Mengelola Anak Cerdas Indonesia

oleh. Ki Supriyoko

Khusus untuk anak-anak kita yang berprestasi cemerlang, yang telah mengharumkan nama bangsa dan negara dengan meraih medali emas dalam olimpiade berbagai cabang ilmu pengetahuan tingkat internasional, pemerintah akan memberikan beasiswa.

Beasiswa itu dimaksudkan menuntut ilmu di universitas mana pun di seluruh dunia sampai mencapai gelar doktor.

Kita patut bersyukur, pada tahun 2007 kontingen Indonesia berhasil memperoleh 51 medali emas dari berbagai olimpiade sains internasional. Suatu prestasi yang cemerlang dan membanggakan.

Kalimat itu secara eksplisit dinyatakan Presiden Yudhoyono saat menyampaikan pidato kenegaraan dan keterangan pemerintah atas rancangan undang- undang tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara tahun anggaran 2009 beserta nota keuangan pada 15 Agustus 2008.

Apabila dicermati secara teliti dalam sejarah pidato kenegaraan presiden RI, pengakuan terhadap prestasi internasional anak cerdas Indonesia baru pertama kali terjadi. Apalagi menghadirkan anak-anak cerdas pada acara resmi pidato kenegaraan juga belum pernah dilakukan selama ini; terkecuali pada momentum 15 Agustus 2008.

Kaya anak cerdas

Jika diukur dengan pencapaian medali dalam momentum olimpiade internasional, sebenarnya kita memiliki banyak anak cerdas. Kita selalu mampu meraih medali emas, perak, atau perunggu dalam setiap momentum, seperti International Mathematical Olympiad (IMO), International Physics Olympiad (IPhO), International Biology Olympiad (IBO), International Chemistry Olympiad (IChO), dan International Astronomy Olympiad (IAO).

Peraihan medali oleh anak Indonesia ternyata cukup merata; dari SD, SMP, hingga SMA.

Di satuan SD, anak kita berhasil mengharumkan nama bangsa dalam forum Primary Mathematics World Contest (PMWC) 2006 di Hongkong. Dalam forum ini anak Indonesia, Jennifer Santosa, meraih medali emas selain mendapat predikat Honour for Individual Performance. Anak Indonesia lainnya, Ivan Wangsa, meraih medali perunggu dan predikat Third Class Honour for Individual Performance.

Pada satuan SMP anak-anak berjaya dalam forum The 2nd International Junior Science Olympiad (IJSO) yang diselenggarakan di Yogyakarta-Indonesia pada 5-13 Desember 2005. Di dalam forum ini anak-anak berhasil meraih enam medali emas, empat medali perak, dan dua medali perunggu. Momentum yang diikuti ratusan siswa dari 34 negara itu salah satu anggota delegasi Indonesia, Yoshua Michael Maranatha, berhasil meraih trofi Absolute Winner (pemenang sejati) setelah mendapat nilai tertinggi dan keluar sebagai The Best Theory.

Apakah prestasi itu diraih karena penyelenggaraannya di ”kampung” sendiri? Tidak! Ketika IJSO ke-3 diselenggarakan pada 3-12 Desember 2006 di Sao Paulo, Brasilia, pun, anak Indonesia kembali berjaya. Kita berhasil menyabet dua medali emas atas nama Kevin Nangoi dan Fernaldo Richtiar Winnerdy; tiga medali perak atas nama Aga Krisnandha, Kevin Soejatmiko, dan Ivana Polim; serta satu medali perunggu atas nama Rais Bachtiar.

Bagaimana dengan satuan SMA? Pada satuan ini pun, banyak siswa Indonesia berjaya. Ketika diselenggarakan International Physics Olympiad (IPhO) pada 8-17 Juli 2006 di Singapura, para siswa berhasil mengumpulkan empat emas atas nama Jonathan Pradana Mailoa, Pangus Ho, Irwan Ade Putra, dan Andy Octavian Latief; serta satu medali perak atas nama Firman-syah Kasim. Pada forum yang diikuti 386 peserta dari 84 negara ini delegasi Indonesia berhasil menjadi juara umum. Wajar jika anak- anak pengharum nama bangsa ini begitu tiba di Tanah Air langsung diterima Presiden Yudhoyono, Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan beberapa menteri.

Prestasi bagus itu juga terjadi di forum olimpiade lain, misalnya dalam International Astronomy Olympiad (IAO), 29 September-7 Oktober 2007 di Simeiz, Ukraina. Pada acara itu, anak Indonesia berjaya atas nama Zefrizal Nanda Mardani (emas), Veena Salim (perunggu), dan Anas Maulidi Utama (perunggu).

Dalam International Mathematical Olympiad (IMO), 10-22 Juli 2008 di Madrid, Spanyol, anak Indonesia berjaya atas nama Andreas Dwi Maryanto Gunawan (perak), Aldrian Obaja Muis (perunggu), dan Fahmi Fuady (perunggu).

”Reward” yang tepat

Terlepas dari sejauh mana representativitasnya terhadap anak Indonesia umumnya, yang jelas kita memiliki anak-anak cerdas yang terbukti berhasil mengharumkan bangsa Indonesia. Janji Presiden Yudhoyono untuk memberikan beasiswa kepada mereka guna menuntut ilmu di universitas mana pun di seluruh dunia sampai mencapai gelar doktor merupakan reward yang tepat.

Kita harus jujur, hingga kini pendidikan tinggi merupakan sesuatu yang ”mahal” bagi kebanyakan rakyat Indonesia, apalagi sampai strata S-3 alias doktor. Mengambil program doktor di luar negeri, apalagi di perguruan tinggi berkelas internasional (world class university), merupakan impian yang hampir tidak mungkin diwujudkan.

Meski pemberian beasiswa kepada anak-anak cerdas itu amat tepat, tetapi harus disertai ikatan, berupa kesanggupan untuk mengamalkan ilmu yang diperolehnya bagi kemajuan bangsa Indonesia. Hal ini untuk mengantisipasi jangan sampai setelah selesai pendidikan doktor kelak, anak-anak itu ”melarikan” diri, menjual kecerdasan dan ilmu yang diperolehnya bagi kepentingan bangsa lain.

Kita bangga memiliki anak- anak cerdas Indonesia. Namun, kebanggaan ini perlu didukung sistem pengelolaan yang profesional, baik untuk kepentingan anak-anak cerdas itu sendiri maupun bangsa.
Ki Supriyoko Sekretaris Komisi Nasional (Komnas) Pendidikan Indonesia

Sumber: Kompas 12 September 2008

54 thoughts on “Mengelola Anak Cerdas Indonesia

  1. assalamualaikum wr.wb
    alhamdulillah setelah saya membaca isi kandungan dari anak yang memiliki CI/BI bahwa setiap anak yang cerdas dan berbakat itu harus terus dijaga kemampuan untuk pendidikan khususnya pada negara Indonesia dimana suatu proses yang harus dilakukan pada anak CI/BI diantaranya melakukan suatu bidang pengajaran khusus pada setiap bidang yang dilakukan secara nasional, selain itu untuk setiap anak CI/BI yang memiliki talenta lebih pun harus diuji guna untuk merangsang otak pada setiap anak akan tetapi bagi setiap guru pun memiliki aturan dalam sistem belajar yang lebih akurat karena tidak hanya mengajar dengan sistem bergiliran tapi sesuai dengan aturan yang berlaku pada UU. 20 tahun 2003.
    adapun pelayanan pada anak CI/BI yang ada pada negara indonesia yang kemungkinan dari 863.427 anak CI baru 4.510 anak CI yang terlayani di program akselerasi, berarti baru 0,52% yang terlayani.
    untuk itu pemerintahan yang khususnya berkewajiban dalam bidang ini harus segara turut menjalani sistem pembelajaran pendidikan untuk anak CI/BI dan lain itu tak lupa melihat sistem anak reguler juga.
    sistem yang dibuat oleh pemerintahan untuk anak CI harus lebih dioptimalkan dari kemampuan sarana maupun kebutuhan.
    semoga bagi anak CI terus mendapati simpati yang lebih dalam bidang pendidikan. sekian wabillahitaufik walhidayah waslamualaikum wr.wb

  2. Pendidikan adalah hal yang terpenting. Kecerdasan dan kemampuan anak – anak Indonesia memang tidak diragukan lagi. Pembuktian diri dengan banyaknya medali yang direbut di kejuaraan tingkat Internasional menjadi kebanggaan tersendiri Tapi sayangnya ada hal yang tidak disoroti oleh pemerintah. Bahwa pendidikan yang diberikan tidak merata dan tidak didasari oleh penanaman norma – norma, budi pekerti dan akhlak yang baik.

    Saya rasa penghargaan yang dijanjikan Presiden Yudhoyono sangat tepat. Pemberdayaan SDM – SDM unggul memang harus menjadi perhatian khusus bagi pemerintah. Di tengah kemelut dan persoalan bangsa saat ini, mereka yang berprestasi dan memiliki dedikasi diharap mampu menjadi pemimpin dan penggerak bangsa ini untuk maju. Tapi bukan hanya itu saja, untuk membangunkan macan asia yang tidur ini tidak cukup dengan menanamkan ilmu saja. Pemerintah harus memberikan perhatian khusus untuk menjaga anak – anak bangsa yang berprestasi untuk tetap mendedikasikan dirinya pada negerinya yang tercinta ini.
    Sistem yang tepat dan support yang besar semoga dapat tetap mengikat cinta mereka pada Indonesia.

  3. Assalamualaikum wr. wb

    Pada dasarnya setiap mempunyai kemampuan belajar yang berbeda, ada yang dibawah rata-rata, rata-rata, dan diatas rata-rata. Namun, penyelenggaraan pendidikan di Indonesia saat ini bersifat memberikan perlakuan sama kepada semua siswa, sehingga untuk anak yang memiliki kemampuan di bawah rata-rata akan selalu tertinggal dengan teman-temannya yang lain. sedangkan untuk anak yang di atas rata-rata akan merasa cepat jenuh dengan pelajaran yang ada sehingga potensi yang ada dalam dirinya tidak akan berkembang secara optimal.

    Program khusus untuk anak-anak diatas rata-rata atau Cerdas Istimewa/Bakat Istimewa berupa program akselerasi menurut saya sangat bagus untuk menunjang prestasi siswa CI/BI karena siswa CI/BI mempunyai kecepatan belajar yang tinggi dibandingkan dengan siswa yang lain. pada program akselerasi, siswa akan diberikan pelayanan pendidikan yang sesuai dengan potensinya. dengan begitu potensi yang siswa miliki akan berkembang secara optimal dan maksimal, namun semua itu juga harus diimbangi dengan fasilitas dan guru yang kompeten di bidangnya.

    Saya sangat mendukung dengan organisasi yang turut memberikan perhatian khusus kepada siswa CI/BI seperti asosiasi CI/BI, semoga asosiasi CI/BI dapat meningkatkan mutu pendidikan khusus untuk siswa yang mempunyai kecerdasan dan/atau bakat istimewa.

    Semoga pendidikan Indonesia bisa lebih maju, dan bisa lebih mengerti kebutuhan siswa.

    Indonesia B I S A !!

    Wasalamualaikum wr.wb.

  4. Penghargaan sangat diperlukan untuk untuk anak-anak cerdas. karena dengan itu mereka akan termotivasi lagi untuk meningkatkan prestasinya.

  5. Selama ini perhatian sering hanya ditujukan bagi anak-anak bermasalah. Apresiasi bagi anak cerdas istimewa sudah sepantasnya diberikan oleh pemerintah, sebagaimana apresiasi yang diberikan oleh para atlet, agar tumbuh rasa bangga akan negeri ini yang kemudian mendorong motivasi untuk berprestasi lebih baik lagi.

  6. umi karolna
    pend.tn reg 07
    8135072773

    alhamdulillah negara kita saat ini memang menyediakan dana bagi anak-anak yang berprestasi,,
    memang sangat perlu sekali penghargaan (reward) bagi anak-anak yang telah berprestasi karena hal itu juga membawa nama baik negara kita di mata negara lain..

  7. sri rahayu
    8135072789
    Pend. Tata Niaga Reg’07

    aslm…
    memang alangkah baiknya bagi anak-anak yang berprestasi dan dapat mengharumkan nama Indonesia, pemerintah memberikan beasiswa atau reward dimaksudkan pemberian reward dan beasiswa tersebut untuk memberikan semangat lagi bagi anak-anak yang berprestasi agar lebih meningkatkan prestasinya.

  8. sudah sepantasnya pemerintah memberikan perhatian yang lebih dari sektor pendidikan.
    karena, anak2 cerdas indonesia sudah mengharumkan nama bangsa.
    tetap semangat wat Yoshua Michael Maranatha, Kevin Nangoi, Fernaldo Richtiar Winnerdy dkk. smoga lbh bersemangat untuk mengukir prestasi!!!

  9. anak-anak cerdas memang pantas mendapatkan beasiswa dan penghargaan…..
    hal itu juga bertujuan untuk memberikan motivasi pada anak-anak yang berprestasi…..

    febriany rahmawaty
    pen.tata niaga NR;07
    8135077977

  10. Muhammad Rizki Hakiki
    8135072794
    Pend. Tata Niaga Reguler 2007

    Menurut pendapat saya, setiap anak yang cerdas dan berbakat itu harus terus dijaga kemampuannya untuk pendidikan khususnya pada negara Indonesia yang dilakukan pada anak cerdas istimewa diantaranya melakukan suatu bidang pengajaran khusus pada setiap bidang yang dilakukan secara nasional, selain itu untuk setiap anak cerdas istimewa yang memiliki talenta lebih pun harus diuji guna untuk merangsang otak pada setiap anak akan tetapi bagi setiap guru pun memiliki aturan dalam sistem belajar yang lebih akurat karena tidak hanya mengajar dengan sistem bergiliran.

  11. untuk mengelola anak cerdas memang diharuskan dengan program yang tepadu agar mempunyai acuan dalam menjalankannya.
    untuk itu pengelolaanya harus ditangani oleh dalam bidang ini.
    keseriusan dari pihak yang terpaut dalam hal ini juga menjadi mesin tersendiri agar pengelolaan ini lancar.
    dengan perencanaan belajar yang matang, dibarengi dengan sistem pembelajaran yang tersusun dengan baik, saya yakin pengelolaan ini akan berjalan dengan lancar.

  12. Dwi Yunita
    8135077965
    Pend.Tata Niaga Non Reg’07

    pemberian beasiswa kepada anak-anak yang berprestasi cemerlang merupakan program yang harus kita dukung..
    karena dengan adanya beasiswa tersebut dapat membangkitkan motivasi bukan saja bagi anak yang sudah berprestasi cermerlang, tapi juga untuk anak-anak yang lainnya yang ingin berprestasi.

  13. anak-anak cerdas memang harus diberi perhatian yang lebih,terlebih lagi mereka yang telah berhasil mengharumkan nama bangsa.
    Karena dengan diberi perhatian yang lebhih mereka akan lebih termotivasi untuk berkarya.

  14. pengelolaan anak cerdas dan berbakat harus lebih di optimalkan lagi,karena mereka merupakan aset negara yang tidak akan trnilai harganya. mungkin, dengan memberikan beasiswa kepada anak yang berprestasi merupakan cara yang tepat.

  15. liza sabriani
    8135072797
    Tn Reg07

    kita semua harus memberikan dukungan pada anak-anak cerdas yang berprestasi.
    pendidikan untuk anak bangsa ini, bukan hanya dikarenakan oleh Sekolah saja, tetapi peran orang tua, keluarga, masyarakat dan Negara. Cerdas yang bagaimana yang akan kita bekali kepada generasi akan datang, akan juga menentukan nasib keluarga, dan juga negara.

  16. anak-anak yang mengharumkan indonesia di mancanegara sangat membanggakan…
    semoga dengan di adakannya reward bagi anak-anak berprestasi, akan memotivasi anak-anak tersebut untuk memaksimalkan potensinya…

    Aditya septiadi a
    8135072783
    tN reg 07

  17. dengan adanya beasiswa, siswa dapat mengembangkan kemampuannya dengan sekolah di tempat yang ia inginkan dan itu sangat baik untuk siswa itu kedepannya.

  18. bila kita lihat banyak anak didik bangsa memiliki prestasi yang membanggakan seperti menjuarai olimpiade. seharusnya pemerintah menyekolahkan setinggi-tinggi mungkin bagi yang meraih prestasi juara olimpiade.

  19. Nama : Adinda Chaniago
    NIM : 8135077981
    Konsentrasi : Pend. Tata Niaga Non Reg’07

    Dengan adanya pemberian beasiswa, anak-anak yang cerdas dan berbakat menjadi lebih termotivasi dalam menjalankan pendidikannya, terlebih lagi untuk anak-anak yang cerdas dan berbakat tetapi tidak mempunyai biaya yang cukup untuk mengenyam bangku pendidikannya. Hal itu sangat membantu sekali agar anak-anak yang cerdas dan berbakat bisa melanjutkan pendidikannya dengan lancar dan kalau bisa menyelesaikan pendidikan dasar yang wajib ditempuh yaitu pendidikan dasar 9 tahun.

  20. saya sangat mendukung karena Selama ini perhatian sering hanya ditujukan bagi anak-anak bermasalah. Apresiasi bagi anak cerdas istimewa sudah sepantasnya diberikan oleh pemerintah, sebagaimana apresiasi yang diberikan oleh para atlet, agar tumbuh rasa bangga akan negeri ini yang kemudian mendorong motivasi untuk berprestasi lebih baik lagi.

  21. program pemberian beasiswa haruslah didukung oleh pemerintah.. program ini tidak hanya diberikan kepada anak yang berprestasi saja tetapi juga pada anak yang kurang mampu.. dengn pengelolaan anak cerdas melalui beasiswa diharapkan dapat membantu anak2 tsb dan dpt lebih termotivasi untuk lebih maju

  22. dengan adanya pemberian bea siswa diharapkan dapat memotivasi anak-anak untuk lebih berprestasi..
    karena anak-anak cerdas merupakan aset bangsa yang bisa mengharumkan nama bangsa.

  23. Program pemerintah dengan memberikan beasiswa untuk siswa berprestasi dirasakan cukup efektif, agar siswa lebih termotivasi untuk belajar lebih giat lagi. Disamping itu, pemberian beasiswa untuk siswa yang kurang mampu dirasakan sangat membantu.
    Diharapkan dengan adanya beasiswa ini, berjalan optimal dan berlangsung kontinyu.
    semoga….

    Dwi Restuwanty
    8135077989
    Pend. Tata Niaga (Non Reg)

  24. perhatian-perhatian pemerintah yang seperti ini yang seharusnya dilakukan sejak dulu karena apresiasi yang diberikan pemerintah terhadap anak-anak yang memiliki kecerdasan yang lebih ini dapat menjadi motivasi untuk bisa bersaing dipentas internasional….

  25. sudah selayaknya anak-anak cerdas di berikan reward atau penghargaan berupa beasiswa karena dengan beasiswa anak lebih bisa menggali potensi lebih dalam dan baik.

  26. Penghargaan yang di berikan pemerintah sangat diperlukan untuk anak-anak cerdas. Karena mereka akan termotivasi lagi untuk meningkatkan prestasinya.

  27. Program khusus untuk anak-anak diatas rata-rata atau Cerdas Istimewa/Bakat Istimewa berupa program akselerasi menurut saya sangat bagus untuk menunjang prestasi siswa CI/BI karena siswa CI/BI mempunyai kecepatan belajar yang tinggi dibandingkan dengan siswa yang lain. pada program akselerasi, siswa akan diberikan pelayanan pendidikan yang sesuai dengan potensinya. dengan begitu potensi yang siswa miliki akan berkembang secara optimal dan maksimal, namun semua itu juga harus diimbangi dengan fasilitas dan guru yang kompeten di bidangnya.

  28. diaz priasmoro
    pend.Tata Niaga Non Reg 07
    8135077958

    seperti yg telah ditulis di atas, reward yg tepat.
    kalau anak cerdas dan berprestasi tidak diberikan reward atau salah memberikan reward, yg ada minat dan semangat dari anak tersebut akan hilang.
    sama hal nya jika pemberian reward tidak tepat.
    hal seperti itu hanya akan menghilangkan minat anak-anak yg cerdas dan berprestasi.

    negara kita ini bnyak sekali anak-anak cerdas dan berpotensi, namun kurang nya perhatian pada anak-anak tersebut.
    kalau saja anak-anak tersebut lbh diperhatikan lg, nama indonesia mungkin bs lebih harum di luar negeri sana .

    amien.

  29. ini harus didukung agar siswa yang berbakat dapat mengembangkan lebih baik lagi… dan siswa dapat termotivasi untuk belajar lebih giat lagi…

  30. irma manalu
    pend.tata niaga 07
    8135072764

    saya sangat setuju jika anak-anak yang meiliki prestasi diberikan beasiswa,sehingga dapat melanjutkan pendidikannya keluar negri…
    tetapi harus disertai ikatan, berupa kesanggupan untuk mengamalkan ilmu yang diperolehnya bagi kemajuan bangsa Indonesia. Hal ini untuk mengantisipasi jangan sampai setelah selesai pendidikan doktor kelak, anak-anak itu ”melarikan” diri, menjual kecerdasan dan ilmu yang diperolehnya bagi kepentingan bangsa lain.

  31. banyaknya anak cerdas indonesia merupakan aset bangsa yang harus mendapat perhatian lebih…
    kita semestinya bangga karena mereka semua sudah mengharumkan nama bangsa…

    oleh karena itu sudah sepantasnya pemerintah memberikan beasiswa bagi mereka semua…dan juga agar ana” cerdas lain dapat termotivasi…

  32. anak – anak indonesia arus mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah, karna mereka dapat membawa nama bangsa ke masa depan.
    pemerintah arus berokus pada siswa yang berprestasi karna dengan begitu untuk penerus indonesia ada, dan juga pada saat pengelolan pemerintah arus lebih tegas dan serius.
    kalu tidak program ini tidak akan berjalan dengan baik

  33. Kabar ini sangat baik untuk memacu mereka menjadi lebih baik lagi, dengan begitu mereka bias berbuat banyak untuk bangsa mereka sendiri, serta mereka turut memajukan pendidikan Indonesia. Tetapi tentu jika pemerintah serius dan didukung oleh system pengelolaan yg professional, mungkin program tersebut akan terwujud

  34. banyak juga anak-anak di Indonesia yang memiliki kecerdasan dan berbakat istimewa, kita patut bersyyukur akan hal itu. tetapi juga harus ada pengembangan terhadap anak-anak tersebut. agar kelak dapat membangun bangsa ini lebih maju lagi.

  35. banyak anak yang memiliki kecerdasan namun belum tersalurkan. perlu adanya dukungan dari dalam maupun dari luar sekolah. mereka harus terus didukung untuk terus maju.

  36. beasiswa sangat bermanfaat bagi anak berprestasi sebab dari sana meraka dapat termotivasi sehingga dapat terus mengukir prestasi,,
    anak cerdas patut dikembangkan agar indonesia dapat menghasilkan anak yang dapat mengharumkan nama bangsa,,

  37. apresiasi ini sangat baik sekali karena dengan begitu mereka yang telah mengharumkan nama bangsa merasa dihargai usahanya, dan hal ini dapat memacu anak bangsa yang lain untuk dapat berprestasi.

  38. reward yang tepat yang diberikan kepada pelajar yang berprestasi sangatlah membantu dalam kelangsungan pendidikan mereka,hal ini juga dapat menjadi motivasi bagi pelajar yang lain untuk memberikan yang terbaik dalam studi mereka.. .

  39. Dalam mengelola anak cerdas, pemberian beasiswa sangat membantu terutama anak yang cerdas dari golongan ekonomi kecil. Memang kalau diamati bangsa kita memiliki banyak sekali anak2 cerdas.Meski pemberian beasiswa kepada anak-anak cerdas itu amat tepat, tetapi harus disertai ikatan, berupa kesanggupan untuk mengamalkan ilmu yang diperolehnya bagi kemajuan bangsa Indonesia.

  40. kecerdasan yang dimilki seorang individu harus lah didukung dengan fasilitas sarana dan prasarana seperti beasiswa pendidikan.sebagai wujud nyata apresiasi terhadap dinia pendidikan oleh pemerintah.anak didik juga merasa termotivasi dan lebih meningkatkan prestasi belajarnya.

  41. Nancy Wijaya S
    8135072769
    Pend. Tata Niaga 07 (Reguler)

    SETUJU!
    Pemeberian reward untuk anak cerdas ini bisa memberikan motivasi khusus bagi anak tersebut atau teman-teman disekitarnya untuk selalu berprestsi dan mengembangkan diri. Pemerintah, orang tua, guru dan seluruh instansi yang terkait juga berpengaruh dalam mengembangkan anak-anak cerdas di Indonesia.

  42. Penghargaan sangat diperlukan untuk untuk anak-anak cerdas. karena dengan itu mereka akan termotivasi lagi untuk meningkatkan prestasinya.

  43. Imam Punarko
    Pend. Tata Niaga
    8135072812
    Sebuah hal yang patut untuk di berikan apresiasi oleh bangsa ini melalui hasil dari putra-putri bangsa ini. Di satuan SD, anak kita berhasil mengharumkan nama bangsa dalam forum Primary Mathematics World Contest (PMWC) 2006 di Hongkong. Dalam forum ini anak Indonesia, Jennifer Santosa, meraih medali emas selain mendapat predikat Honour for Individual Performance. Anak Indonesia lainnya, Ivan Wangsa, meraih medali perunggu dan predikat Third Class Honour for Individual Performance.
    Pada satuan SMP anak-anak berjaya dalam forum The 2nd International Junior Science Olympiad (IJSO) yang diselenggarakan di Yogyakarta-Indonesia pada 5-13 Desember 2005. Di dalam forum ini anak-anak berhasil meraih enam medali emas, empat medali perak, dan dua medali perunggu. Momentum yang diikuti ratusan siswa dari 34 negara itu salah satu anggota delegasi Indonesia, Yoshua Michael Maranatha, berhasil meraih trofi Absolute Winner (pemenang sejati) setelah mendapat nilai tertinggi dan keluar sebagai The Best Theory.
    Ini merupakan prestasi yang seharusnya dapat menyadarkan bangsa ini dari keterpurukan bahwa kita punya potensi tinggal kita mau atau tidak. Setiap hari kita bisa melihat potensi bangsa ini yang terbuang di pinggir jalan, di penampungan, di tempat sampah, bahkan di penjara. Tidak lupa yang berada di mall, pergaulan malam, trak-trakan motor, dll. Yang tidak kunjung usai, hal ini menjadi suatu kontradiksi dari prestasi bangsa ini. Namun kita wajib optimis masih banyak potensi warga daerah yang terdapat di Negara ini yang belum di optimalkan.

  44. sudah sepantasnya pemerintah memberikan perhatian yang lebih dari sektor pendidikan.
    karena, anak2 cerdas indonesia sudah mengharumkan nama bangsa.
    tetap semangat wat Yoshua Michael Maranatha, Kevin Nangoi, Fernaldo Richtiar Winnerdy dkk. smoga lbh bersemangat untuk mengukir prestasi!!!

  45. inne zulfanisa
    8135072806
    tata niaga reg 07
    program pemberian beasiswa haruslah didukung oleh pemerintah.perhatian-perhatian pemerintah yang seperti ini yang seharusnya dilakukan sejak dulu karena apresiasi yang diberikan pemerintah terhadap anak-anak yang memiliki kecerdasan yang lebih ini dapat menjadi motivasi untuk bisa bersaing dipentas internasional….Pemerintah, orang tua, guru dan seluruh instansi yang terkait juga berpengaruh dalam mengembangkan anak-anak cerdas di Indonesia.

  46. Gelda Meris Nike Safitra
    8135072807
    Pend.Tata Niaga Reg07

    Menurut saya….
    Dalam mengelola anak cerdas memang diharuskan dengan program yang tepadu agar mempunyai acuan dalam menjalankannya.
    Program khusus untuk anak-anak diatas rata-rata atau Cerdas Istimewa/Bakat Istimewa berupa program akselerasi menurut saya sangat bagus untuk menunjang prestasi siswa CI/BI karena siswa CI/BI mempunyai kecepatan belajar yang tinggi dibandingkan dengan siswa yang lain. pada program akselerasi, siswa akan diberikan pelayanan pendidikan yang sesuai dengan potensinya. dengan begitu potensi yang siswa miliki akan berkembang secara optimal dan maksimal, namun semua itu juga harus diimbangi dengan fasilitas dan guru yang kompeten di bidangnya.
    Saya sangat mendukung dengan organisasi yang turut memberikan perhatian khusus kepada siswa CI/BI seperti asosiasi CI/BI, semoga asosiasi CI/BI dapat meningkatkan mutu pendidikan khusus untuk siswa yang mempunyai kecerdasan dan/atau bakat istimewa.

  47. Saya setuju dengan program pemerintah yang memberikan beasiswa terhadap para peserta didik yang kompeten dan berhasil didalam Laga Pendidikan Internasional. Para peserta didik ini kelak dapat membangun indonesia menjadi negara yang lebih baik lagi.
    namun dalam pemberian beasisiwa ini perlu juga memperhatikan perkembangan pendidikan yang merata agar semakin banyak penerima-penerima olimpiade pendidikan.

  48. RENDI MAISYAH LINO
    8135077994
    PEND.TATA NIAGA NON REG 2007

    Menurut saya Program khusus untuk anak-anak diatas rata-rata atau Cerdas Istimewa/Bakat Istimewa berupa program akselerasi menurut saya sangat bagus untuk menunjang prestasi siswa CI/BI karena siswa CI/BI mempunyai kecepatan belajar yang tinggi dibandingkan dengan siswa yang lain. Sudah seharusnya pemerintah memberikan Apresiasi bagi anak cerdas istimewa supaya mereka dapat lebih berkreasi lagi, dan menciptakan inovasi – inovasi yang baru.
    Penciptaan mereka itu adalah suatu aset yag sangat membanggakan bagi kita,dan bagi bangsa indonesia.

  49. Assalamu’alaikum….

    Saya sependapat dengan pemerintah yang mengadakan beasiswa untuk anak-anak cerdas. karena sudah sepantasnya mereka diperhatikan, dengan adanya anak-anak cerdas itu akan membangun pola pendidikan yang lebih baik lagi.

    Untuk pengelolaan anak cerdas memang hal penting, sudah seharusnya bangsa ini memberikan sebuah apresiasi bagi mereka yang memliki kecerdasan lebih yang dapat membawa nama baik suatu bangsa.

    Intinya adalah Bangsa ini akan lebih berkembang jika dibangun oleh Orang-orang Cerdas, Pintar dan Kreatif……

    Wassalam….

  50. Menurut saya, pemerintah harus yakin dan percaya dengan kemampuan para siswa didik di Indonesia karena sesungguhnya siswa didik di Indonesia masih sangat banyak yang mampu memberikan yang terbaik untuk dirinya.
    maju dan semangat terus siswa didik di Indonesia karena yang dapat meneruskan generasi Indonesia di kedepannya hari nanti hanya kalian semua.
    Semangat terus siswa didik Indonesia ku…..

  51. Ass.,
    mhon mav sbelumnya.,

    saya yakin semua orang stuju dengan adannya asosiasi cibi nasional ini. Karena dengan adanya wadah ini membuat anak – anak yang mempunyai bakat dan kecrdasan yang “istimewa” menjadi lebih terarah apalagi dengan adanya pemberian beasiswa kepada anak – anak tersebut. Dan sehingga anak – anak Indonesia tersebut tidak takut atau gamang dalam menghadapi masa depannya.

    Semangat Pendidikan Indonesia!! =)

  52. Ichwan Iskandar 8135072792 Pend.Tata Niaga Reg 2007 Sebenarnya pemberian beasiswa untuk anak yang memiliki kecerdasan khusus yang berhasil mengharumkan nama bangsa Indonesia saja tidak cukup,perlu adanya perhatian yang lebih dari pemerintah.Nampaknya pihak pemerintah hanya menilai dari salah satu sisi saja.Faktanya banyak anak-anak Indonesia ynag berbakat justru berjaya di luar negeri sementara di dalam negeri mereka nampaknya terabaikan.Jangan ketika mereka berprestasi di beberapa olimpiade pendidikan saja pihak pemerintah menaruh perhatian namun juga untuk ke depannya dengan melihat potensi-potensi yang mungkin masih banyak di negeri kita.Anak-anak cerdas adalah aset bangsa untuk kemajuan Indonesia di masa depan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s