Prosedur Pembukaan Program Akselerasi

Pendirian Sekolah Baru

Setiap sekolah/madrasah diberi peluang untuk menyelenggarakan program layanan akselerasi untuk peserta didik CI+BI, dengan melakukan tahapan sebagai berikut:

  1. Melakukan sosialisasi, persiapan, dan pelatihan. Narasumber kegiatan : Asosiasi CI+BI Nasional, pejabat dinas Pendidikan dan pihak lain terkait.
  2. Melakukan analisis SWOT
  3. Menyusun studi kelayakan, yang mencakup komponen-komponen:
    1. Latar belakang dan tujuan pendirian program
    2. Sumber input peserta didik
    3. Kurikulum dan pengembangannya
    4. Model Pembelajaran dan sistem penilaian
    5. Ketersediaan dan serta kesiapan Tenaga pendidik dan kependidikan
    6. Ketersediaan Fasilitas dan lingkungan penunjang penyelenggaraan program
    7. Dukungan masyarakat dan perguruan tinggi
    8. Sumber pembiayaan yang mencakup biaya operasional dan pengembangan
  4. Mengajukan proposal kepada Dinas Pendidikan Propinsi dengan rekomendasi dari Dinas Kabupaten/Kota dan Asosiasi CI+BI setempat

sekolah/madrasah yang dapat membuka layanan program akselerasi adalah sekolah/madrasah yang telah memiliki nilai akreditasi A.

45 thoughts on “Prosedur Pembukaan Program Akselerasi

  1. Assalamu’alaikum,
    Perkenalkan nama saya Sugeng Handayani, Kepsek SMP Nasional KPS Balikpakpapan, sudah 3 bulan yang lalu (sejak bulan Agustus 20011), kami mengajukan permohonan Penyelenggaran CI-BI ke Dinas Pendidikan Propinsi, namun setelah dua bulan kami tanyakan ternyata di Dinas Pendidikan Propinsi tidak punya Pedoman Penetapan Penyelenggaraan Kelas CI-BI.Mungkin Assosiasi CI_BI bisa menolong untuk mengirimkan Pedoman Penetapan Penyelenggaraan kelas CI-BI ke email saya. Terimaksih, Wassalamu’alaikum wr wb.

  2. untuk dapat ijin, sekolah harus membuat studi kelayakan dulu, kemudian mendapat pelatihan dan rekomendasi dari asosiasi CI+BI wilayah atau nasional.
    kalo boleh tahu apakah sekolah bapak sudah menjalani prosedur itu?, apakah pihak sekolah sudah memiliki pedomannya?…kalo belum, lalu apa permohonan yang diajukan landasannya darimana?
    tks

  3. panduan yang diterbitkan oleh kemendiknas bersifat umum…jika memng ingin membuka, kami siap memberikan bantuan..silahkan hubungi Amril Muhammad hp. 0812 8262 594. tks

  4. bisakah di sekolah reguler seperti SD biasa menyelenggarakan pembelajran untuk anak cibi?dimana, anak cibi yang terdapat dalam sekolah tersebut hanya terdapat beberapa anak saja?apakah perlu prosedur seperti untuk membuka pendidikan cibi?trims

  5. bisa saja…salah satu model yang kami bantu kembangkan adalah sistem pull out. Anak ci+bi pada jam-jam tertentu berpisah dari teman sekelasnya untuk mendalami bidang tertentu sesuai dengan bakat istimewa mereka. model semacam ini disebut sebagai program pengayaan atau menurut teori lain disebut sebagai content-based accelaration.
    dari sisi prosedur layanan semacam itu sama juga dengan prosedur aksel, karena berdasarkn PP 17/2010, layanan anak ci+bi dapat dilakukan dalam bentuk percepatan dan pengayaan.
    terkait dengan minimnya jumlah siswa, sebenarnya sekolah bisa membuka proses rekrutmen lebih luas. meskipun akselerasi untuk tingkt sd baru bisa dilakukan pada saat kelas 3 atau kelas 4, tapi sekolah sudah bisa mengelompokkan mereka dalam satu kelas tertentu sejak kelas satu.

  6. Sekolah kami (SMA Negeri 3 Batam) berencana untuk menyelenggarakan program akselerasi pada tahun pelajaran 2012-2013 ini. Kira-kira apa yang perlu kami siapkan? dan untuk propinsi Kepulauan Riau atau kota Batam, ada nggak yang bisa dihubungi? Sebagai informasi sekolah kami saat ini sudah masuk program RSBI untuk tahun yang ketiga. Mohon bantuannya. Terima Kasih. (Adi Saputra, M.Pd – Waka Kurikulum)

  7. Amirudin Habie

    Sekolah kami (SMA Negeri 4 Gorontalo) berencana untuk menyelenggarakan program akselerasi pada tahun pelajaran 2012 / 2013 ini, mohon bantuannya tentang pedoman / panduan penyusunan program akselarasi, selama ini kami merupakan sekolah model SKM – PSB – PBKL dan untuk tahun 2011 kami menyelenggarakan program inklusif dan Allhamdulillah dalam 3 tahun terakhir ini kami memperoleh akreditasi A

  8. kami belum memiliki panduan khusus untuk penyelenggaraan layanan CI+Bi yang bukan model grade-based accelaration atau akselerasi yang siswanya menyelesaikan masa studi lbih cepat 1 tahun dari siswa sebayanya.
    untuk membuka layanan untuk menekankan pada satu bidang tertentu seperti bidang matematika atau IPA, sekolah dapat melakukan dengan mengoptimalkan layanan ekstrakurikuler dengan program yang lebih terstruktur.
    apapun layanan yang diberikan, karakteristik anak CI+BI itu telah, yaitu:
    IQ kategori very superior, task komitmen baik, kreativitas juga baik.
    tks

  9. Assalamualaikum…
    adakah peraturan untuk pendirian sekolah akselerasi, misalnya dalam waktu pembelajaran. ada sekolah yang menjadikan jam belajar anak lebih lama dari anak reguler, ada yang disamakan dengan materi yang sekiranya dapat dipahami sendiri oleh anak ditinggalkan??
    Terimakasih

  10. mbak Tiara…
    secara kelembagaan syarat untuk akselersi adalah sekolah/madrsah yng sudah memiliki nilai akreditasi A…lalu sekolah menyusun kurikulum diferensiasi, pembelajaran dan penilaian
    secara teknis kami siapkan membantu sekolah/madrasah untuk menyusunnya..
    silahkan hubungi kami di 0812 8262 594 dengan Amril Muhammad
    tks.

  11. Apakah Asosiasi Cibi juga ada di kota Padang? Apabila ada. apa lebih baiknya asosiasi cibi melakukan Sosialisasi program akselerasi ini kepada sekolah-sekolah RSBI di Kota Padang seperti SMAN 3 Padang dan SMAN 10 Padang. Supaya sekolah-sekolah tersebut memiliki bekal dalam pengembangan SDM-SDMnya dimasa yang akan datang

  12. ada di kota padang/sumbar..ketuanya bu misnawati, koord. aksel di sman 1 padang..
    di padang juga ada SMA Don Bosco yang akan melakukan workshop aksel tgl. 4-6 juli 2012 di padang
    kebetulan kami akan datang ke sana..

  13. kalo akselerasinya adalah grade-based, maka untuk tngkat smp dan sma masa pendidikannya bisa diselesaikan dalam waktu 2 tahun…

  14. saya Aris Prastawa Guru SMA BK 6 BOYOLALI, apakah program sekolah CI-BI juga memberi peluang bagi sekolah yang hanya memiliki siswa Bakat istimewa, mengingat anak didik kami umumnya mempunyai kecerdasan yang rata-rata. tetapi bakat yang dimiliki di bidang Olah Raga Bola Voli bisa dibilang baik, karena sering menjuarai di tingkat kabupaten. jika bisa bagaimana prosedurnya?

  15. untuk layanan keberbakatan olahraga, indikator yang terpenting adalah dilihat dari prestsinya, lewat performance.
    layanan pembelajarannya sama seperti reguler, tapi untuk keberbakatan bisa ditambah waktu di luar jam belajar.

  16. Mohon pencerahan perihal biaya kelas CI-BI, apakah semuanya dibebankan ke siswa peserta? Karena terkesan Program CI-BI tersebut hanya diperuntukkan untuk kalangan tertentu yang dinilai memiliki kemampuan finansial, sedangkan masih banyak siswa yang tidak memiliki kemampuan finansial namun memiliki kemampuan intelegensia superior akhirnya tidak diberikan kesempatan untuk bergabung di kelas CI-BI tersebut.

  17. Mohon pencerahann:
    1. dimanakah sajakah asosiasi CIBI untuk provinsi jawa timur ?
    2. dengan berakhirnya RSBI keberadaan CIBI (kelas akselerasi) apakah masih bertahan.?

  18. Yth. Pak Syahroel…

    1.Asosiasi ci+bi untuk wilayah jawa timur bisa menghubungi pak Sumarin dari SMAN 1 Lumajang atau pak Burhanuddin di SMPN 3 Malang
    2. RSBI tidak ada kaitan dengan akselerasi, karena akselerasi itu adalah layanan untuk anak yang berkualifikasi CI+BI yg punya IQ min. 130…jadi sampaikan kapanpun layanan ini akan ada..

    tks.
    Amril Muhammad

  19. Mohon petunjuk :
    1. Apakah sudah ada anggota Asosiasi Aksel di Prov. Sulawesi Tengah ?
    2. Bagaimana prosedur membuka program Aksel CIBI & contoh perizinannya ?

  20. yth pak. Deni..
    di sulteng belum ada asosiasi CI+BI..
    untuk memmbuka kelas aksel, prosedurnya sebagai berikut:
    Setiap sekolah/madrasah diberi peluang untuk menyelenggarakan program layanan akselerasi untuk peserta didik CI+BI, dengan melakukan tahapan sebagai berikut:

    1. Melakukan sosialisasi, persiapan, dan pelatihan. Narasumber kegiatan : Asosiasi CI+BI Nasional, pejabat dinas Pendidikan dan pihak lain terkait.
    2. Melakukan analisis SWOT
    3. Menyusun studi kelayakan, yang mencakup komponen-komponen:
    a.Latar belakang dan tujuan pendirian program
    b.Sumber input peserta didik
    c. Kurikulum dan pengembangannya
    d. Model Pembelajaran dan sistem penilaian
    e. Ketersediaan dan serta kesiapan Tenaga pendidik dan kependidikan
    f. Ketersediaan Fasilitas dan lingkungan penunjang penyelenggaraan program
    g. Dukungan masyarakat dan perguruan tinggi
    h. Sumber pembiayaan yang mencakup biaya operasional dan pengembangan

    Mengajukan proposal kepada Dinas Pendidikan Propinsi dengan rekomendasi dari Dinas Kabupaten/Kota dan Asosiasi CI+BI Nasional
    sekolah/madrasah yang dapat membuka layanan program akselerasi adalah sekolah/madrasah yang telah memiliki nilai akreditasi A.
    siswa bisa diterima di kelas aksel hanyalah siswa yang memiliki IQ min. 130..

  21. yth. pak Heru…
    untuk tahun ini, sekolah yang menjadi sasaran kur 2013, tetap menggunakan kur 2006 karena ujian nasional pertama menggunakan kur 2013, baru dilaksanakan pada tahun 2016.

  22. Mohon pencerahan.
    Kami baru saja menyelenggarakan tes psikologi untuk peserta didik akselerasi. Lembaga yang melakukan tes psikologi adalah Grahita Indonesia di bawah pimpinan Bapak Eko Budhi Purwanto, MM, Psi. Hasil-hasil yang direkomendasikan oleh beliau, tidak diakui oleh otoritas pendidikan dalam hal ini Bidang PK-LK Dispora Prov. NTT. Mohon pencerahan, apakah ada lembaga khusus yang direkomendasikan melakukan tes psikologi bagi anak-anak CI+BI?

  23. Yth bpk Yohanes…
    1. kami agak heran kenapa psikotes baru diadakan sekarang, padahal tahun ajaran baru telah dimulai lama, lalu kapan siswa itu akan ikut program akselerasi?
    2. apa alasan hasil dari lembaga psikologi itu tidak diakui oleh bidang PK-LK?
    3. kalau kami memang merekomendasikan tes dilakukan oleh perguruan tinggi yang punya fak. psikologi dan IQ min. 130 pda skala weschler.
    tks.
    Amril Muhammad

  24. Terima kasih atas pencerahan ini. Tes psikologi pernah kami lakukan pada awal tahun pelajaran. Lembaga yang melakukan adalah perguruan tinggi dari prog. BP/BK fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, bukan dari fakultas psikologi. Hasilnya tidak diakui pihak dinas pemuda dan olah raga. Mereka merekomendasikan lembaga psikologi yang bernaung di bawah HIMPSI. Atas dasar itu kami melakukan tes ulang menggunakan lembaga Grahita Indonesia yang surat rekomndasi ijin praktiknya dikeluarkan oleh HIMPSI. Memang ini terkesan terlambat, sebab ini adalah tes ulang. Hasil ini pun ditolak.

  25. pak Yohanes…
    mestinya kalo psikolog itu memiliki legalitas dari himpsi, maka hasilnya harus diakui. tetapi ketika di tempat bapak tidak diakui, barangkali perlu dilakukan pembicaraan secara pribadi dengan pejabat/atau pihak yang menolak itu, untuk mengtahui penyebabnya dan apa solusi yang mereka bisa berikan kepada sekolah bapak. tks

  26. Pak Yohanes…
    Kami yakin, itu hanya masalah pertimbangan komersialitas dan kolusi dari pihak Diknas NTT. Laporkan ke KPK saja pak. Pada dasarnya Psikolog yang memiliki legalitas (ijin praktek) harus bisa dijadikan pertimbangan psikologis sebagai praktikan ahli dalam bidangnya.

  27. Salam pendidikan. Saya baru saja menangani bagian kurikulum di salah satu SMAN di Kab. Bima. Tiba-tiba dihadapkan dengan adanya informasi bahwa pelaksanaan Kelas Akselerasi harus memiliki ijin operasional. Terus terang saya belum tahu redaksinya, modelnya bagaimana? Saya mohon berkas-berkas seperti itu bisa ditampilkan melalui media ini. Terima kasih.

  28. pak farid..
    untuk bisa melaksanakan layanan akselerasi memang harus ada ijin dari dinas pendidikan propinsi. hal itu bisa dilakukan dengan mengajukan proposal pendirian layanan ini, yang dilengkapi dengan hasil studi kelayakan. di samping itu guru juga harus dilatih oleh Asosiasi CI+BI dan tes masuk siswa untuk psikologi dilakukan oleh Psikolog dari perguruan tinggi atauyang memiliki ijin dari HIMPSI. jika itu tidak ada, maka sekolah tidak boleh membuka layanan akselrasi. tks

  29. Mohon petunjuk.
    Kami ingin membuka kelas CI-BI , tetapi bukan program akselerasi. sebagai pengganti kelas bilingual unggulan sekolah kami yang sudah berjalan selama 5 tahun.
    1. Apakah tes IQ siswa harus min 130.? Karena selama ini hasil tes IQ siswa bilingual kami berkisar antara 117 s/d 130. Selain itu kami juga melaksanakan tes bakat (bahasa inggris,seni dan olahraga).
    2.Apakah yang sudah pernah kami lakukan ini dapat digunakan sebagai persyaratan membuka kelas CI-BI ,selain persyaratan yang tecantum . Terima kasih,

  30. yth. mb erita
    CI+BI adalah kualifikasi anak dengan IQ min. 130. akselerasi adalah kelas layanannya. jadi kelas untuk anak CI+BI ya akselerasi
    tks

  31. Masih mohon petunjuk, Pak.
    Di SMA itu sdh dan akan memasuki tahun ke-4 membuka kelas program akselerasi, padahal awal pembukaan program tsb tidak punya ijin sama sekali. Saya merasa khawatir sekali apabila siswa yang sudah dan sedang duduk di kelas XI Aksel sekarang tidak bisa mengikuti UN th pel. 2013/2014 karena permasalahan ijin operasionalnya. Tes IQ sdh dilaksanakan. Pertanyaan saya; 1. batas permohonan ijin operasionalnya sampai kapan, Pak? 2. Bila belum juga terbit ijinnya, apakah program tsb. batal mengikuti UN? Terima kasih atas pencerahannya.

  32. Yth pak Farid…
    kelas akselerasi yang diselenggarakan di sekolah bapak, memang tidak bisa dilanjutkan karena tidak ijin, karena ijina operasional itu harusnya sudah ada sebelum angkatan yang pertama ikut UN. jadi harus dibicarakan kepada para orang tua dan siswa bahwa mereka hrs ukembali ke kelas reguler, karena memang aturannya seperti itu, dimana sebuah sekolah tidak boleh menyelenggarakan layanan akselerasi tanpa ijin dari dinas pendidikan propinsi. Hal ini pernah kami sampaikan juga kepda salah satu sekolah di sulawesi selatan, tapi mereka aman karena angkatan yang pertama baru akan ikut UN pada tahun 2014, sehingga mereka masih punya kesempatan untuk mengurus ijin operasionalnya.
    kalau boleh kami tahu darimana bapak sekolah bapak mendasarkan pembukaan layanan akselerasi ini? tks

  33. Setiap sekolah/madrasah diberi peluang untuk menyelenggarakan program layanan akselerasi untuk peserta didik CI+BI, dengan melakukan tahapan sebagai berikut:

    Melakukan sosialisasi, persiapan, dan pelatihan. Narasumber kegiatan : Asosiasi CI+BI Nasional, pejabat dinas Pendidikan dan pihak lain terkait.
    Melakukan analisis SWOT
    Menyusun studi kelayakan, yang mencakup komponen-komponen:
    1. Latar belakang dan tujuan pendirian program
    2. Sumber input peserta didik
    3. Kurikulum dan pengembangannya
    4. Model Pembelajaran dan sistem penilaian
    5. Ketersediaan dan serta kesiapan Tenaga pendidik dan kependidikan
    6. Ketersediaan Fasilitas dan lingkungan penunjang penyelenggaraan program
    7. Dukungan masyarakat dan perguruan tinggi
    8. Sumber pembiayaan yang mencakup biaya operasional dan pengembangan
    Mengajukan proposal kepada Dinas Pendidikan Propinsi dengan rekomendasi dari Dinas Kabupaten/Kota dan Asosiasi CI+BI setempat
    sekolah/madrasah yang dapat membuka layanan program akselerasi adalah sekolah/madrasah yang telah memiliki nilai akreditasi A.

  34. asslkm. sekolah kami rencananya mau buka kelas akselerasi, namun tuk surat rekomendasi dari dinas kota ke diknas propinsi belum ada, boleh kas kami minta contoh surat rekomendasi yang diterbitkan diknas kota tuk diknas propinsi

  35. ibu yurma..
    mhn maaf ibu dari sekolah mana?
    untuk bisa mendapatkan ijin layanan aksel, sekolah harus menyelenggarakan pelatihan dan workhop kurikulum difernsiasi dulu dari Asosiasi CI+BI Nasional, acara itu dibuka oleh dinas pendidikan setempat, dan rekomendasi dari kami. baru ijin bisa dimohonkan ke dinas pendidikan propinsi. tks

  36. Assalamu alaikum,
    sekolah kami berencana membuka kelas akselerasi pada tahun ajaran ini, mohon petunjuknya pak, apakah ada contoh proposal pengajuannya?

  37. Yth. Pak Mursal..
    syrat utama untuk membuka kelas aksel adalah sekolah telah terakreditasi A. syarat lain silahkan dibaca di blog ini tentang pedoman pembukaan aksel. bapak dari sekolah mana?
    untuk info lbh lanjut silahkan hubungi kami di 0812 8262 594 (amril Muhammad) tks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s