10 Kiat Mengembangkan Otak Anak

Kompas.com Senin, 25 Februari 2008 | 15:24 WIB

JAKARTA, SENIN – Dijelaskan oleh Dr Eddy Supriyadi SpA, dari RS Sardjito Yogyakarta, ada dua komponen dasar dalam perkembangan otak anak, yaitu lingkungan yang aman dan pengalaman positif.

Saat seorang bayi merasa tertekan, otak akan merespon dengan menghasilkan zat kortisol. Kadar kortisol yang tinggi akan memperlambat perkembangan otak. Lingkungan aman dan nyaman diperlukan bayi untuk membantu perkembangan otaknya. Beri respon saat bayi menangis maupun mengoceh.

Pengalaman yang diterima setiap hari juga akan membantu perkembangan otak anak. Aktivitas yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, seperti mengajak anak ke pasar atau ke toko buku, menurut dokter anak lulusan UGM ini, sangat penting untuk pembentukan jaringan perkembangan sel otak.

Dr Eddy memberikan 10 tips bagi orangtua untuk membangun dasar perkembangan otak anak:
1. Beri perawatan dan kasih sayang yang adekuat selama masa kehamilan.
2. Beri nutrisi yang cukup. Enam bulan pertama kehidupan bayi, berikan kecukupan nutrisi dengan ASI.
3. Berikan lingkungan yang aman dan nyaman bagi anak.
4. Berbicaralah kepada bayi. Buat kontak mata saat berbicara dengan anak. Jangan lupa selalu tersenyum kepada anak. 
5. Bila harus menitipkan anak, carilah tempat penitipan yang bermutu tinggi.
6. Kenalkan aneka ragam musik pada anak, dan bernyanyilah bersama.
7. Beri interaksi yang nyata dengan anak demi perkembangan otaknya. Jangan biarkan anak menonton televisi terlalu lama. Batasi waktunya.
8. Beri ruang bagi anak untuk dapat berinteraksi dengan teman sebaya.
9. Redakan stres pada orangtua. Orangtua yang mengalami stres cenderung mengalihkan stres kepada anaknya. Bila Anda merasa stres, cobalah bercerita kepada orang yang dekat dengan Anda.
10. Ingat, otak tidak akan pernah berhenti berkembang. Jadi, beri stimulasi sebanyak-banyaknya secara terus-menerus. (Gaya Hidup Sehat)
DIE
Sumber : Gaya Hidup Sehat

About these ads

72 thoughts on “10 Kiat Mengembangkan Otak Anak

  1. Kita harus dapat menjaga dan mengarahkan dengan benar anak-anak usia balita, karena masa-masa perkembangan itu sangat riskan. Pengarahan yang baik akan mencerdaskan otak bayi itu sendiri.
    10 Tips tersebut sangat dapat dimanfaatkan oleh orang tua yang menginginkan anak yang cerdas nantinya.

    Dwi Yuniarti
    Pend. Tata Niaga Reg07
    UNJ
    8135072800

  2. kecerdasan anak sudah mulai dapat di pupuk sejak dalam kandungan seorang ibu. Karena nutrisi yang di dapat anka tersebut sanagt nerpengaruh kepada perkembangan oatk si anak. Perkengbangan otak si anak berkembang samapi anak berusia 3 tahun.

    Tri Novianti
    Pendidikan Tata Niaga Reg 2007
    8135072766
    unj

  3. Anak adalah amanah sang kholiq pada orang tua. Mereka bagai kertas putih yang suci.. Hitam, Merah, Hijau atau apapun tinta yang menempel dikertas putih itu tergantung orangtua.
    Kecerdasan memang sangat dibutuhkan untuk segala hal. Orangtua memang wajib memahami hal perkembangan otak anak. Agar dapat mengahasilkan generasi yang tangguh.

  4. saya sangat setuju jika dalam mengembangkan otak anak depengaruhi dengan adanya lingkungan yang aman dan dari orang tua itu sendiri. karena perkembangan seorang anak terutama lebih di dominasi oleh keluarga dan lingkungan, yan akan memberi dampak pada perkembangan anak itu sendiri. jadi di sini orang tua sangat berperan penting dalam membantu anak berkembang dengan sehat.

  5. kecerdasan anak sudah dapat dipupuk sejak dini, terutama pada masa kemilan seorang ibu. Semua orang tua menginginkan buah hati mereka tumbuh sehat dan cerdas. Untuk itulah banyak orang tua yang memupuk kecerdasan anak pada masa kehamilan dan usia pekembangan yang memang sangat potensial dan riskan sekali dalam membentuk kecerdasan anak.
    10 tips bagi orangtua untuk membangun dasar perkembangan otak anak tersebut sangat baik dan dapat dimanfaatkan oleh para orang tua sebagai salahsati pilihan guna perkembangan kecerdasan yang optimal.

    Fitri Amelia
    Pend.Tata Niaga Reg07
    8135072765
    UNJ

  6. kiat-kiat di atas sangat bermanfaat sekali bagi orang tua dalam mengembangkan otak anak.
    dari masih dalam kandungan pun oarantua sudah menstimulasi anak denagan musik, menyanyikan senandung alquran, dll. perkembangan anak, dari lahir, bayi, balita, hingga dewasa nanti, semua ditentukan oleh bagaimana orangtua mendidik anaknya dari kecil. nutrisi yang baik, perhatian dan kasih sayang orang tua sanat dibutuhkan unutk kemajuan otak amupun psikis anak.

  7. Sri rahayu
    8135072789
    Pend. Tata niaga Reg 07

    aslm..
    perkembangan otak anak adalah hal yang terpenting yang harus diperhatikan oleh para orang tua. Karena dengan pemberian simulus yang baik kepada anak maka dapat mengasah kemampuan otak si anak.
    dan benar sekali dengan beberapa kiat yang di jabarkan seperti linkungan, musik, dll hal tersebut dapat memberikan kemajuan perkembangan otak si anak.

  8. Ichwan Iskandar 8135072792 Pend.Tata Niaga 2007 Perkembangan otak anak ketika masih bayi sangatlah penting.sebab di masa-masa itu merupakan masa-masa emas perkembangan anak.Memang anak merupakan perwujudan cinta kasih dari orang dewasa yang mau atau pun tidak harus mempersiapkan anak-anaknya agar dapat menjalankan kehidupan masa depannya dengan baik baik dari sisi fisik maupum mentalnya. Oleh sebab itu orang tua harus mengerti kebutuhan dasar tumbuh kembang, cara-cara pembinaan tumbuh kembang, dan cara memantau tumbuh kembang.Dalam proses tumbuh kembang anak,kematangan fisik yang terjadi akan diikuti dengan perkembangan intelegensi, emosi, dan kemampuan sosialisasi,jika dari masa kecil sudah mendapatkan perkembangan yang baik,niscaya kelak sudah dewasa nanti maka anak tersebut akan menjadi pribadi yang baik pula..

  9. usia balita merupakan usia dasar dalam proses pembentukan jati diri seorang anak. perkembangan kecerdasan dimasa ini merupakan awal untuk menjadi seorang inidvidu, oleh karena itu sebagai orang tua wajib memperhatikan proses perkembangan dimasa balita, bagaimana cara pengasuhan anak mempengaruhi pendidikan yang diterima sibalita. stimulus-stimulus yang direspons pada masa ini juga lebih baik, jadi mendidik anak balita harus yang baik-baik :)

  10. Prinanto H.W.
    pend. tn 07 reg
    8135072788

    kiat tersebut sangat bagus untuk anak – anak tersebut, karena dapat mengembangkan kretifitas anak tersebut

  11. Umi Karolina
    pend. tn reg 07
    8135072773

    memberikan penenman hal- hal yang positif sejak dini adalah salah satu kiat mengembangkan otak anak. untuk itu diusahakan sejak masih bayi, anak diberikan hal – hal yang positif bukan yang negatif karena otak anak cepat sekali meniru hal -hal yang kita perbuat. untuk itu sebaiknya anak diberikan lingkungan yang baik dan mengawasi tumbuh dan berkembang nya otak anak secara baik.

  12. Anak adalah karunia tuhan yang sangat berharga, setiap orang tua tentunya sangat mengharapkan anaknya berkembang menjadi anak yang cerdas. membuat anak tumbuh kembang cerdas tentunya membutuhkan peranan besar orang tua, yang memperhatikan dari berbagai segi si anak, dari makanan, perhatian orang tua, pendidikan yang baik dan faktor lainnya

  13. saya sangat setuju sekali mendidik anak harus sejak masih di dalam kandungan.
    karena bayi bisa merasakan kasih sayang orang tua walaupun masih di dalam kandungan.
    sudah sewajarnya orang tua berperan bagi perkembangan psikologi si anak, salah satunya saat ibu memberikan ASI dari 0-2 tahun.
    menurut saya selain melindungi daya imun si anak, pemberian ASI juga merupakan bentuk dari kasih sayang seorang ibu.

  14. menurut saya untuk mencerdaskan otak anak tidak hanya saat anak itu sudah lahir.
    tapi menurut berita yang saya dengar bahwa dengan mendengarkan musik klasik pada saat bayi berada dalam kandungan (dengan cara headset ditempelkan ke perut sang ibu) dapat membantu kecerdasan sang anak nantinya.
    di luar negeri sendiri ini sudah banyak dicoba tetapi masih sedikit sekali di indonesia.

    taofiq
    8135072805
    pend. tata niaga reg 07

  15. Muhammad Rizki Hakiki
    8135072794
    Pend. Tata Niaga Reg 07

    Mendidik anak mulai dari usia dini sangatlah penting, karena dapat berpengaruh kepada tingkat kecerdasan anak tersebut. Walaupun kecerdasaan anak sudah di pupuk sejak berada di dalam kandungan seorang Ibu.10 kiat-kiat diatas sangatlah baik untuk mengembangkan otak anak, dan mungkin dapat di gunakan oleh para orang tua untuk membangun dasar perkembangan otak anak-anaknya.

  16. peran orang tua memang penting untuk mengembangkan kecerdasan otak si anak….
    pada masa prenatal seorang ibu harus memperhatikan gizi yang baik untuk perkembangan janin si anak tsb…. selain itu asi sangat penting dan baik juga untuk perkembangan anak…

    febriany;TN’non reg ’07
    8135077977

  17. Dikenal sebagai usia emas atau golden age, dimana pada rentang usia 1 sampai 5 tahun anak mampu menyerap banyak informasi dan dapat terekam hampir sempurna sehingga mempengaruhi perkembangan anak. Pada usia ini perhatian khusus orang tua sangat berarti untuk perkembangan anak selanjutnya. 10 tips diatas sangat baik untuk diterapkan kepada anak.

  18. Menurut saya mendidik anak sejak usia dini memangpenting.namun para orang tua juga harus menyesuaikan pelajaran-pelajaran yang diberikan pada anak tersebut sehingga tidak menimbulkan kejenuhan pada anak.

    Aji Saputra
    8135072796
    TN Reg’07

  19. lingkungan yang aman dan pengalaman positif merupakan komponen dasar didalam usaha pengembangan otak anak

    Saat anak merasa tertekan akan mempengaruhi sel-sel didalam otaknya sehingga akan memperlambat pekembangan otak. oleh karena itu sedapat mungkin kita ciptakan keadaan dimana anak merasa aman.. selain itu pengalaman yang positif juga dapat membantu perkembangan jaringan sel otak anak.. .

  20. Dwi Yunita
    8135077965
    Pend.Tata Niaga NonReg’07

    Masa balita merupakan masa emas bagi anak, maka itu para orang tua harus benar-benar mengarahkan mereka pada hal-hal yang baik. supaya mereka menjadi anak yang baik.
    peran orang tua di masa ini sangat diperlukan dan tips yang diberika oleh Dr. Eddy ini bisa sangat membantu bagi para ibu yang memiliki anak yang usia balita.

  21. setiap orang tua pasti menginginkan anaknya berhasil ataupun pintar. seharusnya mendidik anak agar menjadi pintar sudah ditanamkan sejak dalam kandungan dan harus menyesuaikan keinginan dari anak tersebut serta melihat potensi dari anak itu sendiri.

  22. liza sabriani
    8135072797
    Tn Reg 07

    menurut buku yang saya baca yang berjudul”pendidikan anak prasekolah”di mana didalam buku tersebut memberitahukan bahwa,perkembangan otak seorang anak sudah ada diwaktu dalam kandungan ibunya.jadi ibu yang hamil harus menjaga kehamilannya dengan todak mengkonsumsi yang membhayakan jann dalam kandungan serta diberikan bekal agama semenjak si anak dalam kandungan.

  23. 10 tips yang dikemukakan oleh Dr. Eddy menurut saya sangat perlu diterapkan kepada anak sejak bayi. dan disini orang tua amatlah berperan penting dalam perkembangan otak anak, karena otak anak tidak akan pernah berhenti berkembang, jadi anak harus selalu diberi stimulus atau rangsangan secara terus menerus agar tumbuh kembangnya berjalan secara optimal.

  24. anak adalah anugrah terindah yang diberikan tuhan kapada kita…
    10 kiat diatas sangatlah baik untuk mengembangkan potensi anak..
    namun asupan gozo dari orang tua juga harus mendukung…

    aditya septiadi a
    8135072783
    tN reg 07

  25. Masa-masa golden age pada anak memang perlu diperhatikan, dimana tumbuh kembang anak terjadi pada usia emas. Peran orang tua dalam membimbing dan mengajarkan anak pada hal-hal yang baik sangat diperlukan.
    10 tips yang tersebut di atas memang seharusnya wajib dilaksanakan para orang tua untuk anak mereka.

    Dwi Restuwanty
    8135077989
    Pend. Tata Niaga (Non Reg)

  26. dalam tips yang diberi oleh Dr.edy dalam pengembangan otak anak sangat penting bagi ibu-ibu dalam mendidik anaknya agar jadi pintar.serta menghindarkan tayangan yang belum pantas buat di tonton anaknya,karena anak gampang untuk menirunya.

  27. SAYA SANGAT SETUJU….
    karena pada usia dini merupakan masa emas untuk anak berkembang dan akan lebih baik orang tua untuk bisa membimbing anak ke arah yang baik.

  28. Perkembangan otak anak itu sebenarnya dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya sendiri. Jika para orang tua memberikan kenyamanan kepada anak, sering mengajak bicara, mengajak bermain, jalan-jalan, melakukan aktivitas, memberikan nutrisi yang cukup, memberikan kesempatan kepada anak untuk berinteraksi dengan teman sebayanya. Maka hal tsb akan membantu perkembangan otak anak dengan baik. Tapi jika yang dilakukan sebaliknya maka akan memperlambat perkembangan otak.

  29. Nama : Adinda Chaniago
    NIM : 8135077981
    Konsentrasi : Pend. Tata Niaga Non Reg’07

    Otak anak harusnya di jaga baik-baik perkembangannya, orang tua harusnya memperhatikan tumbuh kembang anak dari lingkungan dan asupan gizi, agar otak anak dapat berkembang harusnya orang tua memperhatikan lingkungan dan tetap memberi bimbingan dengan pengalaman-pengalaman yang positif agar tumbuh kembang otak anak dapat bekerja optimal.

  30. saya setuju dengan apa yang dikatakan oleh Dr. eddy, bahwa perkembangan otak sangat dipengaruhi lingkungannya. peran orang tua juga sangat penting dalam memberikan masukan yang positif bagi perkembangan otak si anak

  31. kecerdasan anak sudah mulai dapat di pupuk sejak dalam kandungan seorang ibu. Karena nutrisi yang di dapat anka tersebut sanagt nerpengaruh kepada perkembangan oatk si anak. Perkengbangan otak si anak berkembang samapi anak berusia 3 tahun.

  32. saya sangat setuju dengan 10 kiat pengembangan otak anak seperti yang di jelaskan di atas..
    masa bayi atau balita adalah masa yang rentan karena balita akan mengikuti apa yang di ajarkan orang tuanya..
    jika orang tua mengajarkan yang buruk maka otomatis anak tersebut akan mengikuti orang tua nya (menjadi buruk)..
    keadaan orang tua yang tidak harmonis juga akan mempengaruhi perkembangan otak anak tersebut..
    maka seharusnya 10 kiat pengembangan otak wajib di laksanakan oleh orang tua agar sana anak berkembang ke arah yang lebih baik

  33. saya sangat setuju dengan 10 kiat pengembangan otak anak seperti yang di jelaskan di atas..
    masa bayi atau balita adalah masa yang rentan karena balita akan mengikuti apa yang di ajarkan orang tuanya..
    jika orang tua mengajarkan yang buruk maka otomatis anak tersebut akan mengikuti orang tua nya (menjadi buruk)..
    keadaan orang tua yang tidak harmonis juga akan mempengaruhi perkembangan otak anak tersebut..
    maka seharusnya 10 kiat pengembangan otak wajib di laksanakan oleh orang tua agar sang anak berkembang ke arah yang lebih baik

  34. saya sangat setuju jika dalam mengembangkan otak anak dipengaruhi oleh lingkungan yang aman dari orang tua.
    karena perkembangan seorang anak lebih di utamakan pada keluarga dan lingkungan sekitarnya,,karena akan memberi dampak pada perkembangan anak itu. oleh karena itu orang tua sangat berperan penting dalam membantu anak berkembang dengan sehat..
    perkembangan dapat dimulai dari masa didalam kandungan sampai setelah ia tumbuh dan besar nanti…

  35. 10 kiat mengembangkan otak anak memang sangat diperlukan dan sangat penting untuk diketahui.. dan peran dari orang tua sangatlah diperlukan dalam pengembangan otak anak hingga dwasa.. selain itu perkembangan gizi juga menjadi perhatian khusus untuk anak agar anak sehat dan pintar selalu.

  36. inne zulfanisa
    tata niaga reg 07
    8135072806
    menurut saya….
    perkembangan otak seorang anak sudah ada diwaktu dalam kandungan ibunya.balita adalah masa yang rentan karena balita akan mengikuti apa yang di ajarkan orang tuanya.Perkembangan otak anak itu dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya sendiri.jika orang tua mengajarkan yang buruk maka otomatis anak tersebut akan mengikuti orang tua nya menjadi buruk

  37. masa perkembangan anak sangatlah penting bagi anak itu sendiri kedepannya,,,
    jadi sudah sepantasnya orang tua untuk menjaga dan mengajarkan anaknya hal-hal yang baik karena anak kan sangat terpengaruh dari lingkungan sekitar…

  38. Saya setuju dengan 10 kiat pengembangan otak anak bagi orangtua untuk membangun dasar perkembangan otak anak tersebut sangat baik dan dapat dimanfaatkan oleh para orang tua sebagai salahsatu pilihan guna perkembangan kecerdasan yang optimal. Selain itu juga dapat dipengaruhi oleh kondisi lingkungan sekitar anak tersebut dari sejak lahir.

  39. saya sangat setuju jika dalam mengembangkan otak anak dipengaruhi oleh lingkungan yang aman dari orang tua.
    karena perkembangan seorang anak lebih di utamakan pada keluarga dan lingkungan sekitarnya,,karena akan memberi dampak pada perkembangan anak itu. oleh karena itu orang tua sangat berperan penting dalam membantu anak berkembang dengan sehat..
    perkembangan dapat dimulai dari masa didalam kandungan sampai setelah ia tumbuh dan besar nanti…

  40. Memang anak merupakan perwujudan cinta kasih dari orang dewasa yang mau atau pun tidak harus mempersiapkan anak-anaknya agar dapat menjalankan kehidupan masa depannya dengan baik baik dari sisi fisik maupum mentalnya. Oleh sebab itu orang tua harus mengerti kebutuhan dasar tumbuh kembang, cara-cara pembinaan tumbuh kembang, dan cara memantau tumbuh kembang.

  41. diaz priasmoro
    pend.Tata Niaga Non reg 07
    8135077958

    peran orangtua sangat diperlukan sekali dalam hal ini.
    10 kiat dalam mengembangkan otak anak ini sebaiknya disebar luaskan, agar para orangtua bs menerapkan nya pada anak-anak mereka.

  42. saya setuju, lingkungan aman dan nyaman sangat diperlukan bayi untuk membantu perkembangan otaknya. dan dalam 10 kiat pengembangan otak pun harus dapat diperhatikan dengan baik agar perkembangan otak anak dapat berjalan lancar. Selain itu, tingkah laku orang tua pun juga sangat mempengaruhi bila orang tua salah dalam tingkah laku ini dapat berdampak ke anak yang mengikuti tingkah laku orang tuang yang dia liat….

  43. jenny christine (8135077998)
    TN NR 07

    10 kiat pengembangan otak anak ini cukup bisa diambil pengertian dan kesimpulan bahwa dari bayi dalam kandungan Ibu, bayi, balita itu memiliki penyerapan yang sangat tajam sekali, mungkin dikarenakan orangtua memberikan asupan Gizi yang sangat banyak kepada anaknya, sehingga anak tersebut menjadi pintar.

  44. yuni SW (8135077970)
    TN NR 07

    saya setuju
    Jika para orang tua memberikan kenyamanan kepada anak, sering mengajak bicara, mengajak bermain, jalan-jalan, melakukan aktivitas, memberikan nutrisi yang cukup, memberikan kesempatan kepada anak untuk berinteraksi dengan teman sebayanya.
    dapat mengembangkan otak anak di usia dini

  45. 10 kiat di atas sangat cocok untiuk perkembangan anak akan tetapi akan lebih baik lagi kalu ini didukung olehlingkungan sekitar dan terutama oleh orang tua.

  46. Indra Septifurdiana
    8135077964
    tata niaga non reg 07
    Para orang tua harusnya memperhatikan apa yang diutarakan oleh Dr. Eddy mengenai 10 tips tersebut, agar otak anak mereka dapat berkembang secara optimal.

  47. Fitri Hadianti
    8135077973
    Pend.Tata Niaga(NonReg 07)

    Saya sangat setuju dengan 10 tips bagi orangtua untuk membangun dasar perkembangan otak anak yang dikatakan oleh Dr Eddy…
    Karena pemberian hal-hal positif sejak dini akan membangun pertumbuh kembangan anak menjadi lebih baik….

  48. sutriyani
    pend.tn non reg’07
    8135077961

    Wah..bagus tuh..
    dengan menerapkan 10 kiat-kiat tersebut dapat mengembangkan otak pada anak.
    tetapi bagaimana dengan sikap orang tua yang tidak memperdulikan perkembangan anak?
    sangat disayangkan pastinya.
    semoga para orang tua dapat mengembangkan kiat-kiat tersebut, bagaimanapun juga anak adalah titipan Sang Pencipta.

  49. irma manalu
    pend.tata niaga 07
    8135072764

    saya sangat setuju bila Pengalaman yang diterima setiap hari akan membantu perkembangan otak anak.karene ada dua komponen dasar dalam perkembangan otak anak, yaitu lingkungan yang aman dan pengalaman positif.

    selain itu saya juga setuju dengan Dr Eddy memberikan 10 tips dalam perkembangan otak anak

  50. Christina Panjaitan
    Tn Reg 07

    Setuju sekali iya dengan 10 kiat pengembangan otak anak seperti yang telah di jelaskan,dan diungkapkan diatas, dan yang perlu kitaIngat, otak tidak akan pernah berhenti berkembang. Jadi, beri stimulasi sebanyak-banyaknya secara terus-menerus..

  51. 10 tips diatas memang dirasa cukup untuk para orang tua yg menginginkan anaknya tumbuh kembang secara optimal. Andai saja para orang tua dpt menerapkannya dalam kehidupan sehari hari mungkin mereka akan menjadi pintar, yg kelak jika besar nanti dpt membawa perubahan pd bangsa ini, karena anak adalah asset bangsa yg tak ternilai harganya.

  52. Setiap orang tua harus memperhatikan perkembangan anak. 10 kiat dalam mengembangkan otak anak seperti yang dikemukakan diatas,sangatlah bagus. karena sampai saat ini banyak orang tua yang mengabaikan hal itu. banyak orang tua yang kurang memberikan perhatian pada anak, sehingga si anak menjadi anak yang malas dan haus akan kasih sayang. hal ini dapat mempengaruhi perkembangan otak pada si anak.

    mak dari itu setiap orang tua harus lebih memperhatikan si anak dan memberi kasih sayang yang cukup.

  53. kecerdasan seorang anak sangat bergantung pada kecerdasan kedua orangtuanya. baik dalam perawatan, asupan gizi, perhatian, pendidikan, dorongan, motivasi, serta contoh-contoh yang diberikan dari orang tuanya. kesemuanya itu akan membentuk anak yang sesuai dengan perlakuan dan usaha orang tuanya.
    dalam arti, mau di apakan anak itu, maka orang tuanya lah yang berperan….
    maka tips diatas sangatlah penting bagi para orangtua dan saya sendiri, sebagai calon orangtua,,,, ^_^
    akan tetapi kecerdasan dalam bidang pengembangan otak anak, akan sia-sia. sekali lagi akan sia-sia. kallau boleh saya ulangi akan sia-sia tanpa diiringi oleh pendidikan keruhanian dan emosional dari orangtua yang seharusnya sudah di tanamkan dalam diri anak-anak sejak kecil

  54. masa emas merupakan masa yang dapat menentukan kepribadian seorang anak, karena pada usia tersebut otak anak seperti spon yang dapat menyerap langsung output dari lingkungannya,,
    jika lingkungannya tidak mendukung dirinya menjadi kepribadian yang baik maka ada kemungkinan anak tersebut menjadi anak yang kurang baik,,
    untuk itu peran orangtua sangat menentukan proses kepribadian anak,,
    dari mereka anak dapat mengetahui apa yang terjadi di sekitarnya sehingga anak merupakan cerminan orangtua,,

  55. tips di atas sangat berguna sekali untuk mengembangkan kecerdasan anak. karena seperti yang telah kita ketahui bahwa otak anak berkembang pesat ketika usia 1 hingga 3 tahun. sehingga kita harus memberikan stimulus-stimulus yang positif agar otak anak dapat berkembang dengan baik serta menciptakan kecerdasan pada anak.
    di sinilah peran orangtua sangat dibutuhkan. orangtua harus aktif serta selalu memonitori perkembangan anak.

  56. 10 Kiat untuk mencapai perkembangan anak yang baik diimplementasikan pada seluruh orang tua di dunia tapi sayangnya banyak orangtua yang masih cuek dan tidak memikirkan dampaknya di masa datang. Salah satunya dalam pemberian nutrisi yang cukup, banyak orangtua yang asal memberikan nutrisi apalagi makanan& minuman yang diproduksi banyak mengansung bahan pengawet dan zat2 kimia yang membahayakan otak anak,oarangtua lebih tegas khususnya dlam memberikan asupan makanan sehari-hari, kerena makananyang salah membuat dampak yang buruk akan kinerja otak yang lamban.

  57. Nancy Wijaya S
    8135072769
    Pend. Tata Niaga 07 (Reguler)

    10 kiat ini memang penting bagi perkembangan otak anak. dan semestinya orang tua mengetahui itu. Perkembangan otak anak yang tidak pernah berhenti harus selalu distimulus demi perkembangan jaringan otang anak tersebut. berilah anak kita lingkungan yang nyaman, perhatikan mereka serta teruslah memberikan “makanan” bagi otak anak kita.

  58. kiat-kiat di atas sangat bermanfaat sekali bagi orang tua dalam mengembangkan otak anak.
    dari masih dalam kandungan pun oarantua sudah menstimulasi anak denagan musik, menyanyikan senandung alquran, dll. perkembangan anak, dari lahir, bayi, balita, hingga dewasa nanti, semua ditentukan oleh bagaimana orangtua mendidik anaknya dari kecil. nutrisi yang baik, perhatian dan kasih sayang orang tua sanat dibutuhkan unutk kemajuan otak amupun psikis anak.

  59. Imam Punarko
    Pend. Tata Niaga 07
    8135072812

    Ternyata merupakan hal yang sulit untuk membangun kecerdasan anak, namun menjadi sebuah hal yang biasa jika telah mengetahui 10 kiat ini. Kadang permasalahannya orangtua kurang mau tahu tentang pentingnya mengembangkan anak. Kadang orang tua baru konsentrasi mengajarkan anak ketika anak tersebut sudah mengenyam bangku sekolah. Padahal masa emas pertumbuhan adalah 3 sampai 5 tahun disini otak anak berkembang 80 % sehingga sangat disayangkan jika masa-masa ini dilewatkan begitu saja.
    Pendidikan Anak Usia Dini yang sekarang ini mulai di minati perlu sekali memberikan sosialisasi berupa seminar kepada masyarakat terutama di pedesaan tentang pentingnya hal ini, bukan hal yang mustahil nantinya kita akan melihat generasi taat beragama yang berdedikasi penuh pada bangsa seandainya anak sudah terbentuk secara baik di awal pertumbuhannya. Seorang pakar anak mengatakan masa 3 hingga 5 tahun menentukan masa 50 kedepan. Jadi, harus diperhatikan baik-baik terkait mengembangkan otak anak terutama yang masih memiliki putra-putri yang masih lucu-lucu di rumah.

  60. Gelda Meris Nike Safitra
    8135072807
    Pend.Tata Niaga Reg07

    Menurut saya…
    kecerdasan anak sudah dapat dipupuk sejak dini, terutama pada masa kemilan seorang ibu. Semua orang tua menginginkan buah hati mereka tumbuh sehat dan cerdas
    10 kiat mengembangkan otak anak memang sangat diperlukan dan sangat penting untuk diketahui.. dan peran dari orang tua sangatlah diperlukan dalam pengembangan otak anak hingga dwasa

  61. Nur husnul chotimah
    8135072786
    TN Reg 07

    Anak adalah titipan Allah SWT yang harus dijaga.
    semua orang tua pasti mendambakan anaknya menjadi anak yang pintar. cara-cara diatas menurut saya sudah baik untuk meningkatkan kecerdasan otak anak. tetapi akan lebih baik lagi jika ditambahkan dengan wejangan agama karena ilmu akan sangat bermanfaat bagi anak tersebut apabila ia melakukannya dengan ikhlas.

  62. usia balita merupakan usia dasar dalam proses pembentukan jati diri seorang anak. perkembangan kecerdasan dimasa ini merupakan awal untuk menjadi seorang inidvidu, oleh karena itu sebagai orang tua wajib memperhatikan proses perkembangan dimasa balita, bagaimana cara pengasuhan anak mempengaruhi pendidikan yang diterima sibalita. stimulus-stimulus yang direspons pada masa ini juga lebih baik, jadi mendidik anak balita harus yang baik-baik

  63. proses perkembangan anak sangat tergantung dari peran serta orangtua. tidak hanya perkembangan otak saja namun, perlu suplemen-suplemen yang membantu perkembangan otak bayi.
    10 tips diatas dapat menjadi ilmu dan pengetahuan bagi kita dalam prakteknya untuk membantu tumbuh kembang otak anak.

  64. RENDI MAISYAH LINO
    8135077994
    PEND.TATA NIAGA NON REG 2007

    10 kiat diatas sangatlah baik untuk mengembangkan potensi anak..
    namun asupan gozo dari orang tua juga harus mendukung…dan juga berilah anak kita lingkungan yang nyaman, perhatikan mereka serta teruslah memberikan “makanan” bagi otak anak kita.

  65. Assalamu’alakum.

    Saya setuju dengan beberapa tips yang diberikan oleh Dr Eddy. Memang sudah seharusnya orangtua memberikan perhatian dan pengertian yang lebih terhadap anaknya.

    Dan tentu saya lingkungan keluarga itu yang terpenting dalam pengembangan diri si anak. karena segala pengaruh yang terjadi dilingkungan keluarga,itu yang salah satu hambatan terbesar bagi anak. Karena kan berpengaruh pada pikiran si anak.

    Anak itu kan dari semenjak berada dalam kandungan memang sudah memiliki kecerdasan yang dimilikinya. Maka sudah sepantasnya sebagai orangtua menyayangi dan mencintai anaknya, usahakan agar anak itu merasa diperhatikan oleh orangtuanya.

    Wassalam…….

  66. Kesepuluh tips itu sangat dibutuhkan bagi kita karena dapat sebagai landasan ajaran kita untuk mampu mengarahkan kemana anak kita agar mereka mampu mengembangkan daya berpikirnya untuk dapat terus berkembang.
    Sebagai orang tua semestinya kita pun juga harus sadar untuk dapat memberikan ajaran-ajaran yang berguna bagi si anak. kita pun harus selalu memberikan rasa kasih sayang secara penuh kepada si anak agar si anak pun merasa bahagi dan senang jika berada di samping kita.

  67. Assalamualaikum Wr. Wb
    Saya tidak sependapat dengan tips tersebut karena seharusnya tidak hanya orang tua saja yang dibukakan hatinya dan pemahamannya tentang membangun dasar otak anak tapi yang terpenting adalah pemerintah, karena menurut saya pemerintahlah yang harus bertanggungjawab atas nasib anak-anak Indonesia karena kemiskinan yang melanda, PHK dimana-mana, Penggusuran pedagang kakilima yang tidak beradab, masuknya impor-impor barang kebutuhan pokok sehingga merugikan petani, penggusuran yang dilakukan pemerintah tanpa memikirkan dan menggunakan “Hati Nurani” dan sehinggga membuat para orang tua khususnya orang tua yang berekonomi lemah sulit untuk membuat anak-anaknya dapat mengembangkan potensi otaknya.

  68. Untuk mencerdaskan otak anak bisa dimulai sejak bayi dalam kandungan dengan memberikan nutrisi yang bergisi dan stimulus yang berkualitas.. Disinilah peran orang tua terutama ibu sangat pentingdalam memberikan stimulus karena ibu adalah guru pertama dan utama bagi anak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s