80 Persen Otak Anak Berkembang di Usia Emas

Kompas.com Sabtu, 20 Desember 2008 | 10:10 WIB

SEKITAR 80 persen otak anak berkembang pada periode yang disebut dengan “golden age”, atau masa-masa keemasan, usia 0 hingga lima tahun. Pada masa-masa tersebut, peran orangtua sangat dibutuhkan dalam mengawasi tumbuh dan berkembangnya otak anak.

Menurut Psikolog Anak, Desni Yuniarni, masa “golden age” otak anak berkembang sangat cepat sehingga informasi apapun akan diserap, tanpa melihat baik atau buruk.

“Tugas orangtua yang mengarahkan anaknya lebih baik, dengan rasa cinta dan kasih sayang,” ujarnya.

Selain berperan sebagai pengawas tumbuh dan berkembangnya anak-anak mereka, orangtua bertugas menambah pengetahuan, terutama seputar pertumbuhan anak. Namun, orangtua tidak bisa memaksakan pertumbuhan anak sesuai kemauannya, seperti menyuruh belajar di luar kemampuan anak dengan maksud agar anak mereka kelak menjadi pintar.

“Yang penting kita sebagai orangtua harus menunjukkan sikap dan perilaku yang baik karena anak suka meniru orang-orang terdekatnya,” kata Desni.

Ia menambahkan, orangtua harus mengawasi anak mereka ketika menonton acara televisi. Karena saat ini banyak sekali program televisi yang tidak cocok bahkan tidak layak ditonton bagi anak-anak karena dikhawatirkan akan ditiru, seperti acara gosip yang menonjolkan isu-isu perceraian selebritis.

“Lebih baik televisi dimatikan saja agar anak tidak terkontaminasi dengan program-program televisi tersebut. Kalaupun harus menonton, usahakan kita juga ikut menonton sehingga bisa menjadi sensor acara televisi yang sedang ditonton anak kita,” ujarnya.

Ia juga berpesan, bagi orangtua yang mempunyai waktu singkat untuk berkumpul dengan anak-anaknya, usahakan anak diasuh oleh orang yang tepat dan harus tetap meluangkan waktu untuk sang buah hati.

“Jika tidak memanfaatkan waktu senggang, maka anak tidak akan berkembang dengan optimal,” katanya.
AC
Sumber : Ant

About these ads

68 gagasan untuk “80 Persen Otak Anak Berkembang di Usia Emas

  1. memberikan penanaman hal-hal yang positif sejak dini adalah salah satu kiat mengembangkan otak anak.untuk itu diusahakan sejak masih bayi,anak diberikan hal-hal yang positif jangan yang negatif.karena otak anak cepat sekali meniru hal-hal yang kita perbuat. untuk sebaiknya anak diberikan lingkungan yang baik dan mengatawasi tumbuh dan berkembangmya otak anak secara baik

  2. pada anak usia 0 sampai 5 tahun memang perkembangan otaknya sangat menyerap dengan cepat tanpa tau apakah itu baik atau tidak. maka di sini peran orang tua sangat di butuhkan dalam pertumbuhan otak anak dengan rasa kasih sayang dan mengawasi segala apa yang diterima oleh anak, namun peran orang tua juga tidak berarti harus mengekang anak dalam berkreasi. jadi wajar saja orang tua membatasi, namun harus tau apa yang benar-benar menjadi kebutuhan anak dan mana yang bukan. dan juga bukan berarti ketika anak sudah beranjak di atas 5 tahun tidak perlu pengawasan orang tua, hal itu masih di perlukan walau dengan batasan-batasan tertentu.

  3. anak akan cepat menstimulus reaksi yang diberikan oleh orang tua atau siapa pun pada usia 0-5 tahun ini. untuk itu, orang tua harus memberikan contoh yang baik dan perilaku yang positif terhadap anak. karena anak dengan mudah dapat meniru apa yang dilakukan orang terdekatnya. orang tua juga harus selalu mengontrol apa yang dilakukan anak. misalnya, dalam menonton tv. jangan biarkan anak menonton film dengan adegan kekerasan atau film untuk orang dewasa. beri mereka pengetahuan yang belum mereka tahu. dan tidak lupa beri nutrisi ayng baik untuk mendukung perkembangn anak.

  4. sri rahayu
    8135072789
    Pend. Tata niaga Reg 07

    aslm..
    Memang benar usia anak dari 0 smpai 5 tahun adalah periode golden age karena diusia segini anak dapat cepat menyerap hal-hal apa saja yang si anak lihat, dengar,dll maka disinilah peran orang tua haruslah intensif terhadap anak-anaknya.Orang tua harus dapat mengontrol anak-anak mereka kearah yang positif, agar
    anak-anak mereka dapat menyerap ilmu-ilmu pengetahuan yang bersifat positif dan dapat dibawa hingga anak tumbuh dewasa.

  5. Ichwan Iskandar 8135072792 Pend.Tata Niaga Reg 2007 Di dalam masa kanak-kanak merupakan masa-masa penting dimana perkembangan otak sedang terjadi.Memang ketika anak-anak lebih banyak dihabiskan untuk masa bermain,Tapi bermain adalah salah satu bentuk stimulasi yang dapat mengembangkan kemampuan motorik anak. Orangtua seharusnya perlu sering mengajak anak bermain agar kecerdasannya terlatih.Dari beberapa kenyataan yang ada jelas terlihat bahwa usia balita hingga 3 tahun merupakan masa yang sangat kritis karena akan mempengaruhi kualitas otaknya hingga dewasa, dan masa ini tidak mungkin akan berulang.

  6. masa-masa awal pertumbuhan merupakan awal proses tumbuh kembang anak dimana stimiulasi pertama lah yang diterima si anak pada usia umumnya 0-5 tahun .oleh karena itu peran orang tua sebagai pengasuh harus serta aktif mengawasi tumbuh kembang anak :)

  7. prinanto hadi wibowo
    pend. tn reg 07
    8135072788

    dalam perkembangan anak, orang tua sangat berpengaruh bagi pertumbuhan anak.
    maka orang tua harus memberikan perilaku yang baik bagi anak tersebut

  8. saya sependapat dengan artikel diatas, beberapa riset dunia kedokteran memang mengatakan kecerdasan anak akan berkembang pesat di usia emas tersebut. untuk itulah seharusnya orang tua tidak membuang kesempatan yang langka, untuk mengoptimalkan kecerdasan anak

  9. di usia yang masih kecil anak harus di ajarkan perilaku yang baik serta di berikan pengawasan yang ketat karena zaman sekarang anak yang masih kecil perilakunya sudah seperti orang dewasa.

  10. saya setuju dengan pernyataan diatas.
    orang tua harus memberikan yang terbaik bagi anaknya, biarkan ank melakukan apa yang di inginkan, tanpa mengabaikan pengawasan terhadap aktifitas anak.
    dan ada baiknya juga orang tua menyalurkan bakat yang dimiliki anaknya tanpa ada paksaan.

  11. adanya baiknya pula orang tua sangat konsentrasi pada usia anak antara 0-3 tahun. karena pada umur ini pula termasuk di dalam golden age.
    disamping sang anak diberi asupan gizi yang seimbang, namun orang tua jug aharus memperhatikan kondisi lingkungan di sekitar.
    contoh yang sudah dijelaskan yaitu pengaruh siaran televisi.dimana menurut saya, acara televisi sekarang hanya berorientasi pada keuntungan bukan edukasi yang dapat berpengaruh positif pada sang anak.

  12. masa golden age merupakan masa dimana seorang anak bertumbuh kembang optimal,,,

    untuk itu para orang tua pun harus dapat membimbingnya dengan baik,, agar tumbuh kembang otak si anak optimal,,,
    dan orang tua harus menyeleksi & menyaring hal-hal yang positif dan negatif,,, harus pandai memilah milah,,,

  13. Di usia emas ini peranan orang tua memang sangat diperlukan untuk tumbuh kembang anak yang optimal. kontrol orang tua sangatlah penting. stimulus demi stimulus positif akan membantu anak lebih baik dalam pengembangan kecerdasannya.

  14. Muhammad Rizki Hakiki
    8135072794
    Pend. Tata Niaga Reguler 2007

    Menurut pendapat saya, dalam perkembangan anak pada usia emas, peran orangtua sangat dibutuhkan dalam mengawasi tumbuh dan berkembangnya otak anak. Karena otak anak berkembang sangat cepat sehingga informasi apapun akan diserap, tanpa melihat baik atau buruk. Disini, tugas orangtua adalah mengarahkan anaknya lebih baik, dengan rasa cinta dan kasih sayang. Selain berperan sebagai pengawas tumbuh dan berkembangnya anak-anak mereka, orangtua juga bertugas menambah pengetahuan, terutama seputar pertumbuhan anak. Namun, orangtua tidak bisa memaksakan pertumbuhan anak sesuai kemauannya. Yang penting kita sebagai orangtua harus menunjukkan sikap dan perilaku yang baik karena anak suka meniru orang-orang terdekatnya.

  15. memang benar peran orang tua pada masa usia anak 0-5 sangatlah penting,karena dimasa itu anak berada pada masa dia mempelajari lingkungan disekitarnya dan karena itu orang tua harus memanfaatkan masa tersebut untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anaknya..

  16. Dwi Yunita
    8135077965
    Pend. Tata Niaga Non Reg’07

    Perkembangan media TV sekarang memang sudah pesat sekali, jika para orang tua tidak hati-hati dalam memilah-milih mana tontonan yang baik untuk anak mereka, bisa-bisa anak mereka nantinya akan terkontaminasi dengan program-program Tv.
    Oleh sebab itu, para orang tua harus selalu mendamping anak mereka jika sedang menonton TV.

  17. saya amat setuju dengan anggapan bahwa 80 persen otak anak berkembang di usia emas antara 0 – 5 tahun karena, di usia inilah anak cepat merespon dengan stimulus yang diberikan. orang tua amatlah berperan penting dalam tumbuh kembangnya otak anak maka dari itu, orang tua wajib memberi stimulus secara terus menerus kepada anak.

  18. Anak dengan usia 0 – 5 tahun dalam perkembangan otaknya, dia dengan sangat cepat menyerap banyak hal yang dilihatnya..

    Maka dari itu, orang tua hendaknya memilah dan memilih program televisi yang berkualitas dan sangat mendidik. Agar otak bagi si anak dapat terangsang dalam kecerdasannya.

  19. Perkembangan anak pada usia emas memang sekitar 0 – 5 tahun.
    Dalam masa ini, otak anak berkembang sangat cepat sehingga informasi dan hal-hal apapun yang dilihatnya akan sangat mudah diserap.
    Oleh karena itu, orang tua hendaknya memilah dan memilih program televisi yang berkualitas dan mendidik agar otak si anak akan terangsang dengan kecerdasan.

  20. masa golden age adalah masa dimana otak anak berkembang dengan baik…
    pada masa itu anak harus diajarkan hal-hal yang positif oleh orang tuanya..
    jangan sampai hal negatif yang di terima oles si anak..

    aditya septiadi a
    8135072783
    tN reg 07

  21. disaat perkembangan otak anak sangat pesat disinilah peranan orang tua untuk memberikan sebuah stimulus kepada anak agar anak tersebut dapat berkembang dengan sempurna jangan dibiarkan begitu saja karena periode ini perkembangan anak akan sangat cepat.

  22. Amalina Imadarty
    8135077986
    TN NR 07

    Anak-anak mengalami proses tumbuh kembang yang cepat pada usia o-5 thn atau yang lebih dikenal dengan periode “golden age”. Pada usia ini anak tumbuh dari yang belum bisa melakukan apapun sampai bisa berlari itu terjadi pada masa ini. Begitu pula dengan perkembangan otaknya. Otak anak
    berkembang sangat cepat sehingga informasi apapun akan diserap, tanpa melihat baik atau buruk. Maka dari itu diharapkan peran serta dari para orang tua agar dapat lebih memperhatikan anak pada periode ini misalnya membatasi jam nonton TV anak dan memberikan contoh yang baik karena anak pada periode ini suka meniru lingkungan di sekitarnya.

  23. Nama : Adinda Chaniago
    NIM : 8135077981
    Konsentrasi : Pend. Tata Niaga Non Reg’07

    Orang tua perlu memperhatikan tumbuh kembang anak di usia ini, seperti memberi asupan gizi yang baik dan memperhatikan kegiatan anak, mengawasi, dan mengajari anak-anak di usia ini, dengan hal-hal yang baik agar otak anak di usia ini dapat berkembang dengan baik.

  24. dalam masa “golden age” orang tua harus pandai mengontrol anaknya. biasanya anak sangat cepat meniru apa yang dilihat olehnya. seperti acara televisi, orang tua harus mengawasi.

  25. saya setuju bahwa masa keemasan seorang anak pada usia 1-5 tahun. dalam masa ini seorang anak sanagat cepat menyerap informasi yang didapatkannya dari luar. peran orang tua sangat penting dalam memberikan contoh” positiv untuk mempengaruhi perkembangan otak si anak.

  26. memang otak anak berkembang sangat cepat terbukti dari bayi anak sudah pendai mengenal ibu nya dan pertumbuhan semakin cepat dari merangkak sampai berjalan. setelah masa anak-anak tumbuh kembangnya semakin cepat dari pandai menhitung,membaca dan mengenal warna.Disinilah peran orang tua dalam membantu menumbuh kembangkan otak anak

  27. masa golden age adalah masa perkembangan otak anak dimana otak anak berkembang sangat cepat sehingga informasi apapun akan diserap, tanpa melihat baik atau buruk..
    di masa ini peran orang tua sangat di butuhkan untuk membimbing atau mengajari sang anak ke arah yang lebih baik..
    bimbingan yang di berikan oleh orang tua dapat dimulai dari hal yang kecil seperti : menonton acara tv sesuai dengan umur,,mencontohkan cara bicara yang baik dan pengawasan terhadap lingkungan bermain anak..

  28. masa golden age pada bayi adalah masa-masa berkembangnya seorang bayi…mereka belajar dari segalanya yang ia liat, dengar dan rasakan…
    oleh sebab itu pada masa golden age ini seorang ibu harus mengajarkan hal-hal baik kepada anaknya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari….

  29. pada seorang bayi…masa golden age adalah masa-masa berkembangnya seorang bayi…
    mereka belajar dari segalanya yang ia liat, dengar dan rasakan…oleh sebab itu pada masa golden age ini seorang ibu harus mengajarkan hal-hal baik kepada anaknya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari….

  30. golden age merupakan masa perkembangan otak anak.. masa perkembngan ini terjadi pada usia 1-5 tahun. masa ioni proses perkembangan anak sdang dlm proses.. dan peran orang tua sangatlah penting untuk membantu kemajuan stimulus otak anak agar dapat berkembang dan agar teransang kecerdasannya.

  31. masa perkembangan anak dikenal sebagai masa keemasan karena hampir semua informasi dapat diserap secara cepat oleh anak, untuk itu penanaman sesuatu yang baik dari usia dini sangatlah penting agar perkembangan otaknya dapat berjalan dengan maksimal.

  32. Dalam masa golden age adalah masa yang paling rentan, dimana otak akan berkembang cepat menanggap informasi atau respon negatif atau positif.
    Peran orang tua sangat diperlukan untuk membimbing anak, dengan mengajarkan dan memberikan contoh yang positif.

    Dwi Restuwanty
    8135077989
    Pend. Tata Niaga (Non Reg)

  33. dalam umur 1- 5 tahun adalah “golden age”, atau masa-masa keemasan karena pada masa-masa tersebut, peran orangtua sangat dibutuhkan dalam mengawasi tumbuh dan berkembangnya otak anak. Selain itu, orangtua harus mengawasi anak mereka ketika menonton acara televisi. Karena saat ini banyak sekali program televisi yang tidak cocok bahkan tidak layak ditonton bagi anak-anak karena dikhawatirkan akan ditiru, seperti acara gosip yang menonjolkan isu-isu perceraian selebritis.

  34. pada seorang bayi…masa golden age adalah masa-masa berkembangnya seorang bayi…
    mereka belajar dari segalanya yang ia liat, dengar dan rasakan…oleh sebab itu pada masa golden age ini seorang ibu harus mengajarkan hal-hal baik kepada anaknya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari….

  35. peran orang tua sangat di butuhkan dalam pertumbuhan otak anak dengan rasa kasih sayang dan mengawasi segala apa yang diterima oleh anak, namun peran orang tua juga tidak berarti harus mengekang anak dalam berkreasi. jadi wajar saja orang tua membatasi, namun harus tau apa yang benar-benar menjadi kebutuhan anak dan mana yang bukan.

  36. diaz priasmoro
    pend.Tata Niaga Non reg 07
    8135077958

    pada masa ini memang ada rentan sekali dalam menerima informasi dari luar.
    karena anak sangat cepat menghafal apa yang dia lihat dan dia dengar.
    orang tua sebaiknya memberikan informasi kepada anak nya.
    jangan sampai si anak menerima informasi yang buruk dan jelek, karena sangat mempengaruhi perkembangan si anak tersebut.

  37. pada usia golden age adalah dimana anak mampu menyerap sesuatu dengan cepat, sehingga pada masa ini jangan di siasiakan, pada masa ini peran keluarga dekat sangat penting untuk menyerap informasi bagi sang anak

  38. yuni sri w(8135077970)
    Pend.Tata niaga NR’07

    saya sangat setuju, bahwa anak yang berusia antara 1-5 thn sangat mudah untuk memperoleh pengaruh dari luar . Maka dibutuhkan peran penting orang tua untuk membimbing sang anak ke arah yang sesuai dengan usianya .Misal perlu adanya bimbingan dalam cara bermain anak ,dalam menonton TV misalnya .Dan orangtua pun sangat penting untuk memberi contoh-contoh positif bagi anaknya .

  39. Fitri Hadianti
    8135077973
    Pend.Tata Niaga (Non Reg 07)

    Pada anak usia 0 sampai 5 tahun merupakan masa periode golden age karena pada usia tersebut anak dapat cepat menyerap hal-hal apa saja yang anak lihat dan dengar.Maka disinilah peran orang tua dibutuhkan untuk memberikan simulasi dan pengarahan kepada anak untuk berbuat hal yang positif untuk pertumbuhan anak tersebut…

  40. sutriyani
    tn non reg’07
    8135077961

    Golden age merupakan masa dimana perkembangan anak yang sangat cepat dan membutuhkan peran dari orang tua.
    pada masa ini, orang tua harus lebih eXtra dalam menjaga sikap dan prilaku, karena pada masa ini anak dapat merespon lebih cepat dengan apa yang dia lihat. maka dari itu, peran orang tua sangat penting.

  41. irma manalu
    pend.tata niaga 07
    8135072764

    pada masa keemasan perkembangan otak anak peran orangtua sangat dibutuhkan dalam mengawasi tumbuh dan berkembangnya otak anak. selain itu orangtua bertugas menambah pengetahuan, terutama seputar pertumbuhan anak. Namun, orangtua tidak bisa memaksakan pertumbuhan anak sesuai kemauannya,Yang penting sebagai orangtua harus menunjukkan sikap dan perilaku yang baik karena anak suka meniru orang-orang terdekatnya

  42. Pada masa ini tugas orangtua adalah mengarahkan anaknya ke arah yang lebih baik, dengan rasa cinta dan kasih saying. Yg penting orangtua harus menunjukkan sikap dan perilaku yg baik, karena anak suka meniru orang orang terdekatnya.

  43. Memang Orang tua mempunyai peranan besar dalam mengawasi pertumbuhan dan mengembangkan otak anak dalam usia emas antara 0-5 tahun. dengan cara memberikan pengetahuan dan perhatian sehingga anak bisa berkembang secara optimal.

  44. memang benar usia emas adalah perkembangan otak anak yang pesat. karena dalam usia tersebut anak dapat menerima setiap tindakan yang dilakukan orang tua dan menyimpan di memori otaknya. oleh sebab itu orang tua harus lebih waspada dalam mendidik anak. orang tua harus memberikan pemahanan yang positif.

  45. perkembangan yang dimaksud diatas akan percuma saja jika orang tua tidak memberikan stimulus yang bagus sehingga tumbuh kembang kecerdasan otak anak berkembang.
    dan satu lagi bukan berarti apabila sudah melewati usia tersebut, kita tidak bisa menstimulus otak kita agar lebih cerdas dan berkembang…. tenang saja sobat, janjan dulu bersedih, sebab ternyata semakin sering otak kita digunakan, semakin tajamlah ia.

  46. jenny christine (8135077998)
    Pend. Tata niaga NR 07

    80 Persen Otak Anak Berkembang di Usia Emas sangat dibutuhkan dalam mengawasi tumbuh dan berkembangnya otak anak.
    karena orang tua berperan sebagai pengawas tumbuh dan berkembangnya anak-anak mereka dan orangtua bertugas menambah pengetahuan, terutama seputar pertumbuhan anak.
    sehingga anak tersebut dapat menjalani kehidupannya dengan aman, baik dan benar.

  47. anak dapat mengetahui lingkungannya karena dibimbing oleh orang yang berada di sekitarnya yang memahami atas problem anak, sehingga kita harus memilih tempat lingkungan dimana anak dapat belajar,,
    orangtua yang kurang memperhatikan dapat menimbulkan polemik terhadap anak tersebut sehingga peran mereka tentu sangat dibutuhkan bagi perkembangan si anak,,

  48. dimasa otak anak berkembang merupakan masa yang sangat penting bagi orang tua.
    pada masa ini orang tua harus sangat berhati-hati dalam mengajarkan sesuatu hal karena apa yang diajarkan menentukan pembentukan mental dan kepribadian anak.

  49. golden age atau yang dikenal dengan masa keemasan, yaitu usia 0 hingga lima tahun.. .

    Pada masa golden age otak anak berkembang sangat cepat dan peranan orangtua sangat dibutuhkan dalam mengawasi tumbuh dan berkembangnya otak anak. karena pada masa ini otak anak sangat cepat menyerap informasi baik itu informasi baik maupun buruk.. .

    disinilah orang tua mempunyai peranan yang sangat penting untuk mengarahkan tumbuh berkembang anak kearah yang diharapakan.. .

    so..kita sebagai orang yang peduli terhadap generasi penerus bangsa mari kita sosialisasikan golden age.. .agar generasi penerus kita dapat bertumbuh kearah yang lebih baik..!

  50. Christina panjaitan
    Tn Reg 07

    Pada masa golden age orang tua sangat berperan dalam pertumbuhan otak si anak, pada masa ini orangtua sangat berperan penting dlam memberikan hal-hal yang positf dan Yang penting kita sebagai orangtua harus menunjukkan sikap dan perilaku yang baik karena anak suka meniru orang-orang terdekatnya…

    I

  51. 80 persen otak anak berkembang diusia emas:
    Orang tua adalah perantara utama atas kemajuan anak, cermin pribadi dari orangtua yang buruk akan berjalan cepat pada penerimaan diri sianak. Sejak sianak bayi orangtua menjadi pembimbing dan mentor dalam tumbuhkembang anak.Sebagai orangtua kita harus teliti dalam tingkahlaku, tuturkata, gerak-gerik, sedikit gerakan saja menjadi pusat perhatian sibayi jadi jangan sampai salah karena cermin pribadi anak adalah dari orangtuanya.

  52. orang tua harus mencermati masa golden age ini karena hal ini dapat memberikan kontribusi yang besar nantinya.
    orantua harus dapat memberikan stimulus yang tepat agar anak dapat mengembangkan kecerdasannya secara optimal.
    peran orangtua yang aktif sangat diperlukan dalam masa ini. tanpa peran aktif orangtua maka masa golden age ini tidak dapat berfungsi secara baik.

  53. Nancy Wijaya S
    8135072769
    Pend. Tata Niaga 07 (Reguler)

    Setuju!
    Tetapi ada fenomena yang terjadi pada keluarga baru pada saat ini. kebanyakan saat ini anak-anak pada usia “golden age” kurang mendapatkan perhatian khusus dari para orang tua. serta lingkungan yang kadang tidak mendukung dan membuat mereka tertekan. seperti para orang tua yang bertengkar dan lain sebagainya.

    perlu adanya sosialisasi untuk para orang tua dalam membentuk anak yang baik pada usia emas ini. Agar orang tua lebih trampil dalam mengoptimalkan masa tersebut demi efektifitas potensi yang dimiliki oleh anak tersebut.

  54. anak akan cepat menstimulus reaksi yang diberikan oleh orang tua atau siapa pun pada usia 0-5 tahun ini. untuk itu, orang tua harus memberikan contoh yang baik dan perilaku yang positif terhadap anak. karena anak dengan mudah dapat meniru apa yang dilakukan orang terdekatnya. orang tua juga harus selalu mengontrol apa yang dilakukan anak. misalnya, dalam menonton tv. jangan biarkan anak menonton film dengan adegan kekerasan atau film untuk orang dewasa. beri mereka pengetahuan yang belum mereka tahu. dan tidak lupa beri nutrisi ayng baik untuk mendukung perkembangn anak.

  55. Imam Punarko
    Pend. Tata Niaga 07
    8135072812
    Sebuah masa yang sangat berharga, peran orang tua menjadi sangat penting kita sadar bahwa orang tua kadang sibuk dengan pekerjaanya. Ingat seorang anak sedang mengalami perkembangan otaknya di masa ini sehingga nilai-nilai agama, moral, kebiasaan, perilaku,dll. Akan banyak di serap oleh anak. Pendidikan dini menjadi penting sekali dalam hal ini.
    Masa ini kadang seorang anak sedang begitu menyenangkan tetapi banyak sekali hal-hal yang terlambat kita antisipasi, seperti yang dalam artikel diatas televisi, pergaulan luar, dan ketidak waspadaan dalam bermain, kadang memberikan pemahaman yang tidak baik kepada masa depannya. Seorang anak seharusnya diajarkan mengaji, mendengarkan musik-musik yang baik, di bentuk perilakunya. Dsb. Mari sama-sama untuk lebih bijak dalam memahami dunia kembang anak agar tidk menyesal nantinya.

  56. Gelda Meris Nike Safitra
    8135072807
    Pend.Tata Niaga Reg07

    Menurut saya…
    pada anak usia 0 sampai 5 tahun memang perkembangan otaknya sangat menyerap dengan cepat tanpa tau apakah itu baik atau tidak.
    Oleh karena itu, orang tua hendaknya memilah dan memilih program televisi yang berkualitas dan mendidik agar otak si anak akan terangsang dengan kecerdasan.

  57. adanya baiknya pula orang tua sangat konsentrasi pada usia anak antara 0-3 tahun. karena pada umur ini pula termasuk di dalam golden age.
    disamping sang anak diberi asupan gizi yang seimbang, namun orang tua jug aharus memperhatikan kondisi lingkungan di sekitar.
    contoh yang sudah dijelaskan yaitu pengaruh siaran televisi.dimana menurut saya, acara televisi sekarang hanya berorientasi pada keuntungan bukan edukasi yang dapat berpengaruh positif pada sang anak.

  58. Nur Husnul Chotimah
    8135072786
    TN reg 07

    anak pada usia emas, anak-anak sangat cepat dalam menyerap informasi yang dilihat maupun yang didengar dan dirasakannya.
    pada masa “golden Age” ini, orangtua sangat diharapkan untuk mengawasi tumbuh kembang anaknya, orangtua harus mengawasi anak mereka ketika menonton acara televisi. Karena saat ini banyak sekali program televisi yang tidak cocok bahkan tidak layak ditonton bagi anak-anak karena dikhawatirkan akan ditiru, seperti adegan kekerasan, pornografi dan porniaksi, bahkan acara gosip yang menonjolkan isu-isu perceraian selebritis.

  59. Nur Husnul Chotimah
    8135072786
    TN reg 07

    anak pada usia emas, anak-anak sangat cepat dalam menyerap informasi yang dilihat maupun yang didengar dan dirasakannya.
    pada masa “golden Age” ini, orangtua sangat diharapkan untuk mengawasi tumbuh kembang anaknya, orangtua harus mengawasi anak mereka ketika menonton acara televisi. Karena saat ini banyak sekali program televisi yang tidak cocok bahkan tidak layak ditonton bagi anak-anak karena dikhawatirkan akan ditiru, seperti adegan kekerasan, pornografi dan pornoaksi, bahkan acara gosip yang menonjolkan isu-isu perceraian selebritis.

  60. inne zulfanisa
    tata niaga reg 07
    8135072806
    Pada masa golden age otak anak berkembang sangat cepat dan peranan orangtua sangat dibutuhkan dalam mengawasi tumbuh dan berkembangnya otak anak. anak pada usia emas, anak-anak sangat cepat dalam menyerap informasi yang dilihat maupun yang didengar dan dirasakannya.

  61. tumbuh kembang anak dalam periode emas seperti ini memang sangat diperlukan orang-orang terdekat yang dapat melakukan hal-hal seperti diatas. baik orang tua, adik, kakak, keluarga dan lingkungan akan sangat mempengaruhi pertumbuhannya.
    pengetahuan ini sangat baik agar penerus bangsa dapat memiliki intelektualitas yang lebih baik lagi.

  62. RENDI MAISYAH LINO
    8135077994
    PEND.TATA NIAGA NON REG 2007

    Menurut saya Disini, tugas orangtua adalah mengarahkan anaknya lebih baik, dengan rasa cinta dan kasih sayang. Selain berperan sebagai pengawas tumbuh dan berkembangnya anak-anak mereka, orangtua juga bertugas menambah pengetahuan, terutama seputar pertumbuhan anak. Namun, orangtua tidak bisa memaksakan pertumbuhan anak sesuai kemauannya.

  63. Assalamu’alaikum….

    Saya sependapat dengan artikel tersebut….

    Pada Usia Emas ini usahakan supaya anak berkembang dengan baik dan sebagaimana mestinya karena pada usia ini adalah dimana si anak masih suka meniru gaya orang yang dijumpainya.

    Dan peran orangtua disini sangat penting,karena biasanya mereka meniru gaya maupun perilaku diri orangtuanya sendiri dan selain berperan sebagai pengawas tumbuh dan berkembangnya anak-anak mereka, orangtua juga berperan penting dalam menambah pengetahuan, terutama seputar pertumbuhan anak.

    Wassalam…

  64. Bagi saya mengajarkan anak yang berumurkan mulai 0 sampai 5 tahun atau yang sering kita sebut balita, sangat bagus apabila pada saat itu mereka mendapatkan pengajaran-pengajaran yang mendidik dan bermoral. karena mulai pada umur mereka pada saat itu, mereka dengan mudahnya mampu menjalankan jalan pikirannya yang dimana jalan pikiran yang telah mereka ajarkan dari orang lain akan mereka terapi untuk kegiatan sehari-harinya. jadi, keadaan lingkungan khususnya pada lingkungan keluarga sangat mempengaruhi sikap si anak itu. Oleh sebab itu dengan kita mengajari mereka pada umur yang masih tergolong dini sangat baik bagi kegiatan mereka untuk kesetiap harinya.

  65. Saya tidak sependapat dengan tips tersebut karena seharusnya tidak hanya orang tua saja yang harus dipersalahkan dalam hal ini tapi yang terpenting adalah pemerintah, karena menurut saya pemerintahlah yang harus bertanggungjawab atas nasib anak-anak Indonesia karena kemiskinan yang melanda, PHK dimana-mana, Penggusuran pedagang kakilima yang tidak beradab, masuknya impor-impor barang kebutuhan pokok sehingga merugikan petani, penggusuran yang dilakukan pemerintah tanpa memikirkan dan menggunakan “Hati Nurani” dan sehinggga membuat para orang tua khususnya orang tua yang berekonomi lemah sulit untuk membuat anak-anaknya dapat merasakan bagaimana seorang anak itu menjalankan kehidupannya dengan layak.

  66. setiap anak adalah amanah.
    Pendidikan pertamanya adalah seorang ibu.
    Pemimpin pertamanya adalah seorang ayah.
    Kemudian Lingkungan………

    Pemerintah bagian dari lingkungan……… karena posisinya yang tinggi maka pemerintah harus memerankan funsinya dengan baik.

    So… semua punya peran masing – masing yang harus dijalnkan dengan sebaik mungkin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s