FORUM

Assalamu’alaikum

Halaman ini disediakan untuk mendiskusikan gagasan-gagasan terkait dengan pengembangan pendidikan untuk anak cerdas+berbakat istimewa. Para pengunjung dapat memberikan tanggapan terhadap materi diskusi dalam upaya memperkaya atau membuat ide yang ditawarkan menjadi lebih fokus.

Pembaca juga dipersilahkan untuk mengajukan pertanyaan terkait dengan anak CI+BI atau penyelenggaraan pendidikan untuk anak CI+BI. Insya Allah kami akan mencoba memberikan jawaban yang memadai.

Komentar atau tanggapan dapat langsung ditulis di kolom komentar di bawah ini atau silahkan menghubungan e-mail: asosiasi.cibinasional@gmail.com atau silahkan kontak hp. 0812 8262 594, 0878 7754 2494

Terimakasih dan Wassalam.

Amril Muhammad

60 gagasan untuk “FORUM

  1. semoga asosiasi cibi kedepan bisa lebih sukses dan bisa lebih menyentuh dan mengakomodir program akselerasi di tingkat sekolah dasar,
    kami penyelenggara program aksel sd bina insani mohon diberi informasi berbagai jenis bantuan terutama bantuan pendampingan dari perguruan tinggi

  2. Kami sampaikan selamat dan sukses atas keberhasilan penyelenggaraan Seminar Nasional Asosiasi CI-BI pusat yang penuh dengan respons positif dan pencerahan tentang Asosiasi CI-BI.
    Mudah-mudahan bisa diikuti oleh asosiasi di wilayah-wilayah sehingga nama asosiasi bisa dikenal oleh semua masyarakat agar peran serta masyarakat yang mempunyai anak-anak cerdas istimewa dan bakat istimewa bisa disalurkan dan diberikan pelayanan sebagaimana mestinya.
    Terimakasih.

  3. askm Pak Amril. Respon siswa-siswa di daerah kami sangat baik terhadap program CI aksel. Banyak sekolah yang kami kunjungi punya keinginan untuk membuka program CI. Kendalanya , fasilitas pendukung seperti media IT belum ada. Di bengkulu, sekolah penyelenggara CI aksel kemaren sudah saya minta mengirim alamat website. Ternyata belum ada. Jadi untuk sementara yang ada hanya SMAN 2 Kota Bengkulu : http://www.smanda-bkl.com. Mohon doa restu Pak Amril agar kami lebih giat dan cepat berkembag di Bengkulu. Smoga Pak Amril tetap semangat mengembangkan Program PendidikAn CI/BI di Indonesia.

  4. Saya mau tanya, apakah SMA 5 Surabaya untuk tahun ajaran depan akan membuka kelas akselerasi? Di SMA mana aja di Surabaya yang buka kelas akselerasi? Terima Kasih

  5. Ass Wr Wb
    Nyumbang saran pak Amril ! …kalo bisa sekolah2 yang mempunyai program CIBI ditampilkan di Blog ini sekalian di link webblognya …sehingga kita bisa tahu perkembangan masing2 dan bisa saling sharing … maturnuwun !

  6. to Risa
    kalo di surabaya cuma SMAN 5. yang dekat surabaya ada di SMAN 1 Sidoarjo atau SMAN 2 Lumajang. kalo di Malang ada beberapa: MAN 3, MAN1, SMAN 1, SMAN 3 dan SMAN 5

    to: pak joo
    Insya Allah info alamat web sekolah2 aksel akan segera dimasukkan. tks

  7. Ass Wr Wb
    Mau kasih saran pak Amril ! …kalo bisa sekolah2 yang mempunyai program CIBI ditampilkan di Blog ini sekalian di link webblognya …sehingga kita bisa tahu perkembangan masing2 dan bisa saling sharing. Thanks be4

  8. ingin membantu memberi info pada teman-teman yang ingin mengetahui sekolah penyelenggara Ci Bi untuk SMP di Jakarta :
    -SMP Islam Al Azhar – SMP Lab School
    -SMPN 19,252,41,49,115,11
    SMP Islam PB Soedirman
    SMPK Penabur 4
    SMP Bhakti Mulya

  9. alamat web sekolah CI+BI masih dalam tahap dikumpulkan….

    bwat yang perlu, sebagian sudah kami masukkan di facebook. silahkan add..fb Asosiasi CI BI atau Amril Muhammad

  10. Selamat.
    maaf saya maunanya gimana cara bergabung dengan asosiasi cibi nasional kebetulan saya walikelas di kelas aksel di SMP N 2 dumai.
    saya mohon infonya…

  11. pak rudi….
    keanggotaan asosiasi CI+BI bersifat longgar…artinya semua orang dapat menjadi anggota. kami belum menggunakan model stelsel aktif….
    untuk komunikasi lebih intens..silahkan bapak gabung di facebook Asosiasi CI BI dan group pendidikan anak cerdas/berbakat istimewa di facebook.
    selamat datang dan selamat bergabung bersama komunitas yang peduli pada pendidikan anak bangsa yang memiliki potensi kecerdasan/bakat istimewa

  12. Kepada : Teman-teman Manager dan Pengelola Kelas Akselerasi – CI/BI …… Sekolah saya SD Negeri 11 Manado mendapat bantuan perpustakaan digital (digital library)
    Tolong dong yg sudah duluan, dimana bisa saya dapatkan server untuk perangkat yg sedang saya kerjakan ……. Trim’s

  13. kepada : Teman-teman Manager dan Pengelola Kelas Akselerasi – CI/BI …
    asyik seandainya ada pertemuan guru dan murid (perwakila) aksel se Indonesia. kita bisa saling melihat hasil binaan dan berbagi cara. misal dibentuk jambore aksel seperti di jawa tengah. jika ada ide yok kita wujudkan.

  14. Alhamdulillah kita kemarin tanggal 5 – 8 Pebruari dah melaksankan konfrensi nasional CI+BI di malang, dan semuga dapat memberikan masukan,pandangan,relasi dan pedoman yang jelas serta perjuangan yang ikhlas dalam mencerdaskan kehidupan bangsa demi percepatan dan pemamfaatan INDONESIAAN HUMAN RESOUCEs yang selama ini kurang mendapatkan perhatian.
    di jepang ada istilah RESTORASI MEIJI dan di INDONESIA ada ASOSIASI CI+BI
    MUGA Selamat ….

  15. Mohon informasi, sekolah dasar di wilayah jakarta selatan yang tergabung dalam asosiasi sekolah ci/bi. Terima kasih.

  16. Ass. P.amril yg terhormat, saya adalah termasuk org yg terlambat mengetahui seluk beluk CI BI dan asosiasinya. tapi punya keinginan untk bisa melaksanakan prgrm CI BI. dari mana saya harus memulai? pengurus daerah CI BI terdekat dengan Ngawi itu dimana? matur suwun.

  17. Yth. Pak Sutiyono..
    kalau boleh tahu..bapak dari sekolah mana?
    untuk jawa timur pengurusnya ada 2 yaitu malang dan surabaya..silahkan dipilih pengurus terdekat.
    kalo diperlukan..saya dapat membantu lebih rinci untuk penyiapan program cibi di sekolah bapak.
    tks

  18. Assalamu’alaikum …sekolah kami (SMAN 1 SLOGOHIMO, WONOGIRI) berminat untuk merintis kelas BI bidang Olahraga.darimana kami harus mulai dan mohon bantuan referensi untuk kami menerima info dan wawasan yang terkait dengan program sekolah BI.terima kasih.

  19. pak amril, tolong ya…
    daftar nama sekolah-sekolah ci+bi ditampilkan supaya semuanya tahu di mana saja ada sekolah pemyelenggara aksel.
    terima kasih ya… pak…!!!!

  20. Saya kurang jelas kriteria anak yg masuk gol ci+bi. Misalnya saja Q apa hrs 125 ke atas dan yg lain-lain? Ada sekolah dg program akselerasi di daerah kami yg saya rasa blom jelas tetapkan kriteria calon siswanya

  21. @ari…sementara yg sdah ada alamat webnya dilink di fb asosiasi cibi..

    @nida..yang termasuk dalam cibi itu adlah: IQ very superior, kreativitas dan task komitmennya baik…mbak ada di daerah mana?

  22. salam cibi,
    sebaiknya asosiasicibinasional melakukan screening ke sekolah2 untuk mencari anak cibi dan dibuat semacam gugus perwilayah agar menumbuhkembangan potensi anak cibi tersebut.
    bila asosiasicibi akan melakukan screening kesekolah2 saya berminat menjadi salah satu bagian dari tim tersebut.
    sebagai info saya alumni Pendidikan Luar Biasa, UNJ.
    trimakasih.

  23. mas joko…
    kami berterima kasih atas saran dan usulannya..nanti akan kami coba pikirkan mekanismenya…atas mungkin mas joko punya usul mengenai mekanismenya…

    oh ya kami tidak terlalu nyaman menggunakan istilah screening…kami menggunakan sebutan “deteksi dini”..
    terimakasih

  24. Pak Amril,
    Terimakasih atas penyegaran tentang penyelenggaraan CI BI di Hotel Beringin Salatiga.Informasi dari Bapak selaku sekjen CI BI merupakan masukan yang berharga bagi kami.SMP Negeri 1 Klaten telah menyelenggarakan seleksi administrasi PPDB Akselerasi tahun ke 4.Semoga kita bisa memberikan pelayanan terbaik bagi anak2 Cerdas Istimewa.Amin

  25. terima kasih juga pak Daryanto…semoga suatu hari saya bisa mampir ke skolah bapak…Sukses pak..salam untuk anak dan guru…semoga aksel SMPN 1 Klaten bisa berkembang menjadi semakin baik..

  26. Saya seorang ibu yang kebetulan punya anak umur 6 tahun dengan IQ 147 termasuk highly gifted. Saya tinggal di Solo dan berusaha mencari format pendidikan yang tepat untuk anak saya.
    pertanyaan saya,

    apakah mendaftarkan ke sekolah acceleration adalah satu-satunya cara mengoptimalkan pertumbuhan anak saya??

    adakah forum untuk orangtua agar saya bisa mengakses informasi dan berkomunikasi efektif dengan pemerintah tentang program CIBI??

    terimakasih banyak

  27. kalo bisa dari psikolog dapat uraian profil putra ibu yg lebih lengkap,tidak sekdar angka IQ, tapi juga kelebihan dan keterbatasan yang dia punya, lalu saran apa yang bisa dilakukan orang tua/sekolah dalam optimalisasi kemampuan itu dan meminimalisasi kekurangan yang ada..

    akselerasi diberikan karena siswa ci+bi memang memiliki karakteristik belajar yg lebih cept dri teman seusianya..kalo tidk diakomodsi, kemampuan itu akan hilang, sehingga anak itu mengalami underachiever.
    tks

  28. terimakasih jawabannya.

    Kebetulan anak saya dijadikan testee dalam study anak highly gifted untuk Fak Psikologi UMS. sudah beberapa kali ada test dan reportnya juga ada. Bahan ini saya jadikan data tertulis kepada sekolah supaya mereka bisa membantu saya mengembangkan bakat anak saya.

    salah satu kelemahannya yang paling menonjol adalah anak saya tidak nyaman bergaul dengan peer-nya tetapi lebih cenderung bermain dengan orang tua. Ini yang coba saya isi.

    Sebagai tambahan informasi, anak saya akan mulai masuk SD bulan Juni ini, dengan konsep sekolah alam.
    Sekarang pertanyaan saya, salahkah saya memasukkan anak saya ke sekolah yang bukan aksel, dimana guru sangat terbuka membangun komunikasi dengan orang tua.

    Alasan saya memilih SD ini karena kelasnya kecil dan ada harapan saya sebagai orang tua bisa berkomunikasi dengan guru untuk bersama-sama mengembangkan bakat ini. Jadi kami menggabungkan homescholing dan kurikulum sekolah.

    Lalu untuk mendukung program homescholingnya, adakah kurikulum CIBI yang bisa saya pakai???

    terimakasih.

  29. kecenderungan anak ibu bergaul dengan orang yg lebih dewasa, memang itu salah satu ciri anak gifted..
    sebenarnya dimanapun sekolah tidak masalah, selama layanan pendidikan yg diberikan cocok untuk anak ibu. tetapi jika pun kurang, maka perlu ada dukungan dari orang tua atau lingkungan. soalnya apalagi yang perlu diberikan kepada anak ibu, perlu dibaca dari hasil asesment yng dilakukan psikolog. saya berharap ibu bukan skedar memperoleh selembar kertas yang hanay berisi kesimpulan angka IQ anak ibu, tapi ada informasi profil lengkap dari anak yang kemudian bisa dijadikan referensi oleh guru da orang tua dalam pengembangna potensinya. tks

  30. selamat pagi pak, saya mohon info sekolah SD utk anak CI+BI di medan. Sebenarnya apakah hal yg paling penting yg harus dipertimbangkan dalam memilih sekolah untuk anak CI+BI? Apakah programnya, kurikulumnya, lingkungan sekolahnya, guru2nya, kegiatan ekskulnya atau hal lainnya? Apakah pendapat anak juga perlu di pertimbangkan?

  31. yang utama, orang tua perlu dulu memahami kondisi anaknya secara psikologis. ini dpat diperoleh melalui hasil psikotes yang memuat informasi lengkap profil psikologis anak, bukan sekedar skor IQnya. berbasis profil ini orang tua perlu mencari skolah yang tepat, yang tentu saja mencakup seluruh aspek: kurikulum, guru, program pengembangan dll yang dapat membantu pengembangan potensi anak.. jika sekolah yang semacam itu tidak bisa diperoleh, minimal ada indikator yang memadai dan anak merasa nyaman disana. selanjutnya orang tua perlu membantu anak agar potensi ini bisa berkembang secara optimal, diluar kontribusi sekolah.

    jika anak dianggap sudah mampu diajak berdialog, tentu akan baik jika anak juga diminta pertimbangannya. mereka juga perlu diberi informasi lengkap tentang program yang akan diikuti, termasuk konsekwensi2nya…

  32. Salam Hormat,
    Bapak, mohon informasinya untuk sekolah2 yg mendukung anak2 CI+BI di jakarta khususnya timur or selatan untuk putra saya SD kelas 3. Beberapa bulan lalu pihak sekolahnya meminta kami untuk membawa dia ke psikolog karena d anggap terlalu aktif, mengganggu jalannya pelajaran dan cara bicara n berdebatnya tidak sesuai dengan perkembangan anak seusia dia. Setelah d tes, dinyatakan dia termasuk cerdas n gifted disertakan pula uraian informasi kondisi psikologisnya yg menurut psikolognya tidak ada yg diluar kewajaran, tp memang dia tidak sabaran, itu juga sudah kami sampaikan ke pihak sekolah. Kami lihat sekolahnya yang sekarang belum siap untuk menerima anak seperti ini. Satu lagi yang mau saya tanyakan, apakah treatment untuk anak2 ini selalu kelas akselerasi? Karena saya kok kurang sreg ya..takut malah jadi beban bukan lagi membuat mereka jadi bergairah mengetahui hal2 baru karena ujung2nya pasti harus mendapatkan nilai yang bagus supaya masih bisa dikatakan cerdas.
    Terima kasih untuk informasinya.

  33. ibu lussya….
    dari data yang kami miliki program akselerasi untuk sd di jakarta, diselenggarakan di SDI Sudirman di Cijantung, SD Rawamangun 12 di komplek UNJ
    dan SD Al Azhar Kelapa GAding. setahu kami, program aksel baru diselenggarakan untuk siswa mulai kelas 4.

    layanan akselerasi diberikan kepada anak CI+BI karena mereka membutuhkan yang bisa mengakomodasi kecepatan belajar mereka dan dalam memproses informasi kognitif. akselerasi dalam konteks yang sebenarnya, tidak harus selalu dalam jangka waktu tahun yang dipercepat yang disebut sebagai grade-based acceleration, tetapi juga content-based acceleration. grade-based accelleration yang memang baru digunakan di Indonesia, yang dikenal dengan akselerasi. program ini bisa diikuti dengan baik, jika siswa yang bersangkutan memiliki kemampuan tinggi di hampir semua mata pelajaran. sedangkan content-based acceleration belum populer. akselerasi model ini diberikan kepada siswa CI+BI yang memiliki kemampuan spesifik pada bidang ilmu tertentu, yg membutuhkan stimulasi.

    sampai saat ini layanan akselerasi di Indonesia belum optimal dan masih memerlukan pembenahan, terutama dalam aspek kurikulum, pembelajaran dan penilaian.

    saran kami untuk ibu, adalah memberikan dukungan untuk mengembangkan potensi putranya diluar yang diberikan oleh sekolah. oleh karena itu, penting mendapatkan informasi lengkap dari psikolog tentang kelebihan2 dan keterbatasan yang dimiliki putra ibu.

    untuk info lebih lanjut, ibu bisa menghubungi Sdr. Amril Muhammad di hp. 0812 8262 594.

    terima kasih.
    salam dari kami

  34. Terima kasih Pak untuk masukannya..kami bisa memikirkan alternatif lain disamping mencari sekolah yang memiliki program untuk anak gifed..mungkin lebih baik mencari sekolah yang siap menerima anak2 ini dan mencari kelas2 pengayaan di luar sekolah yang di minati anak saya.

    Salam hormat

  35. ada dua macam program ci+bi yng bisa dilaksanakan, yaitu grade-based accelaration dan di an content based acceleration… yang grade-based artinya mereka yang bisa menyelesaikan waktu pembelajaran 1 tahun lebih cepat dari siswa reguler. sedangkan content based lebih menekankan pada pengayaan pada satu mata pelajaran atau keberbakatan tertentu, namun tetap menyelesaikan pendidikan dalam waktu 3 tahun.

    untuk semua program itu, ada persyaratan dan cara pelayann yang berbeda. semua dimulai dengna menyusun kurikulum. pertanyaannya apakah sekolah tempat bapak sudah melakukan proses penyusunan kurikulum diferensasi.
    silahkan hubungi Amril Muhammad hp. 0812 8262 594 untuk dapt penjelasan lebih lanjut. tks

  36. Mohon informasi sekolah SD penyelenggara Akselerasi di Bandar Lampung. dan mau tanya, apakah kalau pindah kelas 5 akselerasi bisa diterima lagi di sekolah akselerasi di kota lain ?

  37. sejauh data yang ada pada kami, belum ada sd penyelenggara aksel di bandar lampung…beberapa tahun yang lalu ada salah satu SD swasta mengajukan permohonan untuk membuka layanan tersebut, tetapi setelah dilakukan visitasi, ternyata belum memenuhi syarat kelayakan menjadi penyelenggara aksel.
    terkait dengan perpindahan dari satu sekolah ke sekolah lain, jika memang sekolah yang baru memiliki layanan akselerasi, tentu saja bisa diterima. prinsip untuk pindah sekolah secara umum mengikuti ketentuan yang ada..
    terima kasih

  38. Sekadar berbagi informasi saja, tahun ini (2012), ada 70 orang siswa SMA Negeri 70 Jakarta yang diterima di PTN melalui SNMPTN Jalur Undangan. Dua puluh (20) di antaranya dari kelas CI/BI (dari 24 siswa kelas CI/BI). Dari data kelas CI/BI, mereka diterima di dua PTN, ITB dan UI. Puteri kami, salah satu siswa CI/BI di SMAN 70 Jakarta, diterima di Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB. Ada sekitar 12 siswa kelas CI/BI yang diterima di ITB. Sisanya di UI (2 orang di Fakultas Kedokteran).

    Dari data yang kami dapatkan, di SMA Negeri 8 Jakarta, diterima 68 siswa dari jalur undangan, 5 di antaranya dari kelas CI/BI. Kelima siswa tersebut diterima di ITB atau UI.

    Demikian, semoga menyemangati.

    Salam,
    Aries R. Prima

  39. terima kasih pak Aries…informasi yang sangat berharga….selamat untuk putri bapak yang lulusan SNMPTN jalur undangan…

  40. Pak Amril, selama ini yg saya tau kelas aksel itu banyak dibuka di SD/MI- SMA/MA kalau di SMK kira-kira seperti apa aksel itu bisa dilakukan. Mohon gambaranya

  41. mas Mifta……
    kalo pendapat kami, layanan akselerasi agak kurang tepat dilakuka di SMK, karena muatan materi di SMK yang lebih banyak pada keterampilan, membutuhkan lebih banyak waktu agar keterampilan yang dipelajari itu betul-betul bisa menjadi keahlian…
    pada jaman saya SMA, ada sebuah sekolah bernama SMTK di daerah pasar baru..itu sekolahnya 4 tahun…tapi kemampuan lulusannya sangat hebat…
    tks

  42. Assalamu alaikum wr.wb,saya ibu dari naura,anak saya bln oktober ini genap tujuh tahun..bapak,saya mohon info di pekanbaru SD mana yg menyelenggarakan program ci bi.saya juga ingin bertanya,parameter lain untuk menentukan seorang anak tergolong ci bi itu apa saja berdasar hasil tes psikologi,terima kasih.wassalamu alaikum wr.wb

  43. ibu datik….
    sampai saat ini untuk menentukan seorang anak masuk kategori CI+BI apabila memenuhi tiga persyaratan, yaitu IQ kategori very superior, task commitment yang baik dan kreativitas yang juga baik..kebetulan yang punya otoritas melakukan ini adalah psikolog. selanjutnya untuk diterima mengikuti program akselerasi, perlu juga didukung oleh data hasil pendidikan pada jenjang sebelumnya yang nilai rata-ratanya 8 atau mendekati 8.

    di pekanbaru, sejauh data yang kami miliki, belum ada program akselerasi di sekolah dasar.
    tks

  44. mimas..
    pak, saya memiliki anak usia 28 bulan, saya membaca artikel tentang gifted dan melihat perkembangan anak saya sejauh ini sepertinya anak saya termasuk anak gifted. apakah saya harus melakukan tes IQ di usia dini utkmengetahui kebenarnnya?apakah hal itu perlu dilakukan?sekolah yang mengakomodasi anak gifted di surabaya yang bagus di mana ya pak?terima ksih.

  45. ibu mimas yang baik….
    anak usia 28 bulan belum bisa dilakukan psikotes karena belum bisa membaca dan menulis secara mandiri…barangkali yang perlu dilakukan sekarang adalah mencari informasi tentang perkembangan anak, lalu lihat apakah putra ibu berada dalam perkembangan yang sama dengan seusianya, atau lebih.
    nanti bila sudah usia 4 tahun mungkin sudah bisa di tes..
    sekrang ini coba dibantu perkembangan kognitif dan keterampilan2 yang sesuai dengan usianya melalui permainan dan lain-lain..

  46. tahun ini kami SD MUHAMMADIYAH BOJONEGORO JATIM, membuka layanan aksel, Yang kami tanyakan, bagaimana proses pengurusan izin aksel.
    terima kasih

  47. pengurusan ijin aksel dimulai dengan pemenuhan kriteria, sekolah memiliki akreditasi A, melakukan pelatihan penyusunan kurikulum diferensiasi dengan narasumber dari Asosiasi CI+BI Nasional, lalu mengajukan ijin ke dinas pendidikan propinsi yang dilampirkan dengan rekomendasi dari dinas pendidikan kabupaten/kota dan Asosiasi CI+BI Nasional.
    Untuk info lebih lanjut hubungi Amril Muhammad, hp. 0812 8262 592 atau 0857 7876 9380

  48. saya mhs uny s2 yg sdng tugas belajar tesis yg sy ambil “manajemen kelas akselerasi di sd …..” sy minta info sd akselerasi dan alamat asosiasicibi cabang yogyakarta?

  49. silahkan datang ke sd muhammadiyah sapen jogja. ketua asosiasi ci+bi DIY juga kepala sekolah disana. tks

  50. saat diberlakukan sertifikasi, guru dibebani tugas mengajar 24 jam, yang menjadi pertanyaan bagi teman-teman pengajar di kelas akselerasi di sekolah kami, payung hukum pengakuan jam mengajar di kelas akselerasi dimana ? mqaakasih pak atas pencerahannya.

  51. Yth. pak Syahroel…
    sepengetahuan kami, tidak ada masalah dengan kelas akselerasi, karena keberadaan kelas itu sama dengan kelas reguler. dengan demikian pengakuan mengajar di kelas akselerasi juga sama dengan mengajar di reguler.

    tks

  52. assalamu’alaikum wr.wb
    Yth. bapak Amril, saya ingin bertanya kembali, menurut kabar yang pernah saya terima tentang pelaksanaan kurikulum 2013 akan menggunakan sistem sks non sks, dari hal tersebut apakah kelas akselerasi tetap berlangsung, terimakasih bapak atas pencerahannya.
    wassalam

  53. walaikum salam pak andie..
    kelas akselerasi itu beda dengan sistem sks, meskipun PP 17/2010 menyatakan akselerasi bisa dengan sks. kalo digunakan sks, maka anak pintar akan pintarsendiri tidak memberi manfaat bagi temannya. tetapi di kelas akselerasi, anak hebat diharapkan bisa berbagi dan membantu temannya melalui pembeljaran model jigsaw. lewat pembelajaran model ini anak bisa berkembangan social skill. pelaksanaan sks tidak akan mudah, karena jika siswa mengambil sks sedikit berisiko menyelesaikan studi lebih lama dari temannya. dan itu akan memberi efek buruk pada prestasi sekolah. kalo anak mengambil sks banyak, akan sulit karena mata pelajaran di sekolah dari tahun ke tahun sama namanya. beda dengan perguruan tinggi yang nama mata kuliah berbeda dari semester ke semester. di samping itu tidak ada satupun kata di kebijakn kur 2013 yang menyatakan bahwa aksel bubar.
    tks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s