohonan untuk memperolehnya boleh dibilang berbelit-belit dan memakan waktu yang lama.
    bahkan yang paling menyedihkan banyak anak cerdas dan berbakat yang tidak dapat melanjutkan sekolah karena biaya pendidikan yang tinggi dan tidak terjangkau.
    dalam hal ini seharusnya pemerintah sadar bahwa kelak negara ini akan digantikan oleh tunas-tunas bangsa ini. sehingga diperlukan pendidikan yang layak dan terjangkau untuk semua pihak.
    Amin.

  23. prinanto hadi wibowo
    pend tata niaga 07REG
    8135072788

    anak yang memiliki kreatifitas dan kecerdasan seperti itu harus dijaga, karena belum tentu ada lagi anak seperti itu di jaman sekarang

  24. Saya sangat setuju dengan perkataan Bpk Yohanes diatas tadi bahwasanya Indonesia sebenarnnya dikaruniai begitu banyak kelebihan yang tak ternilai harganya, dimulai dari wilayahnya yang luas, SDA yang melimpah ruah, begitu juga dengan SDM yang hanya saja sayangnya kurang mendapat penanganan yang lebih serius, seperti yang tadi dipaparkan sebenarnya Indonesia memiliki banyak sekali anak-anak cerdas di dalamnya, yang kalau didibaratkan seperti mutiara didasar laut. andai kata pemerintah dapat menyaring mutiara-mutiara itu dan memolesnya sedemikian rupa pasti nantinya akan dapat menolong negeri kita ini juga dari keterbelakangan, apalagi kalau kecerdasan-kecerdasan itu ditunjang juga dengan pengetahuan agama & akhlak yang baik. Pastinya negeri ini tidak akan menjadi seperti ini, dimana banyak orang-orang yang cerdas tetapi justru karena kecerdasannya itu Negara dan rakyat ini banyak yang menderita (para koruptor). Kelak diharapkan Negeri ini bukan hanya bisa menjadi konsumen teknologi tetapi juga menjadi produsennya. Amin… semoga ini bukan hanya angan-angan belaka

  25. dalam hal ini pemerintah memang perlu bertindak banyak,karena sangat disayangkan apabila anak-anak cerdas ini diabaikan begitu saja.

  26. dukungan untuk anak yang cerdas seharusnya lebih di perhatikan,,,
    tidak hanya anak yang cerdas dalam ilmu pengetahuan saja yang harus diperhatikan tapi yang mempunyai bakat khusus pun harus diperhatikan,,,,

  27. Dalam kasus ini,seharusnya anak yang mempunyai kecerdasan yang luar biasa, tidak diabaikan begitu saja. Karena dari potensi yang mereka miliki baik secara akademik maupun non akademik, tentunya secara tidak langsung akan mengharumkan nama bangsa Indonesia juga. Banyak anak-anak yang mempunyai kecerdasan atau kemapuan tinggi tidak mampu untuk bersekolah yang tidak mampu membayar uang sekolah sehingga ini membuat mereka untuk berputus asa untuk sekolah kembali. Walaupun ada anak yang mempunyai kecerdasan tinggi, lebih memilih sekolah di luar negeri karena mereka merasa kualitas pendidikan di Indonesia masih terasa kurang. Oleh karena itu, pemerintah diharapkan memberi perhatian lebih kepada anak-anak tersebut diberikan pendidikan yang lebih baik untuk dapat mengembangkan kemampuan dan bakat yang mereka miliki.

  28. Kurangnya peran serta pemerintah dalam menangani masalah ini, menjadikan banyak anak-anak dengan bakat dan kemampuan istimewa kurang diperhatikan. Padahal jika dikelola dan difasilitasi dengan baik, bangsa Indonesia akan menjadi bangsa unggul serta memiliki daya saing yang tinggi.

  29. Dwi Yunita
    8135077965
    Pend. Tata Niaga Non Reg’07

    Pernyataan dari bpk. Yohanes Surya diatas seharusnya bisa menyadarkan para pemerintah dan orang-orang yang duduk di bangku kekuasaan itu, bahwa masih banyak anak-anak yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata yang perlu mendapat perhatian pendidikan yang sesuai dengan bakat mereka. untuk mengatasi hal seperti ini, sebaiknya diadakan kerjasama yang baik antara pemerintah dengan masyarakat dan dengan pihak-pihak yang bersangkutan agar potensi para anak-anak cerdas ini tidak terbuang sia-sia, seperti yang dikatan oleh bpk. Yohanes Surya di atas.

  30. seharusnya pemerintah harus lebih memperhatik an lagi sektor pendidikan. bagaimana bangsa ini ingin maju, jika para penerus bangsa terus menerus diabaikan. apalagi mereka merupakan anak – anak yang memiliki kecerdasan yang tinggi, jika terus begini Indonesia akan tidak akan bisa berkembang.

  31. keberadaan anak cerdas luar biasa haruslah di imbangi dengan perhatian pemerintah kepada mereka. Potensi yang mereka miliki hendaklah terus di asah karena akan berdampak positf bagi kehidupan mereka maupun pemerintah.
    padahal jika hal ini dikelola dengan baik akan dapat memberikan manfaat serta kontribusi yang besar bagi bangsa ini. Oleh karena itu, pemerintah diharapkan memberi perhatian lebih kepada anak-anak tersebut diberikan pendidikan yang lebih baik untuk dapat mengembangkan seluruh potensi, kemampuan dan bakat yang mereka miliki.

  32. keberadaan anak istimewa tersebut sangat berharga bagi indonesia…
    kalau perlu, anak-anak tersebut dijadikan sebagai aset bangsa…
    namun sayang, anak istimewa banyak yang terlantar karena biaya pendidikan yang mahal…

    aditya septiadi a
    8135072783
    tN reg 07

  33. Nama : Adinda Chaniago
    NIM : 8135077981
    Konsentrasi : Pend. Tata Niaga Non Reg’07

    Saya setuju dengan pernyataan dari Yohanes selaku Ketua Yayasan Olimpiade Fisika dan Kak Seto Mulyadi selaku ketua KOMNAS Perlindungan Anak,yang menyarankan agar anak yang mempunyai IQ diatas 125 mendapat perhatian khusus karena anak – anak tersebutlah yang mungkin bisa membawa Indonesia ke arah yang lebih baik lagi…
    Namun seperti apa yang dikatakan oleh Direktur Pend.Luar Biasa DEPDIKNAS, Eko Djatmiko, seharusnya anak- anak yang mempunyai IQ di atas 125 tersebut mendapatkan pelayanan pendidikan bagi anak cerdas dan berbakat istimewa harus mempunyai semacam pusat evaluasi dan pendampingan dari pakar agar tidak terjadi salah diagnosa terhadap anak yang di perkirakan mempunyai potensi cerdas dan berbakat istimewa. Dalam artiannya disini adalah anak anak cerdas dan berbakat istimewa membutuhkan bimbingan terhadap kecerdasan dan bakat istimewa yang di miliki mereka agar kecerdasan mereka bisa lebih terasah dan tereksplore dengan baik dan bisa bermanfaat.

  34. Terabaikannya anak-anak yang mempunyai IQ di atas 125 memang sangat disayangkan. Seharusnya, pengembangan keunggulan anak-anak cerdas dan berbakat istimewa ini mendapat perhatian serius dari pemerintah. Pemerintah harus lebih memperhatikan sektor dunia pendidikan, bagaimana pun anak-anak tersebut akan menjadi pemimpin bangsa kelak.
    Bagaimana negara ini mau maju, jika generasi penerus bangsa tidak diperhatikan dan tidak diberikan pendidikan yang layak??!!

    Dwi Restuwanty
    8135077989
    Pend. Tata Niaga (Non Reg)

  35. sebenarnya ini tidak perlu terjadi,seharuanya pemerintah lebih peka terhadap masalah ini,sebab anak-anak tersebut merupakan aset bangsa yang harus dipelihara.Mereka akan menjadi penerus bangsa untuk membangun negeri ini.

  36. seharusnya pemerintah bisa mengatasi permasalahan ini. karena ini merupakan masalah yang serius. dan sebenarnya tidak perlu terjadi. indonesia akan maju lebih baik lagi bila anak-anak yang cerdas itu dikembangkan dan bisa membawa indonesia kearah yang lebih baik lagi dikedepannya.

  37. Memang benar yang dikatakan oleh Seto Mulyadi bahwa harus ada kelenturan dalam kurikulum pendidikan di negara ini. Sekolah jangan hanya mengejar kemampuan akademik dengan mengorbankan pengembangan karakter dan kreativitas setiap anak. Tapi harus lebih memperhatikan kemampuan lain yang dimiliki oleh anak tsb. Ini disebabkan karena setiap anak mempunyai kemampuan yang berbeda-beda. Pemerintah juga jangan hanya mendukung anak-anak yang memiliki kecerdasan sains semata tapi juga anak-anak yang menonjol dalam bidang seni dan olahraga yang masih dirasa kurang perhatiannya..

  38. menurut saya perkataan Bpk.Yohanes tepat sekali sebab sekarang ini banyak anak dengan IQ 125 disia-siakan…ini sangat disayangkan sebab seharusnya anak-anak tersebut dapat diberikan pendidikan yang layak baik secara formal maupun informal karena anak-anak tersbut adalah penerus bangsa.. pemerintah seharusnya memberika wadah untuk anak-anak tersebut berkreatifitas bagi anak-anak yang memiliki bakat tertentu…
    jika bukan kita dan pemerintah yang membantu, siapa lagi????

  39. menurut saya,,pemerintah harus lebih aware terhadap nasib dan perkembangan anak indonesia khususnya yang memilki IQ diatas 125.. pemerintah menyediakan tempat-tempat atau lembaga-lembaga khusus yang menangani dan merasa peduli terhadap minat bakat anak-anak tersebut..
    karena sangat disayangkan karena anak-anak tersebut calon penerus bangsa yang dapat mebawa harum nama bangsa.. oleh karena itu harus dad wadah khusus yang dapat menampungnya.

  40. Jika benar anak-anak tersebut memiliki IQ diatas 125, sangat disayangkan bila kecerdasan tersebut dibiarkan begitu saja tanpa dikembangkan.padahal kecerdasan itu dapat mengubah indonesia menjadi lebih baik.

  41. Indonesia memiliki anak-anak cerdas dengan IQ 125 ke atas dalam jumlah yang signifikan. Potensi ini seharusnya tidak disia-siakan. ”Jika perlu, anak-anak berbakat ini dijadikan sebagai anak negara. Persiapkan mereka dengan baik sehingga pergi ke mana pun ke perguruan tinggi ternama di luar negeri, misalnya, keunggulan mereka muncul. Nama Indonesia juga kan yang harum.”

    saya sangat setuju dengan pernyataan tersebut..
    karena anak yang cerdas merupakan aset bangsa yang seharusnya di perhatikan dan di kembangkan potensinya..
    dengan anak-anak yang cerdas dapat membawa bangsa ke arah yang lebih maju..
    banyak anak Indonesia yang menjadi pemenang olimpiade sains di negara asing,,hal itu menunjukkan bangsa Indonesia mampu bersaing dengan negara-negara maju sekalipun..
    seharusnya pemerintah lebih memberikan perhatian yang khusus terhadap anak-anak berbakat..
    pemerinatah juga harus lebih peduli dengan sektor pendidikan …
    karena dengan peningkatan kualitas pendidikan akan menghasilkan anak-anak yang cerdas yang akan menjadi penerus bangsa dan akan membuat bangsa ini menjadi lebih maju…..

  42. ini terjadi karena kurangnya peran pemerintah dalam pendidikan.Seharusnya pemerintah harus peka dan peduli.gimana dengan nasib ank cucu kita

  43. inne zulfanisa
    tata niaga reg 07
    8135072806
    anak istimewa memang memiliki potensi untuk mengharumkan nama Indonesia dan membantu Indonesia bangkit dari keterpurukan nantinya. Sayangnya pemerintah masih belum terlalu fokus pada masalah ini, pemerintah belum mengambil langkah yang tepat untuk membimbing anak-anak istimewa itu.
    anak- anak yang mempunyai IQ di atas 125 tersebut mendapatkan pelayanan pendidikan bagi anak cerdas dan berbakat istimewa harus mempunyai semacam pusat evaluasi dan pendampingan dari pakar agar tidak terjadi salah diagnosa terhadap anak yang di perkirakan mempunyai potensi cerdas dan berbakat istimewa.

  44. sebenarnya perlu kerjasama semua pihak untuk mengatasi sesuatu yang seharusnya tidak boleh terjadi, karena sangat disayangkan anak-anak cerdas yang semestinya bisa menjadi juara diajang internasional tidak bisa melanjutkan sekolahnya.
    DUKUNG ANAK-ANAK YANG MEMILIKI KECERDASAN KARENA MEREKA LAYAK UNTUK MENDAPATKAN SESUATU YANG LEBIH…..

  45. kondisi inisangat memprihatinkan bila anak yang cerdas di abaikan begitu saja, karena anak yang cerdas merupakan aset untuk memajukan bangsa. disini lagi-lagi pemerintah harus lebih memperhatikan nasib anak cerdas yang diabaikan ini.

  46. menurut saya perkataan Bpk.Yohanes tepat sekali sebab sekarang ini banyak anak dengan IQ 125 disia-siakan…ini sangat disayangkan sebab seharusnya anak-anak tersebut dapat diberikan pendidikan yang layak baik secara formal maupun informal karena anak-anak tersbut adalah penerus bangsa.. pemerintah seharusnya memberika wadah untuk anak-anak tersebut berkreatifitas bagi anak-anak yang memiliki bakat tertentu…
    jika bukan kita dan pemerintah yang membantu, siapa lagi????

  47. imam irawan
    8135072811
    tata niaga reg 07
    Meskipun tanpa lembaga khusus, sebenarnya anak istimewa ini bisa ditemukan dan dikembangkan potensinya. Ujung tombaknya ada di guru, apakah mereka mampu melihat potensi setiap anak. Lalu, memberikan treatment yang tepat untuk bisa memunculkan keistimewaan anak tersebut. dukungan untuk anak berbakat ini jangan sebatas kepada mereka yang cerdas secara akademik dalam bidang sains semata. Anak-anak yang punya bakat menonjol dalam bidang seni dan olahraga juga harus diberi kesempatan yang sama untuk mendapatkan layanan pendidikan terbaik.

  48. diaz priasmoro
    pend.Tata Niaga Non reg 07
    8135077958

    lagi-lagi peran pemerintah kurang dalam mengembangkan anak-anak yang cerdas.
    pemerintah luput mengawasi anak-anak cerdas ini.
    seharusnya pemerintah lebih seksama dan mencari anak-anak cerdas ini, karena mereka sangat berpotensi untung mengharumkan nama indonesia.
    siapa tau mereka bs memenangkan olimpiade fisika atau matematika..

  49. pada saat ini pemerintah kurang peduli pada masa depan bangsa, padahal banyak anak bangsa yang berprestasi, banyak anak bangsa yang mendapat mendali di perlombaan dunia. dan kebanyakaan yang mendapat adalah para siswa- siswi daerah.
    ini membuktikan banyak anak bangsa yang berprestasi, seharusnya pemerintah lebih serius melihat perkembangan prestasi anak bangsa, dan pemerintah arus memberikan anggaran lebih pada pendidikan agar tidak ada lagi para anak bangsa yang bodoh.

  50. jenny Christine (8135077998)
    TN NR 07

    ass
    memang jaman ini Pemerintah sudah mengabaikan anak-anak yang cerdas dan berbakat, mungkin dikarenakan kurangnya lahan buat tempat sekolah, atau mungkin Pemerintah menutup mata dengan tidak peduli dengan itu semua.

    untunglah ka Seto membuka kesempatan bagi anak-anak yang cerdas di kalangan tingkat bawah untuk meneruskan kecerdasan dari anak-anak tersebut.

    akan tetapi seharusnya PEMERINTAH sendiri harus peduli terhadap masalah ini, karena ini adalah masalah yang sangat penting bagi Bangsa Indonesia.

  51. Jenny Christine (8135077998)
    Pend.tata niaga 07

    menurut saya,
    Pemerintah kurang menaggapi aqnak-anak cerdas di bangsa Indonesia ini, Pemerintah hanya mementingkan urusan lain dari pada urusan pendidikan.

    saya senang dengan cara ka seto membuka kesempatan untuk mengembangkan kecerdasan anak-anak tersebut untuk lebih lagi mendalami ilmu pengetahuan.

    seharusnya Pemerintah juga harus mendukung program ka seto tersebut.

  52. yuni Sri W (8135077970)
    pend. TN NR 07

    Pemerintah seharusnya tanggap menangani masalah ini apalagi kalau anak yang cerdas itu tidak diberi dukungan, maka tidak akan ada lagi penerus bangsa yang pintar.
    maka kita harus mendukung program anak cerdas 2010 nantinya dan Pemerintah juga harus mendukung.

  53. Fitri Hadianti
    8135077973
    Pend.Tata Niaga (NonREg 07)
    Menurut saya,kurangnya peran serta pemarintah dalam sektor pendidikan.karena apabila pemerintah lebih serius dalam mengatasi permasalahan ini pendidikan di Negara kita akan menjadi lebih maju….Sehingga nama Indonesia akan semakin maju di kanca dunia…

  54. Sutriyani
    8135077961
    Pend.TN non Rreg’07

    Dalam memajukan bangsa agar teciptanya sumberdaya manusia yang berkualitas, sebenarnya I ndonesia sudah memiliki berbagai sumber-sumber yang mendukung baik sumber yang berasal dari alam maupun SDMnya. dilihat dari IQ anak-anak Indonesia yang diatas 125 itu. kenapa tidak diperhatikan dalam keberadaannya?
    itu adalah aset yang berharga untuk masa depan Indonesia yang lebih baik. Pemerintah lebih mendukung dengan meningkatkan mutu guru yang dapat melihat potensi-potensi anak-anak tersebut.

  55. Sungguh ironis, ada sejutaan anak yg luar biasa cerdas terabaikan begitu saja oleh pemerintah. Tidak adanya keinginan kuat dari pemerintah untuk mengembangkan potensi mereka, padahal itu semua demi kepentingan bangsa di masa depan. Andai saja pemerintah serius mengembangkan potensi mereka, tentu akan lebih banyak lagi juara juara sains internasional, yang secara langsung akan meningkatkan mutu pendidikan Indonesia di mata internasional.

  56. Saya sependapat dengan Kak Seto, memang seharusnya kurikulum pendidikan di indonesia saat ini harus diadakan sedikit pelenturan, maksudnya kurikulum saat ini harus mempunyai hubungan atau keterkaitan dengan keadaan yang terjadi pada saat ini dan pada tingkat kecerdasan siswa.
    Pemerintah juga harus dapat memberikan kesempatan dengan lebih luas lagi kepada anak-anak didik yang mempunyai kemampuan atau bakat istimewa untuk dapat mereka kembangkan secara lebih dalam lagi.

  57. pada dasarnya banyak siswa-siswi berprestasi.
    pada artikel sebelumnya pemerintah sampai meminjam untuk menjalankan program agar para anak tidak telantar pendidikannya.
    jadi saya beranggap pemerintah tidak serius menjalanin program ini,
    padahal bila program ini di jalankan mungkin banyak tunas – tunas bangsa yang mengharumkan nama bangsa Indonesia

  58. anak-anak berbakat dan memiliki kemampuan diatas rata-rata anak yang lain sudah sewajarnya dan seharusnya diberikan pula perhatian dan layanan yang lebih ekstra dibanding anak-anak yang lain.
    saat ini, negara kita memiliki potensi tersebut. namun apakah pemerintah sudah memberikan kontribusi dalam hal pemberdayaan dan pengembangan anak cerdas? contohnya saja dalam hal pemberian beasiswa bagi mereka yang memiliki prestasi membanggakan dalam berbagai bidang.
    anak-anak tersebut lebih memilih pendidikan yang menurut mereka lebih prospektif dan menjanjikan sepertibeasiswa yang diberikan oleh pemerintah-pemerintah dan lembaga-lembaga luar negeri. yang otomatis ketika mereka lulus, kecil kemungkinan bagi mereka untuk kembali ke indonesia dan mengabdikan dirinya bagi negerinya. akan tetapi lebih memilih untuk menjadi karyawan diluar negeri yang tentunya dapat memberinya salary yang lebih menjanjikan dibanding menjadi menteri sekalipun di negeri sendiri. Oleh karena itu, sudah sepantasnya pemerintah sedikit berkorban untuk masa depan bangsa yang lebih cerah….

  59. anak-anak berbakat dan memiliki kemampuan diatas rata-rata anak yang lain sudah sewajarnya dan seharusnya diberikan pula perhatian dan layanan yang lebih ekstra dibanding anak-anak yang lain.
    saat ini, negara kita memiliki potensi tersebut. namun apakah pemerintah sudah memberikan kontribusi dalam hal pemberdayaan dan pengembangan anak cerdas? contohnya saja dalam hal pemberian beasiswa bagi mereka yang memiliki prestasi membanggakan dalam berbagai bidang.
    anak-anak tersebut lebih memilih pendidikan yang menurut mereka lebih prospektif dan menjanjikan sepertibeasiswa yang diberikan oleh pemerintah-pemerintah dan lembaga-lembaga luar negeri. yang otomatis ketika mereka lulus, kecil kemungkinan bagi mereka untuk kembali ke indonesia dan mengabdikan dirinya bagi negerinya. akan tetapi lebih memilih untuk menjadi karyawan diluar negeri yang tentunya dapat memberinya salary yang lebih menjanjikan dibanding menjadi menteri sekalipun di negeri sendiri. Oleh karena itu, sudah sepantasnya pemerintah sedikit berkorban untuk masa depan bangsa yang lebih cerah….

  60. anak – anak adalah aset berharga yang merupakan penerus bangsa, maka kita harus menjaga agar kelak dapat menjulang prestasi..
    untuk itu sejak dini perlu ditanamkan rasa tanggungjawab sehingga dapat membawa nama baik bangsa dan negara..
    Indonesia sudah tertinggal baik dari segi pendidikan maupun kesejahteraan rakyatnya, diharapkan pada masa depan anak bangsa dapat membawa negara indonesia ke arah yang lebih baik..
    maka dari itu pendidikan di indonesia haruslah diperhatikan dan ditingkatkan mutu pendidikan atau kualitas sehingga tujuan tersebut tercapai..

  61. Berdasarkan pernyataan seto bahwa “Anak-anak cerdas itu bukan hanya sekadar IQ yang tinggi, tetapi juga punya tingkat kreativitas yang baik, serta memiliki komitmen tugas seperti disiplin dan tidak mudah menyerah”. juga butuh motivasi baik intrinsik maupun ekstrinsik. Entah itu berupa penghargaan, beasiswa, dll yang membuat anak cerdas itu lebih termotifasi untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya dari intelektual, bakat+minat, emosi dan spiritualnya. Dan juga memerlukan banyak bimbingan sLh satunya bimbingan konseling, tidak hanya pandai secara akademik tapi juga pintar dalam kepribadian.

  62. Saya setuju dengan pernyataan dari Yohanes selaku Ketua Yayasan Olimpiade Fisika dan Kak Seto Mulyadi selaku ketua KOMNAS Perlindungan Anak,yang menyarankan agar anak yang mempunyai IQ diatas 125 mendapat perhatian khusus karena anak – anak tersebutlah yang mungkin bisa membawa Indonesia ke arah yang lebih baik lagi..

  63. Cerdas tdak hanya berarti memiliki intelektual yang tinggi, tetapi mampu berpikir dan bertindak tepat dalam menyelesaikan masalah maupun belajar. Mereka juga harus mempunyai moral yang tinggi, serta mempunyai sifat pantang menyerah dan bekerja keras agar dapat memaksimalkan segala potensi yang ada pada dirinya. disinilah peran guru harus menonjol dalam membantu anak-anak seperti ini.
    Mereka adalah aset untuk masa depan negara, jadi mau tidak mau, pemerintah harus berperan aktif membantu serta membina aset negara ini.

  64. Nancy Wijaya S
    8135072769
    Pend. Tata Niaga 07 (Reguler)

    memang diakui sistem kurikulum di Indonesia ini terlalu menekankan kepada sektor akademik. Saya setuju seharusnya kurikulum kita bisa lebih lentur untuk melihat kemampuan anak didik yang pastinya berbeda satu sama lain. selama ini pengembangan karakter dan kreativitas anak sepertinya di “PENJARA” dengan metode-metode yang sudah baku. sehingga para siswapun “tidak berani” untuk mengembangkan inovasi yang mereka miliki.

    seharusnya pemerintah dan guru saling bekerjasama dalam memutuskan dan lebih memperhatikan potensi-potensi spesial yang dimiliki oleh anak-anak yang memiliki bakat khusus dan dapat dikembangkan. sehingga mereka juga dapat berkontribusi secara maksimal untuk diri mereka pribadi sertalingkungan dimana mereka tinggal.

  65. Dalam dunia pendidikan seharusnya dibutuhkan kerjasama semua pihak mulai dari orang tua sampai pemerintah. Karena dunia pendidikan saat ini sangat membutuhkan perhatian khusus. Agar anak – anak yang memiliki bakat tertentun dapat dimanfaatkan untukl dunia pendidikan. dan anak berbakat jangan hanya di lihat dari hasil akademik namun di lihat juga dari keterampilan yang dia miliki.

  66. Imam Punarko
    Pend. Tata Niaga 07
    8135072812

    Seharusnya hal ini bukan sebuah kajian semu belaka, selaku pemerintah harus ada implementasi langsung tidak berkutik pada hal-hal yang masih dalam tataran diagnosis, hal ini akan terus memangkas setiap potensi dari negeri ini. Ketika hal itu di tindak lanjuti entah sudah seperti apa bangsa kita nantinya.

    Searah dengan kebijakan kak seto bahwa pendidikan seharusnya lebih meningkatkan bakat anak, bukan hanya stag pada standardisasi kurikulum. Penting untuk di Ingat Amerika serikat telah menerapkan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa dimana di Negara ini seorang anak yang akan mengikuti ujian di bebaskan untuk memperagakan hasil belajarnya dengan berbagai cara dan media. Hal ini penting mengingat howard gardner membagi kecerdasan menjadi 7 bagian.

  67. seharusnya anak-anak berbakat seperti i harus mendapat perhatian lebih dari pemerintah.perhatiannya dapat dilakukan denga pemberian bombingangan agar bakat dan kecerdasan yang dimiliki semakin terasah dan dapat dikembangkan.hal ini penting karena anak2 seperti ini aset bangsa yang penting yang harus dijaga.

  68. Gelda Meris Nike Safitra
    8135072807
    Pend.Tata Niaga Reg07

    Saya setuju dengan pernyataan dari Yohanes selaku Ketua Yayasan Olimpiade Fisika dan Kak Seto Mulyadi selaku ketua KOMNAS Perlindungan Anak,yang menyarankan agar anak yang mempunyai IQ diatas 125 mendapat perhatian khusus karena anak – anak tersebutlah yang mungkin bisa membawa Indonesia ke arah yang lebih baik lagi…
    Karena itu,diperlukan dedikasi, kebersamaan dan kesadaran secara terus menerus menuju pelayanan terhadap anak2 sesuai yang seharusnya mereka dapatkan. Kita menjadi memahami dan merasakan, di sinilah seni mengisi hidup, berdinamika dengan perubahan untuk menuju ke arah kebaikan, kecemerlangan dan kesuksesan serta kemuliaan dalam arti yang sesungguhnya.

  69. Nur Husnul Chotimah
    8135072786
    TN reg 07

    Indonesia memang sangat minim dalam menaggapi permasalahan pendidikan. sebuah aset yang sangat berharga seperti anak-anak yang memiliki IQ tinggi pun tidak difasilitasi dengan baik.
    bagaimana Negara kita ini bisa maju?
    Seharusnya kita belajar dari negara-negara lain yang menghargai aset untuk negaranya walaupun sekecil apapun itu.

  70. Pemerintah sangat tidak terlalu memperdulikan tentang pendidikan yang ada di Indonesia.
    Mereka terlalu sibuk dengan urusan perekonomian negara.
    Seharusnya mentri pendidikan Indonesia memperhatikan betapa pentingnya fasilitas yang menunjang dengan pendidikan yang berlangsung d Indonesia.

  71. Semua permasalahan tentang dunia pendidikan memang selalu muncul dan terasa dampaknya.
    Anak-anak yang berpotensi secara akademik dan non akademik sering kali terbentur karna masalah finansial akibat biaya pendidikan yang cukup mahal.
    Pemerintah harus lebih melihat mengoptimalkan fasilitas dan kepentingan pendidikan yang diperlukan mereka untuk masa depan dunia yang lebih baik.

    Evan Christian siahaan
    Pend. Tata Niaga Reg 07

  72. RENDI MAISYAH LIO
    8135077994
    PEND.TATA NIAGA NON REG 2007

    Dalam setiap permasalahan pasti ada jalan keluar dalam pemecahan nya, semua yang ter jadi ini adalah fakta yang telah mengemuka,dimana orang-orang yang berpengaruh dalam pendidikan anak turut memberikan pendapat dan dorongannya kepada pemerintah. ini indikasi yang harusnya tidak diingakari oleh pemerintah, dimana masih banyak anak pintar yang perlu fasilitas yang memadai untuk perkembangan kecerdasan mereka agar kelak bisa mengharumkan nama bangsa.

  73. Assalamu’alaikum.

    Adanya suatu masalah itu akan membuat bangsa ini semakin besar, jadi jangan pernah takut untuk menghadapi masalah itu…

    Yakinlah bahwa kita dapat menyelesaikan setiap masalah yang ada..

    Masalah merupakan sumber dari kekuatan… Lawanlah setiap masalah yang ada semampu yang kita bisa..

    Wassalam.

  74. nama fallah

    Asalamualaikum
    Pendapat saya bahwa : bahwa bakat kepintaran yang diberikan kepada anak – anak indonesia merupakan karunia dari Sang Pencipta. yang seyogyanya di tanggapi dengan serius oleh pemerintah indonesia. suatu kerugian besar apa bila tidak ditanggapi dengan serius.

  75. Assalamualaikum Wr. Wb.
    Saya berpendapat seharusnya anak-anak berbakat seperti ini harus mendapat perhatian lebih dari pemerintah. Perhatiannya dapat dilakukan dengan pemberian bimbingan moral dan materil agar bakat dan kecerdasan yang dimiliki semakin terasah dan dapat dikembangkan. Hal ini penting karena anak-anak seperti ini aset bangsa yang penting yang harus dijaga. Sudah sepantasnya pemerintah bekerja:
    “LEBIH CEPAT LEBIH BAIK DAN PROFESIONAL ”
    karena sering kali pemerintah kita hanya pandai berpidato, berbicara, dan lamban dalam bertindak.
    Wassalam

  76. Secerdas apapun si anak.. yang terpenting orang tua harus memperhatikan psikologis dan kesenangan si anak. jangan memaksa untuk menjadikannya sesuatu…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s