PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KHUSUS UNTUK SISWA CI/BI

Oleh. Amril Muhammad

Perlunya pendidikan untuk anak yang memiliki potensi cerdas istimewa (CI) secara eksplisit diungkapkan dalam UU no. 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Secara spesifik disebutkan bahwa anak CI berhak mendapatkan pendidikan khusus, yang diarahkan untuk pengembangan potensi yang ada agar dapat diwujudkan dalam bentuk karya atau prestasi.

Selama ini layanan pendidikan untuk anak CI diwujudkan dalam bentuk program akselerasi yang dilakukan di sekolah-sekolah mulai tingkat SD, SMP sampai SMA. Program akselerasi yang dilakukan lebih diarahkan pada percepatan penyelesaian studi, SD dapat diselesaikan dalam waktu 5 tahun dan SMP/SMA diselesaikan dalam waktu 2 tahun. Di satu sisi, program ini menjadi salah satu andalan sekolah untuk memberikan nilai tambah, sehingga reputasi sekolah yang bersangkutan menjadi lebih baik di mata masyarakat. Sehingga banyak sekolah yang berminat membuka program tersebut, meskipun kesiapan sumber daya dan pemahaman tentang konsep anak CI masih sangat terbatas.

Berdasarkan data yang ada pada penulis, di seluruh Indonesia terdapat 191 sekolah penyelenggara akselerasi yang tersebar di 22 propinsi. Data ini agak berbeda dengan data resmi Dit PSLB tahun 2007 yang menyatakan bahwa terdapat 130 sekolah tersebar di 27 propinsi dengan jumlah siswa 4510 orang. Meskipun kedua data ini berbeda, namun tampak bahwa jumlah anak CI yang terlayani jumlah masih relatif sedikit.

Beberapa ahli psikologi menyatakan bahwa sekitar 2,2% dari populasi anak usia sekolah, ada yang memiliki kecerdasan istimewa. Apabila menggunakan data BKKBN tahun 2004 terdapat 39.246.700 orang anak usia 7-15 tahun. Artinya terdapat 863.427 anak CI. Jika dibandingkan dengan data Direktorat PSLB tahun 2007, yang menyebutkan baru 4.510 anak CI yang terlayani di program akselerasi, berarti baru 0,52% yang terlayani.

Di sisi lain, sorotan akan keberadaan program akselerasi juga tidak kurang semaraknya. Salah satu hal penting yang disoroti adalah rendahnya kecakapan sosial siswa, sehingga cenderung mereka menjadi asing dengan lingkungan dan tidak peduli dengan lingkungan sekitar. Sorotan negatif ini kemudian menjadi alasan bagi sekelompok pihak untuk meminta pembubaran program akselerasi. Kritik tersebut dapat dipahami, karena jika dicermati lebih jauh, tidak semua siswa di kelas akselerasi memenuhi kriteria psikologis yang mencakup IQ, kreativitas dan task commitment. Akibatnya mereka tidak mampu mengikuti program dengan baik dan berdampak prestasi yang diraih menjadi tidak optimal. Faktor guru, juga merupakan aspek yang mempengaruhi efektivitas penyelenggaraan akselerasi. Temuan di lapangan menunjukkan bahwa sebagian besar guru tidak disiapkan untuk mengajar di program akselerasi, serta karateristik psikologis guru tersebut kurang cocok untuk melayani anak CI. Di samping itu, ditemukan juga di beberapa sekolah, penugasan guru untuk mengajar program akselerasi dilakukan secara bergantian (seperti model arisan) dengan alasan pemerataan kesempatan.

Kondisi di atas menunjukkan bahwa layanan pendidikan untuk anak CI belum dilakukan secara cukup memadai. Lebih jauh diperlukan keterlibatan semua pihak untuk menjadikan pendidikan. Menyadari keadaan semacam itu, pada bulan Desember 2007 dilakukan pertemuan di Semarang yang diikuti oleh unsur sekolah, perguruan tinggi, Direktorat PSLB, Dinas Pendidikan dan kelompok masyarakat yang memiliki kepedulian terhadap anak CI. Pertemuan tersebut menyepakati pembentuk suatu perhimpunan yang diberi nama Asosiasi Penyelenggara, Pengembang dan Pendukung Pendidikan Khusus untuk Anak Cerdas/Berbakat Istimewa disingkat ASOSIASI CI/BI. Secara umum ada tiga kelompok yang berhimpun dalam Asosiasi, yaitu sekolah (penyelenggara), perguruan tinggi (pengembang), serta pemerintah dan masyarakat (pendukung).

Asosiasi CI/BI merupakan badan mandiri yang mewadahi peran serta masyarakat dalam rangka peningkatan mutu secara berkelanjutan dan efektivitas penyelenggaraan pendidikan khusus bagi peserta didik yang memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa. Pendidikan Asosiasi CI/BI memiliki 4 tujuan, yaitu: (1) meningkatkan kapasitas kelembagaan penyelenggara pendidikan khusus bagi peserta didik yang memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa, (2) Meningkatkan peluang bagi peserta didik yang memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa untuk memperoleh akses terhadap layanan pendidikan yang bermutu dan berkelanjutan, (3) Meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat akan pendidikan khusus bagi peserta didik yang memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa, (4) Mengembangkan jaringan informasi dan kerjasama.

Sementara itu, Asosiasi CI/BI berfungsi sebagai : (1) Penggerak, mendorong lembaga pendidikan penyelenggara pendidikan khusus bagi peserta didik yang memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa untuk melakukan layanan pendidikan yang bermutu, efektif, dan berkelanjutan., (2) Pemberdaya, melakukan pembinaan dan pengembangan manajemen dan mutu layanan pendidikan khusus bagi peserta didik yang memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa, (3) Pengkoordinasi, membangun kerjasama dengan pemerintah dan instansi terkait dalam pemberdayaan lembaga penyelenggara pendidikan khusus bagi peserta didik yang memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa

Saat ini Asosiasi CI/BI sedang melakukan penataan organisasi dan penguatan kelembagaan melalui pembentukan pengurus-pengurus wilayah di setiap propinsi yang telah memiliki sekolah akselerasi. Di samping itu, Asosiasi CI/BI juga melakukan identifikasi pengumpulan data tentang anak-anak cerdas istimewa yang mengikuti program akselerasi. Asosiasi juga berupaya untuk memfasilitasi pengembangan potensi siswa cerdas/berbakat istimewa yang selama tidak terakomodasi di lembaga pendidikan formal dalam bentuk program akselerasi atau lainnya.

Dalam bidang kurikulum, pokja Asosiasi sedang melakukan kajian tentang kompetensi terutama bidang MIPA yang harus dimiliki oleh anak CI. Hal ini dilakukan karena selama ini, tidak tampak perbedaan kompetensi antara siswa program reguler dan program akselerasi. Yang membedakan hanya kecepatan menyelesaikan materi yang ditentukan dalam standar isi. Dalam bidang pembelajaran, Asosiasi CI/BI sedang,mengkaji model pembelajaran inklusif untuk anak CI melalui sistem moving class dan pembelajaran akselerasi di dalam kelas inklusif.

Perhimpunan yang dibangun relatif masih baru, oleh karena itu aktivitas yang diselenggarakan oleh Asosiasi CI/BI masih sangat terbatas. pada tahun 2008, pengurus Asosiasi telah melakukan dua pertemuan untuk koordinasi program dan pertengahan Juni 2008 telah diadakan pelatihan Identifikasi Anak CI yang diikuti oleh para psikolog dari lingkungan perguruan tinggi maupun praktisi di biro psikologi yang menjadi mitra sekolah-sekolah akselerasi. Direncanakan pada akhir Juli 2008 Asosiasi akan meluncurkan blog dan pada akhir Agustus 2008, akan mengadakan seminar nasional tentang pengembangan pendidikan khusus bagi anak cerdas istimewa dari prespektif pemerintah, psikolog, pendidik, serta pendidikan karakter bagi anak CI. Cita-cita yang ingin dibangun Asosiasi CI/BI adalah menjadi bagian dari bangsa ini untuk membangun pendidikan yang lebih baik bagi semua. Meskipun terkesan ekslusif, namun program-program yang terkait dengan pengembangan pendidikan khusus bagi anak CI memberikan multiplier effect pada pendidikan secara keseluruhan.

@ Penulis adalah Sekjend Asosiasi CI/BI dan Tenaga Ahli Dit. PSLB untuk Pendidikan CI/BI.

Iklan

123 thoughts on “PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KHUSUS UNTUK SISWA CI/BI

  1. menurut saya, dengan adanya pendidikan khusus untuk anak cerdas istimewa, sangat baik untuk di kembangkan agar anak-anak Indonesia dapat bersaing dengan dengan negara lain dalam bidang pendidikan, dan agar tidak tertinggal dengan negara-negara maju di dunia, dengan cara mengembangkan layanan fasilitas dan tenaga pendidik untuk sekolah tersebut, karena faktor tersebut juga membantu pengembangan sekolah khusus tersebut, namun tidak melupakan sekolah reguler juga untuk maju, jadi tidak hanya sekolah khusus untuk anak cerdas istimewa yang dikembangkan secara maksimal, tetapi sekolah reguler dan sekolah luar biasa juga perlu dikembangkan. karena negara akan maju dengan adanya pendidikan yang lebih baik.

  2. Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Setelah saya membaca artikel pada weblog ini, saya sangat antusias dan tertarik sekali. Sejak lama saya ingin sekali mengambil kelas akselerasi namun sayangnya di Sekolah Menengah maupun Atas saya tidak mengadakan sistem tersebut. Saya Sependapat dan memang harus diadakan sistem seperti itu, di satu sisi kita dapat mengklasifikasi anak cerdas/berbakat istimewa yang memang tidak dapat dipungkiri dan disamakan keberadaannya dengan anak lainnya, anak tersebut pun mesti kita perlakukan sebagaimana mestinya seperti halnya anak luar biasa yang telah lama diberlakukan sistem pendidikan anak luar biasa, yang mana anak memiliki keterbatasan secara intelektual serta mental dan fisiknya.

    CI/BI pun layak untuk mendapat perlakuan “istimewa”, mengapa??
    ya.. karena anak tersebut mampu untuk belajar secara istimewa, dalam arti anak tersebut mampu lebih cepat menguasai dan menangkap materi pelajaran dibandingkan anak-anak normal, jadi menurut saya bila tidak diberikan keistimewaan tersebut malah dapat menghambat potensi luar biasa yang mereka miliki. Sungguh sangat disayangkan bila anak cerdas/berbakat istimewa ini kita biarkan berkembang seperti anak-anak lainnya.

    Saya pribadi ingin memberikan sedikit masukan, kalau perlu pemerintah menyiapkan sekolah khusus bagi mereka jadi mereka tidak sekolah di sekolah Umum ataupun swasta jadi ada wadah yang mampu mengembangkan bakat-bakat mereka, didukung dengan tenaga pengajar (Guru) yang profesional, cakap, terampil dalam menangani serta mendidik anak yang istimewa tersebut. Terlebih dengan kemajuan teknologi di era Globalisasi ini dapat lebih memaksimalkan dan memacu perkembangan mereka lebih maksimal dan efektif, serta pastinya didukung oleh sarana dan prasarana, manajemen yang profesional, dan pihak-pihak terkait yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

    Saya yakin, Anak-anak Indonesia Cerdas-cerdas dan banyak yang memiliki bakat serta potensi yang luar biasa namun mereka belum dan masih sedikit memiliki wadah yang mampu men-support dan membimbing mereka.

    Saya berharap besar sekali pada Asosiasi Penyelenggara, Pengembang dan Pendukung Pendidikan Khusus untuk Anak Cerdas/Berbakat Istimewa disingkat ASOSIASI CI/BI ini mampu mewujudkan itu semua sesuai dengan visi dan misinya.

    Majulah Terus Pendidikan Indonesia

    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

  3. Menurut saya, pendidikan anak CI sangat baik bagi anak-anak yang memiliki kemampuan di bidangnya masing-masing. Karena dengan di adakannya program ini maka anak-anak yang memiliki kemampuan tersebut dapat diperhatikan oleh pihak yang berwenang.
    Tetapi kenyataannya, program ini tidak berjalan dengan baik. karena tidak dilaksanakan secara menyeluruh, sehingga pendidikan anak Ci ini tidak dirasakan oleh anak-anak yang membutuhkan.
    Saran saya sebaiknya pihak-pihak yang terkait dengan penyelenggaraan program ini harus bekerja secara maksimal, agar pendidikan anak CI ini dapat berjalan sebagaimana mestinya.

  4. menurut saya program akselerasi pada anak yang memiliki potensi cerdas istimewa kurang optimal, karena anak tersebut tidak sesuai dengan perkembangan usianya sehingga sosialisasi kepada teman-temannya menjadi kurang dan lebih tidak peduli, mungkin anak yang memiliki potensi istimewa tersebut lebih diperhatikan dengan cara dibuat sekolah khusus untuk anak CI agar apa yang dimilikinya menjadi lebih terarah, saya setuju dengan ASOSIASI CI/BI.Dan program tersebut harus dibawah pengawasan pemerintah

  5. assalamu’alaikum pak….nama saya anggraeni tapi panggil aja saya dengan nama anggi,biar lebih singkat.he..saya dari teknik elektro-2007,mau kasih komentar mengenai artikel di atas.saya sangat setuju sekali dengan sistem akselerasi studi karena dengan adanya sistem tersebut anak CI bisa lebih mengembangankan bakat dan potensi yang terdapat dalam dirinya.tidak harus melulu mengikuti program pembelajaran yang diajarkan di sekolah.

  6. menurut saya..

    memang sebaiknya anak-anak yang memiliki CI/BI memang seharusnya tidak hanya dimasukkan ke dalam program akselerasi saja melainkan dimasukkan kedalam sekolah inklusif yang benar-benar khusus menangani anak-anak yang memiliki kelebihan dengan guru-guru yang handal dibidangnya.
    karena sangat sayang sekali bila indonesia menyia-nyiakan kelebihan yang ada pada generasi penerus bangsanya sendiri. Bukan tidak mungkin suatu saat bangsa indonesia memiliki pemimpin yang memiliki latar belakang anak dengan cerdas istimewa dan dapat membangun bangsa ini kearah yang lebih baik.

  7. Anak cerdas istimewa,sebenarnya adalah salah satu aset yg perlu diselamatkan.Karena seharusnya, mereka bisa diarahkan menjadi calon-calon pemimpin yang bermutu tinggi. Baik dalam segi IQ, EQ, maupun SQ yang lebih seimbang. Namun, bila tidak ditangani dengan baik. Mereka hanya seperti SDA kita yang tidak dapat kita eksplorasi sendiri secara maksimal,bahkan bisa dikatakan terbengkalai. Tentang bagaimana caranya, mari kita pikirkan bersama.

  8. Menurut saya dengan adanya asosiasi ci/bi sangat membantu sekali dalam pengupayaan secara optimal tentang pendidikan anak CI,karena yang kita ketahui belum adanya peran serta aktif dari masyarakat yang dapat membantu pendidikan anak – anak CI karena para orang tua belum mengetahui betul ciri – ciri atau cara mendidik anak – anak CI secara optimal.

    Dan di harapkan asosiasi CI/BI ini dapat memberikan penyuluhan kepada masyarakat secara umumnya agar masyarakat lebih mengetahui tentang anak – anak CI dan bagaimana cara pendidikan yang baik untuk mereka.

    Dan semoga pemerintah lebih memperhatikan lagi tentang anak – anak CI dan memberikan fasilitas yang memadai, mulai dari kualitas kurikulum yang berbeda dengan kurikulum regular dan juga dari segi pendidiknya yang harus mengerti betul apa yang harus guru itu lakukan dan berikan kepada anak – anak CI. Karena kita tau pendidik adalah salah satu sarana utama pendidikan yang paling fital. Jadi hanya guru – guru yang berkompetenlah yang dapat mengajar anak – anak CI, jangan sampai guru yang tidak mengerti mengajar anak – anak CI di gunakan. Karena hanya akan menurunkan mutu pendidikan bagi anak CI tersebut.

    Semoga setelah berdirinya asosiasi CI/BI ini, anak – anak CI di Indonesia lebih terpelihara dan lebih di perhatikan lagi oleh pemerintah karena nasib dan kejayaan bangsa ini tergantung dari pendidikan yang di berikan pada anak – anak Indonesia ini.

  9. ass.wr.wb

    menurut pendapat saya , anak cerdas istimewa memang memerlukan pendidikan yang sesuai dengan dengan perkembangan kecerdasannya agar ia mampu menggunakan ataupun memambah kecerdasanya tersebut melalui program akselerasi di dalam dunia pendidikan.
    Tetapi alangkah lebih baiknya keistimewaan yang didapat anak cerdas tersebut dilanjutkan kedalam dunia nyata ( kehidupan sehari – hari ). Misalnya anak – anak tersebut akan mendapatkan masa depan yang cerah berupa pekerjaan yang sesuai dengan kecerdasannya agar ia mampu membangun bangsa dan negaranya sendiri.Sehingga dia tidak pergi ke luar negeri dan bekerja di sana demi kepentingan negara tersebut.

  10. assalamu’alaikum wr.wb

    saya setuju dengan pendidikan untuk anak CI karena dengan adanya sekolah yang terdapat kurikulum akselerasi dapat meringankan beban keuangan orang tua yang kesulitan membiayai sekolah anak CI ke jenjang yang lebih tinggi.Percuma saja bila memiliki kecerdasan tinggi tetapi tidak memiliki biaya dan tidak bisa mengembangkan apa yang dia miliki di sekolah hanya karena biaya yang tidak terjangkau dan kurikulum yang kurang memadai.

  11. Assalamu,alaikum wr. wb
    setelah membaca artikel diatas, menurut saya pengembangan baga anak cerdas istimewa dan berbakat istimewa memang sangat diperlukan. Selain sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas SDM indonesia, tentunya instansi pendidikan juga harus tanggap terhadap fenomena yang menunjukan bahwa ada siswa yang memiliki kemapuan yang istimewa dalam hal belajar. walaupun ada sisi negatif dari anak CIBI, anak CIBI memang harus diberikan sarana yang tepat untuk pengembangan kemampuanya, bukan berarti memisahkan dia dari kelompoknya.Dari data diatas dikemukakan bahwa diperkirakan baru 0,52% anak CIBI yang terlayani. Suatu kenyataan yang turut memicu kita untuk ikut berperan serta dalam pengembangan pendidikan anak CIBI.
    Mengingat bahwa anak CIBI merupakan potensi besar yang harus dikembangkan, maka pembentukan ASOSIASi CIBI merupakan satu langkah yang tepat dalam mewujudkan pendidikan indonesia yang maju. Diharapkan asosiasi ini dapat mengkoordinir, mengembangkan, dan memajukan potensi-potensi yang ada sehingga terwujudnya suatu sistem pendidikan indonesia yang dinamis. Dan akhirnya sebagai bangsa kita mampu menjadi bangsa yang maju di semua bidang kehidupan. Satu harapan dari saya adalah agar ini adalah momen yang tepat untuk membangkitkan dunia pendidikan kita, karena dari sesuatu yang kecil itulah kita bisa bangkit. Tidak hanya untuk anak CIBI tetapi untuk semua penduduk indonesia yang berhak mendapatkan pendidikan.
    Maju Terus Pendidikan Indonesia !!!

  12. Anak CI/BI merupakan aset bangsa. salah bagi persepsi orang yang menilai “CI/BI itu harus ditiadakan karena tidak optimal atau lebih baik disamaratakan dengan siswa lain agar sosialisasi mereka membaur dengan yang lain”.

    justru itu setiap apa yang dimiliki anak baik berupa kelebihan harus difasilitasi! karena agar apa yang dimiliki anak bisa berkembang dan berguna baik bagi dirinya maupun lingkungan sekitar!

    namun permasalahan bagi bangsa ini adalah ketidaksiapan atau kurangnya antusias bagi sekolah maupun stakeholdernya karena kesulitan akan kurikulumnya, tenaga pengajar profesional, serta substansi-substansi apa yang dibutuhkan bagi anak-anak CI/BI.

    Beruntung adanya asosiasi CI/BI yang peduli untuk pendidikan khusus bagi anak-anak CI/BI! karena dengan adanya asosiasi tersebut, permasalahan bagi CI/BI semakin terbantu.

    “ada negara-negara yang memfasilitasi anak-anak CI/BI sesuai kemampuan, keahlian, dan bakatnya. tak hanya sampai pada jenjang pendidikannya saja! bahkan difasilitasi hingga menjadi tenaga kerja yang sesuai keahlian, kemampuan dan bakatnya!”

    contohnya (disalah satu negara) :ada anak CI yang ahli pada bidang MIPA! ketika mengemban pendidikannya di SMA yang difasilitasi untuk anak CI, ia bisa membuat karya-karya dan menghasilkan sesuatu produk dan ia paham & mengerti akan fisika quantum. lalu setelah selesai mengemban pendidikannya di SMA. salah satu universitas merekomendasikan anak tersebut karena ia sukses akan kreativitasnya pada masa sma! dan ia pun semakin berkembang karena univ. tsb pun memfasilitasi untuk penelitian2 dibidang fisika quantum”. ia pun sukses akan penelitian2 dan penemuan produk seperti pembangkit tenaga matahari. setelah selesai melaksanakan pend. di univ. tsb! universitas melokasikannya ke lembaga penelitian ilmu energi yang merupakan dari univ. tsb..

    Namun permasalahan bagi negara kita adalah! mungkinkah setiap sekolah harus ada atau bahkan diwajibkan ada program khusus atau kelas khusus bagi CI/BI?
    “mengapa demikian?” karena saat ini sudah ada otonomi sekolah yang mungkin otoritas sekolah tidak mau mengambil resiko akan adanya kelas aksel, dan otonomi pusat ke daerah belum begitu tersebar kesemua daerah contohnya seperti blok grand.

    Mungkin beberapa ide untuk mengembagkan CI/BI adalah harus adanya lembaga pendidikan khusus yang menerima CI/BI sebagai siswanya. atau pemerintah memberikan peraturan & kebijakan2 baru bahwa setiap sekolah diwajibkan adanya program khusus maupun kelas khusus untuk anak2 CI/BI.

    namun tak hanya disitu saja permasalahannya! banyak permasalahan2 untuk mengembangkan CI/BI, yaitu tenaga pendidiknya, kurikulumnya, fasilitasnya, dan substansi2 apa yang diperlukan untuk anak2 CI/BI.. jadi seharusnya pemerintah harus memperhatikan permasalahan pendidikan yang salah satunya CI/BI

  13. Menurut saya,
    Memang benar bahwa anak CIBI haruslah mendapat perhatian lebih daripada anak lainnya, mungkin banyak yang mengira bahwa anak CIBI adalah anak yang istimewa, dan karena mereka istimewa dan mempunyai kemampuan berfikir lebih daripada anak lainnya, maka mereka tidak memerlukan bimbingan lain. tanggapan itu tentu saja salah! Karena justru mereka, haruslah mendapat perhatian lebih baik dari masyarakat ataupun tenaga pendidik. Oleh karena itu saya setuju dengan adanya kelas akselerasi untuk para anak CIBI, tujuannya agar mereka mendapatkan wadah untuk mengembangkan bakat mereka. Untuk itu saya berharap agar kelas akselerasi yang diperuntukkan untuk siswa CIBI dapat terus berkembang. Agar semua anak bisa mendapat kesempatan yang sama.

  14. DWI NURMARYANA
    1445071149
    MAHASISWA MANAJEMEN PENDIDIKAN 2007
    FIP UNJ

    Menurut saya pembentukan Asosiasi Penyelenggara, Pengembang dan Pendukung Pendidikan Khusus untuk anak Cerdas Istimewa/Bakat Istimewa yang disingkat Asosiasi CI/BI sangat baik dan bermanfaat bagi anak yang memiliki kecerdasan istimewa/bakat istimewa. Karena Asosiasi CI/BI berfungsi sebagai : (1) Penggerak, mendorong lembaga pendidikan penyelenggara pendidikan khusus bagi peserta didik yang memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa untuk melakukan layanan pendidikan yang bermutu, efektif, dan berkelanjutan., (2) Pemberdaya, melakukan pembinaan dan pengembangan manajemen dan mutu layanan pendidikan khusus bagi peserta didik yang memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa, (3) Pengkoordinasi, membangun kerjasama dengan pemerintah dan instansi terkait dalam pemberdayaan lembaga penyelenggara pendidikan khusus bagi peserta didik yang memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa. Selama ini layanan pendidikan untuk anak CI diwujudkan dalam bentuk program akselerasi yang dilakukan di sekolah-sekolah mulai tingkat SD, SMP sampai SMA. Program akselerasi yang selama dilakukan hanya diarahkan pada percepatan penyelesaian studi bukan pada peningkatan peluang bagi peserta didik yang memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa untuk memperoleh akses terhadap layanan pendidikan yang bermutu dan berkelanjutan. Program ini menjadi salah satu andalan sekolah untuk memberikan nilai tambah, sehingga reputasi sekolah yang bersangkutan menjadi lebih baik di mata masyarakat. Sehingga banyak sekolah yang berminat membuka program tersebut, meskipun kesiapan sumber daya dan pemahaman tentang konsep anak CI masih sangat terbatas. Program akselerasi mendapatkan sorotan negatif yang kemudian dijadikan alasan bagi sekelompok pihak untuk meminta pembubaran program akselerasi. Kritik tersebut dapat dipahami, karena jika dicermati lebih jauh, tidak semua siswa di kelas akselerasi memenuhi kriteria psikologis yang mencakup IQ, kreativitas dan task commitment. Akibatnya mereka tidak mampu mengikuti program dengan baik dan berdampak prestasi yang diraih menjadi tidak optimal. Faktor guru, juga merupakan aspek yang mempengaruhi efektivitas penyelenggaraan akselerasi. Temuan di lapangan menunjukkan bahwa sebagian besar guru tidak disiapkan untuk mengajar di program akselerasi, serta karateristik psikologis guru tersebut kurang cocok untuk melayani anak CI. Di samping itu, ditemukan juga di beberapa sekolah, penugasan guru untuk mengajar program akselerasi dilakukan secara bergantian (seperti model arisan) dengan alasan pemerataan kesempatan.Beberapa ahli psikologi menyatakan bahwa sekitar 2,2% dari populasi anak usia sekolah, ada yang memiliki kecerdasan istimewa. Namun berdasarkan data yang ada jumlah anak CI yang terlayani masih relatif dikit . Sungguh sangat memprihatinkan keadaan yang sepeti ini . Seharusnya baik Negara, lembaga maupun masyarakat dapat memberikan layanan yang tepat dan baik juga memberikan reward .

  15. Menurut pandangan saya, asosiasi CI/BI sangat dibutuhkan dalam proses pendidikan cerdas istimewa atau berbakat istimewa, karena saat ini belum ada lembaga atau badan yang mengawasi serta memberikan bimbingan bagi sekolah yang memiliki program pendidikan akselerasi. Walaupun sudah banyak sekolah – sekolah di Indonesia yang memiliki program akselerasi seperti bagi anak cerdas istimewa atau berbakat istimewa namun pengelolaan dalam hal pengajaran serta materi ajar masih terbilang tidak memenuhi standar. Padahal hal – hal seperti itu sangat mempengaruhi hasil yang akan dicapai. Tanpa mutu pendidikan yang baik maka hasil yang akan dicapai juga akan kurang memuaskan. Oleh karena asosiasi CI/BI harus terus menerus mengembangkan program ataupun visi misinya demi kemajuan pendidikan di Indonesia terutama untuk anak cerdas istimewa atau berbakat istimewa.

  16. noni mp07fip unj
    menurut saya pendidikan untuk anak yang memiliki kecerdasan istimewa harus lebih dikembangkan karena perlakuan terhadap mereka pun berbeda.pelayanan dari segi pengajar, fasilitas,dan kurikulum yang sangat perlu diperhatikan jadi memperlakukan anak yang mempunyai kecerdasan istimewa sangat dibutuhkan pelatihan terhadap para pengajar.dengan adanya CI/BI diharapkan mereka dapat diperlakukan sesuai dengan kebutuhannya

  17. menurut saya pendidikan anak CI/BI sangat bagus dan dapat menjawab kebutuhan, karena banyak sekali anak-anak yang memiliki potensi dan bakat terpendam yang perlu disalurkan dan dikembangkan.
    namun dalam hal ini, perlu diperhatikan juga dari sisi sang anak, tetap harus dijaga supaya anak tidak terlalu kelelaha n dalam belajar, sehingga tetap dapat memperoleh prestasi yang maksimal. jangan sampai sang anak merasa stress dan terbeban terhadap tekanan belajar dari sekolah maupun dari lingkungan sekitar terutama keluarga.
    pihak yang berada disekitarnya semestinya mendukung dan memberikan pengarahan kepada peserta didik untuk bisa mencapai hasil maksimal.
    pemerintah juga semestinya mengambil bagian yang lebih besar dalam perkembangan sekolah untuk anak CI/BI supaya mengetahui setiap perkembangan yang ada sehingga dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat lebih maksimal lagi.

  18. PROGRAM percepatan belajar (lebih sering disebut kelas akselerasi atau “kelas aksel”) mengingatkan kita pada program sekolah unggulan yang didirikan tahun 1994, yang telah dinilai gagal karena ternyata di dalamnya banyak juga yang tidak unggul. “Kelas aksel” bisa disebut sebagai bentuk “reinkarnasi” sekolah unggulan. Dasar pemikirannya, yaitu peserta didik yang memiliki tingkat kecerdasan luar biasa berhak mendapat perhatian dan pelajaran lebih khusus agar dapat dipacu perkembangan prestasinya dan bakatnya. Dengan kata yang lebih klise, menyiapkan “pasukan para” calon pemimpin masa depan.

  19. Tahta Maharaya
    1445071152
    MP’07

    Pendidikan merupakan hak semua orang tidak terkecuali anak cerdas istimewa atau bakat istimewa untuk itu sebaiknya membuat sesuatu keperdulian kita terhaddap mereka dengan memberi keleyakan terhadap yang meraka peroleh. Mereka bukan berbeda dengan anak-anak pada umumnya tapi mereka mempunyai kelebihan atau keistimewaan dalam hal kecerdasan. Oleh karena itu saya sangat setuju dengan didirikannya suatu asosiasi yang bergerak dalam memperhatikan anak cerdas istimewa. Sebab dengan adanya wadah ini anak-anak yang cerdas istimewa dapat mengembangkan kemampuan mereka tanpa harus ada penekanan dari lain pihak.

  20. Novita Amelia
    1445071138
    Manajemen Pend. ’07

    Ci/Bi adalah sebuah wadah yang mampu memberikan kemudahan bagi mereka peserta didik yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata (jenius). ini dilakukan sebagai latar belakang bahwa pendidikan hak semua pesrta didik tak terkecuali bagi mereka yang memiliki kecerdasan di ats rata-rata.

    Anak yang istimewa dalam kecerdasan adalah anak ynag seharusnya diberikan perhatian dengan tidak menghambat daya fikir, salah satu cara dengan adanya kelas akselerasi.

    Namun kelas ini seharusnya tidak menjadi tempat diskriminasi dengan kelas reguler. Dengan adanya wadah Ci/Bi mudah-mudahan dapat mendorong dan merangsang anak-anak istimewa. Semoga wadah ini tidak membuat anak jadi sulit bergaul dengan lingkungannya yang terkadang tidak sesuai dengan umur mereka.

    Semoga mereka yang memiki kecerdasan rata-rata tidak merasa terhambat dalam menunjukkan kreatifitasnya.

  21. saya sangat setuju dengan adanya suatu asosiasi yang bergerak dibidang pendidikan terutama dalam penanganan anak cerdas istimewa atau bakat istimewa pasalnya dalam dunia pendidikan kita selalu mengutamakan atau memperhatikan anak kurang mampu yang ingin bersekolah dibandingkan anak yang mempunyai bakat istimewa haus akan ilmu pengetahuan dan yang nantinya akan membuat gebrakan dalam bidang pendidikan. kita sudah mempunyai anak anak yang sangat istimewa berlaga di ajang internasional dan menyabet juara. untuk itu, dibutuhkan pengajar yang berkualitas dan kreatif dalam melatih anak istimewa tersebut, media pembelajaran yang menunjang serta doongan motivasi dari orang tua. Diaharapkan asosiasi ini dapat membina anak istimewa tersebut dengan baik bukan hanya omongan belaka. perhatian dari pemerintah pun sangat dibutuhkan agar anak istimewa tersebut dapat dibina di asosiasi CIBI dan kelak akan membangkitkan pendidikan di Indonesia bukan menjadi bumerang karena lebih memilih bekerja di luar negeri….

  22. Assalamu’alaikum WR WB

    Setelah saya membaca artikel di atas tentang anak cerdas berbakat istimewa. Saya kemudian berfikir selama ini banyak anak cerdas dan berbakat masih terabaikan di luar sana. Saya tidak mengetahui berapa banyak anak cerdas dan berbakat istimewa yang mungkin tidak bisa bersekolah karena orang tua mereka tidak memiliki biaya untuk menyekolahkan mereka yang mungkin menyebabkan mereka kurang dapat mengembangkan bakatnya dengan baik karena tidak memiliki fasilitas yang memadai serta arahan-arahan dari pembimbing yang mampu mengembangkan potensi kecerdasan serta bakat istimewa yang mereka miliki.
    Sedangkan yang dapat bersekolah anak yang memiliki kecerdasan dan bakat istimewa hanya didukung oleh program akselerasi yang tentunya belum tentu dapat mengembangkan bakat anak tersebut karena tiap anak memiliki bakat atau kecerdasan yang lebih disuatu bidang pelajaran itu berbeda beda. Seperti yang dikatakan artikel diatas program akselari yang berada di sekolah-sekolah pun hanya menekankan kepada percepatan materi sehingga anak CI/BI dapat menuntaskan sekolahnya lebih dulu dari pada teman-teman yang berada dikelas biasa dan mereka kurang dapat bersosialisasi dengan lingkungannya. Tetapi sesungguhnya yang harus dicapai umtuk mengembangkan anak CI/BI bukan hanya itu tetapi guru dan lingkungan yang berada di dekat anak tersebut dapat mengarahkan potensi yang dimiliki anak dengan memberikan pemahaman lebih dalam serta praktik yang membuat pemikiran anak itu berkembang dan dapat menghasilkan suatu temuan baru dari pelajaran yang mereka dapat tetapi lingkungan anak tersebut juga harus mengajarkan mereka untuk bersosialisasi sehingga mereka tidak mempunyai sikap acuh, menumbuhkan sikap bertenggang rasa dalam diri mereka dan dapat membantu lingkungan disekitar mereka yang membutuhkan bantuan mereka.
    Mungkin Asosiasi CIBI ini dapat membantu anak CI/BI yang dapat memberikan pelayanan terbaik bagi anak negeri ini yang membutuhkan bantuan mereka dalam mengembangkan potensi yang berada dalam diri mereka dan dapat mengarahkan anak CI/BI supaya dapat memperoleh potensi yang mereka punya sampai maksimal, dapat menghasilkan karya-karya terbaik mereka, memperolah pekerjaan sesuai keahlian mereka dan dapat membanggakan kedua orang tua mereka serta seluruh Bangsa Indonesia yang sekarang semakin terpuruk di mata dunia. Asosiasi CIBI juga harus bekerja sama dengan orang-orang yang dekat dengan anak CIBI seperti Orang tua, guru, serta lingkungan mereka yang dapat memacu diri anak CIBI supaya dapat menghasilkan sesuatu yang terbaik dan membanggakan bagi diri mereka dan semua orang. Asosiasi ini harus terus memantau perkembangan anak CIBI yang berada di Indonesia dengan semaksimal mungkin supaya anak CIBI mendapatkan perlakuan yang layak dan tidak terabaikan. Mari kita sama-sama membangun pendidikan di Indonesia supaya kita tidak tertinggal oleh bangsa lain dan Bangsa Indonesia dapat di akui oleh dunia seperti zaman dahulu.

  23. Assalamu’alaikum

    Menurut saya dengan adanya penyelengaraan akselerasi untuk anak yang memiliki potensi cerdas istimewa (CI) dapat membuat anak berbakat tersebut menguasai banyak isi pelajaran dalam waktu yang sedikit dan dapat menguasai bahan ajar secara cepat dan merasa bahagia atas prestasi yang dicapainya tetapi dengan begitu maka siswa akselerasi akan didorong untuk berprestasi baik secara akademis sehingga siswa akselerasi akan kehilangan aktivitas dalam masa-masa hubungan sosial yang penting pada usianya, jadi lebih baik siswa yang ingin mengikuti program akselerasi memiliki fungsi kemampuan intelektual ditingkat penguasaan akademiknya dan bebas dari problem emosional dan sosial. Oleh karena itu saya berharap Asosiasi CI/BI dapat menjalankan tujan dan fungsinya sehingga dapat membantu anak-anak yang benar-benar memiliki potensi cerdas istimewa itu dalam pendidikannya dan memajukan pendidikan di Indonesia.

  24. Menurut saya, kelas aklerasi itu memang sangat penting bagi dunia pendidikan di indonesia,
    berdasarkan hak dan kewajiban setiap warga negara untuk mendapatkan pendidikan yang layak. meskipun sang anak didik merupakan anak cibi.
    maka indonesia harus mengembangkan sekolah akselerasi, dan meningkatkan minat para orang tua agar menyekolahkan anaknya ke sekolah tersebut, an di beri penyuluhan betapa pentingnya anak CIBI di sekolahkan.
    selain itu dapat meningkatkan mutu pendidikan di indonesia. karena yang mempunyai IQ di atas rata-rata bisa menyesuaikan dirinya. dan lebih mengena potensi yang ada dalam dirinya. sehingga bisa meningkatkan mutu pendidikan di indonesia

  25. Assalamualaikum wr. wb

    Pada dasarnya setiap mempunyai kemampuan belajar yang berbeda, ada yang dibawah rata-rata, rata-rata, dan diatas rata-rata. Namun, penyelenggaraan pendidikan di Indonesia saat ini bersifat memberikan perlakuan sama kepada semua siswa, sehingga untuk anak yang memiliki kemampuan di bawah rata-rata akan selalu tertinggal dengan teman-temannya yang lain. sedangkan untuk anak yang di atas rata-rata akan merasa cepat jenuh dengan pelajaran yang ada sehingga potensi yang ada dalam dirinya tidak akan berkembang secara optimal.

    Program khusus untuk anak-anak diatas rata-rata atau Cerdas Istimewa/Bakat Istimewa berupa program akselerasi menurut saya sangat bagus untuk menunjang prestasi siswa CI/BI karena siswa CI/BI mempunyai kecepatan belajar yang tinggi dibandingkan dengan siswa yang lain. pada program akselerasi, siswa akan diberikan pelayanan pendidikan yang sesuai dengan potensinya. dengan begitu potensi yang siswa miliki akan berkembang secara optimal dan maksimal, namun semua itu juga harus diimbangi dengan fasilitas dan guru yang kompeten di bidangnya.

    Saya sangat mendukung dengan organisasi yang turut memberikan perhatian khusus kepada siswa CI/BI seperti asosiasi CI/BI, semoga asosiasi CI/BI dapat meningkatkan mutu pendidikan khusus untuk siswa yang mempunyai kecerdasan dan/atau bakat istimewa.

    Semoga pendidikan Indonesia bisa lebih maju, dan bisa lebih mengerti kebutuhan siswa.

    Indonesia B I S A !!

    Wasalamualaikum wr.wb.

  26. Rachmawati Nurerlinda MP 07

    Indonesia memang negeri yang kaya bukan hanya sumber daya alamnya tapi juga memiliki SDM yang berkualitas. Hanya saja saat ini pemerintahan belum mampu mengatur dan memaksimalkan sistem pendidikan di Indonesia. Banyaknya anak CI/BI yang belum menerima pendidikan yang sesuai menjadi salah satu masalah pendidikan bangsa ini.

    Kelas akselerasi memang bukan jawaban yang tepat bagi anak – anak CI/BI yang berkebutuhan khusus Misalkan saja pengalaman saya yang memiliki teman yang memiliki kemampuan diatas rata – rata. Terkadang anak – anak seperti itu lebih tertutup dan kurang pergaulan. Beberapa temanya beranggapan berteman dengannya menjadi sebuah masalah karena kemampuannya diatas rata – rata dan teman yang sering tidak mengerti apa yang hendak ia sampaikan . Anak – anak CI/BI memiliki kebutuhan yang berbeda dengan anak pada umumnya. Maka itu kita harus mampu menghadirkan lingkungan yang kondusif untuk mereka. Selain itu terkadang anak CI/BI seperti di diskriminas di dalam lingkungannya karena sebagian orang menganggap kemampuannya menjadi sebuah kekurangannya. Tidak jarang mereka di kucilkan dan diasingkan dari lingkuangnya karena dianggap tidak normal. Padahal perspektif itu salah besar. Seharusnya lingkungan dan sistem didalamnya mendukung dan memberikan perhatian pada hal – hal seperti itu.

    Dan Pembentukan Asosiasi CI/BI saya rasa sangat tepat. Kepedulian dan perhatian pada anak – anak CI/BI memang bukan hanya tugas Pemerintah tapi juga tanggung jawab seluruh pihak. Perhatian semacam ini harusnya bisa lebih banyak diberikan bukan hanya dari penyelenggara pendidikan tapi juga oleh seluruh pihak. Setidaknya pemerataan pendidikan khusus CI/BI bisa membawa angin segar bagi perkembangan pendidikan Indonesia.

    Semoga AsosiasiCI/BI yang telah terbentuk dapat berjalan dangan baik. Tujuan dan harapan mulia ini semoga menjadi pahala bagi orang – orang didalamnya. Amien

  27. Menurut saya,
    pendidikan untuk anak yang memiliki potensi cerdas istimewa adalah suatu hal yang sangat positif. Memang apabila dilihat sekilas, terlihat membeda-bedakan peserta didik, tetapi hal ini sebenarnya adalah suatu usaha memberikan pendidikan yang tepat menurut kemampuan anak didik. Tidak terbayangkan jika seorang peserta didik yang memiliki potensi istimewa tersebut harus menerima pendidikan yang sama dengan peserta didik biasa. Tentunya peserta didik itu akan mengabaikan potensi dirinya. Hal ini bisa saja terjadi karena siswa-siswa tersebut merasa materi sekolah terlalu mudah dan santai sehingga mereka tidak mengoptimalkan potensi yang mereka miliki untuk menyelesaikan materi-materi di sekolah. Oleh karena itu saya sangat setuju dengan program-program yang dikeluarkan oleh Asosiasi CI/BI tersebut, karena dengan itu diharapkan akan muncul tunas-tunas terbaik bangsa untuk membawa Indonesia mencapai pendidikan yang maju dan modern di masa yang akan datang.

  28. Kristian Novi A
    1445071158
    MP 07

    Menurut pendapat saya…

    saya sangat mendukung sekali dengan berdirinya asosiasi Ci/Bi. alasannya karena masih kurang tersedianya wadah pendidikan yang 100% concern terhadap anak-anak yang memiliki kelebihan misalnya anak Ci (Cerdas Istimewa). seperti yang telah diketahui walaupun sudah tersedianya fasilitaskelas atau program akselerasi di sekolah formal, akan tetapi masih banyak kekurangan disana-sini dalam pelaksanaannya. beberapa kekurangan yang terjadi diataranya yaitu belum tertampung atau terlayaninyasemua anak Ci di sekolah formal maupun sekolah informal. kekurangan yang berikutnya yaitu belum adanya kesiapan SDM yang dalam hal ini tenaga pengajar yang hanya memiliki pemahaman yang terbatas mengenai konsep anak Ci, sehingga diperlukan adanya tenaga pengajar yang memiliki pemahaman dan berkompeten dalam megurus atau membimbing anak-anak yang memiliki kelebihan seperti ini.

    sehingga untuk menutupi kelemahan tersebut diperlukan adanya suatu wadah yang memiliki kepedulian terhadap anak CI salah satunya adalah Asosiasi Ci/Bi ini.
    Organisasi ini memiliki Visi dan Misi yang sangat jelas, terutama dalam hal pelayanan kepada anak-anak yang memiliki kelebihan yaitu anak yang cerdas istimewa dan bakat istimewa. mudah-mudahan dengan adanya wadah semacam ini dapat menggali potensi kecerdasan atau bakat istimewa anak CI secara maksimal, yang mungkin kelak dapat berguna bagi Bangsa Indonesia. amminn….

  29. Menurut pendapat saya,
    Perhimpunan Asosiasi CI/BI Nasional merupakan jalan keluar yang tepat bagi permasalahan yang mungkin selama ini masih membelit dunia pendidikan di Indonesia. Seperti yang kita ketahui, SDM di Indonesia banyak yang memiliki potensi-potensi yang istimewa, karena sebagian dari mereka dianugerahi kecerdasan intelektual yang luar biasa. Oleh karena itu hendaknya mereka dibekali pendidikan yang memang cocok bagi mereka yang istimewa itu. Bukan bermaksud membeda-bedakan dengan pendidikan selayaknya anak-anak biasa, namun anak-anak istimewa tersebut sebaiknya benar-benar diperhatikan karena mereka merupakan aset bangsa Indonesia di masa yang akan datang. Dengan adanya program dari Asosiasi CI/BI nasional Indonesia tersebut saya sangat berharap akan kemajuan pendidikan Indonesia khususnya bagi anak-anak yang mempunyai kecerdasan istimewa itu, dan hendaknya pemerintah serta segenap masyarakat dapat ikut berpartisipasi dalam mewujudkannya baik secara langsung ataupun tidak. Saya harap semua program-program tersebut dapat terealisasi dengan baik, sehingga tujuan untuk mewujudkan pendidikan Indonesia yang maju di masa depan akan tercapai.

  30. saya sependapat dengan penulis karena layanan pendidikan bagi anak CI/BI yang ada di sekolah belumlah memadai dan tidak adanya program berkelanjutan setelah mereka lulus dari sekolah tersebut.
    Dengan adanya asosiasi CI/BI, mudah-mudahan dapat menjadi terobosan di dunia pendidikan tentang pengembangan potensi anak CI/BI karena mereka adalah anak-anak yang inklusif yang seharusnya tidak bersekolah di sekolah yang biasa agar dapat lebih mengembangkan potensi yang ada di dalam dirinya. Saya melihat program CI/BI sangat bagus bagi mereka wlaupun terkesan meng-anak emas-kan.

  31. asw….
    menurut saya dengan adanya sistem akselerasi yang ada disekolah-sekolah di indonesia belum cukup untuk memenuhi anak-anak yang cerdas karena dikelas akselerasi cuma mengandalkan kepintaraanya saja tetapkurangnya rasa sosial. mereka cuma cerdas dalam dunia akademis tetapi tidak cerdas dalam dunia sosial, mereka juga belum tentu dapat beradaptasi dengan lingkungannya dan mereka lebih cenderung bersifat arogan/sombong karena merasa paling lebih pintar. dan juga mungkin saja dengan adanya akselerasi adanya jurang pemisah antara yang pintar dengan yang kurang pintar.
    oleh karena itu pemerintah harus menyiapkan program yang lebih baik untuk anak-anak cibi agar mereka dapat mengembangkan kemampuan mereka secara optimal bukan hanya pada dunia akademis tetapi juga pada bidang sosialnya.

  32. Menurut pandangan saya adanya kelas akselerasi di sekolah-sekolah memang perlu diadakan, karena potensi setiap peserta didik itu berbeda-beda dan tugas sekolahlah untuk mengembangkan potensi setiap peserta didik. Menurut saya hal yang kurang dan seharusnya dikembangkan dalam program kelas akselerasi adalah kurikulumnya yang harus lebih disesuaikan dengan kondisi di indonesia, karena program kelas akselerasi mengadopsi dari sistem di luar negeri,oleh karena itu masih perlu banyak perbaikan dalam sistem kelas akselerasi agar semua dapat berjalan lancar dan semua anak CIBI yang ada di Indonesia dapat tertangani dengan baik dan mendapat kesempatan belajar dan potensinya dengan sebaik-baiknya. Terima kasih.

  33. Assalamualaikum.wr.wb.
    Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa anak CI/BI perlu mendapat perhatian lebih,baik dari guru, orang tua, maupun stake holder yang terkait di dunia pendidikan karena mereka adalah bibit unggul dari bangsa ini. Mereka harus dibimbing dan diarahkan agar menjadi manusia yang tidak hanya cerdas dan berbakat namun memiliki kemampuan sosio emosional yang tinggi.
    Program akselerasi merupakan suatu bentuk kepedulian pemerintah terhadap anak CI/BI,oleh sebab itu perlu adanya perhatian khusus terhadap ‘kelas aksel’ yang berada di beberapa sekolah di Indonesia. Saya berharap nantinya Indonesia memiliki sebuah sekolah khusus anak CI/BI dengan biaya murah.

  34. Assalamu’alaikum Wr. Wb
    Artikel-artikel yang ditulis dalam blog ini bagus. Kalimatnya terstruktur dengan rapi sehingga mudah dipahami. Saya setuju bahwa sekolah yang saat ini membuka program akselarasi, rata-rata hanya untuk menaikkan reputasi sekolahnya saja namun kurang memikirkan tentang sumber daya maksud saya tenaga ahli. Orang yang benar-benar bisa mengelola pendidikan khusus untuk Siswa Cerdas atau Berbakat Istimewa (CI/BI) di Indonesia masih jarang sehingga pelaksanaan program akselarasi belum mencapai hasil yang optimal.
    Berlandaskan Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional bahwa setiap warga Negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang bermutu (pasal 5 ayat 1) terlebih lagi untuk warga Negara yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa berhak memperoleh pendidikan khusus (pasal 5 ayat 4), oleh karena itu perlu dicari metode pengajaran yang tepat untuk mereka. Tak lupa harus dipelajari juga psikologi perkembangan anak agar dapat memahami karakteristik tiap-tiap siswa. Terlebih lagi harus ada pihak-pihak seperti Asosiasi Penyelenggara Pengembangan dan Pendukung Pendidikan khusus untuk Siswa Cerdas atau Berbakat Istimewa (CI/BI) yang dapat mengelola secara tepat agar kecerdasan mereka dapat berguna untuk diri mereka sendiri terutama untuk bangsa dan negara Indonesia.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb

  35. Pendidikan memang untuk semua, tidak terkecuali anak-anak yang memiliki predikat sebagai anak-anak cerdas istimewa dan berbakat istimewa. Saya sangat mendukung diadakannya kelas akselerasi, karena dengan adanya kelas khusus bagi anak-anak CI/BI maka mereka dapat dengan leluasa mengembangkan bakat dan kemampuan mereka. Karena pada kelas akselerasi, memiliki kurikulum, materi, metode , sumber-sumber belajar dan pendidik yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan anak-anak CI/BI. Memang secara tidak langsung menjadi terlihat bahwa anak-anak tersebut seperti tidak bersosialisasi dengan lingkungan sekitar, tetapi dalam kelas akselerasi ini mereka dapat lebih mengembangkan kemampuan, bakat, dan potensi mereka masing-masing secara lebih spesifik. untuk kedepannya diharapkan adanya kegiatan-kegiatan bagi anak-anak CI/BI diluar kegiatan akademis untuk mengembangkan jiwa sosial mereka agar walaupun terlihat lebih sibuk belajar namun mereka tetap dapat bersosialisasi di masyarakat.

  36. Kelas akselerasi memang perlu diadakan di sekolah-sekolah agar dapat mengembangkan bakat yang dimiliki oleh setiap anak CI/BI. Anak-anak tersebut membutuhkan perhatian yang lebih dari tenaga pendidik,fasilitas-fasilitas yang memadai,lingkungan yang mendukung. Karena sangat disayangkan anugerah kecerdasan yang telah ada disia-siakan dan tidak dikembangkan secara maksimal. Saya berharap pemerintah dapat membantu mengatasi permasalahan ini agar kecerdasan anak-anak Indonesia dapat bermanfaat bagi perkembangan pembangunan negara ini.
    makasih…

  37. Pegembangan Pendidikan Khusus untuk siswa CI/BI

    Terasa bijak ketika lembaga ini boleh ada. Tapi, apakah pengembangan ini memiliki visi yang baik?? atau malah hanya ingin memisahkan siswa yang satu dengan lainnya yang berdasarkan kemampuan masing-masing??
    apakah penuh pertimbangan bilamana nantinya akan timbul kesenjangan dalam dunia pendidikan??
    begitu banyak pertanyaan awam yang terlontar oleh orang awam ini ketika membaca artikel ini. Memang perlu penanganan khusus bagi siswa yang khusus, tapi pengembangan adalah pengembangan, kebijakan adalah kebijakan, dan tujuan adalah tujuan. Namun yang terpenting adalah, apakah kelak yang menjadi tujuan awal pengembangan ini bisa berkesinambungan secara signifikan berdasarkan kebutuhan dan kondisi yang aktual??

    Terima kasih.

  38. Assalamualaikum Wr.Wb

    Menurut saya adanya program CIBI sangat membantu anak-anak yang memang memiliki kemampuan lebih, khususnya dalam bidang intelektual sehingga bakat mereka dapat direalisasikan dalam berbagai bentuk misalnya mereka diikutsertakan dalam perlombaan- perlombaan yang lebih bertaraf internasional. selain itu mereka merupakan aset bangsa, calon generasi muda yang nantinya siap untuk bersaing dengan anak-anak internasional. oleh karena itu sudah sepatutnya pemerintah lebih memberikan perhatian kepada mereka, sehingga mereka akan lebih bersemangat dalam setiap perlombaan-perlombaan bertaraf internasional.bahkan mereka dapat mengharumkan nama bangsa melalui prestasi-prestasi mereka di kancah internasional.

  39. Menurut saya pendidikan khusus bagi anak anak CI memang sangat bagus untuk dilakukan karena dengan adanya pelayanan pendidikan khusus bagi mereka, mereka dapat lebih mengembangkan potensi diri mereka masing-masing. Sehingga mereka bisa lebih kreatif dan inovatif dalam belajar. selain itu kemampuan intelektual yang mereka miliki dapat lebih berkembang lagi dan pola pikir mereka pun lebih maju lagi. Dengan demikian mereka dapat bersaing dengan anak-anak internasional yang notabene kemampuan intelektual mereka sangat bagus. Anak – anak CI pun dapat membawa nama baik bangsa ini ke dunia internasional.

  40. saya setuju dengan adanya pengembangan anak cerdas istimewa.
    tapi saya mempunyai usulan agar dibuat sekolah khusus untuk menampung anak yang tergolong cerdas istimewa.

  41. Saya setuju dengan adanya asosiasi tersebut. saya juga setuju jika selama ini pengadaan kelas akselerasi belum membantu mengembangkan potensi anak-anak CI/BI, karena yang diajarkan pada mereka sama seperti siswa biasa, hanya waktunya saja yang dipercepat. adanya asosiasi ini juga sangat efektif dalam pengembangan sumber daya manusia di Indonesia dan diharapkan dapat membangun negara kita lebih maju dan dapat bersaing dengan negara lain.

  42. Assallamualaikum,
    Tentunya dengan melihat wacana mengenai anak yang memiliki kecerdasan istimewa dan bakat istimewa atau yang disingkat CIBI saya sangat merespon positif atas artikel tersebut. Ya..untuk saat ini memang isu pendidikan inklusif yaitu berupa penanganan khusus terhadap anak yang memiliki bakat khusus belum sepenuhnya terealisasi dalam dunia pendidikan. Bahwasannya diharapkan dengan pembangunan sebuah lembaga Asosiasi CIBI ini yang berperan atau mencoba bergerak dalam penanganan khusus terhadap anak yang memiliki kecerdasan dan bakat istimewa ini menjadikan mereka para anak-anak CIBI menjadi lebih mampu mengembangkan potensi kemampuan yang mereka miliki secara efektif dan efisien, tentunya juga mampu meningkatkan mutu pendidikan Indonesia.
    Dalam realisasinya memang benar pengadaan program sekolah akselerasi saat ini menjadikan para peserta didik hanya mampu berkompetensi dalam hal ilmu pengetahuan terutama IPA, namun dalam dunia sosial terlihat kurang mampu berkompetensi bahkan menjadikan mereka asing akan beradaptasi terhadap lingkungan sosial. Saya harapkan Asosiasi CIBI tidak hanya memikirkan bagaimana mengembangkan kompetensi ilmu pengetahuan saja pada anak-anak CIBI, namun juga mengembangkan kompetensi dalam bidang ilmu sosial. Sekian dan terimakasih.

  43. Menurut saya pengembangan asosiasi perhimpunan CI/BI merupakan ide yang baik, dan sangat tepat dalam kondisi pendidikan yang memprihatinkan seperti sekarang ini.
    Dengan memberikan layananan istimewa untuk anak yang memiliki kelebihan kecerdasan untuk bisa dimanfaatkan secara obtimal guna kepentingan umum. selain itu anak-anak CI/BI merupakan tunas bangsa yang nantinya akan membawa bangsa kita maju dimata dunia. untuk itu saya mendukung penuh program ini, melihat keuntungan yang nantinya kita peroleh.
    terimakasih

  44. berdasarkan apa yang saya dapat setelah membaca artikel di atas, saya jadi beranggapan, apakah program pengembangan pendidkan khusus CI/BI ini benar-benar diperlukan oleh masyarakat. Sejauh manakah kelak para pengajar mampu memberikan arahan pendidikan yang baik bagi siswa CI?? membandingkan dengan sistem percepatan di sekolah-sekolah serta melatarbelakangkan pengembangan ini dengan UU, saya merasa penulis artikel seolah ingin menonjolkan kelebihan dari pendidikan khusus ini. Namun apakah yang menjadi kelebihan dari program ini, dan apakah yang menjadi visi dari pengembangan ini tidak terpaparkan dengan baik dalam artikel ini.
    sangat disayangkan apabila orang yang baru mengenal atau baru mengetahui pengembangan ini tidak mendapatkan arahan serta anjuran yang tepat, karena malah akan menjerumuskan mereka yang CI kedalam dunia program baru.

    terima kasih.

  45. Assallamualaikum wr wb

    menurut pendapat saya..
    berdasarkan artikel yang telah saya baca mengenai pengembangan pendidikan khusus untuk siswa cerdas istimewa atau berbakat istimewa atau disingkat dengan CI/BI, saya sangat mendukung karena pendidikan bagi siswa CI/BI memang harus dikembangkan. Dengan adanya wadah atau asosiasi untuk siswa CI/BI yang tepat untuk siswa CI maka akan semakin terarah dengan jelas dan baik segala potensi yang berada dalam diri siswa tersebut. Seperti halnya yang telah di ungkapkan dalam UU No.20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional bahwa anak CI berhak mendapatkan pendidikan khusus.
    Dengan adanya program akselerasi dapat mengembangkan segala bakat serta potensi siswa CI/BI yang terarah tetapi menurut saya hal itu juga harus didukung oleh kesiapan sumber daya serta pemahaman yang tepat mengenai program siswa CI/BI. seperti tenaga pendidik yang belum disiapkan dalam mengajar diprogram akselerasi, sebaiknya pemerintah lebih menindaklanjuti hal ini agar pendidikan di Indonesia semakin maju karena pendidikan itu penting.
    selain itu saya juga sangat mendukung adanya asosiasi untuk siswa CI/BI dan mudah-mudahan asosiasi ini dapat membantu serta mengembangkan pendidikan bagi siswa CI/BI. Terimakasih..
    Wassallamualaikum wr wb

  46. Norma Lutfiyah
    1445075014
    Manajemen Pendidikan

    Kelas akselerasi merupakan kelas percepatan pembelajaran yang disajikan kepada siswa/siswi yang memiliki kemampuan lebih atau istimewa dengan materi-materi atau kurikulum yang padat sehingga dalam waktu 2 tahun siswa telah menyelesaikan pendidikannya. penyelenggaraan akselarasi supaya dapat optimal menurut saya mempunyai prasyarat yang harus dipenuhi antara lain: identifikasi peserta didik, setting kelas, efek pemberian label dan evaluasi yang konsisten terhadap berbagai hal yang berkaitan dengan pelaksanaannya yaitu tak ada tekanan dalam penyelenggaraan, diperuntukkan hanya pada siswa/siswi yang mampu dan mau (anak-anak ber IQ tinggi sangat cerdas/potensial),guru dan orangtua mendukung, peserta program memiliki omosi stabil dan memahami partisipasinya. saya sangat mendukung adanya asosiasi untuk siswa CI/BI yang di masa depan dapat membuat keadaan Indonesia menjadi lebih baik namun penyelenggaraannya harus dievaluasi secara kontinyu, konsisten dan independen bila tidak demikian yang muncul justru efek sampingnya.
    makasih………

  47. CHANDRA NUR KUSUMA
    MP ’07
    Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Pengembangan pendidikan khusus untuk siswa CI//BI merupakan hal yang menarik untuk kita bahas dan kaji bersama-sama. Menurut pemikiran saya berdasarkan ertikel yang dimuat, program pendidikan khusus bagi siswa-siswi yang memiliki kecerdasan maupun bakat istimewa merupakan suatu langkah perbaikan pendidikan di Indonesia yang telah lama kita nanti dan kita harapkan hasilnya. Akan tetapi nampaknya masih banyak kendala yang harus kita hadapi untuk memperbaiki sistem yang sudah ada. Salah satu upaya sekolah untuk mewujudkan program ini adalah dengan mengadakan kelas khusus atau akselerasi bagi siswa yang memenuhi kriteria-kriteria khusus. Tidak dapat dipungkiri bahwa program akselerasi ini memang dapat dijadikan sebagai nilai tambah bagi sekolah untuk memperbaiki reputasinya. Akan tetapi jangan sampai hal ini dijadikan alat oleh sekolah untuk merauk keuntungan tanpa dapat memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya bagi penjaminan mutu dari pelaksanaan progran akselerasi itu sendiri. Dilaksanakannya program kelas akselerasi memang sangat diperlukan untuk melayani siswa-siswi yang memiliki kecerdasan maupun bakat khusus karena memang pada hakikatnya kemampuan yang dimilki seseorang berbeda-beda sehingga diperlukan pula pelayanan dengan sistem yang berbeda dalam rangka mengembangkan dan mengoptimalkan kemampuan masing-masing siswa. Untuk mendapatkan hasil yang diharapkan dari program ini, sekolah harus menerapkan sistem manajemen yang tepat mulai dari hal tenaga pengajar sampai pada sistem pembelajaran yang tepat untuk siswa-siswi CI/BI.
    Sangat sedikitnya jumlah anak-anak CI/BI yang terlayani dalam program akselerasi merupakan hal yang sangat disayangkan. Oleh karena itu, adanya asosiasi CI/BI merupakan sebuah titik terang untuk membantu anak-anak tersebut mendapatkan haknya untuk mengembangkan potensi mereka seoptimal mungkin. Jangan sampai kisah seorang anak desa yang super genius tapi tak mendapat perhatian dari pemerintah untuk mengembangkan sayap kegeniusannya seperti “Lintang” yang kita temukan dalam novel Laskar Pelangi kembali banyak terulang pada anak-anak genius Indonesia lainnya. oleh karena itu, untuk memajukan program ini, diperlukan dukungan dari berbagai kalangan, meliputi pemerintah, sekolah, asosiasi, maupun masyarakat.
    Semoga anak genius di Indonesia mendapatkan pendidikan yang layak sehingga mutu SDM di Indonesia meningkat dan dapat diandalkan untuk mengolah dan mengelola SDA Indoneia yang berlimpah serta dapat meningkatkan derajat bangsa Indonesia di mata dunia.

    Maju terus Indonesiaku…!!!!!

    Wassalam..

  48. Pada artikel pengembangan khusus untuk siswa CI/BI
    Saya merespon positif pada apa yang telah Asosiasi CI/BI lakukan pada anak-anak cerdas dan berbakat. Mereka berhak mendapat pelayanan pendidikan secara khusus, yang saat ini trend dengan sekolah layanan khusus, dimana berperan dalam mendidik anak-anak cerdas dan berbakat. Penanganan pada anak yang berkatagori khusus ini sebaiknya juga ditunjang dengan kemampuan guru, yang tentunya mampu beradaptasi dan memiliki kompetensi yang baik dalam memberikan pembelajaran pada anak CIBI. Mungkin saya setuju untuk saat ini program penanganan untuk anak CIBI dituangkan dalam produk pendidikan yaitu kelas akselerasi, seperti yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya. Saya harapkan kembali selain kelas akselerasi sebaiknya diadakan pula pengenbangan secara individual terhadap bakat dan minat khusus yang dimiliki oleh anak CIBI sehingga bisa mengarahkan mereka kedepan pada kemampuan apa yang mereka miliki. Setidaknya menjadikan mereka lebih trampil, inovatif dan mampu mencetak suatu produk atau hal baru yang menjadikannya duni pendidikan Indonesia semkin maju.
    Sekian komentar saya terimakasih.

  49. Saya setuju dan sependapat dengan hal ini
    menimbang pendidikan Indonesia yang sekarang terbilang tertinggal dan kurang pengembangan
    Hal seacam ini justru nantiNya dapat mendidik siswa hingga mampu menjadi individu yang Modern, Inovatif dan Kreatif. Tak Luput dari perkembangan jaman pendidikan harus terus diPerhatikan tanpa pandang bulu. Siswa Jangan diBeda-bedaKan antara yg terdepan dan yg terbelakang, justru yg terbelakang harus lebih diUtamakan untuk menciptakan keseimbangan. Karena pikiran seorang siswa jaman sekarang selalu berdasarkan empiris bukan rasionalis, maka kwalitas dari motivasi diri pun harus diAnggap serius antara deduktif dan induktif. Jika hal-hal tersebut sudah dapat diKatakan Homeostasis, baruLah kita dapat mengartikan dan mengarahkan pendidikan dari segi Ontologi, Aksiologi, maupun Epistemiologi maka dari itu pada akhirNya pendidikan yg terdepan dpt diWujudkan, terima kasih.

  50. Kebanyakan dari Siswa CI/BI di persiapkan untuk lebih cepat menyelesaikan program. Seharusnya mereka diarahkan untk mengembangkan potensinya. Semoga dgn pelaynan ini tdk membuat diskriminasi kpd siswa reg. Dgn d bentuk ny asosiasi ìni, di harapkan dpt mewadahi & mengembangkan potensi yg ad dari siswa yg bersangkutan. Karena siswa CI/BI merupakan salah satu SDM yg berkualìtas sbg generasi penerus bangsa ini. Generasi yg cerdas pikiran, akhlak, & hatinya. Dan berbakat utk memajukan bangsa.

  51. Setiap anak yang terdeteksi oleh dokter tumbuh kembang jika mempunyai penyimpangan perkembangan, perlu mendapatkan layanan oleh lembaga ini, agar guru dan orang tua dapat memberikan cara-cara pendidikan yang sesuai bagi kekhususannya

  52. Menurut saya, pengembangan anak CI/BI sangat baik, karena anak yang tergolong cerdas itu akan dapat berkreasi lebih tinggi lagi, dan sangat memerlukan bantuan dengan adanya wadah yaitu sekolah khusus. Tentunya sekolah sangat berperan penting, apalagi tenaga kerja yang disebut pendidik. Diharapkan tenaga kerjanya juga harus profesional, maka perlu dibuat asosiasi bagi pendidik CI/BI. Saya sangat mendukung dan berharap agar setiap sekolah akan mengadakan kelas khusus bagi siswa CI/BI dan tujuan, juga fungsinya benar – benar terealisasikan .

    Terima kasih

  53. program akselerasi ini sangat efektif terhadap pengembangan potensi bagi siswa yang memiliki CI/BI. serta telah banyak juga cara pengembangan diri siswa CI/BI. namun, ada satu masalah sosial yang perlu digaris bawahi seperti yang telah dicantumkan pada artikel diatas bahwa rendahnya kecakapan sosial siswa dan cenderung asing terhadap lingkungannya sendiri. seharusnya, siswa yang mempunyai CI/BI itu lebih tau arahan mereka, bagaimana cara mereka untuk dapat bersosialisasi yang baik terhadap lingkungan sekitarnya. sehingga kekhawatiran adanya batasan-batasan atau perbedaan antara siswa CI/BI dengan siswa yang biasa-biasa saja tidak terjadi. bagaimana solusi untuk menyikapi hal tersebut?, sementara telah banyak peran serta pemerintah dan masyarakat yang terhimpun dalam program akselerasi ini.

  54. Sungguh mulia, cita-cita dari Asosiasi CI/BI, yaitu untuk membangun pendidikan menjadi yang lebih baik untuk semua. Melalui program akselerasi, yaitu suatu program yang memberi kesempatan kepada siswa yang memiliki kemampuan di atas rata-rata untuk menyelesaikan program studi lebih cepat.
    Saya pribadi menyetujui adanya kelas akselerasi bagi anak-anak CI/BI, dengan adanya akselerasi belajar, siswa yang berkemampuan tinggi dapat mempelajari seluruh materi pelajaran dengan melampaui atau lebih cepat dari siswa yang lainnya.
    Selama ini, strategi penyelenggaraan pendidikan bersifat klasikal-massal, memberikan perlakuan yang standar (rata-rata) kepada semua siswa, padahal setiap siswa memiliki kebutuhan yang berbeda. Akibatnya, siswa yang memiliki kemampuan dan kecerdasan di bawah rata-rata, karena memiliki kecepatan belajar di bawah kecepatan belajar siswa lainnya, akan selalu tertinggal dalam mengikuti kegiatan belajar-mengajar; sebaliknya, siswa yang memiliki kemampuan dan kecerdasan di atas rata-rata, karena memiliki kecepatan belajar di atas kecepatan belajar siswa lainnya, akan merasa jenuh, sehingga sering berprestasi di bawah potensinya (under achiever).
    Agar siswa yang memiliki kemampuan dan kecerdasan luar biasa dapat berprestasi sesuai dengan potensinya, diperlukan pelayanan pendidikan yang berdiferensiasi, yaitu pemberian pengalaman pendidikan yang disesuaikan dengan kemampuan dan kecerdasan siswa; dengan menggunakan
    kurikulum yang berdiversifikasi, yaitu kurikulum standar yang diimprovisasi alokasi waktunya sesuai dengan kecepatan belajar dan motivasi belajar siswa.
    Hal ini sejalan dengan amanat Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), yang tertuang dalam Garis-garis Besar Haluan Negara tahun 1999, bahwa arah kebijakan pendidikan antara lain adalah melakukan pembaharuan sistem pendidikan termasuk pembaharuan kurikulum, berupa diversifikasi kurikulum untuk melayani keberagaman peserta didik. Setiap peserta didik mempunyai hak menyelesaikan program pendidikan lebih awal dari waktu yang ditentukan.
    Semoga, program akselerasi yang dilaksanakan di Indonesia, berjalan dengan baik, sesuai dengan tujuan pendidikan. Tentunya, untuk mencapai hal tersebut, dibutuhkan dukungan dari pihak yang terkait, Pemerintah, Lembaga Pendidikan, Orangtua murid, dan murid-murid itu sendiri.

  55. Yeni Setiawati
    MP 07 A
    FIP UNJ

    Menurut saya pendidikan anak berkebutuhan khusus ( inklusif ) seperti anak – anak CI/BI harus lebih diperhatikan. Anak – anak seperti mereka sangat memerlukan pendidikan yang lebih kondusif dan kelas akselerasi bukan satu – satunya jalan keluar untuk mereka. Karena kebanyakan penyelenggaraan kelas semacam itu hanya memuat kurikulum yang dipadatkan dalam waktu yang singkat. Padahal itu tidak berarti baik bagi mereka. Seharusnya mutu pendidikan harus menjadi prioritas utama dalam setiap pelaksanaan KBM / pendidikan. Dan saya harap pemerintah, pihak sekolah, pembuat kebijakan juga pelaksana pendidikan mampu menyaring ulang sistem pendidikan agar tepat guna dan tepat sasaran . Karena pendidikan adalah aset besar negara.

  56. sedikit terkesan ekslusif menurut saya dalam hal ini, namun untuk mengembangkan kreatifitas dari anak cerdas atau berbakat (CI/BI), sangat diperlukan karena dari sanalah dikatakan bahwa anak-anak bangsa diharapkan bisa meraih prestasi, disamping itu kita masih belum mumpuni khususnya pemerintah dalam menyelenggarakan program-program untuk anak cerdas/berbakat. sedangkan untuk menghilangkan kesan bahwa anak cerdas/berbakat itu ekslusif sangat diperlukan sehingga tidak menimbulkan sisi negatif, hal inilah yang perlu kita pikirkan sekarang.

  57. saya sependapat dengan artikel diatas,memang anak yang yang memiliki potensi cerdas istimewa (CI) harus mendapat perlakuan khusus agar potensinya itu tidak terabaikan.agar potensi itu tidak terabaikan kita selaku calon pendidik harus dapat melihat potensi-potensi yang ada di dalam anak didik.
    tetapi di samping itu ,dalam pengadaan program akselerasi ini, pemerintah harus mempunyai acuan standar yang meliputi kelayakan sarana dan prasarana,tenaga pengajar dan kurikulum. sehingga sekolah yang ingin mengadakan program akselerasi tidak hanya mementingkan popularitas sekolah semata tetapi sekolah juga harus memikirkan siswanya juga .

  58. Comment :
    Seperti yang telah dipaparkan dalam UU Sisdiknas dalam pasal 33 bahwa pendidikan khusus merupakan pendidikan bagi peserta didik yang memiliki tingkat kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran karena kelainan fisik, emosional, mental, sosial, dan/atau memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa. Maka disini perlu adanya lembaga pendidikan yang benar-benar konsen dalam mengembangkan pendidikan bagi peserta didik berkebutuhan khusus ini.
    Asosiasi CI/BI hadir sebagai salah satu wadah yang bisa dijadikan pusat pengembangan bagi anak-anak berkebutuhan khusus ini (khususnya untuk anak cerdas dan bakat istimewa). Karena pada dasarnya anak-anak ini perlu di fasilitasi oleh lembaga tersebut untuk dapat mendorong serta mengembangkan potensi kecerdasan yang mereka miliki secara maksimal agar dapat menciptakan karya dan prestasi gemilang sehingga anak-anak tersebut dapat menjadi salah satu aset bangsa yang bermanfaat untuk kemajuan bangsa Indonesia.
    Menurut saya selain layanan pendidikan untuk anak CI diwujudkan dalam bentuk program akselerasi yang dilakukan di sekolah-sekolah mulai tingkat SD, SMP sampai SMA, mungkin juga bisa dilakukan pengembangan bakat secara intensif di luar kegiatan sekolah sehingga dapat memaksimalkan potensi dan bakat dari peserta didik.

    Jika Asosiasi CI/BI bisa sukses dengan program-program pendidikannya, apakah nantinya akan ada Asosiasi yang bisa membantu mengenai masalah pendidikan untuk anak-anak berkebutuhan khusus yang berkelainan fisik, emosional, mental, dan sosial juga???

  59. Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Menurut saya , program kelas akselerasi bagi anak CI di Indonesia saat ini belum tepat karena ada kecenderungan bahwa anak akan dituntut untuk berperilaku sesuai dengan lingkungan yang pada umurnya jauh di atas mereka. Mungkin secara pendidikan ia dapat mengimbangi,namun secara psikologis ia belum siap untuk bersosialisasi dengan teman-teman. Anak-anak CI harus juga mendapat bimbingan psikologis agar ia tidak merasa terkucilkan karena umurnya yang biasanya masih amat muda.
    Wassallamualaikum wr wb

  60. Tujuan dari pembentukan Asosiasi Penyelenggara, Pengembang dan Pendukung Pendidikan Khusus untuk anak Cerdas Istimewa/Bakat Istimewa yang disingkat Asosiasi CI/BI sangat baik dan bermanfaat bagi anak yang memiliki kecerdasan istimewa/bakat istimewa. Ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas SDM Indonesia.

    Anak-anak yang memiliki memiliki cerdas/bakat istimewa mungkin merasa bersyukur karena mereka mempunyai kemampuan yang lebih dari teman-teman yang lainnya. Mereka sangat membutuhkan pengarahan yang baik dan benar agar kemampuan yang mereka miliki bias dikembangkan untuk memajukan bangsa ini, karena mereka merupakan aset Negara yang tak ternilai harganya sebagai generasi penerus bangsa ini.

    Saya sangat mendukung atas terbentuknya asosiasicibi nasional yang, kita harus bekerja keras untuk memfasilitasi anak-anak yang memiliki cibi. Disini pemerintah sangat berperan penting untuk mendukung kegiatan yang dilakukan oleh asosiasi ini dan sebagai motivator. Diperlukan juga tenaga pengajar/guru yang berkualitas untuk mengajakan anak yang memiliki potensi cibi ini. Guru harus bisa menjadi fasilitator untuk mereka.

    Saya berharap setiap sekolah ada kelas akselerasi untuk menampung siswa yang memiliki bakat/cerdas istimewa. Apabila mereka tidak diberikan bimbingan khusus, yang saya khawatirkan mereka akan menggunakan kecerdasannya untuk hal-hal yang tidak baik.
    Saya punya sedikit saran, untuk para siswa yang akan masuk dalam sekolah diadakan test khusus untuk menjaring siswa yang memiliki bakat/cerdas istimewa, sehingga mereka bisa mendapatkan pendidkan sesuai dengan kemampuan dan bakat yang mereka miliki dan mereka juga bisa mengembangkan kemampuannya.

    HIDUP PENDIDIKAN INDONESIA !!!!!

  61. Assalamu”alaikum…

    Dengan adanya Lembaga CI/BI Nasional sangat membantu para siswa yang dianugerahi Tuhan dengan memiliki kelebihan atau kekurangan secara fisik dan intelektual. Lembaga ini terbentuk bukan atas dasar diskriminasi terhadap para siswa2 tersebut tetapi justru banyak membantu mereka dalam perkembangan pribadi, psikologis dan lingkungan yang tidak dapat disamakan dengan siswa2 biasa.

    Saya sangat mendukung dan setuju dengan adanya lembaga CI/BI ini. Karena keberadaannya sangat bermanfaat untuk perkembangan potensi siswa CI/BI agar dapat mudah ditemukan dan diarahkan potensinya salah satunya dengan adanya kelas akselerasi. Secara psikologis, mereka juga tidak dapat disamakan dengan siswa2 biasa karena untuk siswa CI, teman2 yang merasa kurang IQ darinya akan merasa terdiskriminasi dengan keunggulan temannya. Sedangkan untuk siwa BI, perlu adanya pemisahan karena secara kebutuhan fisik dan intelektual mereka berbeda dengan siswa biasa karena perkembangannya yang lambat.

    Lembaga ini juga diharapkan dapat memberikan layanan pendidikan yang bermutu sesuai dengan kebutuhan siswa CI/BI.

    Selamat berjuang Saudara2 di CI/BI…..Kami para mahasiswa yang berjuang di Pendidikan akan selalu mendukung untuk kemajuan pendidikan di Indonesia!!!

    Wassalamu’alaikum

  62. Nama : Ramadani Arifin
    No Reg : 5215 08 5055
    Program : Non regular

    menurut saya, dengan adanya kelas akselarasi untuk anak CI di indonesia, sangat baik untuk potensi yang di milikinya, karena potensi yang di milikinya dapat berkembang dan menambah potensi menjadi lebih baik. di jepang sepengetahuan saya, anak2 yang memiliki intelegensia tinggi, diprhatikan secara serius dan merupakan aset negara bahwa negara tersebut mempunyai sistem pemerintahan pemulihan secara terus menerus.salah satunya pendidikan yang high end. kita juga tdak mau kalah, dengan dukungan ASCI/BI, mudaha2an tidak kalah kualitasnya dengan anak2 negeri. saran saya sarana dan prasaranalah yang menjadi dukungan untuk pemembangan potensi anak dan yang paling utama adalah pendidikan agamanya-lah yang menjadi panglima dalam kehidupan masa depannya dan prajuritnya adalah akal, hati, dan kelima indera kita serta anggota tubuh lainnya, merupakan alat untuk berkarya dan berinovasi sesuai dengan bakatnya masing2

  63. Saya bersyukur menemukan informasi sangat berharga ini, berarti peluang sangat terbuka untuk anak saya mendapatkan kesempatan mengembangkan bakat dan kecerdasan terbaiknya anugerah dari Allah.

    Terimakasih yang sebesar-besarnya pada pemerhati dan penggagas situs ini. Kemuliaan ini merupakan anugerah dan insya Allah mendapatkan kebahagiaan karena begitu ikhlasnya, amin.

    Salam,

    Toto Priyana

  64. Assalamualaikum wr wb,

    saya baru membaca artikel Assosiasi CI/BI, yang menurut saya terlihat memahami kondisi anak CI/BI.

    bulan juni 2008 lalu, saya memutuskan memindahkan putri saya dari kelas akselerasi SMP ke sekolah lain dan memasukkannya ke kelas regular.

    saya punya pertanyaan : apa langkah kongkrit dari asosiasi ini bila ada murid akselerasi di smp yang tidak mendapatkan kualitas pengajaran yang optimal, sehingga murid tersebut merasa tertekan?

    Potensinya tidak muncul, akademik merosot, dan yang dirasakan adalah motivasi yang menurun untuk ke sekolah sehingga secara mental ia drop. Hal ini disebabkan oleh kualitas guru (yang nyatanya belum siap menghadapi anak aksel), proses seleksi penerimaan calon murid aksel yang kurang tepat menggambarkan putri saya, lemahnya koordinasi diantara team akselerasi sekolah itu untuk segera menangani putri saya.

    sekolah berulangkali menolak permintaan saya untuk memindahkan putri saya dari akselerasi ke reguler. setelah berlangsung 3 semester, sekolah baru mengijinkan tetapi tidak jelas program intervensi apa yang akan mereka lakukan terhadap putri saya.

    fyi. putri saya dinilai secara IQ-139 skala weschler, creativity quetiont – cukup tinggi, task commitment – cukup tinggi.

    keputusan saya memindahkan dengan banyak alasan, salah satunya bahwa saya amat percaya bahwa adalah hak putri saya untuk mendapatkan pendidikan yang baik dalam kondisi dimana ia bisa tampil optimal, bukan dijadikan ‘percobaan’ sistem akselerasi.

    alhamdulillah ia sekarang di kelas reguler di smp lain, telah menunjukkan potensinya baik secara sosial, mental maupun akademis. namun peristiwa bergabung di akselerasi, tetap berada pada ingatannya. sesuatu yang tidak menyenangkan.

    terimakasih

  65. umi karolina
    pend.tn reg 07
    8135072773
    menurut saya,saya sangat setuju sekali dengan diadakannya sekolah khusus bagi anak yang memiliki kecerdasan istimewa yang diselenggarakan olek CI/bI..
    tapi tidak hanya anak-anak yang memiliki kecerdasan istimewa saja yang perlu diperhatikan,,anak-anak yang biasa saja malah sangat perlu diperhatikan..
    supaya mereka bisa lebih mengembangkan potensinya dan bakatnya.

  66. sri rahayu
    8135072789
    Pend. tata Niaga Reg’07

    aslm..
    sebernya anak cerdas di Indonesia ini cukup banyak tetapi karena kurangnya dukungan dari pemerintah untuk menyediakan sekolah-sekolah khusus bagi anak-anak CI maka pertumbuhan dan perkembangan potensi anak CI dapat sedikit terganggu karena anak yang memiliki kemampuan CI,si anak CI merasa sulit mengembangkan potensi dan bakat yang dimiliki meraka. Sebernya kelas akselerasi memang salah satu faktor pendukung untuk mengembangkan potensi anak yang memiliki kemampuan CI tetapi di Indonesia belum banyak sekolah-sekolah yang mengadakan program tersebut.
    maka dari sinilah bagi semua elemen pendidikan harus lebih selektif dan memperhatikan perkembangan pendidikan di Indonesia.

  67. Saya merespon positif pada apa yang telah Asosiasi CI/BI lakukan pada anak-anak cerdas dan berbakat. Mereka berhak mendapat pelayanan pendidikan secara khusus, yang saat ini trend dengan sekolah layanan khusus, dimana berperan dalam mendidik anak-anak cerdas dan berbakat. Penanganan pada anak yang berkatagori khusus ini sebaiknya juga ditunjang dengan kemampuan guru, yang tentunya mampu beradaptasi dan memiliki kompetensi yang baik dalam memberikan pembelajaran pada anak CIBI. Mungkin saya setuju untuk saat ini program penanganan untuk anak CIBI dituangkan dalam produk pendidikan yaitu kelas akselerasi, seperti yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya. Saya harapkan kembali selain kelas akselerasi sebaiknya diadakan pula pengembangan secara individual terhadap bakat dan minat khusus yang dimiliki oleh anak CIBI sehingga bisa mengarahkan mereka kedepan pada kemampuan apa yang mereka miliki. Setidaknya menjadikan mereka lebih trampil, inovatif dan mampu mencetak suatu produk atau hal baru yang menjadikannya duni pendidikan Indonesia semkin maju.

  68. pengembangan pendididikan khusus….
    bagi anak anak yang berprestasi perlu diperhatikan…
    agar dapat lebih optimal….
    dan dapat bersaing dengan anak-anak bangsa lainnya….yang nantinya dapat mengharumkan tanah air ini,,,,

  69. Muhammad Rizki Hakiki
    8135072794
    Pend. Tata Niaga Reguler 2007

    Menurut pendapat saya, anak yang memiliki potensi cerdas istimewa perlu mendapatkan pendidikan khusus, yang diarahkan untuk pengembangan potensi yang ada agar dapat diwujudkan dalam bentuk karya atau prestasi. Tetapi cara mewujudkannya bukan hanya dengan mengandalkan pada pengadaan kelas akselerasi, karena dengan adanya kelas akselerasi kecakapan sosial siswa masih rendah, sehingga cenderung mereka menjadi asing dengan lingkungan dan tidak peduli dengan lingkungan sekitar. Jadi, pemerintah harus mencari cara lain guna mewujudkan potensi anak-anak cerdas istimewa.

  70. di Indonesia dengan begitu banyaknya masyarakat yang beranekaragam tidaklah mengherankan jika terdapat anak yang cerdas dan berbakat istimewa.
    kita patut bangga dengan hal ini.
    tetapi dengan bangga saja tidak akan cukup tetapi harus ada jalan untuk mengembangkan kecerdasan mereka dengan lebih baik lagi.
    salah satunya yaitu dengan mendirikan sekolah khusus. hal ini tidak berlebihan dan tidak bertentangan karena sudah diatur dalam undang-undang.
    peran serta pemerintah menjadi bagian sentral karena berperan sebagai penentu keputusan.
    perintah wajib menyediakan fasilitas pendidikan yang terjamin mutunya dan terjangkau bagi masyarakat luas.
    mudah-mudahan denagn terus berkembangnya sekolah bagi siswa yang berbakat istimewa, Indonesia lebih mempunyai kedudukan lagi dalam dunia pendidikan di dunia.

  71. Dwi Yunita
    8135077965
    Pend.Tata NiagaNR’07

    Anak yang memiliki kecerdasan diatas rata-rata sangat perlu untuk mendapat perhatian khusus, seperti mendapatkan pendidikan Layanan Khusus yang dapat mengarahkan kecerdasan mereka menjadi sebuah prestasi yang dapat dibanggakan dikemudian hari. tapi nyatanya, pendidika layanan khusus ini belum memadai dan belum bisa berjalan sebagaimana mestinya.

  72. Aji Saputra
    8135072796
    TN Reg’07

    menurut saya kelas akselerasi memang diperlukan ,supaya anak yang memiliki kecerdasaan tinggi lebih bisa bersaing dengan anak-anak yang memiliki kecerdasaan yang sama dengannya dan tidak menimbulkan rasa jenuh pada anak tersebut.
    Dan Program CI/BI sangatlah membantu dalam hal ini.

  73. liza sabriani
    8135072797
    tn reg 07

    menurut pendapat saya :
    saya setuju dengan diadakannya kelas akselerasi kerena bisa mengembangkan potensi anak menjadi efektif dan efisien.jangan cuma sekolah negeri saja yang mengadakan kelas akselerasi tapi berikan kesempatan kepada sekolah swasta.gak semua sekolah swasta itu tidak berbobot.ada sekolah swasta yang bagus dan bernilai tinggi seperti sekolah negeri lainnya.

  74. Menurut pandangan saya, asosiasi CI/BI sangat dibutuhkan dalam proses pendidikan.
    Dengan diadakannya program “kelas akselerasi” ini, siswa dapat mengembangkan sesuai bakat dan minat yang dimiliki oleh setiap anak CI/BI.
    Tetapi, apakah kelas akselerasi ini sudah optimal ?

    Saya mengharapkan agar program ini adalah momen yang tepat untuk membangkitkan dunia pendidikan kita, tapi tidak hanya untuk anak CI/BI saja, melainkan untuk semua penduduk indonesia yang berhak mendapatkan pendidikan.

  75. Program “kelas akselerasi” bagi anak CI/BI di Indonesia sangat bermanfaat bagi peserta didik yang ingin mengembangkan bakatnya, karena salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas SDM Indonesia dalam dunia Pendidikan.
    Tetapi, apakah “kelas akselerasi” ini sudah optimal?

  76. saya setuju dengan diadakannya kelas akselerasi… namun diharapkan tidak ada kecemburuan antara anak-anak di kelas khusus tersebut dangan anak-anak yang berada di kelas reguler…

    aditya septiadi a
    8135072783
    tN reg 07

  77. menurut saya program yang diadakan oleh CI/BI sangatlah baik, sangat membantu anak-anak yang memiliki kecerdasan yang lebih dengan adanya program ini anak bisa mengembangkan potensinya lebih baik lagi…
    mudah-mudahan program ini dapat dinikmati oleh semua siswa yang memiliki kecerdasan lebih karena setahu saya siswa yang tidak memiliki biaya tidak bisa menikmati hal-hal yang seperti itu.

  78. Nama : Adinda Chaniago
    NIM : 8135077981
    Konsentrasi : Pend. Tata Niaga Non Reg’07

    Pendidikan khusus sangat di butuhkan untuk menampung siswa-siswa yang cerdas dan berbakat, dengan adanya pendidikan khusus ini, anak-anak yang cerdas dan berbakat dapat terpenuhi dengan baik.

  79. menurut saya, dengan adanya program khusus Ci/Bi ini sangat bagus bagi pendidikan di Indonesia sebab anak cerdas istimewa ini merupakan aspek bangsa yang harus dipelihara. jadi, Pemerintah harus mendukung program ini.

  80. Sungguh mulia, cita-cita dari Asosiasi CI/BI, yaitu untuk membangun pendidikan menjadi yang lebih baik untuk semua. Melalui program akselerasi, yaitu suatu program yang memberi kesempatan kepada siswa yang memiliki kemampuan di atas rata-rata untuk menyelesaikan program studi lebih cepat.
    asalkan siswa-sisw berprestasi itu bs mengikuti perkembangannya

  81. menurut saya memang sebaiknya anak-anak yang memiliki CI/BI memang seharusnya tidak hanya dimasukkan ke dalam program akselerasi saja melainkan dimasukkan kedalam sekolah inklusif yang benar-benar khusus menangani anak-anak yang memiliki kelebihan dengan guru-guru yang handal dibidangnya.Anak yang memiliki kecerdasan diatas rata-rata sangat perlu untuk mendapat perhatian khusus, seperti mendapatkan pendidikan Layanan Khusus yang dapat mengarahkan kecerdasan mereka menjadi sebuah prestasi yang dapat dibanggakan dikemudian hari.

  82. saya sangat setuju dengan adanya suatu asosiasi yang bergerak dibidang pendidikan terutama dalam penanganan anak cerdas agar bisa lebih berkembang namun diperlukan juga tenaga pengajar/guru yang berkualitas untuk mengajakan anak yang memiliki potensi cibi ini. Guru harus bisa menjadi fasilitator untuk mereka.

    saat ini banyak sekolah-sekolah yang bertaraf internasional yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan..

    Saya harap semua program-program tersebut dapat terealisasi dengan baik, sehingga tujuan untuk mewujudkan pendidikan Indonesia yang maju di masa depan akan tercapai.

  83. saya setuju dengan diadakannya sekolah khusus bagi anak yang memiliki kecerdasan istimewa yang diselenggarakan oleh CI/bI.. karena dengan adanya sekolah tersebut dapat mengikuti perkembangan zaman yang ada… akan tetapi tidak hanya anak yang memiliki kecerdasan yang istimewa diperhatikan tetapi anak yang biasa saja juga perlu diperhatikan

  84. saya sangat setuju dengan diadakannya program sekolah bagi anak yang memiliki kecerdasan istemewa…
    semoga dengan di adakannya program tersebut tidak terjadi kesenjangan antara anak yang memiliki kecerdasan istimewa dengan yang tidak.

  85. Dengan adanya asosiasi CIBI diharapkan berperan aktif dalam dunia pendidikan, tidak hanya untuk saat ini, tetapi untuk selamanya.
    Anak-anak cerdas istimewa berhak untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Selain itu, agar kemampuan yang mereka miliki dapat terasah dengan baik, diperlukan SDM yang berkualitas, agar kecerdasan dan bakat yang mereka miliki dapat bermafaat dalam dunia pendidikan Indonesia.

    Dwi Restuwanty
    8135077989
    Pend. Tata Niaga (Non Reg)

  86. saya amat mendukung program yang di canangkan ole CI/BI. dengan mengadakan sekolah akselerasi, namun dalam hal ini, agar lebih berkualitas untuk membentuk SDM nya perlunya tenaga pendidik yang berkualitas juga, guna memajukan pendidikan di indonesia yang masih perlu banyak perhatian.

  87. AsSalamua’laikum wr. wb . .
    sebenarnya saya sangat dukung niat tersebut.
    yaitu membuat sekolah khusus untuk anak-anak yang berbakat dan istimewa.

    tapi yang saya khawatirkan tidak semua anak yang berbakat dalam artian anak yang berbakat dengan ekonomi yang kurang tidak dapat
    mengenyam/merasakan pendidikan tersebut.
    padahal, mereka itulah yang memiliki potensi yang sangat luar biasa.
    semoga dengan adanya program ini dapat membantu mereka yang tidak mampu. hingga menjadi anak-anak yang berintelektual tinggi.

    besar harapan saya agar semua rencana/niat tersebut dapat memajukan anak didik bangsa.
    dengan sarana dan prasarana yang mununjang.
    sekian,
    WasSalam wr. wb. . . .

    TRI RIZKY AMBARWATI
    8135077972
    Pend TN NR’07

  88. dalam hal ini jangan hanya anak yang mempunyai kecerdasan yang istimewa saja yang diberikan perhatian tetapi juga anak biasa pun perlu diperhatikan. CI/BI yang akan mengadakan sekolah khusus bagi anak yang mempunyai kecerdasan istimewa ini harus di dukung agar program tersebut dapat terlaksana dengan baik.

  89. Mengingat bahwa anak CIBI merupakan potensi besar yang harus dikembangkan, maka pembentukan ASOSIASi CIBI merupakan satu langkah yang tepat dalam mewujudkan pendidikan indonesia yang maju. Diharapkan asosiasi ini dapat mengkoordinir, mengembangkan, dan memajukan potensi-potensi yang ada sehingga terwujudnya suatu sistem pendidikan indonesia yang dinamis. Dan akhirnya sebagai bangsa kita mampu menjadi bangsa yang maju di semua bidang kehidupan. Satu harapan dari saya adalah agar ini adalah momen yang tepat untuk membangkitkan dunia pendidikan kita, karena dari sesuatu yang kecil itulah kita bisa bangkit. Tidak hanya untuk anak CIBI tetapi untuk semua penduduk indonesia yang berhak mendapatkan pendidikan.

  90. menurut saya pemerintah harus menyiapkan sekolah khusus bagi mereka jadi mereka tidak sekolah di sekolah Umum ataupun swasta jadi ada wadah yang mampu mengembangkan bakat-bakat mereka, didukung dengan tenaga pengajar (Guru) yang profesional, cakap, terampil dalam menangani serta mendidik anak yang istimewa tersebut. Terlebih dengan kemajuan teknologi di era Globalisasi ini dapat lebih memaksimalkan dan memacu perkembangan mereka lebih maksimal dan efektif, serta pastinya didukung oleh sarana dan prasarana, manajemen yang profesional, dan pihak-pihak terkait yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

  91. diaz priasmoro
    pend.Tata Niaga Non Reg 07
    8135077958

    organisasi ini baru saya ketahui namun tujuan dari organisasi sangat bagus sekali.
    organisasi ini membantu pemerintah dalam memberikan masukan-masukan terhadap masa depan pendidikan di Indonesia.
    apalg dengan ada nya kelas akselerasi ini.
    kemampuan anak semakin terlihat dan harus dibantu dalam pengembangan kemampuan nya tersebut.
    tp, apakah di setiap sekolah-sekolah sudah menerapkan program akselerasi ?????

  92. saya sangat setuju dengan diadakannya program sekolah bagi anak yang memiliki kecerdasan istemewa…
    semoga dengan di adakannya program tersebut tidak terjadi kesenjangan antara anak yang memiliki kecerdasan istimewa dengan yang tidak…
    saya juga berharap dengan adanya program CI/BI dapat membawa pendidikan ke arah yang lebih maju lagi..
    pemerintah juga tidak hanya memfokuskan pada anak yang cerdas saja tetapi pemerintah juga harus menggali kemampuan anak yang kurang cerdas juga..
    semoga program ini dapat terealisasikan dengan baik..

  93. yuni sri w(8135077970)
    Pend.Tata Niaga NR’07

    kita patut bangga dengan banyaknya anak yang memiliki kecerdasan tapi tidak diimbangi dengan pemerintah yang kurang memperdulikannya .Dan saya setuju dengan adanya pendidikan layanan khusus bagi anak cerdas karena lebih memotivasi anak tersebut .

  94. irma manalu
    pend.tata niaga 07
    8135072764

    Menurut saya pendidikan khusus bagi anak anak CI memang sangat bagus untuk dilakukan karena dengan adanya pelayanan pendidikan khusus bagi mereka, mereka dapat lebih mengembangkan potensi diri mereka masing-masing. Sehingga mereka bisa lebih kreatif dan inovatif dalam belajar. selain itu kemampuan intelektual yang mereka miliki dapat lebih berkembang lagi dan pola pikir mereka pun lebih maju.

  95. asosiasi CIBI….
    baik sekali tugasmu…
    progaram akselarasi sangat membantu bagi anak” CI/BI, karena mereka dapat meningkatkan kecerdasan lebih dalam lagi.

    harapan saya progaram ini dapat merata di seluruh wilayah indonesia…..

  96. Anak CI berhak mendapatkan pendidikan khusus, yang diarahkan untuk pengembangan potensi yang ada. Selama ini layanan pendidikan untuk anak CI diwujudkan dalam bentuk program akselerasi yang dilakukan di sekolah-sekolah mulai tingkat SD, SMP sampai SMA. Program akselerasi yang dilakukan lebih diarahkan pada percepatan penyelesaian masa studi. Tetapi banyaknya hambatan untuk meneruskan program akselerasi ini seperti rendahnya kecakapan sosial siswa, dan tidak semua siswa dikelas akselerasi memenuhi kriteria psikologis IQ, kreativitas, dan task comment. Juga masalah lainnya adalah sebagian besar guru tidak disiapkan untuk mengajar di program akselerasi, serta karakteristik psikologi guru tersebut kurang cocok untuk melayani anak ini dan penugasan guru untuk mengajar program akselerasi dilakukan secara bergantian. Suda saatnya hambatan tersebut diselesaikan melalui penyelenggara, pengembang, serta pendukung untuk lebih dan kompak lagi agar tidak ada lagi anak CI yg terlantarkan.

  97. Memang benar siswa CiBI harus memperoleh pendidikan khusus, karena mereka berbeda dengan siswa lain. sehingga mereka bisa lebih kompeten dalam proses pembelajaran sehingga bisa mengembangkan potensi yang mereka miliki.

  98. Memang benar siswa CiBI harus memperoleh pendidikan khusus, karena mereka berbeda dengan siswa lain. sehingga mereka bisa lebih kompeten dalam proses pembelajaran sehingga bisa mengembangkan potensi kecerdasan dan bakat istimewa yang mereka miliki.

  99. program akselerasi ini sangatlah bagus karena dapat meningkatkan motivasi belajar siswa agar dapat pelajaran yang lebih. sehingga mereka yang memiliki kecerdasan berusaha agar memperoleh layanan pendidikan tersebut. dengan adanya persaingan itulah yang memicu siswa untuk belajar sungguh-sungguh.

  100. kualitas pendidikan harus diperhatikan agar tidak tertinggal oleh negara – negara lain karena pendidikan menentukan kualitas dari suatu bangsa,,
    adanya program – program baru dari pemerintah tentu saya mendukung jika hal tersebut positif bagi kemampuan anak,,
    namun pemerintah jangan hanya merencanakan saja tetapi harus dilaksanakan dengan baik,,

  101. program aselerasi dan sekolah khusus bagi anak yang meniliki kecerdasan istimewa sangat baik, karena dengan adanya program ini anak-anak tersebut dapat memilikiwadah khusus yang dapat membantu perkembangan intelektual mereka.

  102. kelas khusus ataupun sekolah khusus memang sangat dibutuhkan bagi anak CI/BI..
    hal ini sangat pengting untuk menunjang pengembangan bakat ataupun potensi yang mereka miliki.. .

  103. Ada begitu banyak ide untuk mengembagkan CI/BI adalah harus adanya lembaga pendidikan khusus yang menerima CI/BI sebagai siswanya. atau pemerintah memberikan peraturan & kebijakan2 baru bahwa setiap sekolah diwajibkan adanya program khusus maupun kelas khusus untuk anak2 CI/BI.
    namun tidak hanya disitu saja permasalahannya! banyak permasalahan2 untuk mengembangkan CI/BI, yaitu tenaga pendidiknya, kurikulumnya, fasilitasnya, dan substansi2 apa yang diperlukan untuk anak2 CI/BI.. jadi seharusnya pemerintah harus memperhatikan permasalahan pendidikan yang salah satunya adalah program pendidikan khusus CI/BI…

  104. program-program yang terkait dengan pengembangan pendidikan khusus bagi anak CI memberikan multiplier effect pada pendidikan secara keseluruhan. ASOSIASI CI/BI mengamati langsung kesemua sekolah baik negeri maupun swasta bahkan sekolah2 yang kurang terkenal/kurang bagus harus diberikan bimbingan dan bantuan juga, karena disekolah swasta yang kecil itu terdapat siswa2 yang cerdas-cerdas juga loh.

  105. menurut saya layanan pendidikan untuk cerdas istimewa melalui program akselerasi merupakan suatu upaya peningkatan mutu pendidikan yang ada.namun, harus diikuti juga dengan perkembangan ilmu dan teknologi yang terus berkembang.akselerasi tidak membuat kecemburuan sosial tapi persaingan pendidikan yang sehat.

  106. Nancy Wijaya S
    8135072769
    Pend. Tata Niaga 07 (Reguler)

    sangat miris sekali perhatian pemerintah terhadap pendidikan anak istimewa ini. dari artikel di atas hanya 0.52% yang baru mendapat pelayanan khusus. seperti komenta-komentar sebelumnya, Pemerintah untuk masalah ini harus lebih tegas dan benar-benar konsentrasi untuk mengembangkan program pendidikan CI/BI. Kompetensi seperti yang dijelaskan diatas juga berfungsi sebagai tolak ukur keberhasilan program ini. dan pembanding antara proses pengajaran anak reguler dan akselarasi.

  107. pendidikan anak CI sangat baik bagi anak-anak yang memiliki kemampuan di bidangnya masing-masing. Karena dengan di adakannya program ini maka anak-anak yang memiliki kemampuan tersebut dapat diperhatikan oleh pihak yang berwenang.
    Tetapi kenyataannya, program ini tidak berjalan dengan baik. karena tidak dilaksanakan secara menyeluruh, sehingga pendidikan anak Ci ini tidak dirasakan oleh anak-anak yang membutuhkan.
    Saran saya sebaiknya pihak-pihak yang terkait dengan penyelenggaraan program ini harus bekerja secara maksimal, agar pendidikan anak CI ini dapat berjalan sebagaimana mestinya.

  108. Imam Punarko
    Pend. Tata Niaga 07
    8135072812
    Empat tujuan, yaitu: (1) meningkatkan kapasitas kelembagaan penyelenggara pendidikan khusus bagi peserta didik yang memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa, (2) Meningkatkan peluang bagi peserta didik yang memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa untuk memperoleh akses terhadap layanan pendidikan yang bermutu dan berkelanjutan, (3) Meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat akan pendidikan khusus bagi peserta didik yang memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa, (4) Mengembangkan jaringan informasi dan kerjasama.
    Dalam 4 tujuan ini kita dapat melihat bahwa masih kurangnya lembaga yang concern akan hal ini, selanjutnya masih kecilnya masukan potensi cerdas istimewa mendapatkan pendidikan yang sewajarnya, serta masih belum terpolanya jaringan antara sesame lembaga. Hal ini dapat di maklumi sebab masih sangat sedikit lembaga yang peduli akan hal ini. Sehingga perlu adanya perhatian khusus dalam salah satu bab dalam masalah pendidikan ini. Namun sosialisasi yang akan dan telah di jalankan terlihat adanya upaya untuk menyadarkan masyarakat akan hal ini.

  109. Yuni sri w
    8135077970
    Pend.Tata Niaga NR’07

    cita-cita dari Asosiasi CI/BI, yaitu untuk membangun pendidikan menjadi yang lebih baik untuk semua, Melalui program akselarasi tentunya dapat membantu sisiwa cerdas termotifasi . Meskipun masih baru,CiBi sudah menjadi insipirasi bagi yang lain untuk lebih mementingkan pendidikan .Karena dengan di adakannya program ini maka anak-anak yang memiliki kemampuan tersebut sehingga diperhatikan oleh pihak seperti CiBi.

  110. Menurut saya,
    Memang benar bahwa anak CIBI haruslah mendapat perhatian lebih daripada anak lainnya, mungkin banyak yang mengira bahwa anak CIBI adalah anak yang istimewa, dan karena mereka istimewa dan mempunyai kemampuan berfikir lebih daripada anak lainnya, maka mereka tidak memerlukan bimbingan lain. tanggapan itu tentu saja salah! Karena justru mereka, haruslah mendapat perhatian lebih baik dari masyarakat ataupun tenaga pendidik. Oleh karena itu saya setuju dengan adanya kelas akselerasi untuk para anak CIBI, tujuannya agar mereka mendapatkan wadah untuk mengembangkan bakat mereka. Untuk itu saya berharap agar kelas akselerasi yang diperuntukkan untuk siswa CIBI dapat terus berkembang. Agar semua anak bisa mendapat kesempatan yang sama.

  111. inne zulfanisa
    tata niaga reg 07
    8135072806
    saya sangat mendukung karena pendidikan bagi siswa CI/BI memang harus dikembangkan. Dengan adanya wadah atau asosiasi untuk siswa CI/BI yang tepat untuk siswa CI maka akan semakin terarah dengan jelas dan baik segala potensi yang berada dalam diri siswa tersebut.

  112. Gelda Meris Nike Safitra
    8135072807
    Pend.Tata Niaga Reg07

    Menurut saya….
    pendidikan anak CI sangat baik bagi anak-anak yang memiliki kemampuan di bidangnya masing-masing. Karena dengan di adakannya program ini maka anak-anak yang memiliki kemampuan tersebut dapat diperhatikan oleh pihak yang berwenang.Program akselerasi ini sangatlah bagus karena dapat meningkatkan motivasi belajar siswa agar dapat pelajaran yang lebih.
    Semoga program-program tersebut dapat terealisasi dengan baik, sehingga tujuan untuk mewujudkan pendidikan Indonesia yang maju di masa depan akan tercapai.

  113. Saya setuju dengan adanya program-program bagi anak-anak CI.
    namun didalam program akselerasi terkadang pihak sekolah hanya memanfaatkan adanya akselerasi untuk meningkatkan nama baik sekolah tanpa memikirkan kepentingan dan hal-hal yang harus digunakan dalam program pendidikan tersebut.
    sering kali hal ini terjadi di daerah-daerah terpencil.
    Banyak rekan-rekan peserta didik saya dahulu mengalami hal tersebut.
    Jadi pemerintah perlu mendirikan lembaga-lembaga yang mengawasi jalannya program-program tersebut agar berjalan dan sesuai dengan yang diharapkan.
    Bravo…

  114. RENDI MAISYAH LINO
    8135077994
    PEND.TATA NIAGA NON REG 2007

    Meurut saya, Dengan kemajuan teknologi di era Globalisasi ini dapat lebih memaksimalkan dan memacu perkembangan siswa agar lebih maksimal dan efektif, serta pastinya didukung oleh sarana dan prasarana, manajemen yang profesional, dan pihak-pihak terkait yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.Dan bagi anak-anak CI harus mendapat bimbingan psikologis agar ia tidak merasa terkucilkan karena umurnya yang biasanya masih amat muda.

  115. Assalamu’alaikum….

    Saya setuju dengan adanya program CI yang bisa dadakan di sekolah-sekolah dan dengan adanya program akselerasi tersebut mungkin itu juga akan sedikit membantu bagi anak didik yang memang memiliki kemampuan lebih dibandingkan anak-anak biasa…

    Dan anak CI berhak memang sudah sepantasnya mendapatkan pendidikan khusus tersebut, sebagai bahan untuk mengarahkan mereka dengan pengembangan potensi yang ada agar dapat diwujudkan dalam bentuk karya atau prestasi…
    Semoga saja penyelenggaraan pendidikan khusus bagi peserta didik yang memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa dapat tercapai sebagaimana mestinya.

    Wassalam..

  116. Menurut saya, pemerintah pun harus mampu mengembankan program-program yang lebh baik lagi karen dengan program-program pemerintah yang dirancang dengan lebih baik lagi akan mampu meghasilkan dan menciptakan hasil kepuasan tersendiri bagi siswa di Indonesia.

  117. Ichwan iskandar 8135072792 Pend.Tata Niaga 2007 Reg Mengelola anak yang memiliki kecerdasan yang lebih dibandingkan dengan anak-anak lainnnya sebenarnya sangat mudah bagi pihak sekolah,asalkan dari pihak sekolah itu didukung oleh sarana dan prasarana yang mendukung.Karena jika hal ini dapat terwujud maka lambat laun akan semakin banyaknya sekolah -sekolah di Indoonesia ini yang membuka kelas percepatan atau akselerasi maka dengan itu anak-anak yang memiliki kecerdasan khusus akan sangat terbantu dengan adanya jenis sekolah in.

  118. Anak CI memang harus dapat pendidikan khusus seperti program akselerasi ini dan sekaramg sudah banyak sekolah SD/SMP/SMA yang buka program percepatan penyelesaian studi untuk anak CI. Tapi sayangnya banyak sekolah tersebut (yang berstatus rintisan/berstandar internasional) juga menarik biaya yang istimewa (lebih mahal) dari kelas regular , jadi sayang bagi orang tua yang kurang mampu tidak sanggup bayar jika ingin memasukkan anaknya ke kelas akselerasi. Semoga asosiasi CI/BI bisa memperjuangkan sekolah khusus untuk anak CI gratis/terjangkau bagi orang tua kurang mampu yang mempunyai anak CI. Di pagar alam sumatera selatan sudah ada kelas unggulan untuk anak CI gratis tis, dapat jatah susu gratis di daerah lain belum tahu (kalo di semarang sih belum ada)

  119. Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Menurut saya, program kelas akselerasi bagi anak CI di Indonesia saat ini belum tepat karena ada kecenderungan bahwa anak akan dituntut untuk berperilaku sesuai dengan lingkungan yang pada umurnya jauh di atas mereka. Mungkin secara pendidikan ia dapat mengimbangi, namun secara psikologis ia belum siap untuk bersosialisasi dengan teman-teman. Anak-anak CI harus juga mendapat bimbingan psikologis agar ia tidak merasa terkucilkan karena umurnya yang biasanya masih amat muda. Kalaupun hal tersebut tetap dijalankan diharapkan pihak asosiasi dapat menyediakan media-media dan prasarana yang dapat mendukung dengan program tersebut karena seringkali hal tesebut hanya dapat diucapkan tanpa memberikan media-media yang optimal dalam program tersebut
    Wassallamualaikum wr wb

  120. kebetulan anak saya kelas VII saat ini, disekolahnya ditawarkan tes untuk mengikuti kelas aksel, dari beberapa temannya yang mengikuti dan berhasil dalam tes tersebut, menurutnya justru tidak seistimewa temannya yang justru tidak mengikuti tes aksel tersebut. Sekolah ini pada saat tes akademik untuk masuk beberapa tahap (kelas RSBI) dan kelas reguler dengan nilai UAN terendah 9,3. Jadi saya rasa harusnya seluruh siswanya termasuk cerdas dan berbakat,… jadi untuk apalagi kelas aksel tersebut…. dari paparan programnya ada bimbingan belajar yang khusus dengan jam pelajaran yang ditambah…. mungkin ini dapat menambah keseriusan dan kedisplinan anak…..

    Jadi seandinya program aksel ini benar-benar dapat menjaring anak cerdas dan berbakat (tidak harus akademik), tujuan dari program ini berhasil….

  121. bu Widi…
    istilah cerdas/berbakat istimewa itu sebnarnya tidak berhubungan langsung dengan istilah “istimewa”. itu terjemahan dari bahasa inggris” gifted-talented”.
    berdasarkan kajian psikologi..anak yang masuk kelompok gifted ini adalah mereka yang skor IQ nya berada pada kelompok very superior lalu task commitment dan kreativitasnya bagus.
    skor iQ itu tergantung alat tes yang digunakan.
    program akselerasi hanyalah salah satu jenis layanan bwat anak CI+BI. masalahnya sekolah tidak punya alternatif layanan, sehingga anak yang tidak mau masuk aksel..ya dibiarkan begitu saja.
    visi dari asosiasi ini berupaya untuk memberikan layanan alternatif itu..sekaligus mencoba membenahi program aksel yang sekarang berjalan.
    tapi itu memang tidak mudah..karena membutuhkan support SDM maupun dana yang cukup besar…jadi yg sementara ini teruskita lakukan adalah memberikan penjelasan kepada smua pihak tentang pengertian anak CI+BI itu..dan bagaimana seharusnya mereka diberikan layanan pendidikan agar potensi “hebat” yang mereka miliki bisa terwujud dan bisa berkembang secara optimal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s